Berita Edukasi, 01 Desember 2013

1 ) Mantan Rektor UGM Mochamad Adnan Meninggal
http://www.tempo.co/read/news/2013/12/01/079533706/Mantan-Rektor-UGM-Mochamad-Adnan-Meninggal

Minggu, 01 Desember 2013 | 10:56 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Universitas Gadjah Mada berduka. Mantan Rektor UGM Mochamad Adnan wafat pada Sabtu pukul 18.18 di Jogja International Hospital. Ia dirawat akibat sakit uzur. Almarhum dimakamkan di Pemakaman Sawit Sari, Ahad, 1 Desember 2013. Akun resmi Universitas Gadjah Mada menyebutkan, jenazahnya diberangkatkan dari rumah duka pukul 11.00  menuju Masjid Kampus UGM untuk disalatkan setelah salat zuhur. Jenazah selanjutnya disemayamkan di Balairung UGM pukul 12.30 untuk upacara pelepasan. Mochamad Adnan lahir di Blora, Jawa Tengah, 14 Agustus 1933. Ia menduduki kursi rektor UGM periode 1990-1994.  Pada 1958 ia memperoleh gelar sarjana muda dari Fakultas Pertanian UGM.Ia memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Pertanian bidang teknologi pertanian UGM pada 1961. Pada 1963, ia mengikuti training teknologi pengolahan susu di University of California, Davis, AS selama satu tahun. Pada 1971, ia memeproleh gelar master dalam ilmu pengetahuan dan teknologi makanan dari University of California.

…dst

2 ) Kriminolog Mulyana W Kusumah Meninggal Dunia
http://news.detik.com/read/2013/12/01/222712/2429021/10/kriminolog-mulyana-w-kusumah-meninggal-dunia?n991101605

Minggu, 01/12/2013 22:27 WIB
Jakarta – Kabar duka kembali datang. Kriminolog Mulyana W Kusumah meninggal dunia dalam usia 65 tahun. Dosen Universitas Indonesia ini wafat karena sakit yang diderita. “Meninggal pukul 20.00 WIB di rumahnya, Meruya Hilir blok G Nomor 9, Jakarta Barat,” ujar Bursah Zarnubi saat dihubungi detikcom, Minggu (01/12/2013). Bursah mengatakan Mulyana sebelumnya sempat dirawat di RS Dharmais selama dua minggu karena sakit stroke yang diderita. Pada hari Jumat (29/11) kemarin, eks anggota KPU itu dibawa pulang ke rumahnya di kawasan Meruya, Jakarta Barat. “Sekarang saya mau melayat ke rumah duka,” ujar Bursah. Mulyana Wira Kusumah lahir di Bogor, Jawa Barat pada 23 November 1948. Mulyana adalah seorang akademisi dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahun 2004. Saat menjabat sebagai komisioner KPU 2004, Mulyana terlibat kasus penyuapan terhadap pemeriksa BPK. Kasus ini menjadi awal terkuaknya korupsi di tubuh KPU. Setahun kemudian, Muyana divonis penjara 2 tahun 7 bulan oleh Pengadilan Tipikor.

…dst

3 ) Unibraw dan ITS Juarai PIMPI 2013
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/122429/unibraw-dan-its-juarai-pimpi-2013

01 Des 2013 05:17:18
Bogor (ANTARA News) – Peserta dari Universitas Brawijaya Malang dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya meraih juara pada masing-masing kategori pada Lomba karya tulis ilmiah Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) 2013 yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor. Pada puncak acara PIMPI 2013 di Kampus IPB Dramaga, Bogor,Jabar, Sabtu, diumumkan untuk kategori Kreativitas Bina Masyarakat Mahasiswa Pertanian sebagai juara pertama adalah Universitas Brawijaya atas nama ketua kelompok Paundra Noorbaskoro dengan judul karya “A Coral Nanny, Donasi sebagai Usaha Menebus Kesalahan Masa Lalu”. Juara kedua pada kategori itu Abdul Malik dan kawan-kawan dari Universitas Gadjah Mada dengan judul “Implementasi “EAT COCOA” (Edu Agro Tourism of COCOA) sebagai Pengembangan Desa Wisata Pertanian Kakao Organik di Kawasan Lereng Gunung Merapi. Juara ketiga atas nama Rachmad Ari Riyanto dan kawan-kawan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Dengan Mengoptimalkan Potensi Wortel Yang Melimpah Di Desa Senden, Selo, Boyolali Melalui Pendampingan Usaha Produksi Dotekasu (Dodol Wortel Kaya Susu)”.

…dst

4 ) Dosen UGM Terima Penghargaan Satyalencana
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/30/373/905292/dosen-ugm-terima-penghargaan-satyalencana

Sabtu, 30 November 2013 18:10 wib
JAKARTA – Lagi, civitas academica Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menuai prestasi. Kali ini, giliran Dosen Fakultas Teknik UGM Sunjoto yang mendapatkan penghargaan Satyalencana Pembangunan Bidang Lingkungan Hidup 2013.Penghargaan tersebut diterima Sunjoto atas aksinya yang konsistem dalam pelestarian lingkungan hidup selama 10 tahun terakhir. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono dalam acara puncak peringatan cinta puspa dan satwa.Sunjoto mengaku senang dan bangga atas penghargaan itu. Bagi, Sunjoto penghargaan itu semakin mamacu dirinya untuk terus berkiprah dan memberikan perhatian dalam upaya pelestraian lingkungan hidup. Salah satunya menggalakkan metode konservasi air yang sudah lama dikenalkannya kepada masyarakat dan pengambil kebijakan.Banyak kiprah yang telah dilakukan pria kelahiran Magetan 66 tahun silam itu, selama 20 mengabdi di kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Salah satunya dengan melakukan pengembangkan metode-metode perbaikan lingkungan hidup yang sederhana mudah, murah, namun handal lewat temuan metode perhitungan dan komputasi saintifik.

…dst

5 ) Mahasiswa Peternakan UGM Jadi Mahasiswa Berprestasi Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/30/373/905299/mahasiswa-peternakan-ugm-jadi-mahasiswa-berprestasi-nasional

Minggu, 01 Desember 2013 12:04 wib
JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Peternakan Nasional. Dia adalah Muhsin Al Anas yang terpilih dalam Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan se-Indonesia, beberapa waktu lalu.Selain UGM, finalis kompetisi tersebut berasal dari beberapa kampus ternama lainnya. Sebut saja Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, dan Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar. Menurut Muhsin, panitia memiliki kriteria tertentu dalam menentukan mahasiswa peternakan berprestasi di tingkat nasional. “Ada beberapa kriteria dalam seleksi kompetisi tersebut, antara lain karya tulis, kemampuan berbahasa Inggris, bakat, presentasi, dan kegiatan organisasi yang diikuti maupun prestasi yang pernah diraih,” tutur Muhsin, seperti dilansir oleh Okezone, Minggu (1/12/2013).

…dst

6 ) UAD Yogyakarta Dirikan Pusat Informasi dan Kajian Obat
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/01/mx4fxi-uad-yogyakarta-dirikan-pusat-informasi-dan-kajian-obat

Minggu, 01 Desember 2013, 16:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mendirikan Pusat Informasi dan Kajian Obat (PIKO). Lembaga ini didirikan khusus untuk menjalin mitra dalam rangka mengurangi dampak buruk penggunaan obat-obatan.”Bukan hanya penyalahgunaan narkotika, zat adiktif dan psikotropika saja, juga obat-obat lain yang disalahgunakan,” ujar dosen Fakultas Farmasi UAD, Akrom saat menjadi pembicara dalam talkshow antinarkoba dan AIDS untuk memperingati Hari AIDS sedunia di kampus UAD, Sabtu (30/11). Diakui Akrom, penggunaan narkoba di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan banyak diantaranya para pelajar dan mahasiswa. Menurutnya, pintu utama penggunaan narkoba adalah dari rokok. Bahkan kata dia sepertiga pengguna narkoba mengenal barang haram tersebut melalui rokok.Berdasarkan data, pengguna narkoba di Indonesia 2011 mencapai lima juta orang. “Sepertiga dari jumlah itu mengenal narkoba dari merokok,” katanya. Ironisnya, banyak pelajar Indonesia termasuk DI Yogyakarta saat ini menjadi perokok.

…dst

7 ) UMS-IIUM Kerjasama Psikologi Islami
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/01/mx4enf-umsiium-kerjasama-psikologi-islami

Minggu, 01 Desember 2013, 16:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID. KLATEN — Civitas Academica Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Internasional Islamic Universitas Malaysia (IIUM) melakukan tinjauan lapangan, atau field trip ke warga lereng Gunung Merapi di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Ahad (1/12). Warga Desa Balerante merupakan binaan Fakultas Psikologi UMS. Program pembinaan yang dilakukan pasca erupsi Gunung Merapi ini, menurut Dekan Fakultas Psikologi UMS, Susatyo Yuwono, merupakan bagian program Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat. ”Kegiatan itu mencakup peninjauan hasil pembinaan kerajinan industri rumah tangga batik, Posyandu Lanjut usia (Lansia) dan Balita. Juga meninjau lapangan kondisi sosial ekonomi dan kesehatan masyarakat sekitar lereng Gunung Merapi,” kata Susatyo. Usai melakukan kegiatan field trip, dilanjutkan seminar Psychology: Islamization, Integration and It’s Relevancy di Gedung M Djazman Al Kindi Kampus Pabelan, Senin (2/12).

…dst

8 ) Badan Akreditasi Nasional Turut Majukan Mutu Pendidikan Tinggi
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1904

11/29/2013
Jakarta–Peran pendidikan sangat penting guna kelangsungan kemajuan suatu bangsa.  Melalui  pendidikan  akan tercipta  karakter yang baik, ilmu pengetahuan dan SDM yang  berkualitas. Demikian di katakan Adam Pamudji Rahardjo, Sekretaris Badan Akreditasi Nasional, Perguruan Tinggi pada saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (29/11). Rahadjo  mengatakan, berbagai bangsa di belahan bumi ini telah berlom-lomba mengembangkan pendidikan baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Pergruan Tinggi (PT) dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal guna menopang pengembangan ekonomi, politik, kebudayaan dan penguasaan IPTEK yang tinggi, oleh karena itu “Untuk menjamin efektifitas penjaminan mutu pendidikan tinggi dan merespon rekonfigurasi peran dan fungsi lembaga penjaminan mutu pendidikan di Indonesia maka perlu suatu Sistem Akreditasi Nasional (SAN)” imbuhnya…cut…Untuk mewujudkan amanah tersebut, BAN-PT akan mengadakan Seminar-Lokakarya pada tanggal 4-6 Desember 2013 di Jakarta dengan tema “Pengembangan Sistem Akreditasi Nasional untuk menjamin Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi”.

…dst

9 ) Ini Suara BEM FIB UI Terkait Kasus Mahasiswi dan Sitok Srengenge
http://news.detik.com/read/2013/12/01/124153/2428836/10/ini-suara-bem-fib-ui-terkait-kasus-mahasiswi-dan-sitok-srengenge?nd771104bcj

Minggu, 01/12/2013 12:41 WIB
Jakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (BEM FIB UI) turut bersuara atas kasus dugaan pemerkosaan mahasiswi UI oleh Sitok Srengenge. BEM FIB UI menuntut Sitok untuk bertanggung jawab. Sedangkan dosen mahasiswi itu memberikan dukungan untuk terus mencari keadilan.?”Itu adalah perlakuan tidak pantas dan patut diduga sebagai perbuatan pidana asusila serta sikap tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh Sitok karena melukai moral, hak perempuan, masyarakat seni budaya, dan integritas pelaku sebagai seorang ‘seniman’ yang sejatinya menjadi teladan dan paham akan budaya Indonesia,” kata Ketua BEM FIB UI Saifulloh Ramdani di kampus FIB UI Depok dalam siaran pers yang diterima detikcom, Minggu (1/12/2013).? Saifulloh mengatakan, seluruh elemen mahasiswa yang diwakili oleh BEM FIB UI mendukung segala bentuk perlawanan yang dilakukan oleh korban. Perlawanan tersebut adalah bentuk gerakan moral penyadaraan agar tidak ada lagi korban dari kasus serupa di kemudian hari.

…dst

10 ) Suyatno Kembali Pimpin UHAMKA
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/11/30/mx2njb-suyatno-kembali-pimpin-uhamka

Sabtu, 30 November 2013, 17:23 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bertempat di Kampus Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (UHAMKA) Jalan Tanah Merdeka, Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (29/11), Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Haedar Nashir MSi melantik Prof Dr Suyatno MPd sebagai Rektor UHAMKA periode 2013-2017. Suyatno ditetapkan sebagai Rektor HAMKA Jakarta untuk masa jabatan kali ketiga setelah melalui tahapan Senat, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta, Majelis Dikti, dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sebagai Rektor UHAMKA Periode 2013-2017, Suyatno mendapat amanah untuk menjalankan tugas-tugas rutin, mempersiapkan penggantian rektor serta melakukan proses penjaringan bakal calon rektor masa jabatan 2017–2021. Ini sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang diatur di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. Ia juga mendapat amanah untuk menyelesaikan program-prgoram UHAMKA yang belum selesai.

…dst

11 ) Empat Doktor Mendaftar Calon Rektor Unsoed
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/01/mx3zkz-empat-doktor-mendaftar-calon-rektor-unsoed

Minggu, 01 Desember 2013, 10:41 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Proses pemilihan rektor Universitas Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto pada Januari 2014 mendatang, diperkirakan akan diramaikan oleh empat orang calon. Hingga batas akhir waktu pendaftaran calon rektor periode 2014-2018, tercatat ada empat orang yang mendaftar.Keempat calon tersebut, terdiri dari Prof Dr Mas Yedi Sumaryadi yang kini menjabat sebagai Rektor Unsoed menggantikan Prof Edy Yuwono PhD yang tersandung kasus dugaan korupsi, Prof Dr Imam Santosa yang kini menjabat sebagai Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, mantan Dekan Fakultas Ekonomi Dr Haryadi MS, dan Dekan Fakultas Pertanian Dr Achmad Iqbal MS. Humas Unsoed Endang Istanti, menyebutkan pendaftaran calon rektor ini sudah ditutup sejak Jumat (29/11). ”Hingga masa pendaftaran ditutup, jumlah staf pengajar yang mendaftar adalah keempat calon tersebut,” katanya, Ahad (1/12).

…dst

12 ) Anies Baswedan: Kita seperti Suporter Bola
http://www.tempo.co/read/news/2013/12/01/078533721/Anies-Baswedan-Kita-seperti-Suporter-Bola

Minggu, 01 Desember 2013 | 12:54 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Anies Baswedan, calon presiden dalam konvensi Partai Demokrat, mengatakan hubungan antara masyarakat dan wakil rakyat saat ini bak suporter dan tim sepak bola. “Ramai betul saat pertandingan, tapi setelah itu masyarakat tidak dapat apa-apa,” ujar mantan Ketua Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi tersebut dalam sebuah talkshow bertajuk “Understanding Political Science” di Universitas Airlangga, Surabaya, Ahad, 1 Desember 2013. Menurut Anies, hubungan semacam ini harus diubah. Masyarakat Indonesia harus menjadi pelaku atau mengawasi dan mendorong orang baik agar masuk ke politik. “Politik bukan seperti suporter sepak bola, kita perlu terlibat dan mengawasi betul apa yang terjadi, karena kebijakan-kebijakan politik mempengaruhi kehidupan banyak orang,” ujar Anies.

…dst

13 ) Waktu Belajar Terbatas, Rieke Justru Lulus Cumlaude
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/30/373/905255/waktu-belajar-terbatas-rieke-justru-lulus-cumlaude

Sabtu, 30 November 2013 16:35 wib
TANGERANG – Pada umumnya, mahasiswa memiliki cukup waktu untuk belajar namun tidak dimanfaatkan dengan baik. Tidak demikian dengan Rieke. Di tengah keterbatasan waktu yang dimiliki, dia justru terpacu untuk menggunakannya untuk belajar dengan efektif. Atas semangat tersebut, tidak mengherankan jika Rieke berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan predikat cumlaude. Mahasiswa jurusan Manajemen itu berhasil lulus dengan Indeks Prestasi Kumlatif (IPK) 3,96. Rieke bukan mahasiswa biasa. Selepas jam kuliah, dia harus menjadi tenaga pengajar pada usaha bimbingan belajar (bimbel) yang dirintis sejak SMP. Bersama sang kakak, Rieke harus mengajar 80 murid dari tingkat SD hingga SMA. Lantas, apa rahasia sukses Rieke dalam karier dan kuliah? “Pertama, kuncinya adalah atur waktu. Karena saya tidak punya banyak waktu untuk belajar. Setelah pulang kuliah saya harus mengajar hingga malam, kira-kira pukul 21.00 WIB baru sampai rumah. Jadi baru bisa belajar di atas pukul 21.00 WIB. Sadar waktu saya mepet, saya harus bisa mengatur itu,” ujar Rieke kepada Okezone di UMN, Tangerang, Sabtu (30/11/2013).

…dst

14 ) Menhut: Mahasiswa Pertanian Jangan Hanya Jadi Penyuluh
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/11/30/mx2mah-menhut-mahasiswa-pertanian-jangan-hanya-jadi-penyuluh

Sabtu, 30 November 2013, 16:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG — Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengngatkan mahasiswa pertanian jangan hanya menjadi penyuluh, melainkan jadi enterpreneur bagi dunia pertanian di Indonesia. “Mahasiswa pertanian harus bisa menjadi pelopor keberhasilan ketimbang mengajak tanpa adanya bukti nyata sehingga sulit diterapkan oleh masyarakat khususnya petani,” jelas Menhut di sela-sela seminar mengoptimalkan potensi pertanian di Polinela Bandarlampung, Sabtu. Menurut dia, mahasiswa pertanian khususnya di politeknik harus mampu mengembangkan potensi diri sehingga bisa mengajak petani untuk mengeksplorasi potensi pertanian di negeri ini.”Kita harus bisa menunjukkan bukti nyata di lingkungan masyarakat baru akan ditiru, sama halnya dengan pengelolaan hutan,” ujarnya.Menhut mengatakan mengurangi pengaruh globalisasi tidak hanya cukup kampanye saja, tetapi juga perlu adanya tindakan seperti menanam pohon maupun ajakan satu orang satu pohon.

…dst

15 ) Unismuh Launching GJDJ
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/30/373/905324/unismuh-launching-gjdj

Sabtu, 30 November 2013 19:08 wib
MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar pembukaan Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ). Kegiatan tersebut diikuti oleh 200 orang  yang telah mengikuti Training of Trainer (TOT) dan workshop kurikulum di Unismuh. Pembukaan GJDJ dihadiri penasehat Unismuh KH Djamaluddin Amien, Rektor Unismuh Irwan Akib, dan seluruh dekan, ketua jurusan, sekretaris jurusan, dan fungsionaris kemahasiswaan se-Unismuh. Ketua UPT Penerimaan dan Pembinaan Maba (PPMB) Dahlan Lamabawa mengatakan, tujuan GJDJ ini adalah persiapan tenaga untuk pembinaan mahasiswa baru karena berdasarkan survei 75 persen Maba tidak lancar membaca Al-Qur’an. “Peserta sebanyak 200 orang ini akan menjadi tim instruktur untuk pembinaan mahasiswa baru berbasis kelas dengan penanaman nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan,” kata Dahlan di Kampus Unismuh, Sabtu (30/11/2013).

…dst

16 ) Unsuri Kembangkan TOEFL Bahasa Arab
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/122464/unsuri-kembangkan-toefl-bahasa-arab

01 Des 2013 18:37:55| Pendidikan/Pesantren | Penulis : Edy M Yakub
Surabaya (Antara Jatim) – Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya akan mengembangkan TOEFL Bahasa Arab bersamaan dengan pembangunan Laboratorium “Micro Teaching” di kampus itu pada tahun 2014.”Micro Teaching itu untuk pembelajaran mahasiswa lima fakultas, namun TOEFL Bahasa Arab akan kami kembangkan dari laboratorium itu,” kata Rektor Unsuri Surabaya Prof Dr H Soenarjo ST MPd di kampus setempat, Minggu. Di sela-sela penanaman seribu pohon bekerja sama Dinas Kehutanan Jatim untuk mewujudkan “hutan kampus” dalam memperingati Dies Natalis XXXVI Unsuri, ia menjelaskan TOEFL Bahasa Arab itu dimaksudkan mencetak mahasiswa yang terampil berbahasa asing. “Jadi, mahasiswa Unsuri nantinya akan terampil berbahasa Arab dan juga mengajarkannya,” kata Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di bidang Elektro Medik yang belum setahun menjabat Rektor Unsuri itu. Selain kemampuan berbahasa asing, pihaknya juga mengembangkan konsultasi tugas akhir mahasiswa secara “online” (dalam jaringan internet), karena jumlah mahasiswa Unsuri saat ini mencapai 600-an mahasiswa S1 dan 200-an mahasiswa S2 dalam satu angkatan.

…dst

17 ) Mahasiswa di Yogyakarta Menggelar Aksi Mengecam Pekan Kondom Nasional
http://news.detik.com/read/2013/12/01/180053/2428982/10/mahasiswa-di-yogyakarta-menggelar-aksi-mengecam-pekan-kondom-nasional?n991103605

Minggu, 01/12/2013 18:00 WIB
Jakarta – Puluhan Mahasiswa di Yogyakarta menggelar aksi mengecam Pekan Kondom Nasional yang digelar pada 1-7 Desember di 12 kota besar di Indonesia. Pekan Kondom Nasional dinilai sebagai cara untuk melegalkan seks bebas.Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus(FSLDK) Yogyakarta menggelar aksi unjukrasa di perempatan kantor Pos Besar Yogyakarta, Minggu(1/12/2013). Aksi digelar, bersamaan dengan aksi peringatan Hari AIDS yang dilakukan ratusan pemuda di kawasan yang sama. Mereka membentangkan poster-poster antara lain bertuliskan, ‘Stop Legalisasi Seks Bebas di Jogja Istimewa’,’Menkes Cipta Bangsa Binatang’, ‘Stop Free Sex’, ‘Kondomisasi Bukan Solusi’. Dengan mengenakan topeng Menkes, mereka menggelar aksi teatrikal, yang menggambarkan Menkes membagi-bagikan kondom kepada warga.

…dst

18 ) Terjunkan 3 Tim, ITS Optimistis Jadi Juara Umum di KJI
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/30/373/905257/terjunkan-3-tim-its-optimistis-jadi-juara-umum-di-kji

Sabtu, 30 November 2013 17:06 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berlaga dalam Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dengan menerjunkan tiga tim. Mereka optimistis merebut juara umum di ajang KJI dan membawa pulang piala Reka Cipta Titian Indonesia.Tiga tim tersebut turun di tiga kategori yang berbeda, yaitu pada kompetisi jembatan kayu, jembatan baja, dan jembatan busur. Untuk jembatan kayu dan baja akan diikuti oleh empat mahasiswa, sedangkan pada kategori jembatan busur hanya akan diwakili oleh dua mahasiswa. “Semua sudah siap, baik dari tim maupun dari jembatannya,” urai Ketua Kontingen Tim KJI ITS, Erwin Hidayat, seperti dikutip dari ITS Online, Sabtu (30/11/2013).
Dia menambahkan, persiapan ini sudah dilakukan sejak pengumuman lomba pada April lalu. “Kami berharap semua berjalan sesuai dengan rencana. Yang pasti, kami siap bertanding,” jelasnya.

…dst

19 ) Hadapi Persaingan Global, Tingkatkan Kualitas Alumni
http://www.jpnn.com/read/2013/12/01/203607/Hadapi-Persaingan-Global,-Tingkatkan-Kualitas-Alumni

Minggu, 01 Desember 2013 , 16:16:00
JAKARTA – Rektor Universitas Trisakti (Usakti), Thoby Muthis mengatakan perubahan di berbagai sektor semakin cepat dalam era globalisasi sekarang ini. Perubahan ini juga berimbas pada persaingan di dunia kerja sehingga menuntut alumni dari universitas untuk terus berkompetisi mengembangkan potensi yang dimilikinya. Makanya, untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan lulusan dalam memenangi persaingan di dunia kerja, perlu dibarengi dengan kurikulum, bahan ajar, mahasiswa, dosen, sarana-prasarana dan kualitas proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, serta pengelolaan melalui pendekatan penjaminan mutu untuk mencapai efisiensi dan efektifitas internal maupun eksternal.Pernyataan Thoby disampaikan dalam acara puncak peringatan Dies Natalis Ke-48 Usakti yang bertemakan “Green Development berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Hidup”, di Kampus Usakti, Grogol, Jakarta, Jum’at (29/11).“Peningkatan mutu mahasiswa pun dilaksanakan melalui peningkatan mutu proses rekrutmen mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan keketatan persaingan yaitu rasio antara jumlah peminat dan jumlah diterima. Dengan meningkatnya rasio keketatan diharapkan kualitas mahasiswa baru juga meningkat,” kata Thoby dalam keterangan persnya, Minggu (1/12).

…dst

20 ) Ini Jadwal UN SMP-SMA 2014, untuk SD Berubah Jadi Ujian Sekolah
http://news.detik.com/read/2013/12/01/195452/2428995/10/ini-jadwal-un-smp-sma-2014-untuk-sd-berubah-jadi-ujian-sekolah?n991102605

Minggu, 01/12/2013 19:59 WIB
Jakarta – Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP hingga SMA sudah keluar. Sementara UN SD kini berubah, lebih banyak proporsi soal dari sekolah hingga berubah nama menjadi Ujian Sekolah/Madrasah (USM). “Perkembangan putusan terakhir, ujian sekolah untuk SD dan setingkatnya akan bernama US/M , ujian sekolah/madrasah,” kata Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Dadang Sudiarto saat menjawab pertanyaan mengenai nasib UN SD.
Hal itu disampaikan dia dalam jumpa pers Rakor Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 di Tahun 2014 dan UN 2014 di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (1/12/2013).Hadir pula dalam jumpa pers itu Sekjen Kemendikbud Ainun Naim dan Kepala Pusat Kurikulum dan Pembukuan Balitbang Kemdikbud, Ramon Mohandas.
Berikut jadwal pelaksanaan ujian akhir itu:
US/M SD: 19-21 Mei 2014
UN SMP: 5-8 Mei 2014
UN SMA: 14-16 April 2014
Lantas apa bedanya US/M dan UN untuk SD?

…dst

21 ) Pelatihan 1,3 Juta Guru Libatkan Organisasi Pendidikan
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1910

12/01/2013
Jakarta–Pemerintah pada tahun depan akan melibatkan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan untuk melakukan pelatihan 1,3 juta guru terkait implementasi Kurikulum 2013. Hal ini dilakukan untuk memperbesar partisipasi publik. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, saat ini pelatihan dilakukan melalui jalur Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan dinas pendidikan. Ke depan, kata dia, pihaknya akan merangkul organisasi yang mengurusi pendidikan seperti Majelis Muhammadiyah, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ma’arif Nahdlatul Ulama, Majelis Pendidikan Kristen, Majelis Pendidikan Konghucu, Hindu, dan Budha. “Realitas di lapangan, guru negeri tidak hanya mengajar di sekolah negeri, tetapi juga swasta,” katanya pada Rapat Koordinasi Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 pada Tahun 2014 dan Ujian Nasional 2014 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (1/12/2013) malam.  Majelis Pendidikan Kristen, kata Mendikbud, dapat memberikan pelatihan kepada guru-guru di Provinsi Papua atau Nusa Tenggara Timur. Satu instruktur, kata dia, dapat melatih beberapa guru. “Pelatihan berlangsung selama 52 jam dalam satu minggu,” katanya.

…dst

22 ) Tidak Ada Lagi Tinggal Kelas di SD
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1908

12/01/2013
Jakarta–Mulai tahun depan, tidak ada lagi peserta didik sekolah dasar (SD) yang tinggal kelas. Penilaian di rapor SD mencakup sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam bentuk deskriptif tidak lagi angka.  “Penilaian di SD tidak ada angka, tetapi narasi. Mereka tidak tinggal kelas. Bagi yang belum memahami pelajaran, meskipun naik kelas akan diberikan remedial,” kata Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Ramon Mahondas saat memberikan keterangan pers pada Rapat Koordinasi Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 di Tahun 2014 dan Ujian Nasional 2014. Ramon mengatakan, saat ini telah dilakukan pelatihan untuk guru pendamping yang turun di lapangan. Mereka, kata Ramon, telah dijelaskan baku bentuk rapor, cara menilai dan memberikan angka.  Dia menyebutkan, pelatihan tahun depan mencakup 150 ribu sekolah, lebih besar dibandingkan tahun ini yang hanya enam ribu sekolah. “Terkait berbagai permasalahan muncul masukan itu sudah diakomodasi,” katanya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (1/12/2013).

…dst

23 ) BKN Palsu Sudah Umumkan Hasil Tes CPNS
http://www.jpnn.com/read/2013/11/29/203281/BKN-Palsu-Sudah-Umumkan-Hasil-Tes-CPNS

Jum’at, 29 November 2013 , 07:12:00
JAKARTA – Mendekati hari pengumuman hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), para peserta dari jalur umum dan honorer kategori dua (K2) dimintai ekstra waspada. Pasalnya, modus penipuan makin nekat. Terbaru, penipu menggunakan modus menampilkan nama-nama CPNS yang lolos lewat situs yang tampilannya mirip dengan situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN). Situs penipu itu adalah www.bkn-info.com. Sudah pasti ini membuat pihak BKN meradang. Humas BKN menerima laporan mengenai keberadaan situs palsu itu dan langsung melakukan pengecekan, Rabu (27/11).”Berdasarkan laporan berbagai pihak yang masuk ke Humas BKN dan berdasarkan pengecekan langsung, terhadap situs www.bkn-info.com, maka BKN menyatakan bahwa situs ini bukan merupakan situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN),” demikian Kabag Humas BKN Tumpak Hutabarat, menanggapi situs palsu BKN itu, kemarin.

…dst

24 ) Jamin Tes CPNS Tahap TKB Tetap Obyektif
http://www.jpnn.com/read/2013/11/26/202739/Jamin-Tes-CPNS-Tahap-TKB-Tetap-Obyektif

Selasa, 26 November 2013 , 11:28:00
JAKARTA–Nilai tes kompetensi bidang (TKB) menjadi salah satu penentu kelulusan CPNS. Jika nilai tes kompetensi dasar (TKD) harus 60 persen, maka capaian TKB sebesar 40 persen. Ketua Panselnas CPNS 2013 Eko Sutrisno mengatakan, TKB dilakukan masing-masing instansi. Hanya saja ada panduan dari Panselnas untuk pelaksanaannya. “Nilai TKB dilaporkan ke Panselnas dan diintegrasikan dengan nilai TKD. Nilai TKD 60 persen dan nilai TKB hanya 40 persen,” ujar Eko Sutrisno kepada JPNN, Selasa (26/11). Diakuinya, perubahan mekanisme ini belum sempurna, tetapi sudah lebih maju dibandingkan mekanisme penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya. Eko Sutrisno optimis, meski pelaksanaan TKB dilaksanakan masing-masing instansi, tidak akan mengurangi objektivitas hasilnya. “Tidak semua orang jahat. Kita berbaik sangka saja bahwa semua orang baik. Dari sisi sistim sudah dibuat rambu-rambu penghalang kecurangan. Apalagi nilai TKB harus dilaporkan ke Panselnas,” tegasnya. Senada itu Karo Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Otok Kuswandaru mengatakan, meski TKB dilaksanakan masing-masing instansi namun ada PermenPAN-RB No 24 Tahun 2013 yang menjadi panduannya.

…dst

– See more at: http://www.kopertis12.or.id/2013/12/01/berita-edukasi-01-desember-2013.html#sthash.KGAeXRcx.dpuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *