Berita Edukasi, 03 Agustus 2014

1) Dibuka Kembali Penerimaan Beasiswa ‘The Indonesian Presidential Scholarship’
http://www.setkab.go.id/berita-13653-dibuka-kembali-penerimaan-beasiswa-the-indonesian-presidential-scholarship.html

Sabtu, 02 Agustus 2014 – 16:19 WIB
Guna mencapai target menjadikan  Indonesia sebagai negara dengan perekonomian yang kuat, kesejahteraan merata, politik-keamanan yang stabil serta berperan penting di kancah internasional, pemerintah membuka kembali kesempatan penerimaan program Beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) atau The Indonesian Presidential Scholarship (IPS). Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangununan Prof. Firmanah, Ph.D. mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkeinginan pada tahun 2045, atau bahkan lebih cepat dari itu, Indonesia bisa menjadi negara maju dan disegani di tingkat internasiona. Ia menyebutkan, selama 10 tahun menjabat sebagai Presiden RI, SBY melihat arti penting dari sumber daya manusia. Menurut Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu, Presiden SBY yakin bahwa pemimpin masa depan harus dipersiapkan dan secara aktif dibentuk dalam bidang dan profesi apapun. “Oleh karena itu, Presiden SBY mengajak generasi muda penerus bangsa untuk meningkatkan potensi diri dengan melanjutkan pendidikan Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3) di universitas-universitas terbaik di dunia,” kata Firmanzah kepada wartawan di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Sabtu (2/7) siang.

…dst

2) Pendaftaran Beasiswa Presiden Sudah Dibuka
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/08/03/n9pjxv-pendaftaran-beasiswa-presiden-sudah-dibuka

Sunday, 03 August 2014, 08:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Program beasiswa Presiden Republik Indonesia periode 2014 kembali dibuka dan memberikan kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk menempuh pendidikan strata satu, strata dua hingga doktor di universitas di seluruh dunia. Dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Ahad (3/8), program beasiswa Presiden RI yang diluncurkan sejak 2013 merupakan upaya untuk mempersiapkan generasi muda yang akan menjadi tulang punggung bangsa sehingga bisa memberikan kontribusi bagi kekuatan perekonomian dan juga sektor lainnya pada 100 tahun usai bangsa Indonesia nanti. “Rasa keadilan tetap menjadi pertimbangan sehingga masyarakat kurang mampu tetap memperoleh prioritas. Presiden SBY berkeyakinan bahwa pemimpin masa depan harus dipersiapkan dan secara aktif dibentuk untuk bidang dan profesi apapun,” demikian dijelaskan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam keterangannya.

…dst

3) Beasiswa Presiden untuk Pemimpin Indonesia Mendatang
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/138354/beasiswa-presiden-untuk-pemimpin-indonesia-mendatang

02 Agst 2014 13:49:36
Jakarta (Antara) – Staf khusus presiden mengemukakan program “Beasiswa Presiden RI” diselenggarakan untuk menyiapkan generasi emas yang akan menjadi pemimpin Indonesia pada masa mendatang.”‘Indonesian Presidential Scholarship’ didesain dan diformat untuk menyiapkan calon pemimpin Indonesia masa depan,” kata Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Prof Firmansyah dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu.Menurut dia, latar belakang dari program pemberian “Beasiswa Presiden” tersebut adalah karena setelah 10 tahun menjabat sebagai kepala negara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melihat arti penting sumber daya manusia.Selain itu, ujar dia, pemerintah juga telah mencanangkan bahwa pada tahun 2045 atau 100 tahun setelah Indonesia merdeka, RI sudah menjadi negara dengan perekonomian yang kuat dengan kesejahteraan yang merata dan politik keamanan yang stabil serta berperan penting di kancah internasional.

…dst

4) Anak Tukang Becak Raih Beasiswa Presiden untuk Studi ke London
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/08/03/n9p6nf-anak-tukang-becak-raih-beasiswa-presiden-untuk-studi-ke-london

Sunday, 03 August 2014, 05:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali membuka peluang bagi putra-putri terbaik Bangsa yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 untuk mendapatkan Beasiswa Presiden Republik Indonesia gelombang kedua. Rencananya, sebanyak 150 peserta akan diberangkatkan ke lima puluh universitas terbaik dunia dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh negara. Masyarakat kurang mampu yang berprestasi tetap diprioritaskan untuk mendapat program bernama Indonesian Presidential Scholarship(IPS) ini. Salah satu penerima yang telah masuk pada gelombang pertama adalah Raeni. Raeni merupakan putri Mugiyono (55 tahun), tukang becak asal Semarang. Nama Raeni sempat menjadi buah bibir setelah menjadi lulusan terbaik Universitas Diponegoro tahun 2014 dengan IPK 3,96 dalam waktu studi 3,5 tahun.

…dst

5) Ini Syarat Beasiswa Presiden RI
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/08/02/n9o9c1-ini-syarat-beasiswa-presiden-ri

Sabtu, 02 Agustus 2014, 16:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Beasiswa Presiden Republik Indonesia kembali dibuka untuk gelombang ke dua. Beasiswa yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini akan memberangkatkan 150 putra-putri terbaik bangsa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S2 dan S3 di universitas terbaik dunia. Kepala Divisi Perencanaan Usaha dan Manajemen Data Kemenkeu Try Sutrisno Gaus mengatakan, pendaftaran gelombang ke dua telah dibuka pada 23 Juli 2014. “Terakhir pendaftaran tanggal 17 Agustus 2014 pukul 10.00 WIB,” katanya dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (2/8). Gaus menjelaskan, persyaratan yang harus dilampirkan oleh pendaftar secara umum antara lain adalah Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki riwayat kepemimpinan dan prestasi di bidangnya masing-masing dan mendapat rekomendasi dari tokoh atau pakar di bidangnya atau pimpinan di unit kerjanya.

…dst

6) 10 Repositori Kampus Terbaik se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2014/07/30/373/1019083/10-repositori-kampus-terbaik-se-indonesia

Rabu, 30 Juli 2014 15:10 wib
Webometrics kembali melakukan pemeringkatan terhadap seluruh repositori yang dimiliki oleh seluruh perguruan tinggi atau institusi di dunia. Pada pemeringkatan kali ini, repositori milik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil menempati urutan pertama se-Indonesia. Tepat di belakang Undip, pada urutan kedua bertengger repositori milik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Masih dari kota yang sama, di urutan tiga terdapat digital library dari UIN Sunan Kalijaga. Kemudian, urutan keempat dihuni oleh repositori milik kampus di bawah asuhan Ravik Kasidi, yakni Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kemudian disusul oleh kampus asal Kota Hujan, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB).

…dst

7) Mahasiswa Unair menciptakan lapisan otak buatan
http://surabaya.tribunnews.com/2014/07/31/mahasiswa-unair-ciptakan-lapisan-otak-buatan

Kamis, 31 Juli 2014 15:28 WIB

SURYA Online, SURABAYA – Pasien pasca operasi bedah tengkorak seringkali mengalami infeksi dan membuat cairan otaknya meluber keluar. Hal ini disebabkan karena kebocoran pada lapisan otak. Agar cairan otak tak keluar, dibutuhkan lapisan otak (durameter) buatan seperti yang diciptakan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Unair berikut ini. Penyakit tumor atau kanker otak seringkali dilakukan bedah tengkorak. Begitu juga korban kecelakaan lalu lintas yang mengalami gegar otak berat atau pasien yang mengalami pemecahan pada pembuluh otak. Tetapi, tidak semua operasi berjalan sesuai harapan. Pasca operasi malah sering terjadi kebocoran lapisan otak (durameter) yang membuat cairan keluar. Hal ini akan berdampak buruk karena duramater berperan membantu kinerja otak sehingga dibutuhkan cairan neurotransmitter yaitu dopamine yang dapat menghantarkan  sinyal  –  sinyal  ke otak.

…dst

8) Beasiswa S-3 Ilmu Sosial di Jerman
http://kampus.okezone.com/read/2014/07/24/368/1017350/beasiswa-s-3-ilmu-sosial-di-jerman

Sabtu, 02 Agustus 2014 07:04 wib
JAKARTA – Bielefeld Graduate School, Jerman, membuka program beasiswa riset doktoral dalam bidang sejarah, sosiologi, antropologi atau ilmu politik. Beasiswa akan diberikan selama enam bulan sebesar 1.200 euro per bulan atau setara dengan Rp18,6 juta (Rp15.507 per euro).Program beasiswa ini bertujuan meningkatkan hubungan antara para peneliti di Bielefeld Graduate School. Karena itu, program beasiswa juga termasuk perjalanan untuk riset.Untuk melamar beasiswa ini, kemampuan bahasa Inggris atau Jerman Anda harus mencukupi. Anda juga harus mempersiapkan proposal riset disertasi untuk di Komite seleksi. Jika proposal Anda disetujui, Anda bisa melakukan riset tersebut di Bielefeld Graduate School atau institusi lainnya. Selain tunjangan bulanan 1.200 euro, beasiswa juga termasuk tunjangan untuk anak, jika ada. Biaya perjalanan juga akan ditanggung Bielefeld Graduate School.

…dst

9) Raih Ratusan Beasiswa Riset Doktoral di Inggris!
http://kampus.okezone.com/read/2014/07/24/368/1017352/raih-ratusan-beasiswa-riset-doktoral-di-inggris

Minggu, 03 Agustus 2014 07:04 wib
JAKARTA – University of Kent, Inggris, menawarkan beasiswa riset S-3 bagi pelajar internasional. Program beasiswa ini terbuka dalam semua bidang studi yang ditawarkan universitas.Sebagai rangkaian perayaan 50 tahun University of Kent pada 2015, pihak kampus telah menyediakan 100 beasiswa tambahan yang diberikan rutin tiap tahun sejak 2012. Program ini dikenal sebagai Kent’s 50th Anniversary Scholars. Para kandidat terpilih adalah mereka yang memiliki kemampuan akademik gemilang dan potensi riset. Beberapa sekolah menawarkan beasiswa dalam skema Graduate Teaching Assistantships (GTAs). Melalui skema ini, penerima beasiswa akan mengajar dan mendapatkan dukungan finansial sebagai “gaji”. Mereka yang menyandang gelar Graduate Teaching Assistants akan mendapatkan posisi unik di universitas. Mereka adalah mahasiswa penerima beasiswa sekaligus pegawai di kampus. Karena itu, mereka harus tunduk pada peraturan kampus sebagai mahasiswa dan pegawai. Namun, mereka juga memiliki kesempatan menikmati hak-hak istimewa dalam program ini.

…dst

10) Demi Kurikulum 2013, Kemendikbud Buka Klinik Guru
http://www.jpnn.com/read/2014/08/01/249259/Demi-Kurikulum-2013,-Kemendikbud-Buka-Klinik-Guru-

Jumat, 01 Agustus 2014 , 12:01:00
Kemendikbud berupaya mengatasi satu per satu masalah yang terjadi menjelang penerapan kurikulum 2013 di seluruh sekolah. Salah satunya, problem ketidakpahaman guru mengenai kurikulum baru ini. Karena itu, Kemendikbud membuka klinik guru (teaching clinic) di seluruh kabupaten/kota. Pemerintah juga menyelenggarakan konsultasi online. Guru bisa berkonsultasi dan sharing soal kendala selama mengajar. Mendikbud M. Nuh menuturkan, untuk bisa mengajarkan materi dengan baik kepada siswa, guru harus memahami K-13 (kurikulum 2013). ’’Kalau guru tidak menguasai, cara mengajarnya bagaimana?’’ katanya saat mengadakan konferensi pers di Hotel Mercure, Surabaya, Kamis  (31/7). Karena itu, Kemendikbud memberikan pelatihan terhadap guru. Salah satu materi yang diajarkan mengenai metodologi pembelajaran. Mantan rektor ITS tersebut menyebutkan bahwa ada 1,3 juta guru yang dilatih. Mulai jenjang SD hingga SMA/SMK. Mereka dilatih serentak pada kurun waktu yang sama. Materi yang diajarkan sudah terstandardisasi.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *