Santriwati tidak hanya pintar mengaji saja

IMG_0327Di era yang semakin maju ini Peningkatan Mutu tidak hanya terjadi di Perguruan Tinggi saja tetapi juga terjadi di Pondok Pesantren salah satunya di Pondok Pesantren (Ponpes) Az Zahra Kudus.

Ponpes Az Zahra Kudus yang berlokasi di Akbid Muslimat Nu Kudus kemarin pada tanggal 4-10 Desember 2015 mengadakan Pelatihan Kepemimpinan dan Kewirausahaan Santriwati dalam Rangka Peningkatan Mutu Pondok Pesantren Az Zahra Kabupaten Kudus Tahun 2015 di Aula Akademi Kebidanan Muslimat NU Kudus yang dihadiri oleh Ketua Ponpes Az Zahra Kudus ibu Sri Wahyuni, S.Pd.I, di hadiri juga Ketua Yayasan BPPMNU Az Zahra Kudus Bpk DR. H. Ihsan, M.Ag., dan juga di hadiri Ketua Seksi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kab. Kudus bpk Hafidz, M.Pd.I, dan Bpk K.H. Ma’sum Ak.

Ketua Ponpes Az Zahra Kudus Ibu Sri Wahyuni menyampaikan jangan sampai anak-anak mennyia-nyiakan pelatihan ini jadi harus benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya karena santriwati zaman sekarang tidak hanya pintar dalam mengaji saja tetapi juga harus pintar dalam teknologi.

Ketua Yayasan BPPMNU Az Zahra Kudus Bpk DR. H. Ihsan, M.Ag. juga menyampaikan disamping Perguruan Tinggi memberikan ketrampilan akademik, di harapkan setiap mahasiswa pasca studi/setelah lulus benar-benar tidak hanya menguasai ranah akademik tapi juga menguasai ranah ketrampilan. Maka dari itu dalam Pelatihan ini Mahasiswa/ Santriwati insya allah akan di bekali 2 keterampilan yaitu :
1. Kepemimpinan
Sebagai calon bidan yang profesional, Santriwati Akbid tidak akan lepas dari ranah kepemimpinan jadi bagaimana seorang bidan yang profesional yang bisa menterjemahkan dan membeckdon (menguring) Aspek Uhrowiyah ini bukan cuma dihadapan allah tapi juga aspek-aspek duniawiyah administrasi dan birokrasi  yang semua ini perlu pelatihan.
memimpin itu adalah proses mempengaruhi ato proses mengarahkan org lain dlm rangka mencapai tujuan tertentu
2. Kewirausahaan
Diharapkan di era global ini banyak hal yang bisa dikerjakan dalam rangka memanfaatkan peluang usaha. Wirausaha beda dengan usaha. Wirausaha beda dengan pengusaha. Wirausaha itu adalah orang yang bisa selalu mengkombinasikan potensi internal dan potensi external agar menjadi lebih produktif sehingga menjadi potensi besar yang dapat melahirkan banyak hal.

Asumsinya santri tidak hanya membaca al-qur’an, santri tidak hanya membaca text kitab kuning, tidak hanya belajar persoalan-persoalan diniyah tapi semua yang kita pelajari coba kita tarik diranah praktis di masyarakat. Apalagi santri-santri di Az Zahra ini adalah santri-santri yang notabennya mahasiswa profesi kebidanan. Perbedaan Akbid Muslimat NU Kudus dengan akbid-akbid yang lain adalah adanya pembelajaran bagaimana persalinan menurut agama islam.

Ketua Seksi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kab. Kudus Bpk Hafidz, M.Pd.I juga menyampaikan bahwa di Kudus ada 151 Ponpes yang sah dan mendapatkan ijin operasional namun di tahun 2015 ada pemutakhiran data yang mengajukan baru 68 Ponpes salah satunya Ponpes Az Zahra Kudus. Beliau juga berharap di Kudus khususnya di Pondok Pesantren tidak ada aliran-aliran sesat apa lagi sekarang ini marak aliran-aliran sesat oleh karena itu santriwati Ponpes Az Zahra harus betul-betul bisa mengangkat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *