Berita Edukasi, 11 September 2013

1 ) Doktor Unair Cacat Temukan Cara Proteksi Vaksin
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/117562/doktor-unair-cacat-temukan-cara-proteksi-vaksin

11 Sept 2013 19:22:03
Surabaya (Antara Jatim) – Peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang cacat secara fisik, M Yusuf Alamudi (33), menemukan cara memproteksi vaksin pada suatu virus agar lebih aman dan virus itu tidak menular lagi. “Saya meneliti dua vaksin flu burung yakni vaksin H5N1 pada unggas yang impor dan vaksin H5N1 yang diproduksi Unair, ternyata vaksin H5N1 yang diproduksi Unair lebih aman,” kata peneliti yang menjadi doktor termuda di Unair itu ketika dikonfirmasi Antara di Surabaya, Rabu. Peraih predikat cumlaude dengan IPK 3,97 dalam sidang terbuka ujian doktor Pascasarjana Unair pada 10 September 2013 itu menjelaskan vaksin yang ada selama ini tidak aman, karena pengujiannya hanya bersifat satu dimensi yakni mengandalkan liter antibodi dan netralisasi. “Saya adalah contoh dari penggunaan vaksin dengan pengujian satu dimensi itu, sehingga saya sudah diberi vaksin polio, tapi saya tetap tertular virus polio itu, sehingga kaki kiri saya cacat sejak usia dua tahun dan akhirnya diberi penyangga dari besi sampai sekarang,” katanya. Hal itu, kata alumni Jurusan Biologi F-MIPA Unair Surabaya itu, mendorong dirinya untuk meneliti cara pengukuran yang mampu memproteksi suatu vaksin, sehingga dirinya menemukan bahwa pengukuran liter antibodi dan netralisasi yang bagus itu tidak cukup.

…dst

2 ) Enam Ribu Dokter Spesialis Dikirim ke Pelosok
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/11/3/180895/-Enam-Ribu-Dokter-Spesialis-Dikirim-ke-Pelosok

Rabu, 11 September 2013 | 18:03 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menargetkan dapat mencetak 6 ribu dokter spesialis baru hingga 2014 mendatang melalui program beasiswa. Lulusan dokter spesialis tersebut bakal ditempatkan di sejumlah daerah pelosok yang belum memiliki dokter spesialis.“Lewat pengajuan daerah, para dokter itu kita beri dana bantuan untuk pendidikan spesialis,” ujar Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti pada acara Pertemuan Sosialisasi dan Koordinasi Program Standardisasi, Sertifikasi dan Pendidikan Berkelanjutan SDM (10-12 September), Jakarta, Rabu (11/9). Program beasiswa pendidikan spesialis , kata Ghufron, dirintis sejak 2008 lalu. Saat itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kaget dengan hasil temuan di lapangan pada 2007 bahwa rumah sakit (RS) pemerintah mulai dari tipe A hingga D kekurangan 560 tenaga dokter dan spesialis.Sejak itu dirintislah program beasiswa tersebut. Dokter yang diutamakan mendapat beasiswa pendidikan spesialis adalah mereka yang bertugas di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan, dan pelosok.

…dst

3 ) 200 Dokter Ingin Jadi Abdi Dalem Keraton Yogya
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/11/079512405/200-Dokter-Ingin-Jadi-Abdi-Dalem-Keraton-Yogya

Rabu, 11 September 2013 | 16:57 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Sebanyak 200 dokter berniat mengajukan diri menjadi abdi dalem Keraton Yogyakarta. Mereka tertarik karena menilai gaya hidup dan tradisi abdi dalem bisa memperpanjang usia. Pengageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta Kanjeng Raden Tumenggung Jatiningrat mengatakan niat itu disampaikan perwakilan dokter usai menghadiri sebuah acara silaturahmi di Ndalem Wironegaran, kediaman putri pertama Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Pembanyun. “Saya ketemu mereka sepekan lalu,” kata dia, usai menghadiri acara yang digelar Tempo Institute dan Sarihusada di Yogyakarta, Rabu, 11 September 2013. Menurut anggota kerabat keraton yang akrab disapa Romo Tirun itu, dokter-dokter itu takjub dengan sikap abdi dalem yang nerima ing pandum. Dalam sebuah survei dan penelitian, dokter itu beralasan sikap ikhlas menerima dan sederhana itu merupakan faktor yang menjadikan seseorang panjang umur. “Saya minta ke mereka agar mengajukan langsung ke Sultan dulu,” kata dia menceritakan pesannya pada para dokter.

…dst

4 ) Tekan Biaya Kuliah dan Kesejahteraan Guru
Proyeksi Penggunaan Anggaran Pendidikan 2014
http://www.jpnn.com/read/2013/09/10/190155/Tekan-Biaya-Kuliah-dan-Kesejahteraan-Guru

Selasa, 10 September 2013 , 07:57:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melanjutkan pembahasan penggunaan uang APBN 2014 bersama Komisi X (bidang pendidikan) DPR kemarin. Kementerian memproyeksikan anggaran pendidikan tahun depat tetap fokus untuk menekan biaya kuliah dan kesejahteraan guru. Mendikbud Mohammad Nuh menuturkan, skenario menekan biaya kuliah tahun depan tetap dijalankan melalui pemberian biaya operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN). “Kita akan naikkan anggaran untuk BOPTN 2014 nanti,” katanya. Menteri asal Surabaya itu menerangkan bahwa pada 2012 lalu anggaran untuk BOPTN dipatok Rp 1,2 triliun. Kemudian tahun ini anggaran BOPTN ditetapkan Rp 2,7 triliun. Tahun depan Nuh mengatakan anggaran BOPTN minimal Rp 3 triliun. “Idealnya tahun depan anggaran BOPTN Rp 4 triliun. Nominal ini masih pembahasan,” kata dian. Nuh melaporkan bahwa pemberian BOPTN ini terbukti mampu menekan biaya kuliah melalui sistem uang kuliah tunggal (UKT). Minimal bisa memberikan biaya kuliah rendah bahkan gratis kepada sejumlah mahasiswa baru.

…dst

5 ) Mendikbud: Pimnas Upaya Bangun Tradisi Keilmuan dan Prestasi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/10/3/180667/Mendikbud-Pimnas-Upaya-Bangun-Tradisi-Keilmuan-dan-Prestasi

Selasa, 10 September 2013 | 22:39 WIB
Metrotvnews.com, Mataram: Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membangun tradisi keilmuan bagi kalangan mahasiswa sekaligus membiasakan diri untuk mencetak prestasi.”Pimnas merupakan tradisi keilmuan juga wahana yang membuka kesempatan bagi anak bangsa berlomba dengan prestasi dan kita iringi dengan apresiasi. Maka siapapun nanti yang menjadi juaranya akan kami apresiasi berupa beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikannya,” kata Mendikbud Mohammad Nuh saat meresmikan Pimnas ke 26 di Universitas Mataram (Unram), Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (10/9).Acara tersebut dihadiri Gubernur NTB,Tuan Guru Zainal Majdi,Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Djoko Santoso, Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M),Kemendikbud Agus Subekti,Direktur  Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Illah Sailah, Rektor Unram Suparni,Wakil Rektor UI Bambang Wibawarta, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTB,Hilmal,dan 2000 peserta Pinmas dari perwakilan 106 PTN dan PTS.

…dst

6 ) Juara Pimnas XXVI Dibekali Beasiswa dari Kemendikbud
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/10/373/863961/juara-pimnas-xxvi-dibekali-beasiswa-dari-kemendikbud

Rabu, 11 September 2013 02:13 wib
JAKARTA – Setiap kompetisi pasti ada yang menang dan ada juga yang kalah, seperti mendapatkan piala, uang tunai, bahkan beasiswa. Hadiah-hadiah tersebut sebagai apresiasi kepada sang juara yang telah mengharumkan nama sebuah institusi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pun berjanji akan memberikan beasiswa studi lanjutan kepada para pemenang dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang ke-26.”Sebagai salah satu wujud apresiasi, Kementerian akan memberikan beasiswa bagi para mahasiswa yang menjadi juara di Pimnas ini. Bagi mereka yang sedang belajar di D-3, akan diberi beasiswa untuk melanjutkan ke D-4 atau S-1. Bagi mereka yang sedang belajar di S-1, akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan studi ke S-2,” ucap M. Nuh saat membuka Pimnas XXVI di Universitas Mataram, yang disitat dari laman Unpad, Rabu (11/9/2013).

…dst

7 ) Alamak, Prodi PTN/PTS Se-Jateng Terancam Bubar!
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/10/373/863957/alamak-prodi-ptn-pts-se-jateng-terancam-bubar

Rabu, 11 September 2013 00:07 wib
JAKARTA – Beberapa program studi (prodi) perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta (PTN/PTS) se Jawa Tengah-DIY terancam tutup atau dibubarkan. Waduh, kenapa ya? Ternyata, prodi tersebut tidak terakreditasi, lantaran ketentuan pemerintah yang sudah menetapkan batas waktu pengajuan akreditasi maupun akreditasi ulang terhadap prodi yang terakreditasi C pada 31 Agustus lalu. “Kegelisahan persoalan akreditasi program studi (prodi) ini menyusul ketentuan pemerintah yang sudah menetapkan batas waktu pengajuan akreditasi maupun akreditasi ulang terhadap prodi yang terakreditasi C pada 31 Agustus lalu,” ujar Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Sudharto P. Hadi sekaligus juru bicara para rektor PTN dan PTS Jateng-DIY, yang diulik dari laman Unnes, Rabu (11/9/2013). Lebih lanjut, ketika prodi tersebut setelah akreditasi dan dinyatakan gagal ketika diajukan, maka prodi yang diajukan tersebut tidak terakreditasi. Padahal pada Undang-undang nomor 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi (dikti) yang berbunyi, izin penyelenggaraan prodi melekat pada akreditasi.

…dst

8 ) Dahlan Lirik Obat Diabetes Fakultas Farmasi Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/11/373/864423/dahlan-lirik-obat-diabetes-fakultas-farmasi-unpad

Rabu, 11 September 2013 16:04 wib
BANDUNG – Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengapresiasi positif kinerja salah satu fakultas di Universitas Padjadjaran (Unpad), yaitu Fakultas Farmasi. Peneliti dari fakultas itu berhasil menemukan obat kolesterol dan diabetes berbasis nonkimia. Beberapa bulan lalu, Dahlan mengaku sempat datang ke Unpad dan berdiskusi dengan beberapa ahli dari Fakultas Farmasi. Temuan itu disampaikan pada Dahlan. Ia lalu berencana memproduksi obat itu secara massal. “Beberapa hasil penelitian saya minta untuk diproduksi di BUMN yaitu Kimia Farma,” kata Dahlan, di Kampus Unpad, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/9/2013). Diskusi soal obat itu terus dilakukan secara intensif oleh para ahli dan Kimia Farma. Tapi produksi massal tidak bisa dilakukan sesuai target. Rencananya, obat itu akan diproduksi pada Agustus lalu. “Saya monitor perkembangan terakhir, masih ada penelitian yang harus dilakukan. Sehingga target produksi bulan lalu mundur beberapa saat,” ungkapnya.Meski tidak memastikan kapan penelitian selesai dan obat bisa diproduksi, Dahlan berharap obat itu bisa segera diproduksi. “Mudah-mudahan tidak lama bisa selesai dan bisa disahkan Menkes, serta bisa diproduksi Kimia Farma,” tuturnya.

…dst

9 ) Berjasa, Unpad Beri Penghargaan ke Dahlan Iskan & Aher
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/11/373/864248/berjasa-unpad-beri-penghargaan-ke-dahlan-iskan-aher

Rabu, 11 September 2013 12:25 wib
BANDUNG – Universitas Padjadjaran (Unpad) memberikan penghargaan kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher). Penghargaan yang diberikan adalah Anugerah Padjadjaran Utama.”Anugerah ini diberikan kepada orang-orang yang berjasa bagi pengembangan Republik Indonesia secara keseluruhan,” kata Rektor Unpad, Ganjar Kurnia, saat pemberian penghargaan dilakukan di Kampus Unpad, Kota Bandung, Rabu (11/9/2013).Dahlan dan Aher dinilai memberikan banyak perubahan untuk negeri ini. Aher misalnya, melakukan pelatihan bagi 1.000 bidan untuk menekan angka kematian bayi baru lahir. Menurut Ganjar, berbagai penghargaan selalu diberikan pada orang-orang yang dinilai layak mendapatkannya. Itu sebagai apresiasi atas berbagai manfaat yang diberikan orang-orang yang mendapat penghargaan.

…dst

10 ) UI belum Rencanakan Penaikan Biaya Masuk Mahasiswa Baru
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/11/3/180893/-UI-belum-Rencanakan-Penaikan-Biaya-Masuk-Mahasiswa-Baru

Rabu, 11 September 2013 | 18:01 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah sudah memberikan peluang bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Hukum untuk memperoleh dana dari masyarakat yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2013 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 22 Agustus 2013.Meski begitu, pihak Universitas Indonesia hingga kini belum berencana untuk memungut biaya lebih besar untuk para calon mahasiswanya. “PTN Badan Hukum dapat memungut uang kuliah dari mahasiswa, dan dapat memberikan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, dan/atau beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi,” bunyi Pasal 9 Ayat (1,2) Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2013 itu. Namun, Universitas Indonesia belum menerapkan peraturan tersebut dalam sistem biaya masuk calon mahasiswa. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Farida Haryoko kepada Metrotvnews.com, Rabu (11/9).

…dst

11 ) Peringkat di Dunia Turun, IPB Masih Populer
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/11/373/864356/peringkat-di-dunia-turun-ipb-masih-populer

Rabu, 11 September 2013 14:45 wib
JAKARTA – Laporan QS World University terbaru merilis sejumlah kampus negeri di Indonesia mengalami penurunan peringkat, termasuk Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menurun sekira 100 peringkat.Kepala Kantor Hukum, Promosi, dan Humas IPB Yatri Indah Kusumastuti mengatakan, hasil survei tersebut tidak akan memberi pengaruh yang besar terhadap IPB. “Ya kalau memang hasilnya seperti itu apa boleh buat. Hal tersebut tidak akan mengganggu program-program IPB ke depannya,” ucap Yatri, saat dihubungi Okezone, Rabu (11/9/2013).Menurut Yatri, meskipun terjadi penurunan peringkat dari rilis QS World University tersebut, IPB tetap populer di dalam negeri.”Untuk peminat yang ingin masuk IPB tahun ini mengalami peningkatan. Terbukti IPB masih diincar oleh banyak calon mahasiswa,” tutur Yatri.

…dst

12 ) Wow, IPB Kembali Jadi Kampus Paling Inovatif
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/10/373/863987/wow-ipb-kembali-jadi-kampus-paling-inovatif

Rabu, 11 September 2013 09:07 wib
JAKARTA – Sebuah inovasi yang dimiliki oleh seseorang otomatis akan mengangkat mengharumkan nama kampusnya. Apalagi jika dinyatakan menjadi kampus paling inovatif, baik dosen maupun mahasiswanya pasti mempunyai segudang prestasi dalam inovasinya untuk berkarya.Setelah lima tahun berturut-turut, Institut Pertanian Bogor (IPB) menyumbang karya inovatif terbanyak di antara perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Bahkan, tahun ini IPB kembali menjadi kampus paling inovatif. Kira-kira apa yang menyebabkan IPB dikategorikan seperti itu? Adapun dari 105 Inovasi Paling Prospektif yang dikeluarkan Kementerian Riset dan Teknologi RI (Kemenristek) dan Business Innovation Center (BIC), sebanyak 55 persen di antaranya merupakan inovasi karya sivitas IPB. Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Prof. Dr. Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Eng dalam acara Temu Bisnis yang bertajuk “Pengembangan Bisnis Berbasis Inovasi IPB”.

…dst

13 ) Ada yang Punya Motif Ekonomi, Konflik di UISU Sulit Dibereskan
http://www.jpnn.com/read/2013/09/11/190364/Ada-yang-Punya-Motif-Ekonomi,-Konflik-di-UISU-Sulit-Dibereskan

Rabu, 11 September 2013 , 10:07:00
JAKARTA – Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO yang juga pengamat pendidikan, Arief Rachman, meyakini konflik tajam dua kubu di internal Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) bakal terus berlanjut. Alasan Arief, waktu selama lebih enam tahun sejak konflik terjadi pada 2006, sebenarnya cukup untuk proses perdamaian. Faktanya, konflik malah makin tajam. Hal ini menurut Arief, menunjukkan ada perbedaan visi yang tajam antara kedua kubu yang berseteru. Menurutnya, jika salah satu kubu tidak punya visi pendidikan, maka akan sulit mencari titik temu. “Kalau satu kubu motifnya mencari uang, satunya lagi punya visi pendidikan, ya tidak akan ketemu,” ujar Arief Rahman kepada JPNN di Jakarta, kemarin (10/9). Dengan argumen itu, Arief yakin, upaya mediasi yang dilakukan Kemendikbud, lewat Kopertis, juga akan gagal, alias sia-sia.Menurut Arief, perbedaan pendapat dan sikap di dunia pendidikan itu sebenarnya biasa. Hanya saja, jika pihak-pihak yang berbeda pendapat masih memiliki visi yang sama yakni untuk memajukan dunia pendidikan, pasti lah upaya perdamaian bisa cepat dilakukan.

…dst

14 ) Alumni Gugat UISU
http://www.jpnn.com/read/2013/09/11/190353/Alumni-Gugat-UISU

Rabu, 11 September 2013 , 08:37:00
MEDAN-Kekisruhan yang melanda Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) tak kunjung selesai. Bahkan, berselisih selama tujuh tahun, terhitung sejak tahun 2006 lalu, pertikaian kedua kubu justru terlihat semakin panas. Kedua pihak saling klaim paling layak menyandang status legal. Kondisi ini tak pelak merugikan seluruh mahasiswa yang menuntut ilmu di sana. Baik mahasiswa UISU Al Munawwarah, ataupun mahasiswa yang bergabung di Al Manar. Atas dasar itu  Forum Penyelamat UISU yang terdiri dari para alumni UISU Al Munawwarah dan Al Manar, Selasa (11/9), berniat melaporkan kedua institusi pendidikan itu ke pihak kepolisian.  Taufik Helmi Sitorus (Fak Ekonomi UISU Al Manar stambuk 2000), didampingi Agung Rivana (Fak Ekonomi UISU Al Munawwarah stambuk (2002), Syaifuddin Purba (Stambuk 2000, Bambang Germanta Siregar(2001), Rusli Effendi (1997) mengatakan bahwa terlepas siapa yang legal di antara kedua kubu, yang pasti konflik berkepanjangan telah merugikan para mahasiswa.

…dst

15 ) STP Sahid Tuan Rumah ASEAN Skills Competition X
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/10/3/180691/-STP-Sahid-Tuan-Rumah-ASEAN-Skills-Competition-X

Selasa, 10 September 2013 | 21:44 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Seleksi nasional adalah seleksi untuk mendapatkan calon kompetitor yang akan mewakili Indonesia di ASEAN Skills Competition (ASC) X yang akan dilaksanakan di Vietnam pada 2014. Jumlah kejuruan atau bidang yang dikompetisikan sebanyak 22 bidang. Bidang Cooking dan Restaurant Service merupakan 2 bidang kejuruan dari 22 bidang tersebut yang mewakili Bidang “Hospitality industry” atau bidang Pariwisata.Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid, Pondok Cabe, Tangsel, terpilih dan dipercaya  Kemenakertrans sebagai tempat untuk  melalui tahapan penyeleksian dari lembaga Pendidikan Pariwisata yang tersebar di seluruh indonesia. Dikarenakan STP Sahid memunyai fasilitas Kitchen yang baik dan menjadi kitchen models yang disesuaikan dengan kondisi kitchen di industri serta kelengkapan sarana dan prasarana menjadi salah satu yang menentukan terpilihnya STP Sahid menjadi tuan rumah SELEKSI NASIONAL CALON KOMPETITOR  ASC X kejuruan Cooking dan Restaurant Service.

…dst

16 ) 3 Kampus Negeri Kakap Prioritaskan Warga Jabar
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/11/373/864519/3-kampus-negeri-kakap-prioritaskan-warga-jabar

Rabu, 11 September 2013 18:09 wib
BANDUNG – Jumlah mahasiswa asal Jawa Barat (Jabar) yang kuliah di tiga kampus negeri yaitu di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) kini lebih berpihak pada warga Jabar yang ingin kuliah di sana. Sebelum ajaran baru tahun ini, mahasiswa asal Jabar yang kuliah di tiga kampus itu mayoritas berasal dari kota besar di Jabar seperti Bandung, Depok, Bogor, dan Bekasi. Sadar akan kondisi itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), meminta rektor di tiga kampus itu untuk menambah kuota mahasiswa asal Jawa Barat. Jika sebelumnya mahasiswa mereka berasal dari kota besar di Jawa Barat, tahun ini lebih merata. Perwakilan kabupaten atau kota di Jawa Barat bisa kuliah di tiga kampus itu. “Saya katakan mesti ada pemerataan, setiap kabupataen/kota dapat jatah per fakultas dua orang,” ujar Aher di Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/9/2013). Dengan cara seperti itu, dari 26 kabupaten/kota se-Jawa Barat akan ada dua orang yang jadi mahasiswa  di salah satu fakultas di kampus tersebut. Sehingga dalam satu fakultas minimal akan ada 52 mahasiswa yang berasal dari 26 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

…dst

17 ) London School Ditunjuk Jadi APEC Campus
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/11/373/864211/london-school-ditunjuk-jadi-apec-campus

Rabu, 11 September 2013 11:36 wib
JAKARTA – London School of Public Relations (LSPR) Jakarta ditunjuk melaksanakan APEC Campus Outreach untuk wilayah Jakarta. Penunjukkan ini dilakukan oleh Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo). Tujuan agenda ini untuk membangun kesepahaman antara masyarakat, khususnya mahasiswa dengan pemerintah mengenai APEC, pengaruh dan solusinya bagi Indonesia. Dilaksanakan di London School of Public Relations Auditorium Prof. Dr. Djayusman, Kampus B, Sudirman Park Campus, gelaran ini mengangkat tema “Trade and Investment Liberalization” What Does it Really Mean for Indonesia? “Sebagai salah satu perguruan tinggi komunikasi, LSPR mendukung APEC dalam menyebarkan berbagai informasi mengenai APEC kepada generasi muda,” ujar Public Relations Manager LSPR Ramona Tirta di LSPR, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2013).

…dst

18 ) STTN BATAN Akan Buka Akademi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/09/11/msy85c-sttn-batan-akan-buka-akademi

Rabu, 11 September 2013, 13:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) Badan Tenaga Nuklir (BATAN) berencana membuka program akademi. STTN akan tetap berkonsentrasi pada sekolah vokasi yang menghasilkan sarjana sains terapan bidang teknologi nuklir. Ketua STTN BATAN Yogyakarta, Sutomo Budihardjo mengatakan, rencana tersebut dilakukan sebagai amanah dari UU No 12 tahun 2012 tentang sekolah vokasi. “Kita tidak mungkin menjadi politeknik, karena kita khusus di sains terapan teknologi nuklir. Sehingga tetap sebagai STTN namun ada akademinya,” jelasnya usai wisuda progran sarjana sains terapan (D4) STTN Batan, Rabu ( 11/9). Menurut dia, pihaknya sudah melakukan banyak kajian terkait rencana tersebut. Termasuk koordinasi dengan perguruan tinggi negeri yang membuka program sarjana teknologi nuklir.
Pendirian akademi ini, ia menambahkan, akan direalisasikan pada tahun akademik 2014 mendatang.

…dst

19 ) Duh, 441 Guru Terpaksa Dicoret Ikut PLPG
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/11/560/864144/duh-441-guru-terpaksa-dicoret-ikut-plpg

Rabu, 11 September 2013 10:21 wib
SOLO – Sebanyak 441 guru terpaksa dicoret saat mendaftar untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) di Rayon 113 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta 2013. “Guru yang terpaksa dicoret tersebut lantaran tidak memenuhi syarat untuk mengikuti PLPG sesuai ketentuan,” jelas Pembantu Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Prof Dr. Sajidan kepada wartawan, di Kampus FKIP UNS, Rabu (11/9/2013). Alasan pencoretan, menurut Sajidan, di antaranya mereka berstatus guru honorer dan tidak tetap, belum sarjana dengan usia lebih dari 50 tahun dan belum berstatus PNS dengan usia lebih dari 52 tahun. Dengan adanya pencoretan sebanyak itu, menurut Sajidan, maka PLPG rayon 113 diikuti sebanyak 7.571 guru dari sebanyak kabupaten/kota di Jawa Tengah.

…dst

20 ) Per 1 Januari 2014, pemerintah hapus honorarium PNS
http://www.setkab.go.id/berita-10217-per-1-januari-2014-pemerintah-hapus-honorarium-pns-di-seluruh-kl.html

Rabu,  11 September 2013  ?  16:53 WIB
Pemerintah akan menghapus sistem honor bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh kementerian dan lembaga (K/L), dan akan memusatkan seluruh pembayaran honorer ke tunjangan kinerja, mulai 1 Januari 2014. “Dengan sistem baru ini, seluruh gaji PNS mulai golongan I sampai IV akan naik, gaji pejabat eselon I bisa mencapai Rp 70 juta per bulan. Sedangkan pejabat eselon II sekitar Rp 55-60 juta, eselon III Rp 45 juta,” kata kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo dalam peluncuran buku Reformasi Birokrasi di Jakarta, Selasa (10/9). Eko menegaskan, mulai 1 Januari, seluruh Kementrian dan Lembaga dilarang memberlakukan honorarium. Ia mengaku kalau tahun 2011-2013 masih ada yang terima, tapi mulai tahun depan tidak boleh ada lagi.Pemberlakuan sistem baru ini, lanjut Eko,  sejalan dengan revisi PP tentang Sistem Penggajian, dan sesuai  amanat PP 46 Tahun 2011, di mana disebutkan penghapusan honarium harus dilaksanakan per 1 Januari 2014.

…dst

21 ) RI Kantongi Dana Siaga Rp330 Triliun
http://www.jpnn.com/read/2013/09/11/190349/RI-Kantongi-Dana-Siaga-Rp330-Triliun

Rabu, 11 September 2013 , 08:04:00
JAKARTA – Indonesia terus memupuk pundi-pundi devisa sebagai bantalan untuk menghadapi gejolak krisis keuangan global. Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengatakan, selain dengan Jepang, saat ini Indonesia sudah menyepakati komitmen bilateral swap dengan dua negara lain. ‘”Total, setidaknya USD 30 miliar (sekitar Rp 330 triliun) sudah di tangan kita,” ujarnya kemarin (10/9). Bank Indonesia (BI) sudah menandatangani perpanjangan Bilateral Swap Arrangement (BSA) dengan Bank of Japan sebagai agen Menteri Keuangan Jepang sebesar USD 12 miliar. Kesepakatan itu berlaku efektif 31 Agustus 2013. Menurut Chatib, kesepakatan dengan dua negara lainnya dicapai saat lobi-lobi di sela Forum G-20 di Saint Petersburg, Rusia, pekan lalu. Namun, dia belum bersedia menyebut dua negara yang dimaksud. ‘Nanti saja, nunggu pengumuman resmi,” katanya. Apakah dana USD 30 miliar tersebut juga termasuk paket dana Chiang Mai Initiative (CMI)? Chatib menyatakan, dana CMI tidak termasuk dalam perhitungan. ‘Jadi, kalau ditambah dari Chiang Mai, jumlahnya lebih besar lagi,’ ucapnya. Sebagai gambaran, dalam CMI, Indonesia memiliki plafon dana yang bisa ditarik sebesar USD 11,9 miliar. CMI adalah kerjasama 10 negara Asean ditambah Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan (Korsel). Substansi kerjasamanya adalah ketika a terjadi krisis pada salah satu negara Asean, maka Jepang, Tiongkok, dan Korsel siap memberikan bantuan untuk memasok cadangan devisa.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *