Khasiat dan Manfaat Buah Melon Bagi Ibu Hamil

MelonMelon atau nama Latinnya adalah Cucumis melo merupakan keluarga labu yang buahnya mirip semangka. Di Indonesia, melon sudah mulai banyak yang membudidayakan sehingga ketika musim panen buah melon tiba, harganya cukup murah. Rasanya manis dan sangat cocok jika dibuat campuran es buah atau jus tetapi tetap segar jika dimakan langsung. Selain dibalik rasa dan kesegarannya, ternyata juga mempunyai khasiat dan manfaat buah melon bagi kesehatan kita dan juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi Ibu hamil. Dalam artikel ini akan membahas khusus manfaat buah melon untuk ibu hamil. Karena selama masa kehamilan sampai menjelang melahirkan, ibu hamil harus lebih menjaga kebutuhan gizi dan mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan ibu dan Janin.


Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah melon sangat tinggi, dari sepotong buah melon 100 gram saja sudah mempunyai kadar karbohidrat 14,8 gram, protein 1,55 gram, potassium 546 mili gram, kandungan vitamin A 5.706 Iu, vitamin C 75 gram. Khasiat dan manfaat buah melon sangat tinggi jika melihat hasil kandungan nutrisi tersebut. Nutrisi tersebut juga membawa khasiat buah melon untuk ibu hamil, karena selain kebutuhan gizi, janin juga akan ikut merasakan dan mengenal rasa melon yang diserap dari cairan ketuban untuk menyerap kebutuhan nutrisi janin selama dalam kandungan. Selama hamil juga sebaiknya rutin mengkonsumsi berbagai macam buah baik yang berwarna merah, kuning, hijau dan sebagainya, karena kandungan dan kadar vitamin akan berbeda dari segi warna buah yang dikonsumsi.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa khasiat dan manfaat buah melon yang dikonsumsi bagi ibu hamil:

  • Dapat meminimalkan gejala panas dalam yang sering dialami ibu hamil.
  • Mampu mengurangi rasa mual pada ibu hamil.
  • Ibu hamil sering mengalami gangguan pada trimester pertama seperti morning sickness, mengkonsumsi melon dapat mengurangi gejala tersebut.
  • Ibu hamil membutuhkan cairan yang banyak pada tubuh, kandungan air yang ada pada melon mencapai 90% dari keseluruhan buah melon dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan pada ibu hamil.
  • Memperkuat dan membantu perkembangan janin selama pertumbuhan janin sampai menjelang lahir.
Baca juga  Bagaimana meningkatkan kesuburan reproduksi?

Dengan demikian, khasiat dan manfaat buah melon bukan saja bagi kesehatan badan kita, tetapi bagi ibu hamil juga sangat membantu menjaga kesehatan dan perkembangan janin selama dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *