Berita Edukasi, 20 Agustus 2013

1 ) Ini Tujuh Kampus Ilegal di Sumatera Selatan
http://regional.kompas.com/read/2013/08/19/2303494/Ini.Tujuh.Kampus.Ilegal.di.Sumatera.Selatan

Senin, 19 Agustus 2013 | 23:03 WIB
PALEMBANG, KOMPAS.com — Masyarakat Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung harus berhati-hati ketika memilih perguruan tinggi swasta (PTS). Pasalnya, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II mengungkapkan, terdapat banyak PTS yang tidak berizin dan bisa dikategorikan ilegal. Koordinator Kopertis Wilayah II Prof Dr Diah Natalisa MBA mengimbau masyarakat agar berhati-hati memilih PTS. Banyak iklan-iklan di media massa yang menjebak calon mahasiswa sehingga tertarik masuk ke PTS tersebut, padahal belum mempunyai izin dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud). “Setidaknya, ada 7 PTS yang tidak memiliki izin dari Dirjen Dikti Kemendikbud. Seharusnya, mereka tidak boleh menerima mahasiswa terlebih dulu,” kata Koordinator Kopertis Wilayah II, Prof Dr Diah Natalisa, MBA, Senin (19/8/2013).

…dst

2 ) Aptisi: Peminat Masuk PTS Turun 10 Persen
http://www.pikiran-rakyat.com/node/247332

Selasa, 20/08/2013 – 16:06
BANDUNG, (PRLM).- Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Barat M. Budi Djatmiko mengatakan untuk di Jawa Barat secara keseluruhan jumlah peminat masuk ke PTS sedikit menurun. Penurunan diklaim masih dibawah 10 persen.”Akan tetapi jika dilihat secara nasional khususnya untuk wilayah di luar Jawa maka terlihat penurunan mahasiswa masuk PTS mencapai sekitar 15 persen,” kata Budi dihubungi di Kota Bandung, Selasa (20/8/13).Wakil APTISI Pusat itu menambahkan untuk PTS di luar Jawa cukup berat terutama yang bukan di pusat pendidikan. Ada ‘tren’ dari calon mahasiswa untuk look and see karena banyak dari mereka yang berasal dari golongan menengah ke bawah. (A-208/A-108)***

***

3 ) Rektor Unisba: Pemerintah Harus Lebih Perhatikan PTS
http://www.pikiran-rakyat.com/node/247329

Selasa, 20/08/2013 – 14:46
BANDUNG, (PRLM).- Rektor Unisba Prof Thaufiq S Boesorie mengemukakan berbagai program pemerintah yang dinilai mengancam bagi perguruan tinggi swasta (PTN) tidaklah mempengaruhi calon mahasiswa untuk masuk ke Unisba. Ini karena reputasi PTS yang berprestasi akan terus dicari oleh calon mahasiswa.”Kami tidak khawatir karena pangsa pasar kami jelas yaitu mereka yang menginginkan putra-putrinya mendapat pendidikan berkualitas tinggi dan berakhlakul kharimah,” ujarnya ditemui seusai Penerimaan dan Pelantikan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2013/2014 di Jln. Tamansari, Kota Bandung, Selasa (20/8/13). Namun demikian, Prof Thaufiq berharap agar pemerintah dapat menyadari bahwa sebagian besar pendidikan yang dilaksanakan bangsa Indonesia ini tidak hanya oleh perguruan tinggi negeri (PTN) tapi juga oleh PTS. Oleh karena itu dana dari pemerintah pun harus seimbang. “Paling tidak perhatian kepada PTS harus lebih banyak diberikan oleh Kemendikbud,” katanya.(A-208/A-108)

***

4 ) 10 Universitas Susun Master Soal CPNS
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/20/373/852336/10-universitas-susun-master-soal-cpns

Selasa, 20 Agustus 2013 12:39 wib
JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menunjuk konsorsium 10 perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menyusun soal ujian calon pegawai negeri tinggi (CPNS) 2013.Menteri PAN-RB Azwar Abubakar telah menerima master soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) tersebut. Demikian dikutip dari laman resmi Setkab, Selasa (20/8/2013). Penyerahan master soal tersebut dilakukan di Kementerian PAN-RB, pada Senin 19 Agustus yang dihadiri oleh tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS antara lain dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kemendikbud, Puspendik, BKN, BPPT, BIN, dan konsorsium PTN. Master soal tersebut kemudian oleh Menteri PANRB diserahkan kepada Tim dari Puspendik untuk diverifikasi dan divalidasi untuk keakuratan dan kelayakan. Azwar Abubakar selaku ketua tim pengarah Panselnas pengadaan CPNS, mengapresiasi tim konsorsium karena telah membantu Tim Panselnas dalam menyusun soal tes CPNS 2013.”Seluruh tim kerja Panselnas 2013 agar segera menyiapkan perangkat pelaksanaan dan pedoman, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Serta melaporkan progress setiap tahapannya dengan memperhatikan jadwal yang sudah direncanakan.

…dst

5 ) Tes CPNS Modal Pintar, Bukan Uang
http://www.jpnn.com/read/2013/08/20/187061/Tes-CPNS-Modal-Pintar,-Bukan-Uang-

Selasa, 20 Agustus 2013 , 21:55:00
JAKARTA–Sebulan lagi tes CPNS pelamar umum akan dilaksanakan. Ini memberikan peluang bagi oknum tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan dari para pelamar. “Sudah rahasia umum setiap pelaksanaan tes CPNS selalu jadi lahan para calo. Modusnya mereka menjanjikan kelulusan CPNS dengan imbalan bayaran puluhan sampai ratusan juta rupiah,” ungkap Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja di kantornya, Jakarta. Selasa (20/8). Kejadian yang berulang terus ini, lanjutnya, membuat pemerintah merumuskan cara untuk meminimalisir kecurangan tersebut. Salah satu cara yang sukses dilakukan pemerintah adalah metode tes lembar jawab komputer (LJK) pada 2012. Sistem seleksi yang dilaksanakan serentak tersebut mampu meminimalisir kecurangan karena semua dikendalikan pusat.Itu sebabnya, Presiden SBY menetapkan sistem seleksi CPNS 2012 menjadi model penerimaan pegawai baru. “Karena tahun ini ada dua metode yang dilaksanakan yaitu computer assisted test (CAT) dan LJK, kami mengingatkan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati. Jangan sampai terbujuk rayuan dengan iming-iming atau janji seseorang yang menyatakan bisa meluluskan dalam tes CPNS, dengan membayar sejumlah uang saja,” tegas Setiawan.

…dst

6 ) Yakin Rekrutmen CPNS tak Ada Permainan Uang
http://www.jpnn.com/read/2013/08/20/187030/Yakin-Rekrutmen-CPNS-tak-Ada-Permainan-Uang-

Selasa, 20 Agustus 2013 , 17:57:00
JAKARTA–Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengungkapkan, pelaksanaan tes CPNS dari jalur pelamar umum tahun 2014 wajib menerapkan sistem computer assisted test (CAT).Untuk itu, melalui surat bernomor B-2432/M.PAN.RB/7/2013 tertanggal 29 Juli 2013, menteri mengharapkan seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pemerintah pusat maupun daerah menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem CAT dimaksud. “Untuk pelaksanaan tes CPNS dari jalur umum tahun 2013 ini masih menggunakan sistem kombinasi, yakni lembar jawaban computer (LJK) dan CAT. Namun kami berharap agar kementerian, lembaga serta pemerintah daerah yang sudah siap dapat menerapkan sistem CAT,” ujar Azwar di Jakarta, Selasa (20/8). Ditambahkan Azwar, penerapan sistem CAT akan menjamin pelaksanaan seleksi CPNS yang kompetitif, obyektif, transparan dan bebas dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta tidak dipungut biaya. Dari hasil Rakor Pengadaan CPNS Tahun 2013 yang diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta pada 18 Juli 2013, disepakati pelaksanaan seleksi CPNS dari pelamar umum tahun 2013 dilakukan secara kombinasi, yakni dapat dengan sistem CAT atau dengan sistem LJK.

…dst

7 ) Konsorsium PTN Serahkan Master Soal Tes CPNS
http://www.jpnn.com/read/2013/08/20/186962/Konsorsium-PTN-Serahkan-Master-Soal-Tes-CPNS-

Selasa, 20 Agustus 2013 , 07:35:00
JAKARTA – Persiapan penyelenggaraan tes CPNS baru 2013 terus dikebut. Kemarin sepuluh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) menyerahkan master soal tes CPNS kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Azwar Abubakar. Penyerahan master soal ini juga diikuti oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Intelejen Negara (BIN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Seluruh tim dari masing-masing lembaga itu masuk dalam panitia seleksi nasional (panselnas) tes CPNS baru 2013. Setelah menerima master soal tersebut, Azwar langsung menyerahkannya ke tim dari Puspendik. “Supaya diverifikasi dan divalidasi untuk keakuratan dan kelayakannya,” tandas Azwar di kantornya kemarin. Dia menyampaikan apresiasi kepada tim di panselnas yang bekerja ekstra untuk perbaikan pelaksanaan tes CPNS. “Khususnya kepada tim dari konsorsium PTN yang telah membantu panselnas,” kata dia.

Baca juga  Berita Edukasi, 23 September 2013

…dst

8 ) Jelang Tes CPNS, BKN di Daerah Diminta Siap-siap
http://www.jpnn.com/read/2013/08/20/187052/Jelang-Tes-CPNS,-BKN-di-Daerah-Diminta-Siap-siap-

Selasa, 20 Agustus 2013 , 20:15:00
JAKARTA–Transparansi dan akuntabilitas menjadi kata kunci yang perlu diwujudkan dalam pelaksanaan seleksi CPNS untuk pelamar umum tahun ini.Demikian ditegaskan Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana di Jakarta, Selasa (20/8).Dijelaskannya, untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) pada seleksi CPNS pelamar umum tahun ini menerapkan dua sistem. Pertama, sistem seleksi yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) bagi instansi pemerintah yang telah siap dalam mengimplementasikannya. Pada sistem ini, BKN memfasilitasi pemanfaatan CAT sebagai metode yang terbukti keandalannya.Kedua, sistem seleksi yang menggunakan lembar jawaban komputer (LJK), bagi instansi pemerintah yang belum siap. Ada pun Tes Kompetensi Bidang (TKB) dan wawancara akan dilaksanakan sesuai kebutuhan masing-masing instansi pemerintah.”Pada konteks ini, dua belas kantor regional (kanreg) BKN pun mengupayakan optimalisasi CAT bukan hanya penerimaan CPNS, tapi juga keperluan kepegawaian lain, seperti ujian kedinasan dan kenaikan pangkat,” ujarnya.

…dst

9 ) 19 Negara Asia Afrika Ikuti Forum Internasional Pendidikan Keaksaraan dan Kecakapan Hidup
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1644

08/20/2013
Jakarta – Untuk mengatasi persoalan terkait kebijakan dan layanan program pendidikan keaksaraan dan kecakapan hidup bagi remaja marjinal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan UNESCO Institute for Lifelong Learning (UIL) menyelenggarakan Forum Kebijakan Internasional Pendidikan Keaksaraan dan Kecakapan Hidup bagi Remaja Rentan melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (International Policy Forum on Literacy and Life Skills Education for Vulnerable Youth throught Community Learning Centers). Pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah forum ini karena UIL menilai Indonesia berhasil menjadi role model penuntasan tuna aksara. Selain itu, Indonesia juga merupakan Ketua Forum Internasional dan pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).Forum internasional yang berlangsung pada 20–22 Agustus 2013 tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar bagi remaja rentan agar dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Forum ini merupakan kelanjutan dari dua forum regional serupa, yang sebelumnya dilaksanakan di Bamako, Mali tahun 2010 dan Kairo, Mesir tahun 2011.

…dst

10 ) Stand Pameran Kemdikbud Meriahkan Kongres Diaspora Indonesia II
http://www.dikti.go.id/?p=11120&lang=id

Oleh Firman Hidayat – 19 August 2013
Jakarta — Tradisi mudik telah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia setiap peringatan lebaran. Tradisi ini tidak hanya dilakukan setiap tahun oleh masyarakat di pulau Jawa saja, namun juga di seluruh Indonesia atau bahkan bagi mereka yang bermukim di luar negeri. Karenanya masih dalam suasana lebaran dan juga perayaan Kemerdekaan Indonesia, “Pulang Kampung” menjadi tema Kongres Diaspora Indonesia (KDI) II yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, 18-21 Agustus 2013. Diaspora dalam arti sempit adalah perantau yaitu orang yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke daerah atau ke negara lain untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Inisiatif berbagai pihak telah membuahkan kesuksesan penyelenggaraan KDI I di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 6-8 Juni 2012. KDI I ini bertujuan untuk mendorong terjalinnya kebersamaan diantara Diaspora Indonesia dan membangun kekuatan untuk Indonesia yang lebih baik.

…dst

11 ) Mendikbud minta ITB kaji gelar Guru Besar Rudi
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/20/13/773404/mendikbud-minta-itb-kaji-gelar-guru-besar-rudi

Selasa, 20 Agustus 2013 − 18:33 WIB
Sindonews.com – Gelar Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dimiliki tersangka kasus suap Kepala Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Rudi Rubiandini dipersoalkan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh pun mengaku telah telah menghubungi rektor ITB untuk mengkaji gelar guru besar Rudi Rubiandini di ITB.”Saya sudah hubungi Pak Rektor. Tolong dibuatkan penilaian karena ini akan membawa dampak yang luar biasa, sehingga segera dipelajari di komite yang ada di perguruan tinggi, setelah itu sampaikan ke kementerian,” ujar M Nuh di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/8/2013).Ia menambahkan, untuk proses pencabutan gelar guru besar Rudi di ITB tersebut tak lebih dari sebulan. Ia bahkan berani menjamin prosesnya bisa selesai dalam waktu seminggu.

…dst

12 ) Pukat UGM menduga Sekjen Kementerian ESDM terlibat
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/18/13/772595/pukat-ugm-menduga-sekjen-kementerian-esdm-terlibat

Senin, 19 Agustus 2013 − 03:03 WIB
Sindonews.com – Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Yogyakarta Hifdzil Alim menilai, jika Jero Wacik sudah menjawab mengenai uang USD200 ribu dollar itu, maka publik tidak bisa berspekulasi terlebih dahulu. Harus tunggu penyidikan KPK dulu. Dia menjelaskan, penyitaan barang bukti termasuk uang itu belum tentu mengindikasikan keterlibatan seseorang. Melainkan untuk membuat terang sebuah tindakan pidana.”Kalau uang USD 200 ribu ditemukan di ruangan Sekjend, mungkin bisa diduga keterlibatan Sekjend. Tapi untuk keterlibatan menteri, sabar dulu ya. Kami tunggu hasil penyidikan KPK lebih lanjut,” kata Hifdzil saat dihubungi SINDO, Minggu (18/8/13). Dia melanjutkan, setiap pejabat di sekitar SKK Migas potensial diperiksa, termasuk menteri. Sepanjang hasil penyidikan KPK lebih lanjut mengindikasi keterlibatan pejabat di ESDM, maka mereka tidak boleh menolak jika diperiksa penyidik KPK. “Semua harus mau diperiksa,” ujarnya. Menanggapi kabar Sekjen ESDM yang tidak pernah berada di kantornya, atau menghilang pasca penggeledahan Rabu (14/8), dia menyarankan KPK harus mengejar yang bersangkutan. “Dicegah. Kalau perlu ditetapkan sebagai DPO,” bebernya.

…dst

13 ) SPP Mahal, Mahasiswa Universitas Brawijaya Jual Ginjal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/20/mrtqbh-spp-mahal-mahasiswa-universitas-brawijaya-jual-ginjal

Selasa, 20 Agustus 2013, 16:57 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Sedikitnya lima mahasiswa Universitas Brawijaya Malang berencana menjual ginjalnya untuk membayar sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) yang dinilai terlalu mahal, tidak terjangkau, dan harus dibayar sekaligus untuk setahun. Rencana kelima mahasiswa yang akan menjual ginjalnya demi melunasi SPP tersebut terungkap ketika mereka menggelar unjuk rasa di depan gedung rektorat kampus setempat, Selasa. “Ada lima rekan kami yang berniat menjual ginjalnya agar bisa membayar SPP,” kata koordinator aksi protes pemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT), Nano. Dia dan sebagian besar mahasiswa, termasuk mahasiswa baru, menilai pemberlakuan UKT bukannya meringankan beban orang tua, justru memberatkan. Apalagi, kebijakan rektorat terkait keringanan dan penundaan pembayaran SPP juga telah dihapus. Solusi yang ditawarkan pihak rektorat, kata mahasiswa FISIP semester lima itu, adalah pinjam di BRI. Pinjam uang di bank justru akan menambah beban orang tua yang harus mengangsur pinjaman dengan bunga tinggi.

…dst

14 ) Lagi, Sindikat Joki UMM Dibongkar
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/20/079505838/Lagi-Sindikat-Joki-UMM-Dibongkar

Selasa, 20 Agustus 2013 | 19:48 WIB
TEMPO.CO, Malang – Satuan Intelijen dan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Malang Kota membongkar sindikat penipuan pendaftaran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Polisi menangkap tiga pelaku di MX Mall Kota Malang. Ketiga pelaku dijebak saat bertransaksi dengan orang tua calon mahasiswa.”Pelaku berusaha menipu orang tua mahasiswa,” kata juru bicara UMM, Nasrullah. Ketiganya, Taufani Chandra Sukma, 22 tahun Perum Puri Kartika Asri H 7 RT 2 RW 9, Agus Sugiono warga Jalan Ki Ageng Gribig RT 4 RW 3 Madyopuro Kedungkandang Kota Malang dan Amri Septiono, 23 tahun, Serayu RT 5 RW 6 Randuagung Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.Operasi tangkap tangan dilakukan atas kerjasama antara UMM dengan Kepolisian. Sebelumnya orang tua calon mahasiswa menghubungi Nasrullah, ia diminta membayar Rp 400 juta untuk masuk Kedokteran Umum UMM. Agus mengaku pegawai UMM sedangkan Taufani dan Amri mengaku sebagai mahasiswa yang menjadi joki.

Baca juga  Berita Edukasi, 7 September 2013

…dst

15 ) Tim Bimasakti UGM Lepas Landas ke Negeri Sakura
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/19/373/852122/tim-bimasakti-ugm-lepas-landas-ke-negeri-sakura

Selasa, 20 Agustus 2013 00:06 wib
JAKARTA – Tim mobil balap formula Universitas Gadjah Mada (UGM), Bimasakti, telah lepas landas ke Jepang. Mereka akan mengikuti The 11th Student Formula SAE Competition of Japan 2013 pada 3-7 September 2013 di Jepang. Ketika melepas kontingen Bimasakti, Rektor UGM Pratikno pun menaruh harapan besar pada anak-anak didiknya untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. “Semoga bisa menang, memberikan hasil yang luar biasa dan mengangkat nama UGM,” ujar Pratikno, seperti dilansir dari laman UGM, Selasa (20/8/2013). Selain mendulang prestasi, Pratikno melanjutkan, dalam setiap kompetisi internasional yang diikuti, mahasiswa bisa memberi pengalaman dalam mengikuti tren perkembangan teknologi industri automotif dunia. “Ini pintu masuk pengembangan automotif kita dalam negeri,” singkatnya. Dalam pelepasan keberangkatan tim Bimasakti yang dilaksanakan bertepatan dengan hari Kemerdekaan itu menurutnya mampu memberi semangat dan motivasi bagi tim untuk berjuang merebut hasil yang terbaik.

…dst

16 ) Pemerintah Persiapkan Evakuasi WNI di Mesir
http://www.setkab.go.id/berita-9916-pemerintah-persiapkan-evakuasi-wni-di-mesir.html

Selasa, 20 Agustus 2013 – 21:56 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Mengantisipasi dinamika di Mesir yang tidak kunjung aman, Pemerintah RI sedang mempersiapkan evakuasi WNI dari Mesir. Demikian disampaikan Menko Polhukam Djoko Suyanto melalui pesan tertulisnya di Jakarta, Selasa (20/8) malam. Sejalan dengan persiapan evakuasi itu, menurut Menko Polhukam, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo, saat ini tengah mendata WNI di Mesi,r dan membuat prioritas tahapan WNI yg akan dievakuasi untuk kembali ke Indonesia. “Setiap WNI di Mesir dihimbau untuk terus berkoordinasi dengan Kedutaan RI di Kairo agar keselamatan dan pelayanan terhadap mereka bisa dilakukan dengan baik,” pesan Menko Polhukam. Saat ini diperkirakan ada ribuan WNI yang tinggal di Mesir, selain ada yang bekerja sebagai professional di perusahaan-perusahaan setempat atau perusahaan investor asing di negara itu, WNI di Mesir ada yang juga menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) baik sektor domestik maupun menjadi tenaga terampil. Selain itu, ada ribuan mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir, utamanya di Universitas Al Azhar, Kairo.

…dst

17 ) Sumbar Stop Mahasiswa ke Mesir
Tak Ada Jaminan Keselamatan
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=186964

Selasa, 20 Agustus 2013 , 07:50:00
PADANG – Situasi politik yang kurang kondusif di Mesir mulai berdampak bagi Sumbar. Khawatir tidak ada jaminan keselamatan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar memutuskan tidak akan mengirim mahasiswa baru ke Mesir tahun 2014. Kepala Seksi Pondok Pesantren, Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Sumbar, Amrizal mengatakan, sebagai fasilitator, Kemenag tidak berani mengirim mahasiswa baru ke Mesir. “Kecuali jika sudah aman,” kata Amrizal, di ruangannya kemarin (19/8). Amrizal mengaku belum mengetahui secara pasti kondisi mahasiswa Sumbar di Mesir. Namun, Kemenag Sumbar berencana akan berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk alumni untuk mengetahui secara pasti kondisi mahasiswa Sumbar di Mesir saat ini.”Kita tidak mengetahui secara pasti kondisi mahasiswa saat ini. Tapi kita akan coba mencari tahu lewat Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) ataupun alumni. Kemarin, Kemenag Sumbar hanya berupaya untuk memfasilitasi tamatan pesantren dan aliyah untuk mendaftar. Namun dibatalkan oleh kementerian pusat,” paparnya.

…dst

18 ) Produksi massal dari hasil riset masih sedikit
http://www.antaranews.com/berita/391404/produksi-massal-dari-hasil-riset-masih-sedikit

Selasa, 20 Agustus 2013 12:57 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan bahwa produksi massal dari hasil riset dan pengembangan teknologi di Indonesia masih sedikit, di tengah banyaknya kegiatan riset oleh Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian dan pengembangan. “Data Business Innovation Centre (BIC) menunjukkan bahwa hanya delapan persen dari invensi yang terpilih dalam lima buku serial 100 penemuan baru yang dikeluarkan Kemenristek, yang memasuki tahap produksi massal,” kata Menristek Gusti Muhammad Hatta di Jakarta, Selasa. Menristek mengatakan, kondisi tersebut memprihatinkan, karena menunjukkan bahwa proses atau siklus inovasi riset, pengembangan dan komersialisasi kurang berjalan efektif, di tengah anggaran riset yang masih terbatas.Menurut Menristek, salah satu pokok permasalahan dari sedikitnya jumlah teknologi yang masuk ke pasar dan dimanfaatkan oleh pengguna adalah teknologi yang dikembangkan tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna, yaitu industri, pemerintah dan masyarakat.

…dst

19 ) Mars Society Adakan Kompetisi untuk Mahasiswa Seluruh Dunia
http://www.pikiran-rakyat.com/node/247279

Selasa, 20/08/2013 – 11:33
COLORADO, (PRLM).- Dalam Konvensi Mars Society Internasional Tahunan ke-16 di negara bagian Colorado, lembaga Mars Society di AS mengundang mahasiswa dan mahasiswi seluruh dunia untuk membantu membuat rencana mengenai misi berawak ke planet merah tersebut.Enam bulan lalu, lembaga nirlaba Inspiration Mars Foundation, yang didirikan oleh pengusaha wisata antariksa dan multimiliuner Dennis Tito, mengusulkan peluncuran misi berawak ke Mars dalam lima tahun. Dalam rencana tersebut, satu pria dan satu perempuan akan diterbangkan dalam radius 160 kilometer dari Mars dan kembali ke Bumi.Meski para awak merupakan warga negara Amerika, proses untuk misi tersebut merupakan upaya internasional. Presiden Mars Society, Robert Zubrin, mengumumkan kompetisi yang mengundang tim-tim mahasiswa/i di seluruh dunia untuk merancang misi tersebut yang dapat diluncurkan pada 2018. Rancangan akan dinilai berdasarkan biaya, kualitas, kesederhanaan dan kemampuan untuk diluncurkan dalam lima tahun. Lembaga antariksa AS, NASA, Mars Society dan Inspiration Mars akan memilih para juri.

…dst

20 ) Kemenag buka program beasiswa antar agama dengan Uni Eropa
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/20/15/773118/kemenag-buka-program-beasiswa-antar-agama-dengan-uni-eropa

Selasa, 20 Agustus 2013 − 10:01 WIB
Sindonews.com – Kementerian Agama membuka program beasiswa antar agama dengan Uni Eropa. Kegiatan ini dimulai sejak 19 Agustus-2 September 2013.”Kegiatan diadakan selama dua minggu, sepuluh orang pejabat dari berbagai unit di institusi Uni Eropa diundang untuk tinggal,” ujar Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) Bahrul Hayat, di Jakarta, Selasa (20/8/2013).Menurutnya, akan dilakukan berbagai kunjungan dan pertemuan untuk mengetahui kondisi kehidupan antar umat beragama di Indonesia. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya.”Dengan mengundang para pejabat dari Uni Eropa untuk berada di Indonesia selama 2 minggu untuk berdiskusi dan berdialog dengan berbagai pihak, kami berharap mereka akan mendapat gambaran yang jelas tentang kerukunan antar umat beragama di Indonesia,” ujarnya. Dia mengatakan, kesepuluh pejabat Uni Eropa ini akan mengunjungi Universitas, komunitas dan rumah-rumah ibadah. Selain itu juga diberi kebebasan untuk bertanya langsung kepada warga masyarakat dan pihak yang ditemuinya agar mereka memahami dan melihat secara langsung mengenai kerukunan antar umat beragam di Indonesia.

…dst

21 ) Dilatih Kepemimpinan, Penerima Beasiswa Tanoto Camping Bareng
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/20/560/852298/dilatih-kepemimpinan-penerima-beasiswa-tanoto-camping-bareng

Selasa, 20 Agustus 2013 10:54 wib
BOGOR – Tidak semua anak muda bisa menjadi kreatif dan berjiwa pemimpin. Setidaknya, para penerima beasiswa Tanoto Foundation dilatih agar mereka bisa mempunyai bekal tersebut. “Don’t give up without a fight” menjadi slogan Tanoto Scholars Gathering kali ini. Tanoto Gathering Scholars pun dihelat untuk ke-4 kalinya di camping ground D’Jungle, desa Batu Layang, Bogor. Tanoto Scholars Gathering merupakan camp pelatihan yang diadakan oleh Tanoto Foundation untuk para penerima beasiswa dari tujuh universitas yang menjadi mitra Tanoto Foundation. Di antaranya ada Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Jambi, Universitas Riau, Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).Sebanyak 227 mahasiswa dari tujuh universitas tersebut mengikuti perhelatan Tanoto Scholars Gathering kali ini.

Baca juga  Berita Edukasi, 19 Agustus 2013

…dst

22 ) MM Aktuaria FE UI “Bangun” dari Tidur Panjang
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/20/373/852316/mm-aktuaria-fe-ui-bangun-dari-tidur-panjang

Selasa, 20 Agustus 2013 11:25 wib
JAKARTA – Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Indonesia (UI) kembali membuka program studi (prodi) Aktuaria yang sempat ditutup pada 2003. Dalam pembukaan kembali prodi tersebut, UI menggandeng PT Prudential Life Assurance sebagai mitra.”Kami menyambut baik kerjasama ini karena manajemen UI berbasis problem solving dan kerjasama dengan industri sangat menunjang untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Apalagi Prudential merupakan salah satu institusi asuransi terkemuka sehingga dapat belajar banyak untuk menjadi aktuaris yang sesuai kebutuhan industri,” ujar Anis, di Gedung MM FE UI, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2013).Dia menyebut, Aktuaria merupakan prodi yang sudah lama ada di MM FE UI. Namun, terpaksa ditutup karena kurang peminat. Seiring perkembangan zaman, prodi tersebut kembali dibuka karena kebutuhan tenaga aktuaris sangat tinggi.”Prodi Aktuaria sudah lama tapi sempat tutup. Sekarang reopening karena kebutuhan aktuaris yang tinggi. Saat ini aktuaris yang ada hanya sekira 300 tapi kebutuhannya mencapai 1.700 orang,” tuturnya.

…dst

23 ) MM Aktuaria FE UI Kebanjiran Peminat
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/20/373/852368/mm-aktuaria-fe-ui-kebanjiran-peminat

Selasa, 20 Agustus 2013 13:02 wib
JAKARTA – Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Indonesia (UI) kembali membuka program studi (prodi) Aktuaria yang tutup selama 10 tahun. Tidak disangka, dalam pembukaan kembali, prodi tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Saat ini, 20 mahasiswa sebagai angkatan pertama telah siap berkuliah di prodi yang kini menggandeng PT Prudential Life Assurance itu. Penggagas program, yakni Renald Khasali menyebut, dua dari 20 mahasiswa angkatan pertama itu akan mendapatkan beasiswa dari Prudential. “Program ini butuh 20 peserta dan dua di antaranya dapat beasiswa tanpa ada ikatan dinas dengan Prudential. Yang membuat kami kaget, ternyata pendaftar mencapai 50 orang. Dari 50, hanya 25 lolos seleksi dan hanya 20 yang kami ambil,” ungkap Rhenald, di Gedung MM FE UI, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2013). Dia menjelaskan, untuk angkatan pertama, prodi MM Aktuaria FE UI memang hanya menetapkan kuota 20 kursi. Sebab, lanjutnya, mengingat kapasitas ruangan demi menghasilkan lulusan aktuaris yang berkualitas.

…dst

24 ) Jateng Rangkul Universitas Queensland
88 Mahasiswa Akper Jateng Diwisuda

20 Agustus 2013
WONOSOBO- Sebanyak 88 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diwisuda di Gedung Korpri Wonosobo, Senin (19/8). Mereka yang diwisuda terdiri atas 52 mahasiswa kelas reguler angkatan XIII kampus Wonosobo dan 36 mahasiswa dari kelas tugas belajar angkatan I kampus Ungaran. Direktur Akper Pemprov Jawa Tengah Sunarsri Retno Wulandari SKM MKes mengatakan, dalam periode ini hasil kelulusan sangat memuaskan. Pihaknya juga akan meningkatkan kualitas dan menyongsong sertifikasi internasional yang sekarang sedang dirintis Pemerintah Provinsi Jateng dengan Queensland University of Technology Australia. “Semua wisudawan telah melaksanakan uji kompetensi tentang registrasi praktik tenaga kesehatan. Para wisudawan mengikuti ujian akhir program sebagai pembuktian bahwa para wisudawan telah menuntaskan kompetensi yang terdapat pada semua mata kuliah, termasuk penyusunan karya tulis ilmiah, serta melaksanakan praktik klinik dan komunitas,” paparnya.

…dst

25 ) 12 Mahasiswa Asing Diterima di Unair
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/20/3/175929/12-Mahasiswa-Asing-Diterima-di-Unair

Selasa, 20 Agustus 2013 | 10:43 WIB
Metrotvnews.com, Surabaya: Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima 12 mahasiswa asing yang mendaftar pada empat fakultas, yakni kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, dan farmasi. “Ada 16 mahasiswa asing yang mendaftar, hanya 12 yang melakukan registrasi hingga menjelang pengukuhan mahasiswa pada Senin (19/8),” kata Wakil Rektor I Unair Profesor Achmad Syahrani di Surabaya, Selasa (20/8). Didampingi Ketua Humas dan Informasi Studi Unair Dr MG Bagus Ani Putra, ia menjelaskan ke-12 mahasiswa asing itu terbanyak berada di Fakultas Farmasi sebanyak lima orang. Pada tahun ini, katanya, Unair menerima 6.877 mahasiswa baru yang merupakan jumlah terbanyak dalam penerimaan mahasiswa baru di kampus yang memiliki sejarah di bidang kedokteran itu. “Ketika mengukuhkan mahasiswa baru pada hari Senin (19/8), Rektor Unair Prof Dr Fasich Apt juga memberikan beasiswa bidik misi secara simbolis kepada mahasiswa baru yang berhak menerimanya,” kata Achmad Syahrani.

…dst

26 ) Unnes Sambut 16 Peserta See-Conic 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/19/373/852073/unnes-sambut-16-peserta-see-conic-2013

Selasa, 20 Agustus 2013 02:03 wib
JAKARTA – Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali menggelar program rutin bagi para mahasiswa asing, yakni Short Course of Environmental Conservation and Indonesian Culture (See-Conic). Kali ini, tercatat 16 mahasiswa asing yang mengikuti program See-Conic di Unnes. Selama dua minggu, para peserta See-Conic berkesempatan untuk mengikuti kursus konservasi dan kebudayaan Indonesia. Mereka merupakan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara, yakni Malaysia sebanyak empat orang, Thailand delapan orang, satu mahasiswa asal Jepang, dan tiga mahasiswa dari Vietnam. Dalam acara penerimaan para mahasiswa asing, Rektor Unnes Fathur Rokhman menyebut, lewat program pengenalan budaya Indonesia kepada mahasiswa asing, khususnya mahasiswa Asia ini, mereka dapat mempelajari konservasi budaya.

…dst

27 ) Jenjang Kepangkatan Guru Non-PNS Berubah
Setelah Penghentian Program Inpassing
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/20/234011/Jenjang-Kepangkatan-Guru-Non-PNS-Berubah

20 Agustus 2013
JAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghapus program penyesuaian pangkat/golongan guru non-PNS dengan pangkat/golongan guru PNS. Program tersebut akan diganti dengan program kesetaraan yang didasari standar kompetensi dan profesionalitas. “Inpassing sudah dihentikan sejak 31 Agustus 2011 dan diganti dengan program kesetaraan. Program itu disesuaikan dengan aturan perundangundangan Nomor 14/2005, yang ingin menjadikan guru profesional,” kata Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Ditjen Dikdas, Kemdikbud, Sumarna Suryapranata, di Jakarta. Dengan demikian, ke depan, dengan program baru yang berdasarkan profesional, jenjang kepangkatan juga akan berubah. Dari 13 jenjang kepangkatan, akan dipangkas menjadi empat jenjang saja. Empat jenjang tersebut adalah guru pertama, guru muda, guru madya, dan guru utama.

…dst

28 ) Kemendikbud Segera Keluarkan Edaran Larang Tes Keperawanan
http://www.jpnn.com/read/2013/08/20/187028/Kemendikbud-Segera-Keluarkan-Edaran-Larang-Tes-Keperawanan-

Selasa, 20 Agustus 2013 , 17:44:00
JAKARTA–Rencana kebijakan tes keperawanan di sejumlah sekolah di daerah sudah menuai kontroversi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk yang tidak menyetujui adanya kebijakan jajaran dinas di daerah terkait rencana itu.Mendikbud Mohammad Nuh, berjanji pihaknya akan mengeluarkan edaran setelah mengkaji rencana itu.”Kalau ada bukti tentu kami akan membuat edaran. Kita kan punya kewenangan untuk intervensi, tapi kita pelajari dulu,” ujar Nuh di Jakarta, Selasa, (20/8). Nuh mengerti bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di beberapa daerah, termasuk Sumatera Selatan yang awalnya menghebohkan kebijakan itu bermaksud baik. Yaitu untuk menghindarkan pelajar dari perbuatan negatif. Namun, kata dia, harus ada cara lain. Bukan dengan kebijakan tes keperawanan di sekolah.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *