Berita Edukasi, 9 September 2013

1 ) Perguruan Tinggi Swasta Akan Diperhatikan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/249939

Senin, 09/09/2013 – 11:57
BANDUNG, (PRLM).-Perguruan tinggi swasta (PTS) akan mendapat perhatian pemerintah melalui alokasi anggaran yang bisa dimanfaatkan. Gagasan ini muncul setelah pemerintah memetakan perguruan tinggi yang ada berikut orang-orang yang tengah berkuliah di perguruan tinggi. Hasilnya, 80 persen perguruan tinggi yang ada merupakan PTS dan sekitar 80 persen pula mahasiswa berkuliah di PTS.“Jadi mahasiswa yang sekarang kalau ditanya kuliah di mana lalu dijumlahkan, itu mencapai 80 persen. Mereka tersebar hampir di 350 perguruan tinggi yang ada di Jabar,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Deny Juanda Puradimaja di Kota Bandung,Senin (9/9/2013). Deny mengatakan anggaran ini belum dialokasikan dalam Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RPAPBD) 2013 yang tengah dibahas saat ini. Soalnya, dalam perubahan APBD 2013 nanti, rencananya pemprov masih fokus pada ruang kelas baru (RKB) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang swasta. Alasannya hampir serupa yaitu saja 65-70 persen anak di Jabar bersekolah di swasta.Jadi, Deny mengatakan dana untuk kampus swasta ini akan mulai dialokasikan pada tahun anggaran berikutnya. Dengan begitu, fasilitas PTS yang kurang memadai bisa mengalami perbaikan pada 2014.

…dst

2 ) UII raih penghargaan terbaik debat HAM ASEAN
http://www.antaranews.com/berita/394695/uii-raih-penghargaan-terbaik-debat-ham-asean

Senin, 9 September 2013 06:48 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Wakil mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Nafiatul Munawaroh dan Andika Firnanda meraih penghargaan argumen terbaik pertama dalam lomba debat mengenai hak asasi manusia di ASEAN, yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri. Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu I Gusti Agung Wesaka Puja melalui surat elektronik di Jakarta, Senin, menjelaskan, kegiatan yang berlangsung 5-7 September 2013 itu adalah rangkaian dari acara Kolokium Nasional Komunitas ASEAN 2015: Debat Hukum Pemajuan dan Perlindungan HAM di ASEAN. Ia menyebutkan untuk kategori tersebut, terbaik kedua dimenangkan Naila Rizqi Zakiah dan Gress Gustia Adrian Pah dari Universitas Jember. Menurut dia, ada beberapa kategori penghargaan dalam perlombaan debat hukum itu. Juara I debat dimenangkan tim gabungan mahasiswa dari berbagai universitas, yakni Arif Sharon Simanjuntak (Universitas Negeri Semarang), Andika Firnanda (Universitas Islam Indonesia), Muhammad Yusri (Universitas Lambung Mangkurat) dan Nicholas Canggih (Universitas Dr. Soetomo).

…dst

3 ) Melalui PP No. 58/2013, Pemerintah Beri Peluang PTN Badan Hukum Peroleh Dana dari Masyarakat
http://www.setkab.go.id/berita-10190-melalui-pp-no-582013-pemerintah-beri-peluang-ptn-badan-hukum-peroleh-dana-dari-masyarakat.html

Senin, 09 September 2013 – 12:12 WIB
Agar mampu menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat, disamping menyediakan dana untuk penyelenggaraan pendidikan tinggi yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pemerintah juga memberikan peluang bagi  Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Hukum untuk memperoleh dana dari masyarakat. Peluang ini tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2013 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 22 Agustus 2013.Pada Pasal 3 Ayat (2) PP ini ditegaskan, selain dialokasikan dari APBN, pendanaan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi oleh PTN Badan Hukum juga dapat bersumber dari: a. Masyarakat; b. Biaya pendidikan; c. Pengelolaan dana abadi dan usaha-usaha PTN Badan Hukum; d. Kerjasama Tridharma; e. Pengelolaan kekayaan negara yang diberikan oleh pemerintah dan pemerintah daerah untuk kepentingan pengembangan Pendidikan Tinggi; dan/atau f. Sumber lain yang sah. “Sumber pendanaan PTN Badan Hukum sebagaimana dimaksud merupakan pendapatan PTN Badan Hukum yang dikelola secara otonom, dan bukan merupakan penerimaan negara bukan pajak (PNBP),” bunyi Pasal 3 Ayat (3,4) PP tersebut.

…dst

4 ) Universitas Terbaik RI Terpuruk di Peringkat Dunia
Universitas Indonesia ada di peringkat 309.
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/442729-universitas-terbaik-ri-terpuruk-di-peringkat-dunia

Senin, 9 September 2013, 19:06
VIVAnews – Delapan universitas terbaik di Indonesia mengalami penurunan rangking dan bahkan terpuruk di peringkat 800 besar dunia versi QS World Universitas Rangkings tahun 2013/2014. Hasil resmi daftar peringkat universitas tersebut baru akan dikeluarkan pada hari Selasa esok, 10 September 2013. Demikian keterangan yang diterima VIVAnews dari QS World University Rangkings, Senin 9 September 2013. Dari bocoran data yang dikirim QS World University, Universitas Indonesia (UI) tetap menjadi institusi pendidikan terbaik di tanah air, kendati berada di peringkat 309. Apabila dibandingkan dengan peringkat di tahun sebelumnya, UI mengalami penurunan peringkat yakni dari rangking 273. Sementara menyusul universitas terbaik lainnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berada di kisaran peringkat antara 461-470. Hal serupa juga menimpa enam universitas lainnya yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Universitas Brawijaya (Unbraw). Peringkat Unair hingga Unbraw tahun 2013 versi QS World University Rangkings ada di atas 701.

…dst

5 ) Disoroti Gelar Magister Instan di Manado
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/09/09/msv4pt-disoroti-gelar-magister-instan-di-manado

Senin, 09 September 2013, 21:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MANADO — Fraksi Partai Damai Sejahtera menyoroti adanya dugaan gelar magister secara instan dilakukan dua perguruan tinggi swasta dari Jawa Timur yang beroperasi di Manado. Juru Bicara Fraksi Partai Damai Sejahtera (FPDS) DPRD Sulawesi Utara (Sulut), Paul Tirajoh di Manado Senin mengatakan beberapa tahun terakhir ini beroprasi dua perguruan tinggi swsata dari Jawa Timur di daerah tersebut. “Dalam pengoperasiannya para mahasiswa tersebut hanya melakukan beberapa kali pertemuan selama kurang lebih tiga bulan,” kata Tirajoh pada rapat paripurna DPRD Sulut tentang pemandangan umum perubahan APBD tahun anggaran 2013.Tirajoh mengatakan, setelah pertemuan tersebut, mahasiswa diundang ke Jawa Timur dan diberi tesis untuk ujian S2 serta langsung wisuda dengan menyetor uang sekitar Rp 27- 30 juta.Informasi diperoleh, yang menjadi sasaran perguruan tinggi ini adalah guiru-guru Sekolah Dasar (SD), guru SMP dan guru SMA. Saat ini diperkirakan 20 orang telah menjadi kepala sekolah dengan gelar MM, MPd yang dioeroleh dari dua perguruan tinggi tersebut.

…dst

6 ) Tim Fatwa MUI dan Peneliti UNAS Lakukan Penelitian Satwa Langka
http://edukasi.kompas.com/read/2013/09/09/1843476/Tim.Fatwa.MUI.dan.Peneliti.UNAS.Lakukan.Penelitian.Satwa.Langka

Senin, 9 September 2013 | 18:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Tim peneliti Universitas Nasional bersama-sama Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar kunjungan lapangan sebagai bagian dari kegiatan penelitian satwa langka dan alam di kawasan Tesso Nilo dan Rimbang Baling, Riau. Upaya kedua pihak dilakukan untuk melihat lebih dekat konflik satwa dan manusia di kawasan tersebut. Dilakukan selama tiga hari sejak 30 Agustus-1 September 2013 lalu, kegiatan ini adalah kegiatan pertama dilakukan tim fatwa MUI yang terdiri dari KH Dr Ma’ rifat Iman, Prof Nahar Nachrowi, KH Nasir Zubaidi, Prof. Amany Lubis, dan Ketua Pusat Pemuliaan Lingkungan dan Sumber Daya Alam MUI, Dr Hayu Prabowo.

…dst

7 ) Calo CPNS Gentayangan, 125 Orang jadi Korban
http://www.jpnn.com/read/2013/09/09/189994/Calo-CPNS-Gentayangan,-125-Orang-jadi-Korban

Senin, 09 September 2013 , 08:46:00
SUKABUMI – Sudah jauh-jauh hari pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kemenpan-RB mewanti-wanti agar masyarakat jangan gampang termakan rayuan orang yang mengaku-ngaku bisa meloloskan menjadi  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun, masih saja ada korban penipuan di musim penerimaan CPNS tahun ini. Di Kabupaten Sukabumi, korban diperkirakan sudah mencapai 125 orang, yang sebagian besar merupakan tenaga honorer. Hal ini terungkap saat sejumlah orang yang mengaku dari Masyarakat Peduli Kabupaten Sukabumi mengadukan hasil temuannya ke Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibadak akhir pekan lalu. Koordinator pengaduan, Sulaeman mengatakan, pengaduannya tersebut merupakan langkah untuk mempersempit dan mengungkap sindikat penipuan perekrutan CPNS yang diduga diotaki dua orang PNS di salah satu SD dan seorang eks PNS di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, ratusan guru honorer Kabupaten Sukabumi kini menjadi korban penipuan tersebut. “Sekarang kan masa-masanya pemerintah membuka lowongan PNS. Ternyata ada sebagian oknum PNS yang memanfaatkan momen ini untuk meraup rupiah dengan menjanjikan kepada korban bahwa mereka bisa meloloskannya menjadi seorang PNS,”ujar Sulaeman.

…dst

8 ) Tahun Depan, Buat SKCK Bisa Online
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1784-tahun-depan-buat-skck-bisa-online

Dibuat pada 09 September 2013
JAKARTA – Informasi dari berbagai media yang memberitakan terjadinya antrean panjang dalam pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di sejumlah Polres mendorong Menteri PANRB Azwar Abubakar melakukan kunjungan mendadak ke Polres Metro Jakarta Barat, Senin (09/09). Benar saja, di Polres ini  begitu banyak pembuat SKCK sebagai syarat dalam melamar CPNS, seiring banyaknya instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS tahun ini. Menteri yang didampingi Deputi Pelayanan Publik, Mirawati Sudjono berdialog langsung dengan para pembuat SKCK. Dari dialog tersebut, Menteri mendapat gambaran bahwa pembuatan SKCK di Polres Jakarta Barat dapat selesai sehari, karena banyaknya yang antre. “Setiap musim penerimaan CPNS, antrean cukup banyak. Sehari antara 300 – 500 orang,” ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Fadil Imran.Namun, lanjutnya, pada hari-hari biasa, SKCK selesai satu jam. Menurut Fadil, selaion musim penerimaan CPNS, antrean banyak juga terjadi saat ada penerimaan polisi.

…dst

9 ) “Selamat Ulang Tahun Pak SBY, Semoga Terus Diberi Kekuatan Memimpin Bangsa Ini”
http://www.setkab.go.id/berita-10187-selamat-ulang-tahun-pak-sby-semoga-terus-diberi-kekuatan-memimpin-bangsa-ini.html

Senin, 09 September 2013 – 08:17 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Senin (9/9) ini memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke-64 tahun. Tidak ada acara khusus yang disiapkan dalam menyambut Ulang Tahun suami Ibu Hj. Ani Yudhoyono (Kristiani Herrawati) ini. Dalam jadwal kegiatan Presiden SBY yang baru Minggu (8/9) kemarin tiba di tanah air sepulangnya dari kunjungan kerja ke Kazakhstan, Polandia, dan Rusia. Hari ini hanya disebutkan Presiden SBY memiliki jadwal intern. Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam beserta beserta istri Ninik Dipo Alam, baik secara pribadi, keluarga dan mewakili jajaran keluarga besar Sekretariat Kabinet (Setkab) menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun buat Pak SBY. “Semoga terus diberi kekuatan dan kesabaran dalam memimpin bangsa ini sampai dengan akhir jabatan 2014,” kata Seskab Dipo Alam di Jakarta, Senin (9/9) pagi. Ucapan selamat atas Ulang Tahun Pak SBY ke-63 tahun juga ramai di jagat maya. Beberapa pengguna situs microblogging memberikan doa kepada presiden keenam RI tersebut, seperti diucapkan Putri S Fathimbara lewat akun @pputsya. “Selamat hari lahir Presiden Indonesia @SBYudhoyono ! Semoga panjang umur, sukses selalu, dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin #HBDSBY”

…dst

10 ) Mantan Presiden BJ Habibie Bicara Cinta di Beijing
http://www.setkab.go.id/berita-10195-mantan-presiden-bj-habibie-bicara-cinta-di-beijing.html

Senin, 09 September 2013 – 18:56 WIB
Mantan Presiden RI, Baharudin Jusuf (BJ) Habibie, menghadiri silaturahmi masyarakat bertemakan cinta yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI untuk RRT merangkan Mongolia, di Wisma Duta KBRI Beijing, Minggu (8/9) malam.  Bertindak sebagai tuan rumah acara tersebut adalah Duta Besar RI untuk RRT merangkap Mongolia Imron Cotan dan istrinya Enni Imron Cotan. Habibie mengatakan, inti dari kehidupan adalah Cinta. Cinta kepada sesama manusia, cinta kepada karya manusia, cinta kepada pekerjaan, cinta kepada lingkungan, dan cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa.“Dengan dasar cinta, rasio dan emosi manusia harus dapat bersinergi untuk menciptakan energi positif yang memungkinkan segala yang tiada menjadi ada, dan yang ada menjadi tiada,” kata Habibie dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh mantan Dubes RRT untuk Indonesia Mr. Zhou Gang dan istrinya Deng Junbing, penerjemah buku ‘Habibie dan Ainun’ ke dalam bahasa Mandarin, Ketua Dewan Direktur the Habibie Center (THC) Ahmad Watik Pratiknya, Staf Ahli THC  Adrie Subono, home staff dan local staff KBRI Beijing beserta keluarga, serta sekitar seratus perwakilan diaspora dan mahasiswa Indonesia itu.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *