Berita Edukasi, 30 Nopember 2013

1 ) 14.800 Prodi Tak Terakreditasi
BAN-PT Rumuskan Sistem Akreditasi Nasional
http://www.kopertis12.or.id/2013/11/30/14-800-prodi-tak-terakreditasi.html

Sabtu, 30 November 2013
JAKARTA, KOMPAS — Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tengah merumuskan sistem akreditasi nasional yang akan menjadi acuan pendirian hingga tata kelola lembaga akreditasi mandiri. Kebutuhan akan lembaga yang mandiri itu mendesak karena tingginya permintaan akreditasi dari program studi dan institusi perguruan tinggi. Sekretaris Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Dwiwahju Sasongko mengatakan hal itu, Jumat (29/11), di Jakarta. ”Asosiasi profesi didorong membentuk lembaga akreditasi mandiri atau LAM. Yang sudah siap lahir LAM kesehatan,” ujarnya. Sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Mendikbud Nomor 59 Tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional, sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi mengubah peran dan fungsi BAN-PT. Itu dengan adanya pembentukan lembaga akreditasi mandiri untuk ilmu-ilmu serumpun.

…dst

2 ) 4.000 Kampus dan 20 Ribu Prodi Perlu Akreditasi
Urusan Legalitas Ijazah, Masyarakat Diminta Tenang
http://www.jpnn.com/read/2013/11/30/203440/4.000-Kampus-dan-20-Ribu-Prodi-Perlu-Akreditasi

Sabtu, 30 November 2013 , 07:02:00
JAKARTA – Menjelang penerapan kewajiban akreditasi bagi institusi dan program studi (prodi) perguruan tinggi langsung direspon pihak kampus. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melansir ada 4.000 kampus dan 20 ribu prodi yang perlu segera terakreditasi. Sekretaris BAN-PT Dwiwahju Sasongko menuturkan banyaknya jumlah institusi kampus dan prodi yang belum terakreditasi itu cukup mencemaskan. Selain itu juga bisa membuat cemas masyarakat luas. Sebab dia mengatakan kampus yang berhak mengeluarkan ijazah dan gelar akademik harus mengantongi akreditasi.“Untungnya pemerintah sudah mengantisipasinya. Jadi masyarakat tidak perlu terlalu cemas,” kata Dwiwahju setelah paparan persiapan Semiloka Nasional Sistem Akreditasi Nasional di Jakarta, Jumat (29/11). Sasongko mengatakan per 1 Maret 2013, Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menerbitkan surat edaran tentang akreditasi.Isinya adalah, setiap institusi dan prodi yang belum terakreditasi tetapi sudah mendapatkan izin operasional otomatis mendapatkan akreditasi terendah atau “C”. Dikalangan akademisi, pemberian gelar akreditasi secara otomatis ini sering disebut sebagai akreditasi turun dari langit.

…dst

3 ) Tujuh Mahasiswa Unhas Jadi Relawan di Sinabung
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/29/373/904897/tujuh-mahasiswa-unhas-jadi-relawan-di-sinabung

Jum’at, 29 November 2013 20:02 wib
MAKASSAR – Meletusnya Gunung Sinabung mengundang banyak perhatian dari masyarakat di berbagai pelosok Tanah Air. Termasuk pula dari mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar.Selain jadi tenaga sukarelawan demi membantu korban bencana alam di gunung yang terletak di kawasan Sumatra Utara itu, kepedulian mahasiswa dari Kampus Merah tersebut diwujudkan dengan bantuan berupa pakaian dan logistik. Bantuan itu berhasil terkumpul melalui Posko Unhas Peduli Sinabung. Tenaga sukarelawan berjumlah tujuh mahasiswa Unhas diberangkatkan, Jumat (29/11/2013), dengan menumpang pesawat Hercules dari Lanud Hasanuddin TNI Angkatan Udara, Makassar. Perjalanan mereka akan menempuh rute Makassar-Jakarta-Medan.”Rencananya relawan akan membantu di lokasi bencana selama satu bulan. Tapi itu tergantung dari situasi di daerah bencana di Sinabung itu sendiri,” kata Dimas Dwiyanto, Koordinator Relawan Unhas Peduli Sinabung, kepada wartawan.

…dst

4 ) Tim Cactus UGM Saingi Kampus Amrik
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/29/373/904561/tim-cactus-ugm-saingi-kampus-amrik

Jum’at, 29 November 2013 09:02 wib
JAKARTA – Tidak puas berprestasi di tingkat nasional, empat mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali membawa pulang penghargaan di kancah internasional. Tergabung dalam Tim Cactus, mereka terpilih menerima penghargaan The Most Innovative Presentation.Mereka adalah Cisya Cinantya, Dikanaya Tarahita, dan Tara Mahdiani Firdaus yang merupakan mahasiswa jurusan Manajemen, serta Irwanto Dwi Maha Purna mahasiswa jurusan Akuntansi. Keempatnya menyandang penghargaan The Most Innovative Presentation dalam Krannert Human Resource Case Competition and Excecutive Conference 2013 di Purdue University, AS. Dikanaya Tarahita menyebut, Karnert Human Resource Case Competition and Excecutive Conference 2013 merupakan kompetisi tahunan yang digelar oleh Purdue University. Pada kompetisi kali ini, tim UGM berhasil lolos ke babak final bersama dengan tujuh universitas lain di wilayah Amerika dan Meksiko. Setiap tim yang ambil bagian dalam kompetisi tersebut diberikan sebuah kasus yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

…dst

5 ) Dosen Unas terima penghargaan dari Menlu Jepang
http://www.antaranews.com/berita/407280/dosen-unas-terima-penghargaan-dari-menlu-jepang

Jumat, 29 November 2013 15:27 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Dosen Universitas Nasional (UNAS) Suster Chizuyo Inoue (71), menerima Penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang atas kontribusinya dalam meningkatkan pendidikan anak-anak jalanan di Jakarta. “Saya menerima penghargaan ini untuk lebih bersyukur dan menyebarkan kepada khalayak luas bahwa masih banyak saudara kita yang miskin dan tidak mampu mengakses pendidikan,” kata Suster Inoue setelah menerima penghargaan di Kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia di Jakarta, Jumat.Suster Inoue memulai misinya pada 1991, saat itu ia mengunjungi pemakaman komunitas China di Kebon Nanas, Jakarta Timur, dan terkejut mendapati anak-anak tinggal di sana. Saat Inoue bertanya kepada anak-anak jalanan itu, ia semakin terkejut ketika mengetahui mereka telah tinggal di sana bertahun-tahun dan bahkan ada yang tinggal sendiri tanpa orang tua.

…dst

6 ) Perguruan Tinggi Malang Dominasi Finalis KBGI Nasional
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/122292/perguruan-tinggi-malang-dominasi-finalis-kbgi-nasional

28 Nov 2013 17:48:00
Malang (Antara Jatim) – Perguruan tinggi di Malang, Jawa Timur, baik swasta maupun negeri mendominasi sebagai finalis Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia tingkat nasional yang digelar di Universitas Brawijaya pada 28 November hingga 1 Desember 2013.Ketua juri Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) Dr Sigit Darmawan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Kamis, mengemukakan dari sembilan finalis tersebut, empat di antaranya berasal dari Malang, yakni Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Politeknik Negeri Malang (Polinema) serta Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).Sedangkan lima perguruan tinggi lain yang menjadi finalis di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Politeknik Negeri Bandung, Universitas Negeri Mataram serta Institut Teknologi Bandung (ITB).”Setelah lolos menjadi finalis, masing-masing tim harus membuat model dan rancang bangunnya dan terakhir dipresentasikan dihadapan 12 orang juri dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia,’ katanya.

…dst

7 ) UI Kembangkan Teknologi Kapal Tanpa Awak
http://www.pikiran-rakyat.com/node/260534

Jumat, 29/11/2013 – 14:33
JAKARTA, (PRLM).- Setelah sukses melaksanakan kerja sama dengan Mabes TNI dalam “Sea Ghost Project”, yaitu pemanfaatan kapal tanpa awak dalam pertahanan Indonesia, mahasiswa Universitas Indonesia melalui program pengabdian masyarakat DRPM UI kembali berkarya dengan telah menjajaki kerja sama pembuatan prototipe kapal tanpa awak untuk mendukung operasi Search and Rescue (SAR) dengan Badan SAR Nasional (Basarnas). Keterangan pers yang diterima “PRLM” di Jakarta, Jumat (29/11/2013) menyebutkan, para mahasiswa itu terdiri dari mahasiswa Teknik Perkapalan (M. Hary Mukti/2009, Aditya Meisar/2009), Teknik Mesin (Riki/2012), Teknik Elektro (Novika Ginanto/2008, Uli/2010, Irvan JP Elliika/2008), dibimbing oleh Dosen Departemen Teknik Mesin UI Dr. Ir. Sunaryo, M.Sc. Dijelaskan, konsep kapal tanpa awak untuk operasi SAR ini adalah ketika tim Basarnas tidak dapat menjangkau wilayah-wilayah yang berbahaya yang dapat mengancam keselamatan tim Basarnas itu sendiri di laut. Kapal tanpa awak akan digunakan oleh Basarnas untuk melakukan operasi “Search”. Misalnya, cuaca yang sangat buruk atau kondisi perairan yang dangkal dengan bebatuan yang curam yang dapat merobek kapal Basarnas. Kapal tanpa awak ini akan mencari lokasi aktual korban sebelum tim turun ke lokasi.

…dst

8 ) Makara-03 UI Lahir untuk Selamatkan Manusia
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/29/372/904622/makara-03-ui-lahir-untuk-selamatkan-manusia

Jum’at, 29 November 2013 12:10 wib
JAKARTA – Pengembangan dan pemanfaatan kapal tanpa awak di tingkat perguruan tinggi mulai merambah ke berbagai bidang. Setelah sebelumnya Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Mabes TNI berhasil menginisiasi Sea Ghost Project, yaitu pemanfaatan kapal tanpa awak dalam pertahanan Indonesia, tim mahasiswa UI kini meluncurkan kapal tanpa awak untuk menolong manusia.Basarnas menggandeng Mahasiswa Teknik Perkapalan, M Hary Mukti (2009) dan Aditya Meisar (2009); mahasiswa Teknik Mesin, Riki (2012); mahasiswa Teknik Elektro, Novika Ginanto (2008), Uli (2010) dan Irvan JP Elliika (2008) dalam kerjasama pembuatan prototipe kapal tanpa awak untuk mendukung operasi SAR. Tim ini dibimbing oleh Dosen Departemen Teknik Mesin UI Dr. Ir. Sunaryo, M.Sc.

…dst

9 ) PPDGS Unair Perkenalkan Implant Teknologi Modern
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/122216/ppdgs-unair-perkenalkan-implant-teknologi-modern

27 Nov 2013 17:26:42
Surabaya (Antara) – Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periodensia Universitas Airlangga (Unair) Surabaya memperkenalkan pemasangan implant dengan menggunakan teknologi baru yang selama ini masih eksklusif bagi orang-orang tertentu.Guru Besar Periodensia Fakultas Kedokteran Gigi Unair Prof. Dr. M. Rubianto, drg., MS., SpPerio (K) mengatakan perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini menuntut seorang dokter gigi umum maupun spesialis untuk selalu meningkatkan keilmuan dan keterampilan dalam bidang pemasangan implant.”Tidak semua dokter menguasai implant,” kata Rubianto kepada wartawan di Surabaya, Rabu.Menurut dia, pemasangan dan pemilihan implant yang tepat, persiapan host sebelum pemasangan implant maupun perawatan setelah pemasangan implant merupakan suatu kebutuhan krusial yang dimiliki oleh seorang dokter gigi yang akan maupun telah melakukan pelayanan perawatan implant.

…dst

10 ) Misteri Meninggalnya Mahasiswa Baru ITN pada Kemah Bakti Desa Mahasiswa 2013
http://seputarmalang.com/menguak-misteri-kematian-maba-itn-pada-kemah-bakti-desa-mahasiswa-2013.htm

27 November 2013
Malang – SeputarMalang.Com, Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

…dst

11 ) Terbukti Pungli, Dosen Unmul Dinonaktifkan
http://regional.kompas.com/read/2013/11/28/1902261/Terbukti.Pungli.Dosen.Unmul.Dinonaktifkan

Kamis, 28 November 2013 | 19:02 WIB
SAMARINDA, KOMPAS.com – Dosen berinisial RS yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) di Universitas Mulawarman, tadi siang dinonaktifkan dari kegiatan mengajarnya di Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjaskesrek), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unmul, Samarinda.Rektor Unmul, Zamruddin Hasid melalui Pembantu Rektor II, Masjaya telah memanggil RS untuk memperjelas dugaan kasus pungli yang dituduhkan semua mahasiswanya. Dari semua keterangan para saksi akan dicocokkan dengan pengakuan RS. “Hasil pertemuan tadi kami jadikan rekomendasi yang bakal diajukan ke pusat (Ditjen Dikti), saat ini RS dinonaktifkan dari kegiatan mengajar di kampus,” katanya, Kamis (28/11/2013). Masjaya menilai, kasus yang menimpa RS adalah kasus yang rawan. Untuk itu, dia mengimbau para dosen lainnya untuk menjadikan pelajaran atas kasus tersebut. “Kampus sudah mengambil sikap atas RS. Kami telah mengumpulkan bukti dari para saksi. Saat ini, RS dinonaktifkan sampai ada keputusan dari Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan),” terangnya.

…dst

12 ) Penyair Sitok Srengenge dilaporkan ke polisi
http://www.antaranews.com/berita/407318/penyair-sitok-srengenge-dilaporkan-ke-polisi

Jumat, 29 November 2013 18:51 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) berinisial RW (22) melaporkan penyair Sitok Srengenge ke Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) pada Jumat dengan tuduhan telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan.”Pelapor sekaligus korban melaporkan Sitok Sunarto alias Sitok Srengenge ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Metro Jaya pada Jumat pukul 14.15 WIB,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Pol) Rikwanto. Rikwanto mengatakan, dalam laporannya RW mengaku bertemu dengan Sitok pada acara Festival Kreatif di FIB UI. Saat itu korban menjadi panitia acara dan terlapor menjadi salah satu juri.Pada Maret 2013, terlapor menghubungi RW untuk bertemu di Kompleks Salihara, Pejaten, Jakarta Selatan. Namun, terlapor meminta korban untuk datang ke rumah indekosnya terlebih dahulu.

…dst

13 ) Lily: Pengakuan Sitok Srengenge tak Bisa Dipublikasi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/30/5/198136/Lily-Pengakuan-Sitok-Srengenge-tak-Bisa-Dipublikasi

Sabtu, 30 November 2013 | 13:35 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pengakuan penyair Sitok Srengenge atawa Sitok Sunarto kalau dirinya telah menghamili RW, 22, tak bisa dipublikasikan. Demikian dikatakan Manager Penelitian FIB Universitas Indonesia Lily Tjahjandari kepada Metrotvnews.com, Sabtu (30/11). “Dari pernyataan Iwan Pangka selaku pengacara korban disebutkan bahwa Sitok hanya mempublikasikan secara internal. Tidak menghubungi Iwan secara resmi, sehingga belum bisa dijadikan pegangan apa pun,” kata Lily. Tak hanya kepada Iwan, Sitok sebenarnya juga pernah memberi pengakuan yang sama kepada Dosen Filsafat UI Sarasdewi. Enam bulan RW berjuang meminta tanggung jawab Sitok. Tapi si Pemilik Cinta Rahwana itu bergeming. RW dibantu teman-temannya lalu memohon pihak kampus mengadvokasi kasus ini. Mereka juga mengadu pada Komnas Perempuan dan Yayasan Pulih.“Awalnya tak ada yang menggubris masalah ini, karena korban menutup diri. Depresi ketika hamil,” kata Sarasdewi.

…dst

14 ) UGM Beri Beasiswa S-2 untuk Aktivis
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/29/368/904796/ugm-beri-beasiswa-s-2-untuk-aktivis

Sabtu, 30 November 2013 10:05 wib
JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka program beasiswa Power, Welfare and Democracy (PWD) pada Jurusan Politik Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). Beasiswa diperuntukkan bagi para aktivis dan pegiat lembaga swadaya masyarakat (LSM).Program PWD sendiri adalah proyek berbasis penelitian, buah kerja sama UGM dengan Universitas Olso (UiO) yang dimaksudkan untuk mendukung jaringan aktivis pendorong kemajuan demokrasi di Indonesia. Melalui proyek ini, para aktivis bisa menjalankan riset sambil menyelesaikan pendidikan master atau doktoral di UGM.Aktivis yang berminat melamar beasiswa ini harus menyiapkan proposal riset dengan tiga tema utama yang saling berkaitan, yaitu:

…dst

15 ) Kuliah S-2 Dibayarin NTU, Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/28/368/904073/kuliah-s-2-dibayarin-ntu-mau

Jum’at, 29 November 2013 08:03 wib
JAKARTA – Nanyang Technological University (NTU), Singapura, menawarkan beasiswa sebagian bagi para pelajar internasional. Beasiswa diberikan untuk meraih gelar master pada program Nanyang Fellows MBA di NTU.Untuk melamar beasiswa ini, Anda haruslah memiliki gelar sarjana dengan kemampuan akademik yang baik. Program beasiswa ini membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan IELTS atau TOEFL.Beasiswa diberikan dalam bidang Administrasi Bisnis di NTU, Singapura. Durasi pemberian beasiswa sebagian ini adalah satu tahun.Syarat untuk melamar beasiswa ini adalah:

…dst

16 ) Unismuh Ingin Mahasiswa Praktek di Luar Negeri
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/11/30/mx1can-unismuh-ingin-mahasiswa-praktek-di-luar-negeri

Sabtu, 30 November 2013, 05:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mencanangkan Kuliah Kerja Nyata Internasional dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM) setelah melakukan penandatanganan nota kesepahaman kedua institusi itu di Makasssar, Jumat.Penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan Rektor Unismuh Dr H. Irwan Akib, MPd dengan Direktur Centre for Teaching and Leasening Prof Dr Baharuddin Aris dan dihadiri Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr A. Sukri Syamsuri, MHum, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Erwin Akib, SPd, MPd dan beberapa petinggi FKIP lainnya.Irwan mengatakan, kerja sama ini cukup menguntungkan kedua institusi ini karena banyak hal yang bisa dikembangkan dalam kerja sama khususnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional seperti penelitian dosen, pertukaran pelajar dengan sistem transfer kredit.

…dst

17 ) Sirup Sirih Merah, Obat Diabetes dari UGM
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/29/372/904565/sirup-sirih-merah-obat-diabetes-dari-ugm

Jum’at, 29 November 2013 10:14 wib
JAKARTA – Daun sirih ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Jika dulu daun sirih hanya dikonsumsi oleh para orang tua di sela waktu luang, obat sakit gigi, ataupun mengobati penyakit wanita, seperti keputihan, maka kini daun sirih dapat digunakan untuk menangkal penyakit diabetes.Inovasi tersebut dicetuskan oleh tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM)  Yogyakarta, yakni Fera Amelia, Erni Wijayanyi, dan Ellsya Angelin Rawar. Ketiganya mengembangkan ekstrak air sirih merah menjadi sediaan antidiabetes oral inovatif dalam bentuk sirup dengan hidroksi metilselulosa (CMC) sebagai pengental dan sorbitol sebagai pemanis.Dalam karya tulis berjudul Sirup Ekstrak Air Sirih Merah (Piper crocatum): Inovasi Baru Obat Diabetes Berbasis Herbal itu diuraikan bila hidroksi metilselulosa merupakan polisakarida. Jadi, meskipun rasanya manis tidak akan meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus. Sediaan sirup dipilih karena yang digunakan adalah ekstrak air.

…dst

18 ) Anugerah Peduli Pendidikan Dorong Partisipasi Masyarakat Majukan Pendidikan
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1899

11/29/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali memberikan penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan (APP) 20213. Penghargaan ini diberikan untuk mendorong partisipasi masyarakat memajukan pendidikan dan kebudayaan. Penghargaan akan diberikan oleh Mendikbud Mohammad Nuh pada Jumat (29/11/2013) malam, di Kemdikbud, Jakarta. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, mengatakan, sebanyak 29 penghargaan diberikan untuk mengapresiasi pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi nyata dalam bidang pendidikan melalui berbagai cara sepanjang tahun 2013. Para penerima penghargaan ini dinilai memiliki kesadaran, komitmen, dan kepedulian terhadap dunia pendidikan.”Penghargaan ini sebagai bentuk ungkapan terima kasih dari Kemdikbud kepada mereka yang ikut berpartisipasi memajukan dunia pendidikan dan kebudayaan,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (29/11/2013).
Tema APP adalah “Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan”.

…dst

19 ) Dinilai menghambat, UU No.32 tahun 2004 akan Direvisi
http://www.antaranews.com/berita/407383/dinilai-menghambat-uu-no32-tahun-2004-akan-direvisi

Sabtu, 30 November 2013 00:55 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah akan merevisi Undang-Undang No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah kerena dinilai menghambat pengelolaan pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, sebenarnya undang-undang tersebut merupakan kewajiban kabupaten dan kota, tetapi pemerintah pusat tetap akan mengambil peran di dalamnya.”Nantinya urusan pendidikan tidak hanya diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah kabupaten kota, tetapi menjadi tanggung jawab bersama mulai pusat, provinsi, dan kabupaten kota,” katanya saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2013 dan HUT ke-68 PGRI di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (2/2013).Hadir pada acara HGN Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, Menteri Agama Suryadharma Ali, Gubernur DKI Joko Widodo, dan 9.000 guru.

…dst

20 ) Dokter Lo: Soekarno Paling Memikirkan Kesehatan Rakyat
http://news.detik.com/read/2013/11/30/054007/2428342/10/dokter-lo-soekarno-paling-memikirkan-kesehatan-rakyat?n991102605

Sabtu, 30/11/2013 05:40 WIB
Jakarta – Lo Siauw Ging, bisa disebut dokter langka di Indonesia saat ini. Dokter senior di Solo ini tidak pernah menentukan tarif untuk pasien yang datang kepadanya. Bahkan lebih banyak dari mereka digratiskan sama sekali dari biaya konsultasi maupun obat. Dia melakukan itu karena merasa ingin mengabdi kepada kemanusiaan dan tahu diri pada negara. Apa hubungannya dengan Soekarno? Di usianya yang telah mencapai 79 tahun, setiap hari rata-rata 60 pasien datang ke tempat praktik di kediamannya di Jagalan, Jebres, Solo. Ada yang datang dari kalangan kaya maupun dari kalangan miskin. Semua pasien yang datang, tidak dikenai biaya. Artinya yang mau memberinya uang suka rela, biasanya yang datang dari kalangan berduit, akan memberinya imbalan konsultasi dengan meletakkan amplop berisi uang suka rela di meja konsultasi…cut…Dokter Lo kemudian memberikan gambaran. Ketika dia menempuh pendidikan dokter di Universitas Airlangga hingga lulus pada tahun 1962, tidak serupiah pun dia mengeluarkan uang untuk biaya pendidikan itu. Semua ditanggung Pemerintah. Setelah lulus dia langsung mendapat gaji dari Pemerintah untuk mengabdikan ilmunya pada masyarakat. Karena itulah dia merasa harus tahu diri dan berbalas budi.

…dst

21 ) Denny Indrayana: Tak Ada Profesi Kebal Hukum, Termasuk Dokter
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/29/3/197926/Denny-Indrayana-Tak-Ada-Profesi-Kebal-Hukum-Termasuk-Dokter

Jum’at, 29 November 2013 | 11:43 WIB
Metrotvnews.com, Semarang: Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana menegaskan tidak ada profesi yang kebal hukum di negeri ini, tidak terkecuali dokter. “Prinsip dasarnya, siapapun yang bersalah dihukum, sebagaimana yang tidak bersalah dibebaskan,” kata Denny di Semarang, Jumat (29/11). Pernyataan Denny disampaikan menanggapi protes atas dugaan kriminalisasi terhadap dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani di Manado, Sulawesi Utara.Ia menuturkan tidak ada yang kebal terhadap hukum pidana, siapapun dan apapun profesinya. Ia mencontohkan kasus hukum yang menjerat mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Demikian juga jeratan hukum terhadap Jaksa Urip Tri Gunawan.”Ada juga gubernur, bupati, anggota DPR, tidak terkecuali dokter,” katanya. Menurut dia, berbeda jika kasus hukum yang dihadapi merupakan perkara perdata. Ia memisalkan hakim yang digugat secara perdata karena putusannya. “Tapi kalau pidana tidak ada yang kebal. Tinggal alat buktinya, kalau mencukupi ya dihukum,” katanya.

…dst

22 ) Publik Cenderung Ragukan Netralitas MKDKI
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/30/3/198116/Publik-Cenderung-Ragukan-Netralitas-MKDKI

Sabtu, 30 November 2013 | 10:54 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Mayoritas publik cenderung meragukan netralitas Majelis Kehormatan Etika Kedokteran (MKEK) dan Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI). Imbasnya, saat terjadi sengketa pelayanan medis antara dokter dan pasien, publik lebih memilih penyelesaian ke ranah hukum pidana. “Publik beranggapan solidaritas antardokter kuat. Mayoritas anggota MKDKI adalah dokter. Jadi buat apa capek-capek mengadu ke sana kalau hasilnya pasti kalah,” ujar Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) dr Marius Widjajarta saat dihubungi, Sabtu (30/11). Rekatnya hubungan antarrekan sejawat dokter, lanjut Marius, bisa terbaca dari sikap Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi yang mendukung aksi demontrasi para dokter menolak putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan tiga dokter RS Prof Kandou, Manado, terbukti melakukan malapraktik,

…dst

– See more at: http://www.kopertis12.or.id/2013/11/30/234612.html#sthash.nh03vrYC.dpuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *