Berita Edukasi, 16 September 2013

1 ) Ruh Pendidikan Tinggi
http://www.kopertis12.or.id/2013/09/17/ruh-pendidikan-tinggi.html

Selasa, 17 September 2013 Oleh: Prof.Dr.Ir.Andrianto Handojo
Yang disebut ”abstrak” tidaklah berwujud fisik, bahkan diungkapkan secara tertulis pun acapkali sukar. Contohnya: semangat, cita-cita tinggi, ruh. Sebagian orang merasa kurang nyaman dengan sifat tak konkretnya karena dianggap kabur, mudah menimbulkan multipersepsi. Maka, timbul hasrat untuk menyatakannya secara tertulis, yang lama-kelamaan marak menjadi kecenderungan untuk menuangkan banyak perkara dalam bentuk kalimat. Dibandingkan belasan tahun silam, kini hampir setiap lembaga dan organisasi gemar menampilkan visi dan misi, apa pun isinya. Sesuai namanya, pendidikan tinggi mengajarkan (dan mengembangkan) ilmu paling tinggi, lebih atas tingkatnya dari pendidikan menengah, apalagi dasar. Apa yang ditekuni benar-benar teratas dan terbaru, diramu dari penemuan para ilmuwan besar, merupakan jejak dari akal budi dan puncak-puncak peradaban manusia.

…dst

2 ) Kemdikbud Buka Lowongan CPNS untuk 2.617 Formasi di PTN dan 566 Formasi di Unit Utama dan UPT
http://www.kopertis12.or.id/2013/09/16/kemdikbud-buka-lowongan-cpns-untuk-2-617-formasi-di-ptn-dan-566-formasi-di-unit-utama-dan-upt.html

09/16/2013
Jakarta — Pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah dipublikasikan hari ini, 16 September 2013. Pendaftaran CPNS akan dilakukan secara daring (dalam jaringan/online), melalui laman https://cpns.kemdikbud.go.id ,mulai 23 September hingga 7 Oktober 2013. Pendaftaran dibuka bagi pelamar umum untuk mengisi kebutuhan tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan di perguruan tinggi negeri sebanyak 2.617 formasi, dan tenaga kependidikan di Unit Utama Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud sebanyak 566 formasi.

…dst

3 ) Mendikbud Beri Beasiswa kepada Anak-anak Polisi Korban Penembakan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1704

09/15/2013
Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memberikan beasiswa pendidikan kepada anak-anak polisi yang menjadi korban penembakan saat sedang bertugas. Mendikbud mengatakan, beasiswa tersebut tidak hanya diberikan untuk kasus penembakan terhadap polisi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, melainkan akan diberikan juga untuk kasus serupa di wilayah lain. Saat ini Kemdikbud sedang melakukan pendataan tersebut untuk ditindaklanjuti.”Bahkan saya sampaikan, tidak hanya yang terjadi di Jakarta dan sekitar. Kalau seandainya ada anggota polri lain yang sedang dalam melaksanakan tugas kena musibah, entah itu di Papua, entah itu di tempat yang lain, tetap kami berikan dukungan penuh sebagai bagian dari kebersamaan kita,” ujar Mendikbud usai pemberian beasiswa secara simbolis kepada anak-anak tersebut, di Aula Sanggita Asrama Polri, Cipinang, Jakarta Timur, (13/9).Ia mengatakan, setelah mendengar kabar mengenai penembakan terhadap anggota Polri, ia langsung menghubungi Kapolri dan Kapolda untuk memberikan dukungan penuh terhadap keberlanjutan pendidikan anak-anak polisi yang menjadi korban penembakan tersebut. “Kita tidak pakai menghitung berapa biaya untuk santunan (beasiswa). Tapi kami memberikan komitmen,” tuturnya.

…dst

4 ) Wah, Nama Rektor Unnes Dipakai untuk Penipuan
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/16/373/866817/wah-nama-rektor-unnes-dipakai-untuk-penipuan

JAKARTA – Penipuan yang mengatasnamakan rektor kembali terjadi. Kali ini kejadian tersebut menimpa Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fathur Rokhman. Nama Rektor Unnes tersebut dijadikan jaminan untuk lulus dalam Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Namun, jaminan tersebut tidak gratis. Para peserta harus membayarkan sejumlah uang melalui transfer kepada Rektor Unnes tersebut.Seorang sumber memberikan keterangan tersebut melalui e-mail kepada unnes.ac.id. “Rekan guru saya dari sebuah SMK swasta di Kabupaten Tegal menerima SMS yang berisi pesan, jika ingin lulus PLPG supaya memberi uang ‘pelicin,’” tulis sumber itu, seperti disitat dari laman Unnes, Senin (16/9/2013).Rektor Unnes Fathur Rokhman membantah pesan singkat tersebut. Dia menegaskan, pesan tersebut adalah murni penipuan. “Kelulusan PLPG dinilai secara independen oleh dosen tanpa ada intervensi dari pihak mana pun, termasuk dari peserta sendiri,” ujar Fathur.Senin, 16 September 2013 18:02 wib.

…dst

5 ) Indonesia Juara Umum MTQ Internasional
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/15/3/181583/Indonesia-Juara-Umum-MTQ-Internasional

Minggu, 15 September 2013 | 08:50 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke-dua tahun 2013 ditutup secara resmi oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar. MTQ yang berlangsung di Jakarta tanggal 11-14 September 2013 dan bertempat di Masjid Istiqlal diharapkan dapat menjadi perekat persaudaraan dan perdamaian sesama umat dan antar bangsa. Nasaruddin Umar pada sambutan penutupan acara di Jakarta, Sabtu (14/9) malam menyatakan even MTQ berperan penting sebagai salah satu sarana yang dapat menjembatani dan menyatukan umat Islam serta warga bangsa antarnegara perlu ditingkatkan di masa mendatang. Menurut Nasaruddin, tradisi MTQ di Indonesia sangat unik. Seperti pelaksanaan MTQ Nasional di Maluku beberapa waktu lalu, panitia musabaqah bukan hanya yang beragama Islam, juga dari kalangan agama lain yang berpartisipasi menyukseskannya dengan antusias. “Hal ini menunjukan Alquran membawa pesan kemanusiaan dan kebersamaan dan kita berharap gema MTQ dan pendidikan Al Qur’an dapat memberi pengaruh dan sentuhan syiar dakwah yang berkesan bagi seluruh lapisan masyarakat”, cetusnya.

…dst

6 ) Mahasiswa UMY Jadikan Alquran Untuk Terapi Kesehatan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/09/15/mt60md-mahasiswa-umy-jadikan-alquran-untuk-terapi-kesehatan

Minggu, 15 September 2013, 18:44 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Harto Andi Irawan menjadikan Alquran untuk terapi kesehatan bagi pasien rumah sakit di Yogyakarta. Membaca Alquran secara tartil dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan skala nyeri pada ibu pasca melahirkan secara cesar. Mahasiswa UMY ini membacakan ayat Alquran selama 10 menit pada 31 pasien di RS Nur Hidayah, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasilnya 16 dari 31 pasien yang dijadikan sampel di rumah sakit Nur Hidayah tersebut mengalami penurunan dari berbagai skala nyeri setelah menjalani operasi cesar. Nyeri tersebut ternyata dapat dihambat oleh adanya rangsangan syaraf lain yang lebih kuat. “Ketika membaca Al-Qur’an tubuh melibatkan tiga jenis syaraf yaitu nervus optikus untuk membaca ayat, untuk menyuarakan, dan nervus vestibulocochlearis untuk mendengarkan sehingga rasa nyeri yang diterima otak berkurang,” paparnya, Ahad (15/9).

…dst

7 ) Undip siap jadi sentra kajian hukum internasional
http://www.antaranews.com/berita/395862/undip-siap-jadi-sentra-kajian-hukum-internasional

Senin, 16 September 2013 16:55 WIB
Semarang (ANTARA News) – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyiapkan diri menjadi sentra kajian hukum internasional seiring dengan munculnya banyak pakar yang mengkhususkan untuk kajian tersebut. “Kalau dulu, Undip melalui fakultas hukumnya banyak dikenal dengan kajian hukum pidana. Kali ini, semakin banyak pakar hukum internasional,” kata Dekan FH Undip Prof Yos Johan Utama di Semarang, Senin. Hal tersebut diungkapkannya usai konferensi pers pengukuhan dua guru besar Undip, yakni Prof Rahayu sebagai guru besar ke-13 Fakultas Hukum dan Prof dr. Winarto sebagai guru besar ke-20 Fakultas Kedokteran.Johan menyebutkan saat ini setidaknya ada sembilan pakar hukum internasional yang dimiliki Undip, baik bergelar profesor maupun doktor, termasuk Prof Rahayu yang akan segera dikukuhkan sebagai guru besar. “Selama ini kan Universitas Padjajaran yang kerap menjadi rujukan untuk kajian hukum internasional, sementara Undip untuk hukum pidana. Ke depan, kami ingin Undip menjadi rujukan dua kajian itu,” katanya.

…dst

8 ) Enggak Kuno, Museum UGM Raih Penghargaan
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/16/373/866540/enggak-kuno-museum-ugm-raih-penghargaan

Senin, 16 September 2013 11:07 wib
JAKARTA – Meski identik dengan kekunoan, museum sebenarnya menjadi gudang ilmu, lho. Apalagi, saat ini banyak museum didesain ciamik dan enggak melulu berisi artefak kuno. Main ke museum pun kini menjadi keren dan ngetren.Tren inilah yang mempengaruhi siswa tingkat SD hingga SMA berkunjung ke museum Universitas Gadjah Mada (UGM). Sesuai namanya, museum modern ini memamerkan segala hal tentang UGM, mulai dari sejarah hingga berbagai prestasi yang diraih UGM.Koordinator tim museum UGM, Widodo Usman,S.T.P,M.Sc, menjelaskan, museum UGM aktif memberikan edukasi, informasi, dan pelayanan kepada masyarakat. Meski belum lama dirintis, apresiasi masyarakat terhadap keberadaan Museum UGM sangat tinggi.Menurut Widodo, masyarakat menilai, UGM sudah selayaknya memiliki museum yang dapat mewakili dan menjelaskan sejarah hingga perkembangan UGM. Apalagi, UGM termasuk universitas besar dan tua di Indonesia

…dst

9 ) Indonesia penyelenggara World Robot Olympiad 2013
http://www.antaranews.com/berita/395623/indonesia-penyelenggara-world-robot-olympiad-2013

Sabtu, 14 September 2013 14:08 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Indonesia untuk pertama kalinya menjadi penyelenggara World Robot Olympiad (WRO) 2013 dan akan bertarung melawan hampir 2.000 peserta dari 36 negara. Sebelum menggelar ajang dunia itu, lembaga resmi penyalur mainan Lego Education, Mikrobot, hari ini menyelenggarakan Indonesian Robotic Olympiad (IRO) 2013 untuk menyaring 20 tim yang selanjutnya bertarung di WRO 2013 pada 15 November mendatang. “Nanti akan disaring menjadi 20 tim yang menang dari sekitar 200 tim. Ke 20 tim ini nantinya akan bertarung di WRO 2013,” kata Ketua Penyelenggara IRO 2013 Bambang Rusli di Jakarta, Sabtu. Kompetisi yang terbagi atas kategori SD, SMP, SMA hingga umum (maksimal 21 tahun) itu diikuti oleh 400 siswa yang berasal dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Bali, Solo, Yogyakarta hingga Tarakan (Kalimantan Utara).”Karena tahun ini kita penyelenggara, jadi dapat keistimewaan soal jumlah peserta lebih banyak dari negara lain yang cuma dapat empat tim,” ujarnya.

…dst

10 ) Ke Kampus, Mahasiswa Untad Bawa Badik dan Pisau Lipat
http://www.jpnn.com/read/2013/09/17/191358/Ke-Kampus,-Mahasiswa-Untad-Bawa-Badik-dan-Pisau-Lipat

Selasa, 17 September 2013 , 03:06:00
PALU – Ini tindakan yang tak patut dicontoh. Di Palu, Sulawesi Tengah, mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) yang merupakan perguruan tinggi negeri kedapatan membawa senjata tajam (sajam).
Hal itu terungkap ketika Satuan Pengamanan Senin (16/9) melakukan razia.  Beberapa mahasiswa kedapatan membawa Sajam. Beberapa personel Satuan Pengamanan Khusus Untad, bersiaga di setiap sudut. Mahasiswa yang melintas langsung diperiksa.Sasaran pemeriksaan, adalah sajam atau perlengkapan lainnya dan tidak ada kaitannya dengan aktivitas perkuliahan. Kecuali make-up yang tetap diloloskan. Razia ini dilakukan untuk menghindari tawuran menciptakan kehidupan akademis menuju pendidikan yang bermutu.Dalam razia yang dimulai sejak pukul 07.00 hingga 10.00 Wita, personel satuan pengamanan Untad, berhasil mengamankan tiga badik dan satu pisau lipat. Juga diamankan satu rantai motor, yang belum diketahui persis untuk apa penggunaannya. Komandan Satpam Untad Suriyadin, mengatakan ada 42 personel yang diturunkan langsung untuk melakukan razia. Tujuannya, semata-mata untuk meminimalisir tindakan kriminal yang sering terjadi di dalam kampus. “Razia ini kita lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tegasnya.

…dst

11 ) Kementerian Agama Cari CPNS untuk Jadi Dosen
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/16/373/866733/kementerian-agama-cari-cpns-untuk-jadi-dosen

Senin, 16 September 2013 15:00 wib
JAKARTA – Masih berkeinginan menjadi dosen? Jika ya, mending kalian melamar jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Agama (Kemenag), yang menerima pendaftaran 396 CPNS. Lowongan ini dibuka untuk berbagai disiplin ilmu yang akan mengisi lowongan dosen dan laboran untuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) di sejumlah daerah di Tanah Air.Sudah menyiapkan berkasnya, langsung saja mendaftar CPNS yang dimulai pada 14-28 September 2013. Adapun formasi untuk CPNS dosen dan laboran ini tersedia untuk IAIN Ar Raniry Banda Aceh, IAIN Raden Fatah Palembang, IAIN Surakarta, IAIN Sunan Ampel Surabaya, IAIN Bengkulu, STAIN Padang Sidempuan, STAIN Tulungagung, STAIN Pontianak, STAIN Datikorama Palu, STAIN Ternate, STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Utara, dan STAKN Kupang.

…dst

12 ) UNS Bakal Rekrut 33 CPNS
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/16/373/866890/uns-bakal-rekrut-33-cpns

Selasa, 17 September 2013 00:02 wib
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bakal merekrut 33 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi tenaga kependidikan dan tenaga administrasi kependidikan. “Masing-masing 25 dosen dan delapan tenaga administrasi kependidikan,” jelas Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS saat bertemu Okezone, di Solo, Jawa Tengah. Rektor UNS mengungkapkan bahwa pendaftaran untuk seleksi CPNS tenaga kependidikan dan tenaga administrasi kependidikan UNS dibuka 23 September hingga 7 Oktober. Persyaratan bisa diunduh melalui website cpns.kemdikbud.go.id. Untuk tenaga dosen, kata Ravik, kualifikasi pendidikan minimal adalah S-2 dan untuk tenaga administrasi kependidikan minimal D-3. Untuk tenaga dosen akan ditempatkan di delapan Fakultas yakni Fakultas Sastra dan Seni Rupa sebanyak tiga orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dua orang, Fakultas Ekonomi dua orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dua orang, Fakultas Kedokteran sembilan orang, Fakultas Pertanian dua orang, Fakultas Teknik tiga orang, dan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dua orang.

…dst

13 ) Kemendikbud Siap Evakuasi Guru Dari Filipina
http://www.jpnn.com/read/2013/09/16/191158/Kemendikbud-Siap-Evakuasi-Guru-Dari-Filipina

Senin, 16 September 2013 , 04:43:00
JAKARTA–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus memantau perkembangan situasi keamanan di Filipina bagian selatan. Pasalnya mereka menempatkan puluhan guru di kawasan itu. Dalam beberapa hari terakhir, konflik antara pemerintah dengan pemberontak di kawasan yang berbatasan dengan Indonesia itu kian panas. Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim menuturkan, pihaknya terus berkomunikasi dengan Konjen RI di Davao, Filipina terkait keamanan setempat. “Memang benar di Filipina bagian selatan banyak guru-guru yang kita tempatkan untuk melayani anak-anak WNI (umumnya TKI perkebunan, red),” tandasnya kemarin. Musliar menuturkan sampai tadi malam belum ada warning dari perwakilan Indonesia di Davao maupun di Manila. Mantan rektor Universitas Andalas, Padang itu menuturkan masyarakat di Indonesia tidak perlu mencemaskan kondisi di Filipina selatan secara berlebihan. Dia mengatakan bahwa kondisi di Filipina selatan itu sangat luas.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *