Berita Edukasi, 14 September 2013

1 ) Peduli Nasib Insinyur, ITS Ikut Bentuk RUU Keinsinyuran
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/13/373/865620/peduli-nasib-insinyur-its-ikut-bentuk-ruu-keinsinyuran

Sabtu, 14 September 2013 10:04 wib
JAKARTA – Ternyata, hingga saat ini para Sarjana Teknik di Indonesia belum memiliki sertifikat keprofesionalan. Sehingga mengakibatkan kurangnya pengakuan dunia terhadap para insinyur Indonesia. Untuk itu, Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Keinsinyuran menjaring aspirasi terkait langkah-langkah yang akan dieksekusi ke beberapa pihak, salah satunya akademisi, termasuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Ketua Pansus Rully Choirul Azwar mengungkap, jumlah insinyur yang sangat banyak menimbulkan kekhawatiran menjelang AFTA 2015. Pasalnya, insinyur Indonesia saat ini belum bersertifikasi. Jika insinyur asing ingin bekerja di Indonesia, tidak akan sulit asal memiliki sertifikat dari negaranya. Sedangkan insinyur Indonesia tidak akan bisa diterima asing tanpa sertifikat. ”Jangankan di luar negeri, di negeri sendiri saja posisinya bisa di bawah para insinyur asing,” papar Rully, seperti dinukil dari ITS Online, Sabtu (14/9/2013).

…dst

2 ) ITS Sabet Juara Umum di Pimnas XXVI
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/13/373/865623/its-sabet-juara-umum-di-pimnas-xxvi

Sabtu, 14 September 2013 11:12 wib
JAKARTA – Gelaran akbar Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) XXVI telah berakhir. Dalam ajang yang berlangsung di Universitas Mataram (Unram) Lombok itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dinobatkan sebagai juara umum. Prestasi ini merupakan peningkatan dibandingkan tahun lalu di mana ITS harus puas menempati posisi tiga. Keberhasilan ITS disusul oleh sesama kampus asal Surabaya, yakni Universitas Airlangga (Unair) di tempat kedua yang naik dua peringkat dari tahun lalu. Di posisi tiga bertengger kampus di bawah asuhan Pratikno, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang naik enam peringkat dari posisi sebelumnya. Sementara itu, juara umum Pimnas tahun lalu, yakni Universitas Brawijaya (UB) Malang harus puas berada di peringkat empat. Berlanjut ke peringkat lima yang dihuni Institut Pertanian Bogor (IPB). Posisi ini turun tiga peringkat dari pencapaiannya di Pimnas tahun lalu. Berbeda dengan IPB, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang justru meroket tajam dari peringkat 18 tahun lalu dan kini berada di posisi enam.

…dst

3 ) Unair Raih Juara II Pimnas 2013
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/117717/unair-raih-juara-ii-pimnas-2013

14 Sept 2013 07:14:20
Surabaya (AntaraJatim) – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya meraih juara II dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXVI/2013 di Universitas Mataram (Unram) di Mataram, NTB, 9-13 September 2013. “Hanya dengan ‘modal’ sepuluh tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), kami berhasil masuk ‘dua besar’ PIMNAS 2013 dengan mendulang enam emas, dua perak, dua perunggu dan satu presentasi favorit,” kata anggota TPKU Unair Dr rer.nat Ganden Supriyant MSc, di Surabaya, Jumat. Menurut anggota TPKU Unair itu, prestasi Unair memang berada dibawah ITS yang berangkat dengan kekuatan 44 tim, lalu meraih 11 emas, tiga perak, tujuh perunggu dan satu presentasi favourit. Artinya, prestasi tahun ini sangat bagus. “Peringkat Unair itu mengalami peningkatan, sehingga perolehan Unair tahun ini lebih baik dibandingkan dengan hasil PIMNAS 2012 yang menempatkan Unair di posisi ke-4,” katanya. Medali Emas Unair diperoleh dari empat presentasi karya tulis dan dua lomba poster. Presentasi PKM yang meraih emas adalah PKM bidang Penelitian-4 (PKMP-4) dengan judul “Pemanfaatan Ekstrak Sea Cucumber Terhadap Ekspresi Fibroblast Growt Factor-2 (FGF-2) dan Jumlah Sel Fibroblas pada Luka Pasca Pencabutan Gigi” atas nama Anang Dwi Permana Dkk.

…dst

4 ) Kemdikbud Akan Dirikan Universitas di Perbatasan RI-Timor Leste
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1696

09/11/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mendirikan perguruan tinggi di wilayah perbatasan RI – Timor Leste. “Untuk tahun 2013 kita harapkan berdiri Universitas Timor di perbatasan RI – Timor Leste yang nantinya diharapkan berperan sebagai sabuk pengaman sosial di samping peran akademik,” jelas Mendikbud Mohammad Nuh dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/9). Dalam raker tersebut Menteri Nuh menjelaskan, berdasarkan amanat UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dalam satu kabupaten/kota minimal terdapat satu Akademi Komunitas (AK). Ia menambahkan, sejak tahun 2012 sudah berdiri 35 AK, dan tahun 2013 diharapkan berdiri AK baru sebanyak 27 dan tahun 2014 ditargetkan 30 AK baru. “Di pendidikan tinggi kita harus menyediakan beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di daerah-daerah tertentu,” kata Mendikbud. Karena itu Kemdikbud berusaha mendirikan PTN termasuk Akademi Komunitas dengan harapan bisa membuka akses bagi calon mahasiswa yang ada di pelosok dengan mempertimbangkan kerja sama dengan perguruan tinggi swasta (PTS). “Jangan sampai kehadiran PTN itu mematikan PTS yang sudah ada di daerah itu,” ujarnya.

…dst

5 ) Bahasa jadi kendala penulisan jurnal internasional
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/13/15/782706/bahasa-jadi-kendala-penulisan-jurnal-internasional

Jum’at,  13 September 2013  ?  15:12 WIB
Sindonews.com – Penulisan hasil penelitian di sebuah jurnal internasional oleh mahasiswa maupun dosen hingga saat ini masih terkendala penguasaan bahasa. Sayangnya, untuk jurnal yang memang disebarkan secara global, penggunaan bahasa Inggris menjadi suatu keharusan. “Tantangan terbesar bagi peneliti di Asia adalah kemampuan menulis ilmiah dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan orientasi jurnal-jurnal ilmiah sudah mengglobal sehingga mereplikasikan karya tulis dalam bahasa Inggris yang universal juga sangat penting,” ujar Direktur Editorial Pengetahuan Masyarakat Springer Publishing, Harmen van Paradijs di Yogyakarta, Jumat (13/9/2013). Dalam seminar kepustakaan di UGM, Paradijs menuturkan, penulisan jurnal internasional pun tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan menulis. Penulis juga dituntut harus memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang menyediakan koleksi buku digital dalam bentuk buku teks, monograph, proceeding dan jurnal. “Sebagai pihak penerbit jurnal internasional, kami memiliki Open Access Jurnal yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menambah pengetahuan, khusus untuk publikasi ilmiah. Diharapkan program ini dapat membantu dalam penulisan artikel jurnal internasional, riset, tesis dan disertasi,” tuturnya.

…dst

6 ) Rektor UB: Lembaga Penelitian Tumpang Tindih
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/117668/rektor-ub-lembaga-penelitian-tumpang-tindih

13 Sept 2013 12:55:47
Malang (Antara Jatim) – Rektor Universitas Brawijaya Malang Prof Dr Yogi Sugito mengemukakan lembaga penelitian di Indonesia saat ini masih tumpang tindih dan tidak terfokus. “Seharusnya yang namanya penelitian itu pusatnya ya ada di kampus, bukan banyak lembaga yang menanganinya, seperti LIPI atau Litbang, bahkan di setiap departemen juga melakukan penelitian,” tegas Yogi Sugito di Malang, Jumat. Hasil-hasil penelitian yang dilakukan di perguruan tinggi, katanya, sudah cukup banyak dan menyentuh hampir semua aspek kehidupan yang bisa diaplikasikan untuk masyarakat luas, bahkan bisa dimanfaatkan oleh perusahaan guna menunjang pengembangan usahanya. Ia mengakui, hasil penelitian yang ada saat ini masih banyak yang hanya dipublikasikan untuk jurnal saja dan belum ditindaklanjuti demi pengembangan teknologi yang diterapkan dalam aspek kehidupan. Oleh karena itu, tegasnya, ke depan perusahaan atau pemerintahan, seharusnya menggandeng perguruan tinggi jika ingin melakukan penelitian terhadap sesuatu yang baru, sehingga bisa lebih fokus dan langsung bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan.

…dst

7 ) Universitas Syiah Kuala Bangun Pusat Studi Herbal
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/14/3/181432/Universitas-Syiah-Kuala-Bangun-Pusat-Studi-Herbal

Sabtu, 14 September 2013 | 10:53 WIB
Metrotvnews.com, Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh membangun pusat studi obat herbal yakni Herbal Medicine Research Center (HMRC). Pembangunan tersebut bekerja sama dengan industri farmasi PT Indofarma. Komitmen kerjasama itu ditandatangani oleh pembantu rektor IV Unsyiah, Darusman, dengan Head Of Herbal And OTC Indofarma, Fadoli Rustam, di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Jumat (13/9). Ditemui sesudah penandatangan, Rektor Unsyiah Samsul Rizal berharap pusat studi tersebut mampu meneliti tumbuh-tumbuhan di Aceh yang sejak dulu dijadikan bahan obat-obatan tradisional. “Misalnya di Taman Nasional Gunung Lauser yang kaya tumbuhan atau dedaunan yang bermanfaat untuk mencegah serta mengobati berbagai jenis penyakit,” ujarnya kepada Media Indonesia, Sabtu (14/9). Menurutnya, tanaman itu sejak dulu digunakan orang Aceh, tapi tak pernah dilakukan penelitian kemudian belum dipatenkan sebagai kekayaan atau sebagai obat berguna untuk kepentingan medis. Ditambahkan, peningkatan kualitas di bidang pendidikan dan penelitian ilmu-ilmu dasar kimia serta farmasi merupakan isu penting untuk mengembangkan industri farmasi di Aceh. Penelitian di bidang ilmu kimia dan farmasi, sambungnya, mampu melahirkan inovasi baru di bidang obat-obatan misalnya obat herbal. “Apalagi Aceh Memiliki banyak tumbuhan bahan baku obat-obatan,” tukas Samsul.

…dst

8 ) IPB Ulas Potensi Kopi di Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/13/373/865615/ipb-ulas-potensi-kopi-di-indonesia

Sabtu, 14 September 2013 09:02 wib
JAKARTA – Indonesia merupakan penghasil kopi potensial di mata dunia. Sayangnya, kopi asal Indonesia hanya dapat dirasakan oleh negara-negara pengimpor kopi asli asal Indonesia. Demikian disampaikan Pengusaha Kopi Ign Mahendra Kusuma dalam Talkshow “Cup of Java” sebagai rangkaian Institut Pertanian Bogor (IPB) Agrifuture Expo, beberapa waktu lalu. Pada acara yang digelar dalam rangka dies natalis IPB ke-50 itu, Mahendra menyebut, rasa kopi berkualitas baik adalah asam bukan pahit. “Rasa kopi yang kualitasnya baik itu rasanya asam bukan pahit. Namun sebagian besar orang Indonesia menganggap kopi itu rasanya pahit. Padahal yang pahit tersebut justru kopi yang kualitasnya rendah, “ kata Mahendra, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (14/9/2013). Ketika pertanyaan yang sama ditanyakan kepada orang Inggris, pasti kita akan mendapatkan jawaban yang berbeda. Tidak tanggung-tanggung, harga kopi asli Arabika bisa mencapai Rp1 juta karena yang dijual adalah cita rasa.

…dst

9 ) Coriro, Sushi Warna-Warni ala IPB
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/13/372/865617/coriro-sushi-warna-warni-ala-ipb

Jum’at, 13 September 2013 18:02 wib
JAKARTA – Siapa tidak kenal sushi? Makanan khas Negeri Sakura tersebut telah sukses memikat lidah masyarakat Indonesia dengan rasanya yang khas. Terinspirasi dari sushi, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) pun menciptakan sushi ala Indonesia. Lantas, di mana perbedaan sushi yang diberi nama Colorful Rice Roll (Coriro) Sushi Roll itu dengan sushi pada umumnya? Perbedaan paling mendasar terletak pada bahan baku yang mereka gunakan, yakni bahan lokal dan asli dari Indonesia. Kreativitas ini lahir dari tangan salah seorang anggota tim dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK), Nur Laili Fitriani Zaen. Bersama rekan-rekannya, karya bertajuk “CORIRO (Colorful Rice Roll): Sushi Roll dengan Perwarna Alami Berbahan Dasar Beras Lokal sebagai Alternatif Jajanan Sehat dan Praktis bagi Masyarakat Aktif” itu masuk dalam Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) XXVI.

…dst

10 ) Kenangan dari Almarhum Ayah Anies Bawesdan
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/13/373/865591/kenangan-dari-almarhum-ayah-anies-bawesdan

Jum’at, 13 September 2013 15:34 wib
YOGYAKARTA – Almarhum Rasyid Baswedan semasa hidupnya diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) dan Dekan Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta. Ayah dari Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan itu, di mata ketiga putranya, almarhum merupakan sosok yang penyabar, menyenangkan, dan selalu memberi semangat. “Bapak itu orangnya sabar sekali, beliau memberi semangat, dan selalu meminta menyelesaikan masalah sendiri terhadap permasalahan yang dihadapi,” kata Ridwan Baswedan, putra kedua almarhum kepada Okezone, Jumat (13/9/2013). Semasa hidup, almarhum pernah menjabat sebagai Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Ekonomi Kampus UII Yogyakata. Dia meninggalkan seorang istri, Prof Aliyah Rasyid dan tiga putera, serta lima cucu. “Kalau ibu sudah pensiun di UNY, tetapi kadang diminta mengisi suatu acara di sana,” jelasnya.

…dst

11 ) Intimidasi Mahasiswa, Rektorat Unsoed Didemo
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/14/079513194/Intimidasi-Mahasiswa-Rektorat-Unsoed-Didemo

Sabtu, 14 September 2013 | 08:18 WIB
TEMPO.CO, Purwokerto – Puluhan mahasiswa dari berbagai elemen menggelar aksi teatrikal gantung diri di depan kampus Jenderal Soedirman Purwokerto. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap dugaan intimidasi yang dilakukan rektorat terhadap mahasiswa penggugat Unsoed ke PTUN Jawa Tengah. “Kami mengecam keras upaya intimidasi yang dilakukan rektorat terhadap rekan-rekan kami yang saat ini sedang memperjuangkan uang kuliah tunggal,” kata koordinator aksi, Pendy Wijanarko, Sabtu, 14 September 2013. Para mahasiswa menggunakan sebuah papan reklame raksasa untuk membentangkan selembar kain putih sebagai layar. Di tengah aksi, salah seorang mahasiswa digantung di tengah-tengah layar. Sementara mahasiswa lainnya membacakan puisi karya Wiji Thukul. Pendy mengatakan aksi gantung diri merupakan refleksi akan adanya penindasan hak di kampus itu. Mahasiswa, kata dia, seolah-olah menjadi pihak yang lemah sehingga mudah untuk diintimidasi dengan cara mencabut beasiswa dan dikeluarkan dari kampus.

…dst

12 ) 19 Universitas Ikuti “Pelindo III Youth Camp”
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/117664/19-universitas-ikuti-pelindo-iii-youth-camp

13 Sept 2013 12:15:04
Surabaya (Antara Jatim) – Sebanyak 19 universitas di Jawa Timur mengikuti “Pelindo III Youth Camp 2013″ untuk mengambil bagian dalam kegiatan pengenalan pelabuhan yang diselenggarakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero). “Tujuan dilaksanakan kegiatan bertajuk ‘Now A Learner, Tomorrow A Leader’, memmberikan pemahaman mengenai pelabuhan kepada para generasi muda khususnya mahasiswa,” kata Direktur Personalia dan Umum Pelindo III, A Edy Hidayat N, di Surabaya, Jumat. Menurut dia, secara keseluruhan agenda yang dilakukan selama tiga hari antara tanggal 12-14 September 2013 diikuti oleh 56 mahasiswa baik yang berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta meliputi Surabaya, Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Madura. “Contoh Universitas Airlangga, Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas 17 Agustus, Universitas Wijaya Kusuma, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Hang Tuah, STIAMAK Barunawati, dan Universitas Katolik Widya Mandala,” ujarnya.

…dst

13 ) 7 Mahasiswa “Adik” UB Ikuti Matrikulasi “BSS”
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/117619/17-mahasiswa-adik-ub-ikuti-matrikulasi-bss

12 Sept 2013 17:32:13
Malang (Antara Jatim) – Sebanyak 17 mahasiswa program Afirmasi Pendidikan Tinggi (“Adik”) Universitas Brawijaya Malang mengikuti matrikulasi di “Brawijaya Smart School (BSS)” untuk menambah kualitas mereka ketika sudah mengikuti perkuliahan reguler. Pembantu Rektor (PR) I Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Bambang Suharto di Malang, Kamis, mengatakan ke-17 mahasiswa program “Adik” tersebut sudah mulai mengikuti matrikulasi beberapa bulan lalu atau sejak mereka dikirim setelah lulusan. “Ke-17 mahasiswa afirmasi yang sudah mendapatkan materi dari program matrikulasi ini nanti harus menularkannya pada mahasiswa afirmasi lain yang belum sempat mengikutinya di Brawijaya Smart School (BSS),” tegasnya. Sebab, kata Bambang, dalam waktu dekat ini UB akan mendapat tambahan mahasiswa program afirmasi sebanyak 15 orang dari Papua Barat, sehingga yang sudah mendapatkan materi dari program matrikulasi itu harus menularkannya pada yang baru datang.

…dst

14 ) Peduli pendidikan, FIS UNY dukung Fistrans
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/13/15/782915/peduli-pendidikan-fis-uny-dukung-fistrans

Jum’at,  13 September 2013  ?  23:46 WIB
Sindonews.com – Dekan FIS Prof Dr Ajat Sudrajat MAg mengatakan, FIS UNY berusaha memantapkan langkah merespon gagasan yang berkembang, yakni memperkokoh bangunan ilmu-ilmu sosial yang memiliki corak ke-Indonesiaan. Semangat tersebut diakuinya merupakan hasil refleksi panjang terhadap perkembangan ilmu-ilmu sosial di Indonesia.”Di tengah kondisi sosial kebangsaan yang memprihatinkan saat ini, FIS UNY merasa ditantang melaksanakan pendidikan yang lebih bermakna bagi hidup dan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara,” tuturnya. Diungkapkan Ajat, guna memfasilitasi gagasan tersebut, FIS pun memberikan dukungan penuh pada Forum Ilmu Sosial Transformatif (Fistrans), untuk melakukan kajian bulanan terhadap ilmu-ilmu sosial dan pemkembangannya.

…dst

15 ) Ribuan Mahasiswa IAIN Belajar Darurat
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=190918

Sabtu, 14 September 2013 , 09:58:00
Gedung Telanjur Dirobohkan, Pinjaman IDB Tak Cair
SURABAYA – Ribuan mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya dari tiga fakultas saat ini rela prihatin. Mereka harus menerima kenyataan mengikuti perkuliahan secara “tidak normal”. Ada yang harus berpindah-pindah gedung, ada yang mengatur jam kuliah sedemikian rupa. Tiga fakultas tersebut adalah syariah, tarbiyah, dan dakwah. Kondisi seperti itu berlangsung paling tidak hingga awal 2015. Khusus untuk fakultas dakwah, mungkin Oktober kondisinya sudah normal. Mengapa sampai terjadi kondisi seperti itu? Semua berawal dari adanya tawaran bantuan Islamic Development Bank (IDB) pada September 2012. Bantuan itu digunakan untuk membangun gedung, merenovasi bangunan, dan meningkatkan mutu sumber daya manusia. Rektor IAIN Sunan Ampel Prof Dr AbdulA’la mengatakan, untuk pembangunan gedung, sebagai penyokong dana, IDB memberikan dua syarat kepada IAIN jika ingin diberi pinjaman. Syarat pertama adalah tanah yang akan dibangun harus tidak bermasalah. Syarat kedua, di lokasi yang akan di­bangun tersebut harus tidak ada bangunan atau rata dengan tanah. “Dengan begitu, mereka memang tinggal membangun saja,” ujarnya kepada Jawa Pos.

…dst

16 ) UNY Adakan Program Eksplorasi Gua Karts Gunungsewu
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/13/3/181378/UNY-Adakan-Program-Eksplorasi-Gua-Karts-Gunungsewu

Jum’at, 13 September 2013 | 23:28 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan program eksplorasi gua karst Gunungsewu untuk siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Wonosari. “Eksplorasi dilakukan di dua gua karst Gunungsewu, yakni Gua Sinden dan Gua Toto yang berada di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),” kata ketua panitia Isma Dwi Kurniawan di Yogyakarta, Jumat (13/9). Menurut dia, tujuan utama kegiatan itu adalah memperkenalkan potensi ilmiah gua karst Gunungsewu kepada siswa agar mereka tertarik dan termotivasi untuk melakukan penelitian di kawasan gua karst tersebut. “Selama eksplorasi, siswa melakukan pengamatan terhadap beberapa komponen ekosistem gua karst yang terfokus pada biota gua dan struktur batuan gua,” kata mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA UNY itu. Ia mengatakan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengajarkan tata-cara memasuki gua horizontal yang benar dengan standar operasional prosedur. “Kegiatan itu juga diharapkan mampu meningkatkan kepedulian siswa terhadap kelestarian potensi lokal daerah mereka, yang dalam hal ini berupa gua-gua karst,” katanya.

…dst

17 ) Dinding Selatan Benteng Rotterdam Ditemukan Arkeolog Unhas
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/13/3/181369/Dinding-Selatan-Benteng-Rotterdam-Ditemukan-Arkeolog-Unhas

Jum’at, 13 September 2013 | 21:54 WIB
Metrotvnews.com, Makassar: Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Makassar bersama Jurusan Arkeologi Universitas Hasanuddin (Unhas) menemukan struktur dinding selatan Benteng Rotterdam. Asmunandar, arkeolog dari Unhas, Jumat (13/9) mengatakan, dalam penggalian sehari, tim menemukan struktur pondasi benteng selatan yang diperkirakan berhubungan dengan benteng lain dalam lingkungannya. Selain itu, juga ditemukan sejumlah barang peninggalan zaman Belanda dan Jepang di dalam tanah dan sebagian lainnya masih tertanam. Diperkirakan lokasi ini pernah dijadikan pos pada zaman Belanda dan Jepang karena bersinggungan dengan kanal di sebelahnya,” tambah dia. Berdasarkan hasil eskavasi (penggalian) struktur dinding selatan, diperkirakan benteng itu dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9. “Tahun lalu ini sudah diteliti. Berdasarkan peta zaman Belanda ada sebuah struktur benteng dan kanal sepanjang kurang lebih 14 meter. Setelah kami telusuri dan gali, ditemukan struktur bekas dinding benteng selatan yang sudah rubuh,” kata Direktur Lapangan Prof Mundardjito, di sela-sela penggalian.

…dst

18 ) Kemdikbud Akan Tingkatkan Generasi Teknologi Sistem Keamanan Museum
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1703

09/13/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengusahakan pengembalian empat artefak yang hilang dari Museum Nasional pada Kamis, 12 September lalu. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, Kemdikbud akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mencari tahu aliran barang bersejarah tersebut. Selain itu, Kemdikbud juga akan meningkatkan generasi teknologi sistem keamanan di museum-museum yang berada di bawah naungan Kemdikbud. Empat artefak yang menghilang dari Museum Nasional tersebut adalah Lempengan Naga, Lempengan Bulan Sabit, Cepuk, dan Lempengan Harihara. Keempatnya merupakan artefak yang terbuat dari emas. “Pertama yang tetap diupayakan yaitu pengembalian artefak itu. Kita usahakan. Kami sangat berterima kasih, bekerja sama dengan kepolisian untuk mencari tahu aliran dari barang (artefak) itu,” ujar Mendikbud M. Nuh, Jumat siang, (13/9), di Aula Sanggita Asrama Polri, Cipinang, Jakarta Timur, usai penyerahan beasiswa pendidikan untuk keluarga aparat kepolisian yang menjadi korban saat bertugas. Mendikbud menambahkan, Kemdikbud juga akan bekerja sama dengan lembaga-lembaga lelang baik di dalam negeri (nasional) maupun luar negeri (internasional).

…dst

19 ) Mendikbud Sebut Sistem Keamanan Museum Nasional Mudah Dijebol
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/13/3/181352/Mendikbud-Sebut-Sistem-Keamanan-Museum-Nasional-Mudah-Dijebol

Jum’at, 13 September 2013 | 21:16 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan sistem keamanan di Museum Nasional, Jakarta memang mudah dijebol seperti yang terjadi pada hari Rabu (11/9).”Kalau yang tidak mengerti elektronik, mungkin kelihatannya susah,” ujar M Nuh di Jakarta, Jumat (13/9). Nuh menjelaskan di setiap kotak kaca tempat koleksi diletakkan, terdapat detektor. Detektor tersebut akan tersambung dengan alarm. “Jadi jika kaca itu dibuka paksa, alarm akan berbunyi dan pintu terkunci.” Masalahnya, lanjut dia, detektor tidak bekerja jika dipancarkan sinyal dengan frekuensi tertentu sehingga frekuensi detektor tertimpa frekuensi yang dipancarkan. Selain itu, lanjut Nuh, seharusnya di setiap pintu museum terdapat petugas keamanan. “Pada waktu kejadian, tidak ada petugas keamanan di setiap pintu.” Dia mengharapkan ke depannya museum meningkatkan kewaspadaan, agar hilangnya koleksi museum tidak terjadi lagi.  Sebanyak empat artefak emas koleksi Museum Nasional hilang. Empat artefak itu yakni Lempeng Naga Mendekam Berinskipsi, Lempeng Bulan Sabit Beraksara, Wadah Bertutup (Cepuk), dan Lempeng Harihara.

…dst

20 ) Langkah Mendikbud Mencegah Empat Artefak Beredar di Luar Indonesia
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/13/3/181344/Langkah-Mendikbud-Mencegah-Empat-Artefak-Beredar-di-Luar-Indonesia

Jum’at, 13 September 2013 | 20:54 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Terkait hilangnya empat artefak peninggalan sejarah Kerajaan Mataram Kuno pada Rabu (11/9) di Museum Nasional Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh pun mengantisipasi beredarnya artefak curian tersebut ke luar Indonesia. Pihaknya juga akan berkomunikasi dengan para kolektor dan balai lelang internasional sebagai upaya mencari informasi dan penyelamatan benda peninggalan abad ke-10 tersebut agar kembali ke tangan pemerintah Indonesia. “Upaya lainnya, kita akan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengidentifikasi keberadaan barang yang bernilai sejarah itu, tutup Nuh. Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa hilangnya benda koleksi Museum tersebut baru diketahui saat petugas melakukan pengecekan koleksi di ruang Khasanah Emas Arkeologi Gedung A Lantai 2 pada Rabu pukul 09.10 (11/9). Setelah ditelusuri akhirnya pihak museum berkesimpulan bahwa benda tersebut hilang dan kemudian melaporkan kejadian hilangnya empat artefak emas tersebut ke Mapolres Jakarta Pusat.

…dst

21 ) 1 dokter gigi, tangani 9 ribu pasien
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/13/15/782515/1-dokter-gigi-tangani-9-ribu-pasien

Jum’at,  13 September 2013  ?  04:48 WIB
Sindonews.com – Perubahan dan tuntutan gaya hidup manusia modern saat ini menuntut pemenuhan kebutuhan atas dokter gigi dalam merawat penampilan gigi masyarakat urban. Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Bambang Cipto MA mengatakan, dari data yang diperoleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), jumlah dokter di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah pasien. “Data Kemenkes pada 2010, kebutuhan dokter gigi di Indonesia masih menggunakan rasio satu dokter gigi melayani 9.000 pasien, sehingga kebutuhan dokter gigi hanya sekira 26.000,” kata Bambang di UMY, Yogyakarta, Kamis 12 September 2013. “Namun, kalau kita menggunakan rasio negara maju yang satu dokter melayani 2000 pasien, maka kebutuhan dokter gigi dapat mencapai angka di atas 100.000. Jumlah penduduk yang semakin terus meningkat, juga akan meningkatkan jumlah dokter gigi yang dibutuhkan,” imbuhnya.

…dst

22 ) Profesi dokter gigi minim
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/13/15/782493/profesi-dokter-gigi-minim

Jum’at,  13 September 2013  ?  01:29 WIB
Sindonews.com – Perubahan dan tuntutan gaya hidup manusia modern saat ini menuntut pemenuhan kebutuhan atas dokter gigi dalam merawat penampilan gigi masyarakat urban. Namun, jumlah dokter gigi di Indonesia sendiri belum memenuhi kelayakan rasio jumlah dokter gigi dengan jumlah penduduk. “Profesi dokter gigi tergolong menjadi profesi yang menjanjikan karena jumlah dokter yang ada saat ini ternyata belum dapat memenuhi kebutuhan penduduk yang kian bertambah banyak,”  ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Bambang Cipto MA, di YOgyakarta, Kamis 12 September 2013.”Apalagi, sebagian besar dokter gigi lebih suka membuka praktek di Jawa dan kota-kota besar lainnya. Sehingga kebutuhan dokter gigi untuk daerah di luar Jawa dan daerah pinggiran akan tidak pernah terpenuhi,” imbuhnya. Sebelumnya, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengeluhkan kualitas kesehatan gigi anak-anak Indonesia di bawah usia 12 tahun yang terus menurun. Hal ini dilihat pada kasus rata-rata gigi berlubang (karies) yang meningkat semenjak 2010.

…dst

23 ) Kemenkes targetkan 6.000 dokter spesialis di 2014
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/13/15/782811/kemenkes-targetkan-6-000-dokter-spesialis-di-2014

Jum’at,  13 September 2013  ?  22:03 WIB
Sindonews.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan 6.000 dokter spesialis pada 2014. Namun, hal ini dirasa perlu kerja keras dikarenakan baru tersedia 501 dokter spesialis saat ini. Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti mengatakan, pemerintah menargetkan dapat mencetak 6.000 dokter spesialis baru hingga 2014 mendatang melalui program beasiswa. Namun, terhitung dari 2008 baru tersedia 4.476 dokter umum dan gigi yang tengah menempuh pendidikan spesialis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 501 diantaranya telah lulus dan mulai bertugas di daerah pengusul.”Lulusan dokter spesialis tersebut bakal ditempatkan di sejumlah daerah pelosok yang belum memiliki dokter spesialis. Lewat pengajuan daerah, para dokter itu kita beri dana bantuan untuk pendidikan spesialis,” tandasnya ditemui di Kemenkes, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

…dst

24 ) Kuota CPNS Bidang Kesehatan & Pendidikan Diprioritaskan
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/13/373/865604/kuota-cpns-bidang-kesehatan-pendidikan-diprioritaskan

Jum’at, 13 September 2013 16:44 wib
DEPOK – Pemerintah Kota Depok mendapatkan kuota untuk merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebanyak 193 orang. Kuota tersebut didapat setelah Pemkot Depok meminta sejak lama ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Depok Harry Prihanto mengatakan, Depok selama ini kekurangan pegawai khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Pihaknya menjamin penyelenggaraan penerimaan CPNS tersebut tak akan ada calo atau titipan. “Kami fokus akan prioritaskan untuk formasi pendidikan dan kesehatan, kuota yang kami ajukan padahal sampai tiga ribu orang, tapi hanya dikasih 193 kuota CPNS, dan saya jamin tak ada calo,” tukasnya kepada wartawan di Depok, Jumat (13/9/2013). Harry menjelaskan penerimaan CPNS saat ini dibuat dengan sistem komputerisasi atau online secara ketat sehingga lebih transparan. Hal itu dibuat untuk menghindari kecurangan yang ada.

…dst

25 ) Peserta Seleksi CPNS Yang Gunakan Sistem CAT Langsung Bisa Ketahui Hasilnya
http://www.setkab.go.id/berita-10240-peserta-seleksi-cpns-yang-gunakan-sistem-cat-langsung-bisa-ketahui-hasilnya.html

Jumat, 13 September 2013 – 08:48 WIB
Peserta seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2013 di instansi-instansi pemerintah pusat dan daerah yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) atau sistem berbasis komputer, akan langsung bisa mengetahui hasil tes yang diikutinya. “Metode CAT yang dikembangkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) memiliki karakter dan keunggulan masing-masing. Salah satu keunggulan CAT adalah para peserta tes langsung mengetahui skor/nilainya masing-masing setelah selesai mengerjakan tes,” kata Kepala BKN Eko Sutrisno saat membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) tahun 2013 dengan CAT di Aula BKN Jakarta,Kamis (12/9). Ia menyebutkan CAT digagas dan dikembangkan untuk mencegah praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) dalam penerimaan CPNS di instansi-instansi pemerintah.  Eko menegaskan, baik menggunakan CAT atau pun LJK, yang utama adalah pelaksanaan tes berlangsung dengan transparan, obyektif,akuntabel, dan tanpa KKN.

…dst

26 ) IRO 2013, Indonesia diyakini gudangnya anak cerdas
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/14/15/783023/iro-2013-indonesia-diyakini-gudangnya-anak-cerdas

Sabtu,  14 September 2013  ?  13:01 WIB
Sindonews.com – Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud), Arief Rachman berharap dengan diadakannya Indonesian Robotic Olympiad (IRO) 2013, Indonesia bisa bersaing dengan negara lain dalam ajang pembuatan robot. “Ini ajang yang baik untuk nanti bertanding dengan negara lain,” kata Arief di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (14/9/2013). Menurut Arief, Indonesia adalah gudangnya anak-anak yang berbakat dan cerdas dalam bidang robotic. “Indonesia harus selalu optimis. Indonesia itu gudangnya anak-anak yang sangat cerdas, mungkin karena Indonesia ini memang negara yang cerdas,” tandas Arief. Sebelumnya, Head Event Organizer (EO), Bambang Rusli mengatakan bahwa tujuan Mikrobot menyelenggatakan acara IRO 2013 tersebut yakni untuk mengaplikasikan hal-hal yang telah dipelajari di sekolah oleh para siswa.

…dst

27 ) Mau Beri Gelar Profesor ke Dahlan Harus Antre
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/13/373/865466/mau-beri-gelar-profesor-ke-dahlan-harus-antre

Jum’at, 13 September 2013 13:24 wib
JAKARTA – Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mendapatkan anugerah Profesor Tamu dari Universiti Perlis Malaysia (UniMAP). Ternyata, universitas asal Malaysia ini harus menjadi salah satu perguruan tinggi yang harus antre memberi gelar itu.”Sebetulnya sangat lama juga setiap universitas meminta ke saya untuk diberikan Doctor Honoris Causa (DHC) maupun Profesor Tamu seperti ini. Saya juga tidak tahu. Tawaran itu juga sama seperti yang dianugerahkan Gelar DHC oleh IAIN Walisongo Semarang beberapa bulan yang lalu,” ujar Dahlan, usai Penganugerahan Gelar Profesor Tamu oleh UniMAP, di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2013).

…dst

28 ) Presiden: Sail Komodo 2013 Jadi Tonggak Kebangkitan Indonesia di Era Pasifik
http://www.setkab.go.id/berita-10250-presiden-sail-komodo-2013-jadi-tonggak-kebangkitan-indonesia-di-era-pasifik.html

Sabtu, 14 September 2013 – 09:40 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II menghadiri puncak acara Sail Komodo 2013 di Pantai Pede, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (14/9). Sail Komodo ini diikuti oleh 129 kapal layar dari 15 negara, dan berlangsung sejak Minggu (4/9) dua pekan lalu. Presiden SBY dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Sail Komodo di rangkaian kepulauan FLOBAMORATA—Flores, Sumba, Timor, Alor dan Lembata—yang di dalamnya terdapat Taman Nasional Komodo kebanggaan ini, merupakan bagian dari tonggak-tonggak sejarah kebangkitan negeri kita di era Pasifik. “Melalui kegiatan seperti ini, kita tunjukkan pada dunia bahwa negeri kita tidak hanya kaya akan sumber daya kelautan, tetapi juga kaya akan destinasi pariwisata yang sangat mempesona,” kata Presiden SBY. Menurut Presiden, Sail Komodo merupakan momentum yang tepat untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman bahari kepulauan Nusantara kepada masyarakat dunia. Secara khusus, Sail Komodo juga merupakan sarana untuk lebih peduli dalam melestarikan komodo, fauna tertua yang masih hidup lestari hingga saat ini.

…dst

29 ) Situasi Ekonomi Belum Aman, Presiden SBY Minta Para Menteri Kerja Lembur
http://www.setkab.go.id/berita-10241-situasi-ekonomi-belum-aman-presiden-sby-minta-para-menteri-kerja-lembur.html

Jumat, 13 September 2013 – 08:51 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, meskipun beberapa hari terakhir Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menunjukkan kecenderungan membaik secara signifikan dan nilai tukar rupiah tidak terlalu melemah, tapi situasinya belum aman benar. “Disamping ekonomi dunia memang masih bergejolak, yang kita lakukan di dalam negeri hasilnya juga masih menunggu beberapa waktu lagi,” kata Presiden SBY melalui akun twitternya @SBYudhoyono, yang diunggahnya Jumat (13/9) pagi. Saat rapat kabinet terbatas, kepada para menteri dan jajarannya, menurut Presiden, ia telah menginstruksilan untuk melakukan kerja ekstra, kalau perlu lembur malam, agar segala urusan cepat dan tuntas. Kepala Negara juga meminta jajaran pemerintah Pusat dan Daerah agar terus bekerjasama dengan dunia usaha, agar tekanan ekonomi bisa diatasi dengan baik.

…dst

30 ) Mulai 2014, Tunjangan Kinerja Berdasarkan Kinerja Individu
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1791-mulai-2014-tunjangan-kinerja-berdasarkan-kinerja-individu

Dibuat pada 12 September 2013
JAKARTA – Wakil Menteri PANRB Eko Prasojo menegaskan, manajemen berbasis kinerja harus segera diciptakan. Karena tunjangan kinerja yang akan diberikan kepada kementerian/lembaga per Januari 2014 akan diubah menjadi perform individual. “Jadi target kita lebih kencang,” ujarnya  dalam Knowlage Sharing di kantor Kementerian PANRB, Rabu  (12/09). Dengan penerapan Peraturan Pemerintah No. 46/2011 tentang Penilaian Kinerja Pegawai mulai tahun 2014, diharapkan dalam 5 tahun ke depan dapat menghasilkan lintasan baru menuju birokrasi yang perform base. “Lima tahun kedepan kita bersiap-siap menuju birokrasi yang sudah berbasis pengetahuan dan kinerja. Karena itu kita harus mengaturnya dari sekarang agar nantinya semua itu tidak sia-sia,” imbuhnya. Dikatakan, kebanyakan dari birokrasi saat ini mengukurnya dengan aktifitas kerja sehari-hari, padahal mereka juga bingung apa hasil dari kerja tersebut. Padahal menurut PP 46/20111, pembinaan PNS dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja. Wamen mengharapkan, tindak lanjut dari knowledge sharing ini, setiap kementerian/lembaga yang yang sudah menerapkan penilaian kinerja nantinya dikoreksi kembali. “Apa yang kurang kita tambahkan, yang belum menerapkan membentuk tim bersama dan merumuskan sistem instrumen yang dipergunakan untuk mengukur kinerja individu,” imbuhnya.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *