Dibanding jeruk, 5 makanan ini lebih kaya vitamin C

paprikaBicara tentang vitamin C yang ada di pikiran banyak orang adalah buah-buahan sitrus seperti jeruk atau buah yang asam. Padahal tak semua makanan yang kaya vitamin C harus asam atau merupakan buah-buahan sitrus. Faktanya, banyak makanan alami lain yang mengandung lebih banyak vitamin C dibanding jeruk.

Satu buah jeruk diperkirakan mengandung 98 miligram vitamin C. Namun beberapa makanan alami berikut ini diketahui memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk, seperti dilansir Women’s Health Mag (04/08).

1. Paprika kuning
Paprika adalah sayuran yang rendah kalori, memiliki banyak warna, dan sedikit pedas. Namun ternyata sayuran ini mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup banyak, terutama paprika kuning. Setengah cangkir paprika kuning yang dipotong-potong mengandung sekitar 155 miligram vitamin C. Ini bahan melebihi kebutuhan vitamin C sehari yaitu 75 miligram.

2. Pepaya
Pepaya memang tidak terasa asam, namun buah ini mengandung jauh lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Setengah buah pepaya berukuran besar mengandung 238 miligram vitamin C. Sebagai tambahan, pepaya juga mengandung banyak vitamin A dan serat.

3. Jambu
Buah jambu juga mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. satu cangkir jambu mengandung 377 miligram vitamin C, jauh lebih banyak daripada satu buah jeruk. Satu cangkir jambu bahkan mengandung vitamin C lima kali lebih banyak daripada jumlah yang disarankan setiap hari.

4. Kale
Kale adalah salah satu sayuran berdaun hijau. Meski begitu, kale ternyata mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Dua cangkir kale mengandung 150 miligram vitamin C. Sebagai bonus, kale juga mengandung 684 miligram potasium dan tujuh gram serat.

5. Strawberry
Satu cangkir strawberry potong mengandung jumlah vitamin C yang hampir sama, namun sedikit lebih banyak dari satu buah jeruk. Satu cangkir strawberry mengandung 98 miligram vitamin C. Buah mungil satu ini juga mengandung antioksidan yang cukup banyak.

Baca juga  Tips Menyusui Selama Puasa

Itulah beberapa jenis buah-buahan yang mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Jadi, lain kali jika ingin memenuhi kebutuhan vitamin C Anda, jangan hanya terpaku pada jeruk. Ana bisa mengonsumsi makanan alami di atas untuk mendapatkan lebih banyak vitamin C.

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *