Berita Edukasi, 20 September 2013

1 ) Mahasiswa Unnes Jawara di Lomba Debat se-ASEAN
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/19/373/868664/mahasiswa-unnes-jawara-di-lomba-debat-se-asean

Jum’at, 20 September 2013 08:01 wib
JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Arif Sharon Simanjuntak keluar sebagai jawara pertama dalam Kolokium Nasional Komunitas ASEAN 2015. Debat Hukum Pemajuan dan Perlindungan HAM di ASEAN itu diikuti mahasiswa jurusan hukum dari berbagai universitas di Indonesia. Arif menceritakan, debat tersebut diikuti oleh setiap delegasi dari 32 universitas yang berhasil lulus seleksi esai. “Sebelumnya, 71 universitas di Indonesia mengirimkan esai sebagai proses awal seleksi. Kemudian, setiap tim terdiri atas empat mahasiswa. Dua orang delegasi dari tiap universitas dipisah dan membentuk tim baru,” ujar Arif, seperti dikutip dari situs Unnes, Jumat (20/9/2013). Ketika itu, Arif tergabung dalam “Tim 8″ bersama dengan delegasi dari Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), dan Universitas Dr. Soetomo. Sedangkan Sofian Herianto, rekan satu fakultasnya, bergabung dengan delegasi dari Universitas Pasundan (Unpas), Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM), dan Universitas Andalas (Unand) dalam “Tim 9″.

…dst

2 ) Jebolan IPB Tertantang Atasi Krisis Pangan di RI
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/20/373/869233/jebolan-ipb-tertantang-atasi-krisis-pangan-di-ri

Jum’at, 20 September 2013 14:44 wib
JAKARTA – Jebolan pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) dikenal sudah mengontribusi berbagai prestasi dan ide-ide cemerlang di bidang pertanian di Indonesia. Akan tetapi, selama perjalanan sejarah 50 tahun IPB, yang telah melahirkan banyak alumni yang tangguh, masih belum mampu mencukupi kebutuhan pangan bagi masyarakat Indonesia, serta menegakkan pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bangsa yang mandiri dan berdaulat di bidang pangan.Sehingga masalah ini menjadi tantangan bagi para alumni IPB untuk menjawabnya. Apa ya tantangannya? Sekarang, setelah Kampus IPB menginjak usia setengah abad, para alumni berkumpul kembali untuk merayakan ulang tahun emas yang merupakan perhelatan akbar para alumni.Perhelatan Reuni Emas ini merupakan sebuah rangkaian Dies Natalis ke-50 IPB, yang akan dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni IPB (DPP HA- IPB) pada 5 Oktober 2013 di Jakarta Convention Center (JCC).

…dst

3 ) Memecat Mahasiswa Blogger, Udinus Semarang Dikecam
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/20/063515271/Memecat-Mahasiswa-Blogger-Udinus-Semarang-Dikecam

Jum’at, 20 September 2013 | 18:21 WIB
TEMPO.CO, Semarang – Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) mengutuk keras tindakan Universitas Dian Nuswantoro yang memaksa Wahyu Dwi Pranata keluar dari kampus tersebut. “PPMI mengutuk tindakan Rektor Udinus yang mengeluarkan Wahyu gara-gara menulis kritis terhadap kampusnya,” kata Sekjen Nasional PPMI, Defy Firman Al Hakim, kepada Tempo, Jum’at 20 September 2013. PPMI menilai langkah Udinus memaksa Wahyu mengundurkan diri sangat salah. Harusnya, Udinus mengambil langkah-langkah sesuai dengan mekanisme yang lebih baik. Misalnya: sebelum mengeluarkan Wahyu maka Udinus bisa melayangkan hak jawab atas karya-karya tulisan Wahyu. Kalau benar-benar tulisan Wahyu salah maka bisa dilurukan. Tapi jika tulisan Wahyu benar atau fakta maka Udinus harus merespon agar bisa berubah. Defy memperkirakan, Udinus belum paham hal ihwal bagaimana cara penyelesaian yang baik jika ada kasus pemberitaan. PPMI juga akan melakukan konfirmasi ke Rektorat Udinus untuk mempertanyakan kasus Wahyu tersebut. Tujuannya bukan untuk mencari-cari kesalahan tapi untuk pembelajaran di semua pihak terutama di dunia kampus di Indonesia, bagaimana mestinya memperlakukan para aktivis pers kampus. PPMI mempertimbangkan untuk melaporkan kasus yang menimpa Wahyu ke Presiden RI, Menteri pendidikan Nasional, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dan lain-lain.

…dst

4 ) Peringkat Webometric Universitas Brawijaya Ungguli ITS dan Unair
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/118131/peringkat-webometric-universitas-brawijaya-ungguli-its-dan-unair

20 Sept 2013 18:49:27
Palembang (Antara) – Universitas Bina Darma Palembang, Sumatera Selatan, terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan melengkapi fasilitas perkuliahan sebagai upaya memperbaiki peringkat jajaran lembaga pendidikan tinggi terbaik nasional dan dunia. “Berdasarkan situs peranking universitas dunia ‘Webometrics’ kampus ini telah masuk peringkat 79 di Indonesia dan 4.780 dunia, kemudian peringkat 52 Tesca, dan Peringkat 85 4ICU,” kata Wakil Rektor Universitas Bina Darma (UBD) Dr Sunda Ariana MPd di Palembang, Jumat. Dalam peringkat Webometrics untuk perguruan tinggi di dunia dan Indonesia hingga awal 2013, UBD berada beberapa peringkat di bawah Universitas Bengkulu (Indonesia peringkat 71, dunia peringkat 4.358), Universitas Negeri Gorontalo (73 Indonesia, 4.419 dunia), STMIK MDP & STIE MDP (74 Indonesia, 4.419 dunia), Universitas Jember (75 Indonesia, 4.463 dunia), Universitas Pasundan (76 Indonesia, 4.535 dunia), Universitas Islam Bandung (77 Indonesia, 4.602 dunia), Universitas Muslim Indonesia (78 Indonesia, 4.651 dunia).

Baca juga  Berita Edukasi, 23 September 2013

…dst

5 ) 200 Peneliti Ngumpul di UGM Bahas Teknologi
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/19/373/868658/200-peneliti-ngumpul-di-ugm-bahas-teknologi

Jum’at, 20 September 2013 09:02 wib
JAKARTA – Sekira 200 pakar di bidang fisika dari berbagai negara bertemu di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Mereka saling bertukar ilmu dalam seminar internasional bertajuk “The 2013 International Conference on Advanced Materials Science and Technology (ICAMST) 2013.” Seminar yang digelar di Fakultas MIPA UGM selama dua hari itu diikuti peneliti yang berasal dari sembilan negara. Mereka berasal dari Australia, Malaysia, Mesir, Filipina, Perancis, Rusia, Thailand, dan Saudi Arabia. “Seminar ini mendiskusikan tentang ilmu bahan dari aspek teknologi,” ujar Ketua Panitia Seminar, Kuwat Triyana, seperti disitat dari laman UGM, Jumat (20/9/2013). Dia menuturkan, seminar membahas dua isu utama yaitu tentang pengembangan sel surya organik dan pengembangan membran. Menurut Kuwat, pengembangan sel surya organik penting sebagai alternatif pemanfaatan energi terbarukan yang murah. Tidak seperti sel surya yang terbuat dari silikon meskipun bisa meningkatkan efisiensi, tetapi tidak dapat diserap oleh masyarakat karena harganya mahal.

…dst

6 ) Dongkrak Mutu, Fakultas Kedokteran UB Gaet 15 RSUD
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/19/373/868697/dongkrak-mutu-fakultas-kedokteran-ub-gaet-15-rsud

Jum’at, 20 September 2013 10:04 wib
JAKARTA – Agar dapat meningkatkan standarisasi pendidikan maupun pelayanan kesehatan, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) Malang pun menggandeng pihak industri. Tidak tanggung-tanggung, mereka menjalin kerjasama dengan 15 rumah sakit yang ada di Malang dan sekitarnya. Belasan institusi tersebut, yaitu RSUD Kanjuruhan Kepanjen, RSUD Bangil, RSUD Wlingi, RSUD Tulungagung, RSUD Moewardi & FK UNS, RSUD Panti Nirmala, RSUD Pare, RSUD Sidoarjo, dan RST Soepraoen Malang. Kemudian, Balai Besar Pengawas Obat & Makanan, Materia Medika Batu, Apotik Domat Anugra Farma Malang, Kimi Farma Malang, Herba Bagoes, PD Jatim IAI, dan Rumah Sakit Saiful Anwar. Dalam sambutannya, Dekan FK UB Karyono Mintaroem mengungkap, dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat meningkatakan mutu pendidikan kedokteran. Sehingga, lulusan FK UB dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan.

…dst

7 ) Terbesar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Buka Lowongan 3183 CPNS
http://www.setkab.go.id/berita-10350-terbesar-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-buka-lowongan-3183-cpns.html

Jumat, 20 September 2013 – 08:45 wib Oleh  DESK INFORMASI
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjadi instansi pemerintah yang terbesar dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum, dengan membuka peluang kerja bagi 3183 lulusan SLTA, D3,D4/S1,S2, dan S3 untuk menjadi dosen dan tenaga kependidikan (teknis/administrasi/medis/paramedis) di perguruan tinggi negeri (PTN). Kepala Biro Kepegawaian Kemendikbud Totok Suprayitno selaku Ketua Panitia dalam pengumumannya tertanggal 16 September 2013 mengatakan, pelamar yang berminat mengisi lowongan di Kemdikbud harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan username dan password pada alamat https://cpns.kemdikbud.go.id   mulai  23 September sampai dengan  7 Oktober 2013.

…dst

8 ) Kursi Roda Mahasiswa UGM Jawara Penelitian Ilmiah
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/20/079515246/Kursi-Roda-Mahasiswa-UGM-Jawara-Penelitian-Ilmiah

Jum’at, 20 September 2013 | 17:36 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Kursi roda pintar ‘Gama Kuda’, karya lima mahasiswa jurusan Elektronika dan Instrumentasi Fakultas MIPA UGM angkatan 2009, meraih medali emas dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional ke-26 di Mataram. Pada ajang yang berlangsung 9-13 September ini, sebagian karya mahasiswa asal Yogyakarta memanfaatkan sains bagi penyandang cacat. Kursi roda pintar ini dirancang bisa digerakkan penggunanya hanya dengan mengerutkan kulit wajah pada ujung mata kanan atau kiri, senyuman, dan menggemeretakkan gigi bagian belakang. “Kami memadukan teknologi medis mengenai gelombang otak dengan prinsip elektronik dan mekanik,” kata Rangga Kurniawan, koodinator tim itu. Kursi roda itu bisa membantu penyandang disabilitas yang mengalami kelumpuhan tota, agar bisa mandiri hanya dengan menggerakkan kulit muka untuk berkomunikasi. Menurut Rangga, di dunia medis diketahui setiap aktivitas gerak manusia selalu menimbulkan respons gelombang otak. Gelombang yang muncul dari aktivitas elektrik syaraf otak itu ditangkap dengan metode Electroencephalogram (EEG), yakni dengan menempelkan belasan lempeng besi seukuran kerikil pada kulit kepala manusia.

…dst

9 ) Beasiswa BCA Finance Tahun 2013
http://www.bcafinance.co.id/beasiswa/index.aspx

JAKARTA – BCA Finance membuka kesempatan beasiswa bagi mahasiswa seluruh Indonesia. Total, ada Rp1,08 miliar bantuan biaya studi yang dibagikan. Pelamar beasiswa adalah mahasiswa S-1 yang tengah atau sudah menyelesaikan semester dua. Nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) adalah 3,00 dan perguruan tinggi swasta (PTS) minimal 3,4. Pendaftaran dan seleksi dilakukan secara online melalui laman BCA Finance. Selain seleksi administratif, akan ada juga seleksi melalui karya tulis dengan tema yang akan ditentukan kemudian, bagi 150 calon pemenang beasiswa. Dari sini, akan ditentukan 60 pemenang beasiswa. Penerima beasiswa akan mendapatkan Rp3 juta per semester. Beasiswa akan diberikan hingga maksimal delapan semester.

Baca juga  Berita Edukasi, 21 Agustus 2013

…dst

10 ) Jepang beri beasiswa kepada 148 pelajar
http://www.antaranews.com/berita/396553/jepang-beri-beasiswa-kepada-148-pelajar

Jumat, 20 September 2013 16:14 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi (MEXT) Jepang memberikan beasiswa kepada 148 pelajar Indonesia melalui lima program. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori dalam pelepasan penerima beasiswa MEXT ke Jepang di Jakarta, Jumat, mengatakan 148 penerima beasiswa tersebut terdiri atas program pascasarjana (91 orang), mahasiswa jurusan bahasa Jepang (30 orang), pelatihan guru (14 orang), program pemimpin muda (4 orang), dan sembilan orang akan mengikuti program internasional dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Para penerima beasiswa MEXT tersebut akan berangkat ke Jepang pada akhir September dan akan mengikuti kursus bahasa Jepang sebelum semester pertama kuliah mereka dimulai pada bulan April 2014.

…dst

11 ) Sarjana Terbaik Unila Rampungkan S1 Kurang dari 3 Tahun
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/20/373/869225/sarjana-terbaik-unila-rampungkan-s1-kurang-dari-3-tahun

Jum’at, 20 September 2013 14:24 wib
JAKARTA – Universitas Lampung (Unila) kembali mempersembahkan putra-putri terbaiknya kepada masyarakat dengan mewisuda 1.100 mahasiswa. Mereka terdiri dari 106 mahasiswa pascasarjana, 22 program profesi, serta jenjang sarjana dan diploma sebanyak 972 orang.Pada prosesi wisuda kali ini, Rektor Unila Sugeng P Harianto berpesan agar wisudawan menjadi generasi penerus yang diharapkan menjadi manusia Indonesia seutuhnya sebagaimana cita-cita negara yang berfalsafah Pancasila. Cita-cita akan tercapai dengan modal bertaqwa kepada Tuhan, berbudi pekerti luhur, hemat, cermat, dan mandiri.”Menghadapi era pembangunan di masa depan diperlukan tenaga yang profesional dan ahli di bidangnya. Keahlian ini tidak akan tercapai tanpa kerja keras dan berkeinginan untuk meraihnya,” ungkap Sugeng,” seperti dikutip dari laman Unila, Jumat (20/9/2013).

…dst

12 ) Undip Masuk Enam Besar
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/09/20/237409/Undip-Masuk-Enam-Besar

20 September 2013
SEMARANG – Mahasiswa Undip meraih dua emas dan satu perak sehingga keluar sebagai juara favorit pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI di Universitas Mataram Lombok baru baru ini. Posisi itu menempatkan Undip di peringkat enam nasional. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengaku sangat bersyukur dengan prestasi para mahasiswa yang mengikuti pimnas. ‘’Prestasi ini tidak serta merta kita dapat melainkan hasil dari perjuangan panjang. Semenjak tahun 2011 lalu jumlah proposal yang ikut pimnas baik kuantitas dan kualitasnya bertambah kemudian pada tahun ini Undip memetik hasilnya,’’ ujar Rektor. Dia berharap kemenangan ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi para mahasiswa yang lain. Mereka harus bisa menunjukkan prestasi serupa atau malah lebih baik. (H41-60)

…dst

13 ) Ribuan Mahasiswa Unsoed Terinspirasi Kick Andy
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/20/3/183071/Ribuan-Mahasiswa-Unsoed-Terinspirasi-Kick-Andy

Jum’at, 20 September 2013 | 21:32 WIB
Metrotvnews.com, Purwokerto: Lebih dari 2 ribu mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah memadati Auditorium Unsoed, Jumat (20/9). Mereka antusias mengikuti Talkshow Kick Andy yang dipandu Andy F Noya dengan dua tamu yakni Nugie, seorang musisi, dan animator Wahyu Aditya. Andy mengungkapkan acara Kick Andy dengan tema Lentera Jiwa tersebut sengaja dihelat di Kampus Unsoed untuk membuka apa yang sesungguhnya menjadi cita-cita para mahasiswa. “Karena sering terjadi, mahasiswa yang sudah kuliah di jurusan tertentu, sebetulnya tidak cocok dengan kehendak hatinya. Mereka memilih karena pilihan orang tua,” kata Andy membuka acara. Oleh karena itu, Andy menghadirkan dua bintang tamu yang menemukan lentera jiwanya. Nugie, sebelum menjadi musisi, sebetulnya merupakan mahasiswa Fisip UI.“Namun, saya bilang sama ibu kalau saya keluar dari kuliah dan akan bermusik. Tentu saja, ibu saya kaget. Tetapi karena telah menjadi tekad saya, maka saya tetap bersikukuh untuk menjadi pemusik. Dan sampai sekarang, musik menjadi bagian dari hidup saya,” kata Nugie yang disambut tepuk tanganm mahasiswa.

Baca juga  Berita Edukasi, 11 Agustus 2013

…dst

14 ) Nugget Daur Ulang Kreasi Mahasiswa UNY
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/20/372/869350/nugget-daur-ulang-kreasi-mahasiswa-uny

Jum’at, 20 September 2013 16:49 wib
JAKARTA – Sisa-sisa dari bahan makanan biasanya langsung dibuang tanpa pikir panjang. Padahal, sisa dari bahan-bahan makanan tersebut bisa didaur ulang kembali menjadi bahan makanan lagi. Sekaligus bisa mengurangi limbah rumah tangga dari pembuangan sisa bahan makanan tersebut. Misalnya, produk dengan bahan dasar ampas tahu sekarang ini belum banyak didaur ulang kembali atau dimanfaatkan oleh masyarakat. Padahal kandungan yang terkandung di dalam ampas tahu tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu kalori 414 kal, protein 26,6 g, lemak 18,3 g, karbohidrat 41,3 g, kalsium 19 mg, fosfor 29 mg, besi 4,0 mg, vitamin B 0,20 mg, dan air 9,0 g. Nah, dari data komposisi kimia ampas tahu tersebut, kandungan terbanyak yang terdapat dalam ampas tahu mengandung karbohidrat, protein, dan serat kasar. Selain itu, ampas tahu juga mengandung jamur blakeslea trispora yang dapat mengubah minyak kedelai menjadi betakaroten. Zat tersebut merupakan pro vitamin A yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh manusia.

…dst

15 ) KPK Dorong BPK Serahkan Audit Pelaksanaan UN
http://www.jpnn.com/read/2013/09/20/192022/KPK-Dorong-BPK-Serahkan-Audit-Pelaksanaan-UN

Jum’at, 20 September 2013 , 21:49:00
JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menindaklanjuti hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2012 dan 2013. Apabila, lembaga antikorupsi itu sudah menerima hasil auditnya. “KPK belum menerimanya. Kalau BPK menyerahkan kepada KPK akan menjadi bahan bagi KPK untuk menelitinya lebih jauh,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di kantornya, Jumat (20/9). Johan menjelaskan, meski belum menerima hasil audit BPK, KPK sudah pernah menerima laporan dari masyarakat soal Ujian Nasional dan kurikulum. Saat ini, laporan itu masih berada di pengaduan masyarakat. “Itu masih di pengaduan masyarakat. Laporan masih ditelaah tapi saya tidak tahu sudah sejauh mana prosesnya,”  kata Johan. Seperti diketahui, BPK menemukan kerugian negara dan potensi kerugian negara selama penyelenggaraan ujian nasional UN 2012 dan 2013. Menurut hasil audit BPK, proses lelang pengadaan bahan UN tahun 2012 mengakibatkan kerugian keuangan negara sekitar Rp 8,15 miliar.

…dst

16 ) Irjen Kemdikbud Dorong M Nuh Seriusi Temuan BPK
http://www.jpnn.com/read/2013/09/20/191891/Irjen-Kemdikbud-Dorong-M-Nuh-Seriusi-Temuan-BPK

Jum’at, 20 September 2013 , 03:02:00
JAKARTA – Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendorong Mendikbud Mohammad Nuh menindaklanjuti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas pemeriksaan penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2012 dan 2013. Sebab, jangan sampai potensi kerugian negara tak diantisipasi. “Kalau kita dari Itjen mendorong Kemendikbud untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK itu,” kata Inspektur Jenderal Kemdikbud, Haryono Umar saat dikonfirmasi, Kamis (19/9). Haryono mengatakan, semua kerugian negara dalam pelaksanaan UN itu harus dikembalikan ke kas negara. “Jika ada kerugian negara, solusinya ya dikembalikan uangnya ke negara,” tegasnya.Namun karena berdasar pemeriksaan BPK pada UN 2013 ternyata kerugian negara masih bersifat potensi, maka mantan pimpinan KPK itu berharap ada upaya pencegahan agar negara tidak dirugikan. Dengan demikian, kata Haryono, Kemdikbud bisa menunda pembayaran ke percetakan. “Jangan dibayar dulu ke percetakan,” pungkasnya.

…dst

17 ) Perubahan Dimulai, Menteri PAN-RB Jamin Seleksi Penerimaan CPNS Tahun Ini Bebas Calo
http://www.setkab.go.id/berita-10346-perubahan-dimulai-menteri-pan-rb-jamin-seleksi-penerimaan-cpns-tahun-ini-bebas-calo.html

Kamis, 19 September 2013 – 19:59 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2013 untuk jalur umum kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ia menjamin seleksi kali ini akan bebas dari calo. “Perubahan baru saja dimulai. Saya rasa kita harus siap menghadapi perubahan, masyakat juga harus ikut mengawasi, kalo memang terbukti masih ada calo, dan calonya Pegawai Negeri Sipil (PNS) maka langsung kita pecat, kalau bukan PNS langsung polisi,” kata Azwar kepada wartawan di kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Kamis (19/9). Menteri PAN-RB menegaskan, seleksi penerimaan CPNS tahun akan akan benar-benar bersih dari unsure Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme karena pemerintah ingin mendapatkan putra-putri terbaik bangsa.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *