Berita Edukasi, 24 September 2013

1 ) Wamendik Resmikan Politeknik Enjineering Indorama
http://www.kemdikbud.go.id/berita/1735.html

09/23/2013
Purwakarta — Setelah dua tahun perencanaan dan persiapan yang intensif, Politeknik Enjineering Indorama (PEI) yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat, siap menerima mahasiswa baru. Peluncuran PEI berlangsung pada 23 September 2013, dengan diresmikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan (Wamendik) Musliar Kasim dan Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun. Dalam sambutannya Wamendik Musliar Kasim memberikan apresiasi kepada PT Indorama Synthetics yang telah berpartisipasi dalam dunia pendidikan. Ia mengatakan, pendirian politeknik oleh perusahaan manufaktur dapat berkontribusi pada kemajuan pendidikan dalam menciptakan tenaga terampil bagi dunia usaha. “Di samping bisa mendidik anak- anak mahasiswanya sendiri,  bisa juga dijadikan sagai tempat praktik anak-anak SMK di Purwakarta,” ujar Wamendik dalam peresmian Politeknik Enjinering Indorama, (23/9), di Purwakarta, Jawa Barat.

…dst

2 ) Pemprov DKI-UGM Kerja Sama Pengelolaan Air
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/09/24/mtmchj-pemprov-dkiugm-kerja-sama-pengelolaan-air

Selasa, 24 September 2013, 14:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Pemerintah provinsi DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dalam pengelolaan air untuk mengatasi penurunan tanah yang menyebabkan Jakarta berada di bawah permukaan laut. Kesepakatan bersama itu ditandatangani oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Joko Widodo dan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Pratikno di Balairung, Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk mengatasi ancaman penurunan tanah dan penanganan banjir yang dialami Jakarta. “Penanganan banjir ini berbeda dengan Mou yang diteken bersama Wali Kota Rotterdam, Belanda karena ini spesialis injeksi air ke tanah supaya tanah enggak turun ke bawah,” katanya.

…dst

3 ) Wow, Universitas Ahmad Dahlan Akan Buka Kantor Perwakilan di Cina
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/09/23/mtkza1-wow-universitas-ahmad-dahlan-akan-buka-kantor-perwakilan-di-cina

Senin, 23 September 2013, 20:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Jumlah mahasiswa Cina yang kuliah di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta terus meningkat. Bahkan jumlah mahasiswa Cina di UAD merupakan terbanyak di DIY. Minat calon mahasiswa di Cina untuk melanjutkan studi ke UAD juga semakin besar. Karena itulah UAD akan membuka kantor perwakilan di Cina. “Tahun depan kita buka di Kota Nanning, Guangxi, Cina,” ujar Rektor UAD, Kasiyarno, Senin (23/9). Menurutnya, UAD telah meluluskan 269 warga Cina yang kuliah di kampus Muhammadiyah tersebut. Saat ini mahasiswa Cina yang kuliah di UAD masih 65 orang. Jumlah calon mahasiswa Cina yang akan kuliah di UAD diprediksikan semakin banyak. Pasalnya, UAD tengah menjajaki kerja sama dengan komunitas muslim di Cina. Penjajakan kerja sama ini dilakukan saat tim UAD yang dipimpin Kasiyarni mengikuti kegiatan tahunan berupa China-ASEAN Expo (CAEXPO) di Nanning, Guangxi, Cina, 3-6 September lalu. UAD satu-satunya perguruan tinggi dari DIY yang mengikuti kegiatan itu dan ikut membuka stand pameran di ajang tersebut.

…dst

4 ) Universitas Melbourne Perluas Kesempatan Bagi Mahasiswa Indonesia
http://www.jpnn.com/read/2013/09/23/192407/Universitas-Melbourne-Perluas-Kesempatan-Bagi-Mahasiswa-Indonesia

Senin, 23 September 2013 , 22:22:00
JAKARTA – University of Melbourne di Australia menggencarkan kerjasama dengan Indonesia di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Salah satunya dengan memperkenalkan program “Believe : The Campaign for the University of Melbourne, Senin (23/9), di Jakarta. Vice Chancellor University of Melbourne, Profesor Glyn Davis AC, mengatakan bahwa salah satu tujuan program itu adalah untuk menyediakan lebih banyak lagi beasiswa bagi mahasiswa Indonesia di Australia. “Indonesia merupakan negara penting secara regional, anggota komunitas dunia, berpengaruh dan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. Bagi kami, ke depan perekonomian Indonesia akan memegang peranan penting,” ujar Davis dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (23/9). Dalam kesempatan itu Davis didampingi Vice Principal (Advancement) The University of Melbourne, Vice Chancellor’s Fellow The University of Melbourne serta Pro Vice-Chancellor (Internasional) The University of Melbourne Profesor Simon Evans. Universitas ini sebenarnya sudah punya hubungan erat dengan Indonesia dan telah menghasilkan 2.700 alumni sejak 1945. Bahkan, saat ini tercatat lebih dari 1000 mahasiswa Indonesia terdaftar di universitas itu.

…dst

5 ) Prakonvensi UN Regional Medan Rumuskan 15 Butir Kesimpulan
http://www.kemdikbud.go.id/berita/1734.html

09/23/2013
Medan—Prakonvensi Ujian Nasional (UN) Regional Medan merumuskan sebanyak 15 butir kesimpulan. Kelompok 1 yang membahas menejemen pelaksanaan UN merumuskan 11 butir kesimpulan, sedangkan kelompok 2 yang membahas komposisi nilai UN dalam penentuan kelulusan merumuskan empat butir kesimpulan. Kepala Pusat Penelitian Kebijakan Kemdikbud Bambang Indriyanto mengatakan, prakonvensi ini diselenggarakan untuk mencari masukan dan koreksi terhadap pelaksanaan UN, sehingga pelaksanaannya lebih kredibel dan reliabel. Rumusan yang dihasilkan ini nanti, kata dia, akan menjadi bagian dari keputusan di Konvensi UN pada 26 September mendatang, yang akan digelar di Jakarta.
“Kita sudah menjaring dari berbagai tempat dan hasilnya sudah optimum,” katanya pada penutupan Prakonvensi UN di Hotel Grand Swiss-bel, Medan, Sumatera Utara, Minggu (22/09/2013) malam.
Berikut rumusan prakonvensi :

…dst

6 ) Dicuri pun, Soal Tes CPNS Tak Bisa Dibuka
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1817-dicuri-pun-soal-tes-cpns-tak-bisa-dibuka

Dibuat pada 24 September 2013
JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar kembali menegaskan komitmennya bahwa penyelenggaraan selsksi CPNS tahun 2013 ini transparan, bersih, obyektif, adil, bebas dari KKN dan tidak dipungut biaya. Setiap anggota tim sudah berkomitmen untuk mewujudkan agenda reformasi pengadaan CPNS tersebut. Hal itu dikatakan Menteri kepada wartawan di ruang kerjanya, usai menyaksikan penandatanganan MoU pakta Integritas Panselnas dan penyerahan master soal dari kosorsium 10 PTN kepada Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Selasa (24/09). “Kalau masih ada yang main-main langsung tangkap, dan kalau PNS pecat langsung,” sergahnya.Azwar mengungkapkan, pengamanan dalam pembuatan soal dan pendistribusian soal tes sangat aman, karena ada sandi-sandi yang hanya bisa diterjemahkan kodenya oleh penyandi dari Lemsaneg, yang terdiri dari anak-anak muda yang memahami teknologi informasi (TI). Soal dimasukkan kedalam disk yang sudah dikunci.  “Jika dicuri orang pun tidak ada yg bisa membukanya” imbuhnya. Azwar menambahkan, ada dua pengamanan yang dilakukan, pengamanan teknologi yang dilakukan oleh Lemsaneg, dan ada juga pengamanan fisik yang dipantau langsung di percetakan selama dalam proses pencetakan. Pengamanan fisik ini dilakukan oleh Tim yang terdiri dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Intelijen Negara (BIN), dan POLRI.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *