Masalah pada jantung ternyata juga berimbas pada otak!

jantungMerdeka.com – Jangan kira masalah kesehatan pada jantung hanya berimbas pada jantung saja. Sebuah penelitian mengungkap bahwa masalah kesehatan yang menyerang jantung ternyata juga bisa mempengaruhi otak. Orang yang mengalami masalah dengan kesehatan jantung lebih berkemungkinan memiliki masalah dengan ingatan dan kemampuan otak mereka.

Melalui penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa 4,6 persen orang yang memiliki masalah dengan jantung yang berat mengalami masalah dengan kemampuan kognitif. Sementara 2,7 persen orang dengan masalah jantung sedang mengalami masalah dengan kesehatan kognitif mereka. Penelitian juga mengungkap bahwa 2,6 persen orang yang memiliki masalah jantung yang ringan memiliki masalah dengan otak mereka.

“Penelitian ini mengungkap bahwa menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular juga penting untuk menjaga fungsi kognitif yang lebih baik,” ungkap ketua peneliti Evan L Thacker, dari Brigham Young University’s Department of Health Science di Provo, Utah, seperti dilansir oleh Live Science (11/06).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati data dari 18.000 orang berusia 45 tahun ke atas. Mereka memeriksa kesehatan kardiovaskular tiap partisipan dan membandingkannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh para partisipan.
Peneliti menemukan bahwa perbedaan kemampuan kognitif tersebut berkaitan dengan kesehatan kardiovaskular, dan tidak terpengaruh oleh ras, gender, atau lainnya. Meski begitu, peneliti tak mengetahui apa yang menyebabkan adanya kaitan antara fungsi kognitif dengan kesehatan jantung dan kardiovaskular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *