5 Alasan kenapa banyak orang peduli dengan penyakit ALS

5-alasan-kenapa-banyak-orang-peduli-dengan-penyakit-alsDemam IBC atau Ice Bucket Challenge masih terus merajai beberapa laman sosial hingga beberapa hari ini. Tantangan berupa mengguyur air es ke seluruh badan ini awalnya diciptakan untuk penggalangan dana dari para pesohor demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit ALS.

Penyakit ALS atau Amyotrophic lateral sclerosis ini adalah penyakit yang bisa menyerang seluruh sel saraf tubuh manusia. Bahkan penyakit ini dikategorikan dalam penyakit neurologis fatal. Selain hal tersebut, inilah informasi lain tentang penyakit ALS yang harus Anda ketahui seperti dilansir dari foxnews.com.

ALS mempengaruhi tubuh dan pikiran
ALS menyerang seluruh sel tubuh hingga membuat lengan, kaki, dan wajah Anda sulit untuk digerakkan. Tak berhenti sampai di situ saja, ALS bahkan bisa membuat penderitanya mengalami depresi dan gangguan dalam berpikir serta mengingat.

ALS bukan penyakit turunan
Mungkin sekitar 5-10% dari kasus ALS adalah penyakit turunan. Namun sisanya menunjukkan bahwa penyakit ini bukanlah penyakit turunan. Penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa para veteran militer lebih berisiko tinggi untuk terkena penyakit ini.

ALS lebih sering terjadi pada pria
Menurut National Institute of Neurological Disorder and Stroke, setiap tahunnya terjadi 5.600 kasus ALS dan pria mendominasi untuk menjadi penderita ALS. Selain itu kasus penyakit ini banyak terjadi pada mereka dengan kelompok usia 60-69 tahun.

Gejala ALS tidak terdeteksi
Penyakit mengerikan ini sayangnya tidak memiliki gejala awal yang bisa terdeteksi dengan cepat. Namun menurut beberapa penelitian kesehatan, penyakit ini pada awalnya akan menimbulkan gejala kram, otot tegang dan kaki, serta kesulitan untuk mengunyah atau menelan. Kebanyakan pasien ALS pun juga mengalami kesulitan untuk bernapas sehingga mereka pun meninggal karena gagal napas.

Penderita ALS mempunyai tingkat harapan hidup tinggi
Meskipun belum ada obat yang bisa menyembuhkan ALS secara efektif, namun obat sementara yaitu Riluzole dapat membuat penderitanya untuk bertahan hidup lebih lama. Obat ini juga tidak akan memberikan efek samping yaitu merusak motor neuron di dalam tubuh.

Itulah beberapa informasi tentang penyakit ALS yang patut untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *