Berita Edukasi, 7 September 2013

1 ) Pemerintah sulit cari mahasiswa sains, tehnik & agrikultur
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/07/15/780381/pemerintah-sulit-cari-mahasiswa-sains-tehnik-agrikultur

Sabtu, 7 September 2013 ? 12:46 WIB
Sindonews.com – Pemerintah mengakui saat ini sulit mencari siswa yang berminat kuliah sains, tehnik dan agrikultur. Selain kalah populer dengan jurusan lain, hal ini ditandai dengan beasiswa yang tak laku. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengatakan, setiap tahun Kemendikbud mengeluarkan 1.000 beasiswa magister (S2) dan doktor (S3) ke luar negeri dan 3.000 beasiswa dalam negeri. Fokusnya masih untuk bidang studi Sains, Tehnik dan Pertanian. Sayangnya, penyerapan beasiswa ketiganya masih sangat rendah. “Memang kenyataanya seperti itu. Beasiswa yang kami berikan tidak pernah habis. Sayang sekali,” katanya pada pemberian Beasiswa Rajawali Foundation untuk Institut Teknologi Del, Sabtu (7/9/2013). Lebih detail Djoko menjelaskan, jumlah program studi di Indonesia ada 19.000. Program studi ini ditampung oleh 3.200 perguruan tinggi negeri dan swasta. Dia mengungkapkan, dari total 19.000 itu 70 persennya diisi program studi sains, tehnik dan pertanian. Sayangnya, populasi mahasiswa sains saat ini hanya tiga persen, teknik 11 persen, dan pertanian tiga setengah persen. Djoko menambahkan, Kemendikbud akan terus memprovokasi masyarakat umum untuk mengambil beasiswa ini. Kemendikbud juga terus membuka institute teknologi baru diberbagai tempat. “Seperti yang sudah dibuka di Kalimantan dan Sumatera. Sementara pada tahun depan direncanakan dibuka kembali di Sulawesi, Maluku dan Papua,” ucapnya.

***

2 ) Mahasiswa jurusan teknologi minim, beasiswa dialihkan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/07/15/780385/mahasiswa-jurusan-teknologi-minim-beasiswa-dialihkan

Sabtu, 7 September 2013 ? 13:10 WIB
Sindonews.com – Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengatakan, akibat pemerintah sulit mencari mahasiswa yang berminat kuliah sains, tehnik dan agrikultur, beasiswa untuk jurusan tersebut dialihkan ke program studi lain. “Apalagi tren minat calon mahasiswa saat ini lebih banyak di bidang sosial ekonomi. Padahal Indonesia saat ini membutuhkan sarjana di bidang seperti teknologi,” katanya pada pemberian Beasiswa Rajawali Foundation untuk Institut Teknologi Del, Sabtu (7/9/2013). Direktur Rajawali Foundation Agung Binantoro menjelaskan, pihaknya memberikan beasiswa untuk lima mahasiswa terpilih selama empat tahun mereka kuliah. Total beasiswa yang digelontorkan sebesar Rp600 juta. Menurutnya, untuk menseleksi penerima beasiswa, ujarnya, Rajawali Foundation dan Institut Teknologi Del akan membentuk tim khusus penseleksi. “Program studi yang disediakan tergantung pada kebijakan Institut Teknologi Del. Yaitu yang terkait sains dan teknologi,” terangnya.

…dst

3 ) PTN-PTS sepakat keluarkan mahasiswa terlibat narkoba
http://www.antaranews.com/berita/394408/ptn-pts-sepakat-keluarkan-mahasiswa-terlibat-narkoba

Jumat, 6 September 2013 20:39 WIB
Semarang (ANTARA News) – Perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepakat bakal mengeluarkan mahasiswanya yang terbukti terlibat penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya. “Langkah ini merupakan wujud kesepakatan perguruan tinggi untuk bekerja sama dalam penanggulangan narkoba,” kata Ketua Badan Kerja Sama (BKS) PTN-Kopertis Jateng-DIY Prof Sudharto P. Hadi di Semarang, Jumat malam. Hal tersebut diungkapkannya di sela Rapat Kerja Badan Kerja Sama (BKS) PTN-Kopertis Jateng dan DIY di Hotel Grand Candi Semarang yang diprakarsai Politeknik Negeri Semarang (Polines) sebagai tuan rumah kegiatan. Rektor Universitas Diponegoro Semarang itu menjelaskan kebetulan saat ini bersamaan dengan proses penerimaan mahasiswa baru sehingga akan dilakukan tes urine untuk mengetahui menyalahgunakan narkoba atau tidak. “Fokus kami saat ini memang kepada mahasiswa baru karena bersamaan dengan awal tahun ajaran baru. Kalau dalam tes itu positif narkoba akan langsung diberi sanksi, yakni dikeluarkan dari perguruan tinggi,” katanya.

…dst

4 ) Aplikasi Hyjabs Jadikan Tim Codelabs Unikom Juara Inaicta
http://www.pikiran-rakyat.com/node/249632

Jumat, 06/09/2013 – 14:37
BANDUNG,(PRLM).- Aplikasi Hyjabs bawa tim Codelabs Universitas Komputer Indonesia (Unikom) meraih juara dalam kategori Digital Interactive Media-Perguruan Tinggi dalam Information and Communication Technology Award (Inaicta) pada awal September 2013. Tren hijab beberapa waktu terakhir ini bak jamur di musim hujan. Berbagai kreasi model hijab membuat hijab tidak lagi terkesan monoton. Peluang inilah yang dilihat Mexan Juadha dengan membuat aplikasi Hyjabs yang memanfaatkan sosial media. Ide awalnya hanya sekedar untuk memenuhi tugas kuliah jurusan Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Mahasiswa angkatan 2010 itu bersama sembilan rekan satu jurusan lainnya dalam tim Codelabs melakukan pengembangan aplikasi Hyjabs. Jadilah sebuah aplikasi sosial media berbasis mobile yang dapat menghubungkan pengguna hijab dengan pengguna lainnya untuk saling berinteraksi. Tidak hanya itu para user pun dapat bertukar tips, informasi hingga tutorial gaya berbusana hijab terkini.

…dst

5 ) Tiga Pembantu Rektor Jadi Calon Rektor Unsoed
http://www.pikiran-rakyat.com/node/249470

Kamis, 05/09/2013 – 17:46
PURWOKERTO, (PRLM).- Senat Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah mengusulkan tiga nama calon untuk mengisi kekosongan jabatan rektor hingga pemilihan pada 2014. Senat juga mengajukan pemberhentian Rektor Prof Dr Edy Yuwono Mpd. yang ditahan terkait dugaan korupsi. Pembantu Rektor I Unsoed Prof Dr Yedi Sumaryadi MS, mengatakan, berdasarkan rapat Senat, mengusulkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tiga nama calon rektor untuk mengisi kekosongan jabatan Rektor Unsoed mengantikan Edy Yuwono. Sesuai aturan tiga nama yang diusulkan adalah Purek I, II dan III, yang kini dijabat Yedi Sumaryadi, Dr Eko Hariyanto SE Ak, dan Prof Dr Imam Santoso MSi. Sebelumnya Senat sudah mengusulkan pemberhentian Rektor Edy. ” Senat Unsoed selain mengusulkan tiga nama untuk menjadi rektor, juga usulan pembehentian Edy dari jabatan Rektor.” Kata Yedi Kamis (5/9).Usulan penghentan Rektor Unseod Edy Yuwono oleh senat dengan penetepan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi dana CSR PT Aneka Tambabng pada 2011 dengan nilai kerugian Rp 2,154 miliar.Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto manahan Edy di di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Purwokerto. Selain Edy,dana hibah juga telah enyeret PR IV Budi Rustomo dan kepala UPT Penerbitan dan Percetakan Unsoed Winarto Hadi.

…dst

6 ) Kampus Pecah, Mahasiswa Kedokteran UISU Ancam Pindah
http://www.jpnn.com/read/2013/09/07/189791/Kampus-Pecah,-Mahasiswa-Kedokteran-UISU-Ancam-Pindah

Sabtu, 07 September 2013 , 13:01:00
MEDAN – Pertikaian di internal Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) hingga kini belum menemui titik terang. Padahal kejadian sudah berlangsung tujuh 7 tahun. Buntut pertikaian yang dialami oleh pengurus yayasan ialah terpecahnya UISU menjadi dua yakni kampus Al-Munawwarah yang terletak di Jalan Sisingamangraja dan Kampus Al-Manar yang terletak di Jalan Karya Bakti Medan Johor. Hal ini yang menjadi alasan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UISU Al-Munawwarah melakukan aksi demonstrasi di kampusnya, Jum’at (6/9). Mahasiswa juga mengancam akan pindah dari kampus Al-Munawwarah ke kampus Al-Manar apabila pihak kampus tidak kunjung menyelesaikan persoalan ini. “Kalau rektor tidak bisa memastikan mengenai izin kampus, maka mahasiswa akan pindah ke UISU Al-manar,” teriak Alfonso Yesa.
Alfonso Yesa yang juga Mantan Gubernur FK priode 2011-2012 dalam orasinya juga mendesak rektor menyelesaikan polemik yang sudah terjadi berlarut-larut. Di antaranya persoalan ijazah. Bukan hanya itu dia juga menuntut agar pihak universitas mendaftarkan mahasiswanya ke Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED). Selain itu, mereka mendesak agar rektor memperjuangkan nasib para alumni yang terganjal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang pelaksanaan wisuda dan penerimaan mahasiswa baru (PMB).

…dst

7 ) Gara-Gara Ijazah, Ratusan Mahasiswa Kedokteran UISU Nyaris Bentrok
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/06/373/862057/gara-gara-ijazah-ratusan-mahasiswa-kedokteran-uisu-nyaris-bentrok

Jum’at, 06 September 2013 19:40 wib
MEDAN – Ratusan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Al Munawaroh Medan, Jumat (6/9/2013) menggelar aksi mogok kuliah dan blokir kampus mereka, yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Medan. Ratusan mahasiswa ini mengaku kesal dan kecewa, karena yayasan tempat mereka menuntut ilmu, dianggap lalai memperjuangkan keabsahan pendidikan para mahasiswanya. Alfonso salah seorang mahasiswa pengunjuk rasa mengatakan, setelah surat edaran dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumut-Aceh menyatakan status yayasan UISU Al Munawaroh tidak sah. Yayasan tak kunjung memberikan penjelasan kepada mahasiswa. Yayasan juga tidak berupaya untuk memperjuangkan legalitas tersebut, namun tetap menerima mahasiwa baru. Alfonso pun menuding, pengabaian oleh yayasan sebagai bentuk penipuan kepada para mahasiswa.”Kami sudah keluar puluhan hingga ratusan juta untuk kuliah disini. Sekarang dalam kondisi begini, legalitas universitas ini dipertanyakan. Lalu bagaimana nasib ijazah kami nanti. Kami sudah lelah bertanya, tapi enggak ada jawaban yang memuaskan,” teriaknya saat berorasi.

…dst

8 ) Menag diminta gelar sidang isbat soal Miss World
http://www.antaranews.com/berita/394498/menag-diminta-gelar-sidang-isbat-soal-miss-world

Sabtu, 7 September 2013 11:00 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Aktifis muda Muhammadiyah Mustofa B Nahrawardaya mengusulkan kepada Menteri Agama (Menag) agar menggelar sidang darurat yang menyerupai Sidang Isbat untuk menanggapi rencana penyelenggaraan ajang kompetisi Miss World 2013 di Indonesia, “Demi melindungi umat Islam dari apa yang disebut Gempuran Budaya Bugil bernama Miss World 2013, ada baiknya Menteri Agama menggelar sidang darurat mirip sidang isbat secepatnya,” kata Mustofa dalam rilis yang diterima ANTARA, Sabtu. Jika Menag menginisiasi sidang `isbat` itu, maka seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam akan hadir untuk memberikan dukungan agar diketahui keinginan ormas islam terkait perhelatan Miss World 2013. “Sidang isbat ini harus segera digelar karena empat alasan, yaitu waktu penyelenggaraannya sudah dekat, hampir semua ormas islam sudah bersuara, ajang ini berpotensi menimbulkan perang saudara dan penyelenggara cenderung tak menghargai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” ujar Mustofa.

…dst

9 ) Kemdikbud Mulai Produksi Film Soekarno
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1687

09/06/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan akan memproduksi film dokumenter tentang presiden pertama Indonesia, Soekarno. Produksi film dokumenter tersebut ditandai dengan launching produksi Film Soekarno di Hotel Atlet Century, Senayan (5/9). Film akan memfokuskan pada masa pengasingan Soekarno di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Film ini akan berkisah tentang peristiwa dari sebuah fase penting dalam perjuangan Soekarno yang berlangsung sekitar tahun 1934-1938 di Ende, NTT. Di Ende lah, di bawah pohon sukun di pinggir pantai, Soekarno merumuskan jati diri bangsa Indonesia, yang kelak kemudian dikenal sebagai Pancasila, Dasar Negara RI. Di sana lah Soekarno melakukan perlawanan dengan mementaskan kisah perjuangan dan ramalan kejayaan Indonesia kelak, dengan salah satu karyanya yang berjudul Doktor Setan dan 1945. Dalam sambutannya, Dirjen Kebudayaan Kacung Maridjan mengatakan, berdasarkan UU No. 33 tahun 2009 tentang Perfilman, pemerintah berkewajiban memfasilitasi pembuatan film untuk memenuhi ketersediaan film Indonesia. Dalam hal ini Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemdikbud mempunyai tugas untuk memfasilitasi memproduksi Film Soekarno. “Karena sosok Bung Soekarno dianggap sebagai inspirasi bangsa khususnya untuk generasi muda agar mencintai tanah air dan bangsanya,” ujarnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya keluarga besar Soekarno karena sangat mendukung mewujudkan pembuatan film ini walau dengan anggaran yang terbatas.

…dst

10 ) Pimpinan universitas se-Indonesia ikuti pelatihan persiapan akreditasi
http://www.antaranews.com/berita/394332/pimpinan-universitas-se-indonesia-ikuti-pelatihan-persiapan-akreditasi

Jumat, 6 September 2013 14:22 WIB
Batam (ANTARA News) – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) melatih 162 orang pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia agar dapat meraih akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ketua Umum APTISI Prof. Dr.Edy Suandi, di Batam, Jumat, mengatakan akreditasi sangat dibutuhkan untuk menjamin kualitas institusi perguruan tinggi maupun program studi sehingga APTISI mendorong seluruh PTS agar dapat meraih akreditasi. “Mulai 2014, semua perguruan tinggi wajib terakrediasi institusi sebagai bentuk akuntabilitas kepada seluruh pemangku kepentingan bahwa penyelenggara pendidikan di perguruan tinggi teruji kualitasnya secara formal,” kata Edy. Dalam pelatihan yang dilaksanakan 5-7 September 2013 di Batam itu, panitia mengajak pimpinan Universitas Islam Indonesia berbagi pengalaman saat uji akreditasi di BAN-PT, karena perguruan tinggi tertua itu mendapat akreditasi A, bersama Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

…dst

11 ) UNS Kumpulkan Ahli Hukum Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/06/373/861723/uns-kumpulkan-ahli-hukum-indonesia

Jum’at, 06 September 2013 13:30 wib
SOLO – Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerjasama dengan Masyarakat Hukum dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Mahupiki di Solo, Jawa Tengah, 8-10 September 2013. “Munas ini diikuti 150 pengurus pusat, pengurus wilayah dan pengurus daerah Mahuoiki se-Indonesia,” jelas Ketua Pelaksana, Prof Dr. Supanto, SH, M.Hum., kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2013). Munas Mahupiki kali ini bertemakan konsolidasi dan efektivikasi organisasi serta tanggungjawabnya terhadap pembaharuan hukum pidana. Supanto mengimbuh, kegiatan itu juga akan dilengkapi seminar Pembaharuan KUHP dan KUHAP Tiada Ujung.”Sejumlah narasumber antara lain Ketua Mahupiki Prof Dr. Romli Atmasasmita, SH, LLM, Ketua Mahkamah Agung Dr. Harifin Tumpa,SH, Dr. Aziz Syamsuddin, SE, SH, MAF, MH dan Prof Dr. Komariah E Sapardjaja,SH,” jelasnya.

…dst

12 ) UGM manfaatkan urine sapi untuk pupuk cair
http://www.antaranews.com/berita/394415/ugm-manfaatkan-urine-sapi-untuk-pupuk-cair

Jumat, 6 September 2013 20:58 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta di Desa Pudak Wetan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, memanfaatkan urine sapi menjadi pupuk cair organik. “Urine sapi yang selama ini dianggap limbah sebenarnya dapat dimanfaatkan menjadi pupuk cair yang kualitasnya dapat diandalkan untuk menggantikan pupuk kimia,” kata Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Ali Agus di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, pupuk cair organik itu memiliki kandungan unsur hara yang lebih lengkap dibandingkan dengan pupuk kimia. Dengan pengolahan sederhana urine sapi dapat diubah menjadi pupuk cair yang nilainya lebih tinggi. “Pembuatan pupuk cair dapat dilakukan dengan cara sederhana. Teknologi pembuatan pupuk cair berbahan dasar urine mudah, murah, dan memberi banyak manfaat bagi petani dan peternak. Pupuk cair dibuat dengan bahan dasar urine, feses, starter, molasses, dan air,” katanya.

…dst

13 ) Mahasiswa Indonesia Runner Up Kompetisi Supply
http://www.jpnn.com/read/2013/09/05/189504/Mahasiswa-Indonesia-Runner-Up-Kompetisi-Supply

Kamis, 05 September 2013 , 19:22:00
SINGAPURA – Mahasiswa President University berhasil menjadi Runner Up dalam Asia Pacific Supply Chain Management Challenge (AP-SCMC) di Singapura. Dalam AP-SCMC yang diselenggarakan pada 4-5 September 2013, tim President University membawakan makalah dengan judul Cikarang Dry Port sebagai Solusi Permasalahan Logistik di Indonesia.
AP-SCMC merupakan bagian dari rangkauan kegiatan Supply Chain Asia Forum 2013. Patut dibanggakan, makalah itu mendapat apresiasi positif dari para peserta yang merupakan orang-orang profesional di bidang supply chain management se Asia Pacific. AP-SCMC tahun ini diikuti oleh 10 finalis dari enam negara, yaitu Singapura, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Filipina, dan Indonesia. Sebagai juara pertama adalah delegasi Filipina. “Cikarang Dry Port dapat menjadi tonggak inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bagi pelaku usaha di Indonesia,” kata tim mahasiswa President University yang terdiri dari Riany Amelia, Medyana Juniarti dan Rianty Setiawati dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN, Kamis (5/9). Ketiga pemakalah itu menyatakan, permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah keterbatasan pelabuhan laut dan tingginya dwelling time. Selain itu, minimnya infrastruktur dan ketidak pastian waktu pengiriman serta tingginya biaya menjadi tantangan bagi pelaku usaha industri untuk menurunkan total logistics cost yang masih tinggi di Indonesia.

…dst

14 ) Unsyiah akan beri gelar doktor untuk Presiden SBY
http://www.antaranews.com/berita/394416/unsyiah-akan-beri-gelar-doktor-untuk-presiden-sby

Jumat, 6 September 2013 21:01 WIB
Banda Aceh (ANTARA News) – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh akan memberikan gelar doktor kehormatan (doktor honoris causa) kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Rektor Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh, Jumat mengatakan subjek dan pertimbangan untuk pemberian gelar tersebut yakni terhadap kebijakan SBY pascagempa dan tsunami tahun 2004 yang dinilai sangat meringankan penderitaan rakyat Aceh. Penganugerahan gelar kehormatan kepada Presiden tersebut akan dilangsungkan pada puncak HUT ke-52 Unsyiah pada 20 September. Kebijakan tersebut tertuang melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Nomor 2 tahun 2005 tentang Badan Rehabilitasi dan rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan Masyarakat Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias Sumatera Utara yang kemudian dikukuhkan menjadi Undang-Undang nomor 10 Tahun 2005.

…dst

15 ) BEM Luncurkan Gerakan UI Mengajar
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/06/3/179904/-BEM-Luncurkan-Gerakan-UI-Mengajar

Jum’at, 06 September 2013 | 15:10 WIB
Metrotvnews.com, Depok: Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia meluncurkan program Gerakan UI Mengajar (GUIM) yang merupakan wadah bagi mahasiswa UI untuk mengajar dan menggerakkan aksi sosial terintegrasi yang ditujukan bagi siswa sekolah dasar serta masyarakat di pelosok daerah. “GUIM akan mengirimkan para pengajar ke tiga titik di Indramayu selama 25 hari yang akan melibatkan 36 mahasiswa tenaga pengajar,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di Depok, Jumat (6/9). Tema yang diusung GUIM angkatan ke-3 kali ini adalah “Mewarnai Negeri, Menginspirasi Bangsa”. Pendaftaran bagi mahasiswa UI yang berminat menjadi pengajar untuk ditempatkan di daerah pelosok selama aksi mengajar berlangsung yaitu Januari 2014 (selama liburan semester ganjil). Pada angkatan ke-1, kegiatan GUIM mengambil lokasi di Garut dengan tenaga pengajar berjumlah 30 mahasiswa. Sedangkan pada angkatan ke-2 mengambil lokasi di Banten dengan sumber daya pengajar sama yaitu 30 mahasiswa. Ia mengatakan dari tahun ke tahun antusiasme mahasiswa UI terhadap program GUIM terus meningkat, terbukti dari jumlah pendaftar program GUM angkatan 1 dan 2 yang diikuti oleh lebih dari 300 pelamar dari seluruh fakultas yang ada di UI. Adapun tahapan seleksi bagi pelamar GUIM adalah esai, focus group discussion (FGD), simulasi mengajar dan wawancara.

…dst

16 ) UMY kirim tujuh mahasiswa ke Malaysia
http://www.antaranews.com/berita/394457/umy-kirim-tujuh-mahasiswa-ke-malaysia

Jumat, 6 September 2013 23:36 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengirimkan tujuh mahasiswa ke Universiti Utara Malaysia untuk mengikuti program pertukaran pelajar selama enam bulan. “Ketujuh mahasiswa itu berasal dari International Program of International Relations (Ipirel) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) angkatan 2011,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol (BHP) UMY Ratih Herningtyas di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, mereka selama enam bulan akan mengikuti perkuliahan dengan sistem transfer kredit di College of Law, Government and International Studies (Colgis) Universiti Utara Malaysia (UUM). Dalam tiga tahun terakhir, kata dia, Ipirel UMY dan Colgis UUM telah menjalin kerja sama sehingga memungkinkan kedua program studi tersebut melakukan pertukaran mahasiswa dengan sistem transfer kredit.

…dst

17 ) Mie berbahan singkong dikenalkan di IPB Agrifuture
http://www.antaranews.com/berita/394159/mie-berbahan-singkong-dikenalkan-di-ipb-agrifuture

Kamis, 5 September 2013 17:04 WIB
Bogor (ANTARA News) – Mie ayam berbahan singkong diperkenalkan pada “IPB Agrifuture Expo 2013″ yang digeler bertepatan Dies Natalis ke-50 di Kampus IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat. “Produk mie ayam ini berbahan baku tepung singkong termodifikasi atau Modified Cassava Flour (Mocaf). Inovasi ini merupakan hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2012,” kata Laeli Nur Hasanah, mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB yang meneliti mei itu disela pembukaan kegiatan. “Agrifuture Expo” yang berlangsung pada 5-7 September 2013 yang dipusatkan di Kampus IPB Baranangsiang adalah gelar inovasi teknologi terbaik yang dihasilkan IPB untuk mendukung kemajuan pertanian Indonesia. Kegiatan expo itu diikuti oleh seluruh fakultas, LPPM dan mitra IPB yang telah memanfaatkan berbagai inovasi IPB, sehingga pihaknya mengharapkan masyarakat luas bisa mengunjungi.

…dst

18 ) Pemerintah Siap Ajukan RUU ASN untuk Dibahas DPR
http://www.pikiran-rakyat.com/node/242386

Jumat, 12/07/2013 – 06:06
JAKARTA, (PRLM)-Setelah dua tahun masa pembahasan, pemerintah akhirnya merampungkan draf RUU ASN. Pekan depan, pemerintah akan menyampaikan RUU tersebut ke DPR untuk dibahas lebih lanjut. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyetujui substansi setiap pasal yang termuat dalam RUU tersebut. Penyempurnaan RUU ASN dilakukan melalui Sidang Kabinet yang berlangsung di Kantor Presiden, Jln. Veteran, Jakarta Pusat.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar mengatakan bahwa RUU tersebut akan memperketat pola rekrutmen pegawai negeri di berbagai tingkat pemerintahan baik pusat maupun daerah. Menurut dia, pegawai ASN kelak akan terdiri dari PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dengan basis utama kompetensi, kompetisi, dan kinerja. “Jadi yang kedua ini diangkat oleh pejabat negara sesuai ketentuan berlaku sesuai kebutuhan dan dalam jangka waktu tertentu bisa satu, dua, tiga tahun. Jadi tidak ada lagi yang honorer, cuma ada dua macam, yaitu PNS dan PPPK,” ujarnya.

…dst

19 ) Kementerian PAN-RB Buka Lowongan 50 CPNS, Ada Formasi Untuk Putra Papua dan Tuna Daksa
http://www.setkab.go.id/berita-10174-kementerian-pan-rb-buka-lowongan-50-cpns-ada-formasi-untuk-putra-papua-dan-tuna-daksa.html

Sabtu, 07 September 2013 – 07:15 WIB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) pada tahun 2013 ini membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 53 orang untuk mengisi formasi pada 43 jabatan, mulai dari operator komputer, analis, sampai auditor. Pendaftaran dimulai tanggal 6 sampai 20 September 2013. Dari jumlah itu, ada dua formasi khusus, yakni satu orang untuk putra-putri terbaik Papua dan satu penyandang cacat tuna daksa. Formasi bagi putra-putri Papua untuk mengisi jabatan perencana pada Biro Perencanaan dan Manajemen Kinerja, dengan syarat pendidikan lulusan S1 Akuntansi.Sedangkan formasi untuk tuna daksa, akan diposisikan sebagai pranata komputer pada Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik. Pelamar diutamakan yang memahami dan menguasai dasar-dasar pemrograman komputer, dengan pendidikan S1 Ilmu Komputer/Sistem Informasi/Manajemen Informatika/Teknik Komputer/Sistem Komputer/Teknik Informatika.

…dst

20 ) Tes Dilaksanakan Sekali, Pengangkatan Tenaga Honorer K2 Dilakukan Tahun Ini dan Tahun Depan
http://www.setkab.go.id/berita-10173-tes-dilaksanakan-sekali-pengangkatan-tenaga-honorer-k2-dilakukan-tahun-ini-dan-tahun-depan.html

Sabtu, 07 September 2013 – 06:43 WIB
Pemerintah merencanakan pada tahun ini, pemerintah hanya akan mengangkat 109 ribu tenaga honorer kategori II (K2), atau yang pendapatannya tidak bersumber dari APBN/APBD. Sedangkan sisanya akan dilakukan pada tahun depan, yaitu 2014. “Pengangkatan tenaga honorer kategori 2 (K-2) menjadi CPNS akan dilakukan dua tahap, yakni tahun 2013 dan 2014. Untuk tahun ini, rencananya akan diangkat 109 ribu dari yang lulus tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) pada tanggal 3 November 2013 mendatang,” kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras (PAN-RB) Eko Prasojo dalam percakapan dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (6/9). Adapun pelaksanaan tes, menurut Eko, dilakukan hanya sekali, tetapi yang lulus diangkat tahun ini dan tahun depan. “Selanjutnya tidak ada lagi cerita tentang honorer,” tegas Eko. Menurut Wakil Menteri PAN-RB itu, 109.000 orang tenaga honorer K2 yang lulus TKD itu akan diangkat menjadi CPNS bersama pelamar umum yang diterima. “Formasi untuk CPNS dari pelamar umum sebanyak 65 ribu. Untyuk pusat 25 ribu, dan untuk daerah 40 ribu,” tambahnya.

…dst

21 ) Daftar Instansi Daerah yang Merekrut CPNS 2013
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1775

***
22 ) Daftar Instansi Pusat yang merekrut CPNS 2013
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1774

***
23 ) Alamat Pengaduan
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1776

Hati-hati dengan PENIPUAN penerimaan CPNS dari pelamar umum dan tenaga honorer K-II yang mengatasnamakan pejabat Kementerian PANRB dengan meminta imbalan.
Sampaikan pengaduan anda melalui :
situs : http://siduta.menpan.go.id
email : pengaduan.cpns@menpan.go.id

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *