Praktik PKMD Tahun 2019

Mahasiswa semester V Akademi Kebidanan (AKBID) Muslimat NU Kudus melaksanakan praktik PKMD (Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa) di Desa Gondangmanis Kec. Bae Kabupaten Kudus. Praktik tersebut dimulai pada tanggal 9 Januari sampai 21 Februari 2019.

Prosesi serah terima PKMD dihadiri oleh DKK Kudus, Camat Bae, Kepala puskesmas Bae, Kapolsek Bae, Koramil Bae dan Kepala Desa Bae.

Kegiatan PKMD dilakukan oleh mahasiswa bekerjasama dengan Puskesmas Bae maupun tokoh-tokoh masyarakat yang ada di desa Bae. Disamping mahasiswa, masyarakat desa sangat antusias saat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa AKBID Muslimat NU Kudus.

Mahasiswa aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di desa meliputi posyandu, rapat RT/RW, Pengajian, PKK, Senam, Kerja Bakti, Survey lingkungan kasus DBD maupun pendampingan pada ibu hamil dengan resiko tinggi. Mahasiswa berupaya melakukan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat di setiap kegiatan sehingga masyarakat desa Bae dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Praktik PKMD ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan Asuhan Kebidanan Komunitas maupun melaksanakan peran dan fungsi bidan saat di desa sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *