Sering kembung saat puasa? Konsumsi 8 makanan ini saat sahur

8-makanan-ini-saat-sahurDi bulan puasa seperti saat ini, kaum muslim diharuskan untuk berpuasa. Biasanya lama waktu berpuasa yaitu 12-14 jam bisa menimbulkan gangguan perut yaitu perut kembung. Terutama ketika Anda langsung tertidur ketika sahur. Asam lambung yang naik membuat perut terasa sangat tidak nyaman.

Agar puasa Anda tidak terganggu dengan kendala tersebut, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan di bawah ini untuk menghindarkan dari perut kembung.

Berikut adalah daftar makanan yang bisa Anda konsumsi saat sahur untuk mencegah perut kembung seperti dilansir dari boldsky.com.

1. Stroberi

Mengonsumsi buah stroberi ketika sahur adalah cara terbaik untuk menyingkirkan gas penyebab perut kembung. Mengonsumsi 4-6 buah stroberi dapat mencegah ketidaknyamanan gangguan perut kembung.

2. Cuka sari apel

Walaupun memiliki efek yang tidak terlalu baik untuk kesehatan gigi, minum cuka sari apel dapat mencegah perut kembung ketika puasa. Caranya adalah dengan mencampurkan 1-2 sdm cuka sari apel ke dalam segelas air hangat. Minumlah larutan tersebut saat sahur untuk mencegah pembentukan gas.

3. Baking soda

Selain cuka sari apel, minum air hangat yang dicampur dengan baking soda juga mampu mencegah perut kembung. Tambahkan 1 sendok teh baking soda dalam air hangat dan masukkan air lemon untuk menambah rasa. Minum sebelum menyantap makanan sahur.

4. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman herbal yang baik untuk merangsang sekresi asam klorida dan enzim pencernaan dalam perut. Hal ini mampu menurunkan terjadinya pembentukan gas. Minum jus lidah buaya saat sahur untuk mencegah kembung saat puasa.

5. Teh herbal

Minum teh herbal ketika sahur juga merupakan ide yang bagus untuk mencegah perut kembung. Contoh teh herbal tersebut adalah teh peppermint atau kayu manis. Keduanya memiliki zat alami yang bermanfaat untuk mencegah pembentukan gas penyebab perut kembung.

6. Air lemon

Air lemon atau air jeruk nipis dapat Anda gunakan untuk mencegah perut kembung saat puasa. Sebab lemon merangsang produksi asam klorida yang bermanfaat untuk mencegah pembentukan gas penyebab perut kembung.

7. Biji labu

Mengunyah biji labu juga mampu membantu Anda terhindar dari kembung saat puasa. Sebab bahan alami di dalamnya membantu mengurangi jumlah gas di dalam perut.

8. Daun mint

Daun mint mengandung minyak aromatik yang bermanfaat untuk mencegah perut kembung. Oleh karena itu Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun mint saat sahur agar terhindar dari kembung saat puasa.

Ketika gangguan perut kembung datang saat puasa, Anda tidak bisa langsung meminum obat untuk mengobatinya. Oleh karena itu lebih baik Anda mengonsumsi makanan di atas untuk sahur guna mencegah perut kembung.

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *