3 Makanan super untuk lindungi kekuatan otak!

3 kekuatan otakSemakin tua kemampuan seseorang akan menurun, tak terkecuali kemampuan mental mereka. Karena itu banyak manula yang mulai terserang penyakit pikun, bahkan penyakit yang lebih berbahaya seperti demensia atau alzheimer.

Meski begitu, tak hanya usia saja yang bisa mempengaruhi penurunan kemampuan mental. Selama ini peneliti juga menemukan adanya kaitan antara diet dan pola makan yang dilakukan seseorang dengan kemampuan otaknya. Gaya hidup seperti tidur cukup dan berolahraga juga menjadi salah satu hal yang sebaiknya dilakukan jika seseorang ingin memiliki kemampuan otak yang baik.

Nutrisi seperti vitamin B12, asam lemak omega-3, dan lainnya merupakan makanan yang diketahui bisa meningkatkan kemampuan otak. Selain makanan-makanan tersebut, terdapat tiga makanan super lain yang bisa membantu Anda mencegah penurunan kemampuan otak. Ini dia, seperti dilansir oleh Daily Health Post (20/06).

1. Minyak kelapa
Meski disebut memiliki terlalu banyak lemak, namun minyak kelapa juga memiliki nutrisi penting untuk otak. Minyak kelapa menjaga otak agar tetap sehat karena MCT (medium-chain triglucerides) yang ada di dalamnya merupakan energi untuk merawat kemampuan otak. Namun pastikan Anda mengonsumsi minyak kelapa yang murni dan organik.

2. Brahmi
Brahmi atau Bacopa monnieri mungkin belum familiar bagi masyarakat Indonesia. Tanaman herba ini biasa digunakan dalam pengobatan di India dan diketahui bisa mengatasi masalah yang berkaitan dengan kognitif seperti epilepsi, atau penyakit lain seperti asma dan sariawan. Brahmi juga diketahui bisa menangkal penyakit yang berkaitan dengan penurunan daya ingat pada manula seperti alzheimer dan kepikunan.

3. Walnut
Kacang walnut memiliki efek seperti tomat untuk jantung, bawang putih untuk sel darah, dan wortel untuk mata. Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa mengonsumsi walnut setengah cangkir setiap hari selama dua bulan bisa meningkatkan kemampuan berpikir otak. Ini karena asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya dan vitamin E yang bisa ditemukan di dalam walnut. Selain itu, walnut juga mengandung antioksidan.

Itulah beberapa makanan super yang baik untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi makanan di atas akan membantu Anda untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan penurunan daya ingat, serta mencegah terjadinya penurunan kemampuan otak saat usia tua.

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *