Bersepeda bisa tingkatkan potensi kanker prostat?

bersepedaBersepeda adalah salah satu olahraga yang biasa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh selain berlari dan berjalan. Namun sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk mengatakan bahwa aktivitas fisik ini ternyata mampu membahayakan kesehatan pria. Dikatakan bahwa pria yang menghabiskan waktu lebih dari 9 jam seminggu untuk bersepeda akan memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena kanker prostat.

Tim penelitian dari University College London ini menemukan walaupun bersepeda tidak mampu mempengaruhi kesehatan reproduksi dan kesuburan pria, namun kegiatan ini ternyata mampu mengembangkan risiko pria yang lebih besar untuk terkena kanker prostat.

“Penelitian kami yang melibatkan lebih dari 5.200 pengendara sepeda menemukan bahwa para pengendara yang berusia di atas 50 tahun dan menghabiskan lebih dari 9 jam dalam seminggu untuk bersepeda memiliki risiko 5 kali lebih besar untuk terkena kanker prostat. Walaupun begitu, kami masih belum bisa menemukan kenapa hal ini bisa terjadi,” ujat Dr Mark Hames, penulis penelitian ini.

Namun dia juga mengatakan bahwa sebaiknya hasil penelitian yang masih perlu diuji ini tidak menyurutkan semangat untuk bersepeda. Sebab bersepeda mampu mengurangi risiko diabetes tipe II, penyakit jantung, dan stroke.

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *