Berita Edukasi, 5 September 2013

1 ) Tiga Pembantu Rektor Jadi Calon Rektor Unsoed
http://www.pikiran-rakyat.com/node/249470

Kamis, 05/09/2013 – 17:46
PURWOKERTO, (PRLM).- Senat Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah mengusulkan tiga nama calon untuk mengisi kekosongan jabatan rektor hingga pemilihan pada 2014. Senat juga mengajukan pemberhentian Rektor Prof Dr Edy Yuwono Mpd. yang ditahan terkait dugaan korupsi. Pembantu Rektor I Unsoed Prof Dr Yedi Sumaryadi MS, mengatakan, berdasarkan rapat Senat, mengusulkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tiga nama calon rektor untuk mengisi kekosongan jabatan Rektor Unsoed mengantikan Edy Yuwono.Sesuai aturan tiga nama yang diusulkan adalah Purek I, II dan III, yang kini dijabat Yedi Sumaryadi, Dr Eko Hariyanto SE Ak, dan Prof Dr Imam Santoso MSi. Sebelumnya Senat sudah mengusulkan pemberhentian Rektor Edy. ” Senat Unsoed selain mengusulkan tiga nama untuk menjadi rektor, juga usulan pembehentian Edy dari jabatan Rektor.” Kata Yedi Kamis (5/9). Usulan penghentan Rektor Unseod Edy Yuwono oleh senat dengan penetepan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi dana CSR PT Aneka Tambabng pada 2011 dengan nilai kerugian Rp 2,154 miliar. Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto manahan Edy di di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Purwokerto. Selain Edy,dana hibah juga telah menyeret PR IV Budi Rustomo dan kepala UPT Penerbitan dan Percetakan Unsoed Winarto Hadi. Sedang tersangka lain, Suatmaji, mantan pejabat PT Antam di Jakarta belum ditahan meski statusnya saman menjadi tersangka.

…dst

2 ) Dosen Unair Raih Doktor Teknologi Nano di Bulgaria
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/09/05/msmmg5-dosen-unair-raih-doktor-teknologi-nano-di-bulgaria

Kamis, 05 September 2013, 07:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Andi Zaidan, dosen berusia 30 tahun dari Universitas Airlangga berhasil meraih gelar doktor (PhD) bidang teknologi nano di University of Chemical Technology and Metallurgy, Sofia Bulgaria, setelah mempertahankan disertasinya pada Rabu, di Sofia. Disertasi dia berjudul Thin Chalcogenide Film for Optoelectronics dan dipertahankan dalam sidang sekitar dua jam di hadapan lima guru besar dari berbagai universitas terkemuka di Bulgaria yang secara aklamasi dan suara bulat menyetujui promosi Zaidan. Informasi dari Kepala Fungsi Penerangan KBRI di Sofia, Dina Martina, menyatakan, penelitian yang Zaidan sangat menarik, yaitu terkait media penyimpanan data seperti flash drive yang memiliki fitur jauh lebih canggih dengan kecepatan tulis/baca data 100 kali lebih cepat, bisa menyimpan lebih banyak data dan yang paling menarik terbuat dari glass.

…dst

3 ) Anies imbau perguruan tinggi ciptakan agen of change
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/06/15/779885/anies-imbau-perguruan-tinggi-ciptakan-agen-of-change

Jum’at, 6 September 2013 ? 03:38 WIB
Sindonews.com – Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan mengimbau kepada perguruan tinggi di Indonesia, untuk mampu menciptakan lulusan yang bisa menjadi agen perubahan (agen of change) di masyarakat. Hal itu disampaikan Anies dalam seminar peringatan Dies Natalis Sekolah Pascasarjana UGM. Menurutnya, lulusan perguruan tinggi bukan lulusan pencari kerja. “Perguruan tinggi itu harus menghasilkan agen perubahan, bukan penyedia tenaga kerja. Di tengah tantangan dunia modern sekarang ini, perguruan tinggi juga harus mengemban perannya sebagai eskalator yang menjembatani kesuksesan mahasiswa, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu,” ujarnya, Kamis (5/9/2013). Sementara Diretur SPS UGM Prof Dr Hartono mengatakan, masalah yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah ketimpangan infrastruktur, sarana dan prasarana dan ketersediaan energi.

…dst

4 ) Penghargaan UT untuk Kabupaten Halmahera Selatan
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/04/3/179493/Penghargaan-UT-untuk-Kabupaten-Halmahera-Selatan

Rabu, 04 September 2013 | 22:23 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pada usianya yang ke 29 tahun 2013, Universitas Terbuka memberikan penghargaan UT Award untuk Kabupaten Halmahera Selatan. Rektor UT Tian Belawati mengatakan UT Award tahun ini diberikan kepada Kabupaten Halmahera Selatan. Penghargaan itu dengan alasan pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan bersungguh sungguh bersama UT menjalankan visi dan misi membangun sumber daya manusia (SDM) bidang pendidikan. “Kabupaten Halmahera Selatan meraih UT Award karena berhasil meningkatkan SDM dalam bidang pendidikan,” kata Tian pada acara Dies Natalis ke 29 di kampus UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (4/9). Pejabat daerah Halmahera Selatan Helmi Surya Botuti yang menerima UT Award mengatakan pihaknya telah bekerja sama denga UT dengan melibatkan 300 guru yang menempuh pendidikan sekolah dasar untuk guru, dan 30 guru untuk mata pelajaran manajemen dan administrasi.

…dst

5 ) Universitas Petra Bangun “Green Building” Rp200 Miliar
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/117202/universitas-petra-bangun-green-building-rp200-miliar

05 Sept 2013 20:14:55
Surabaya (AntaraJatim) – Universitas Kristen Petra Surabaya membangun “green building” senilai Rp200 miliar yang merupakan universitas pertama yang memiliki gedung hemat energi di Kota Pahlawan dengan konsep sudah dipublikasikan majalah internasional “Architecture 12″. Pembangunan gedung itu ditandai dengan pemancangan tiang pancang oleh Wali Kota Surabaya Ir Tri Rismaharini MT bersama Rektor Universitas Petra Surabaya Prof Dr.Eng Ir Rolly Intan MASc di belakang gedung P dari kampus setempat, Kamis. “Bangunannya ada dua menara (tower) yang sama-sama miring yakni tower 10 lantai dan tower 12 lantai. Biayanya memang lebih mahal dibandingkan dengan gedung biasa, karena konsep green building memang lebih mahal 10-25 persen daripada gedung biasa,” kata Prof Rolly Intan.Namun, katanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini merasa senang dengan bentuk bangunan yang unik itu. “Secara bercanda, bu Wali Kota bilang akan pulang kalau bentuk bangunannya kotak-kotak, karena bentuknya itu-itu saja, tapi beliau senang ada kreasi dan inovasi,” katanya.

…dst

6 ) Empat Mahasiswa Unas Maju ke Forum Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2013/09/05/1516539/Empat.Mahasiswa.Unas.Maju.ke.Forum.Internasional

Kamis, 5 September 2013 | 15:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — I Gede Pandu Wirawan, mahasiswa dari jurusan Hubungan Internasional (HI) FISIP Universitas Nasional (Unas) angkatan 2009, mengikuti program Summer School UNAOC-EF di New York, Amerika Serikat, pada 24-31 Agustus 2013 lalu. Pandu lolos seleksi sebagai satu dari 3.000 mahasiswa internasional yang disaring dari 12.000 peserta pendaftar. Sebelumnya, Pandu juga mewakili Indonesia di ajang Youth Forum Community of Democracy di Mongolia, April 2013 lalu, serta bertandang ke Vienna, Austria, untuk mengikuti Global Forum Vienna 2013. Pada Februari lalu, ia juga terpilih menjadi peraih beasiswa Study of the United States Institutes for Student Leader’s ke AS.

…dst

7 ) Tiga mahasiswa ini berjaya di Singapura
http://www.antaranews.com/berita/394114/tiga-mahasiswa-ini-berjaya-di-singapura

Kamis, 5 September 2013 13:59 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Mahasiswa President University, Jababeka berhasil menjadi runner up Asia Pacific Supply Chain Management Challenge (AP-SCMC) di Singapura, 4-5 September 2013 melalui makalah berjudul “Cikarang Dry Port sebagai Solusi Permasalahan Logistik di Indonesia”. Dalam paparannya, ketiga mahasiswa yaitu Riany Amelia, Medyana Juniarti dan Rianty Setiawati menyampaikan potensi Cikarang Dry Port sebagai tonggak inovasi dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi bagi pelaku usaha di Indonesia. “Permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah keterbatasan pelabuhan laut dan tingginya dwelling time (waktu tunggu pengeluaran barang dari pelabuhan)”, kata Riany melalui surel di Jakarta, Kamis.Dia menambahkan, minimnya infrastruktur dan ketidakpastian waktu pengiriman serta tingginya biaya menjadi tantangan bagi pelaku industri untuk menurunkan total beban logistiks yang masih tinggi di Indonesia.

…dst

8 ) Ultah ke-50, IPB Wisuda 800 Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/05/373/861261/ultah-ke-50-ipb-wisuda-800-mahasiswa

Kamis, 05 September 2013 16:09 wib
JAKARTA – Bertepatan dengan dies natalis ke-50, Institut Pertanian Bogor (IPB) juga mewisuda 800 mahasiswa. Mereka terdiri dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sarjana, magister, dan doktor.Dalam wisuda kali ini, segenap civitas academica IPB kedatangan tamu istimewa. Mereka adalah para delegasi 2nd University Network for Tropical Agriculture (UNTA) Meeting and Seminar dari berbagai negara, seperti Taiwan, Malaysia, Thailand, Vietnam, Jepang, Belanda, Jerman, dan Australia. “UNTA adalah forum komunikasi antar perguruan tinggi pertanian untuk melakukan integrasi dan kerjasama, serta untuk menciptakan hubungan yang lebih erat dalam rangka meningkatkan pendidikan tinggi, pelatihan dan penelitian di bidang pertanian tropis. Menjadi suatu kehormatan, IPB menjadi tuan rumah untuk pertemuan UNTA pada 2013,” kata Rektor IPB Herry Suhardiyanto dalam sambutannya, seperti dinukil dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (5/9/2013).

…dst

9 ) Mie berbahan singkong dikenalkan di IPB Agrifuture
http://www.antaranews.com/berita/394159/mie-berbahan-singkong-dikenalkan-di-ipb-agrifuture

Kamis, 5 September 2013 17:04 WIB
Bogor (ANTARA News) – Mie ayam berbahan singkong diperkenalkan pada “IPB Agrifuture Expo 2013″ yang digeler bertepatan Dies Natalis ke-50 di Kampus IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat.”Produk mie ayam ini berbahan baku tepung singkong termodifikasi atau Modified Cassava Flour (Mocaf). Inovasi ini merupakan hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2012,” kata Laeli Nur Hasanah, mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB yang meneliti mei itu disela pembukaan kegiatan.”Agrifuture Expo” yang berlangsung pada 5-7 September 2013 yang dipusatkan di Kampus IPB Baranangsiang adalah gelar inovasi teknologi terbaik yang dihasilkan IPB untuk mendukung kemajuan pertanian Indonesia. Kegiatan expo itu diikuti oleh seluruh fakultas, LPPM dan mitra IPB yang telah memanfaatkan berbagai inovasi IPB, sehingga pihaknya mengharapkan masyarakat luas bisa mengunjungi.

…dst

10 ) IPB desak Pemerintah serius benahi pertanian
http://www.antaranews.com/berita/394098/ipb-desak-pemerintah-serius-benahi-pertanian

Kamis, 5 September 2013 12:16 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Memasuki usia yang ke 50 tahun, Institut Pertanian Bogor (IPB) mendesak Pemerintah untuk mengutamakan dan serius membenahi pertanian. “IPB merasakan pembangunan pertanian belum optimal dilaksanakan. Hal itu ditandai dengan masih rendahnya produksi pertanian dalam negeri dibandingkan kebutuhan pangan nasional,” kata Rektor IPB Prof Dr Herry Suhardiyanto pada saat membuka IPBAgrifutureEXPO 2013 dalam rangka Dies Natalis ke-50, di Kampus IPB Baranangsiang, Bogor, Kamis. Herry dalam keterangan tertulis IPB menyatakan masih tingginya ketergantungan terhadap impor pertanian serta sistem tata niaga pertanian yang tidak sehat yang berdampak pada kelangkaan dan tingginya harga di dalam negeri. Indonesia dikatakannya juga masih menghadapi rendahnya kualitas kesehatan penduduk serta minimnya kesejahteraan petani, nelayan dan peternak.

…dst

11 ) Rektor IPB ungkap solusi atasi krisis kedelai
http://www.antaranews.com/berita/394107/rektor-ipb-ungkap-solusi-atasi-krisis-kedelai

Kamis, 5 September 2013 13:16 WIB
Bogor (ANTARA News) – Rektor Institut Pertanian Bogor Prof Herry Suhardiyanto mengemukakan bahwa krisis kedelai dan juga pangan tidak perlu terjadi jika inovasi-inovasi yang dilakukan perguruan tinggi itu dimanfaatkan secara maksimal. “IPB memiliki kelengkapan ilmu pertanian yang paripurna dengan kualitas bertaraf internasional, yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan oleh negeri ini,” katanya di Kampus IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis. Ketika membuka “IPB Agrifuture Expo 2013″ dalam rangka Dies Natalis ke-50, ia menegaskan bahwa sejak didirikan 50 tahun silam hingga masa mendatang IPB tetap berkomitmen untuk mendukung bangsa ini guna semakin memperbaiki kualitas pertanian.Sesuai dengan slogan “Mencari dan Memberikan Yang Terbaik”, katanya, esensinya adalah terbaik untuk pertanian dan terbaik untuk bangsa Indonesia.

…dst

12 ) MK Tolak Gugatan Dana Pensiun Anggota DPR
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/06/063510846/MK-Tolak-Gugatan-Dana-Pensiun-Anggota-DPR

Jum’at, 06 September 2013 | 05:30 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:Mahkamah Konstitusi menolak seluruhnya permohonan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sidoarjo periode 2004-2009, I Wayan Dendra yang menguji Undang-undang Nomor 12 Tahun 1980 tentang Hak Keuangan Pejabat Negara. Ia menggugat karena perundangan tersebut hanya mengatur hak dana pensiun untuk mantan anggota DPR, sedangkan mantan anggota DPRD dan DPD tidak terakomodasi. “Ada pun tidak dimasukkannya mantan anggota DPD untuk menerima dana pensiun, menurut Mahkamah oleh karena Undang-Undang tersebut diundangkan pada tahun 1980, sedangkan pembentukan DPD baru dicantumkan dalam UUD 1945 pada Perubahan Ketiga tahun 2001,” kata Hakim Konstitusi Arief Hidayat saat membacakan pertimbangan hukumnya, Kamis, 5 September 2013.

…dst

13 ) KPK Ajak Kampus Ikut Basmi Korupsi
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/05/079510685/KPK-Ajak-Kampus-Ikut-Basmi-Korupsi

Kamis, 05 September 2013 | 16:29 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, menyatakan lembaganya membutuhkan dukungan kalangan akademisi untuk menuntaskan kerja pemberantasan korupsi. Dia menyampaikan ini ketika memberikan kuliah umum di depan 4000 mahasiswa baru Program Pascasarjana UGM di Grha Sabha Pramana pada Kamis, 5 September 2013. “KPK sangat membutuhkan bantuan kalangan kampus untuk memberantas korupsi. Generasi baru setelah era ini harus menganggap korupsi itu barang purba karena sudah tidak pernah terjadi di Indonesia,” kata Abraham. Dia mengeluh sampai sekarang kapasitas KPK masih sangat terbatas untuk melakukan kerja pemberantasan korupsi yang mencakup wilayah penindakan dan pencegahan. Kata dia, korupsi di Indonesia sudah pada taraf sistematis dan pelakunya memiliki kualitas intelektual tinggi sehingga sangat berat apabila hanya mengandalkan institusi KPK. “Kami hanya punya 700 pegawai, 70-an penyidik, tetapi harus memantau semua wilayah di Indonesia,” kata dia.

…dst

14 ) Abraham Samad: Rudi Rubiandini Orang Serakah
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/05/063510628/Abraham-Samad-Rudi-Rubiandini-Orang-Serakah

Kamis, 05 September 2013 | 14:17 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menilai bekas Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Rudi Rubiandini, orang yang serakah. “Gaji sebagai Kepala SKK Migas Rp 220 juta sebulan, dan gajinya sebagai Komisaris Bank Mandiri senilai Rp 75 juta, tapi masih menerima suap,” kata Abraham saat menyampaikan kuliah umum di depan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Kamis, 5 September 2013. Abraham menganggap Rudi seharusnya bisa menolak suap karena sudah mendapatkan fasilitas lengkap dari negara dan memiliki pendapatan tinggi. Abraham menilai pejabat negara dengan gaji besar dan fasilitas mewah yang melakukan korupsi memiliki sifat tamak. Kata dia, korupsi dilakukan bukan karena kebutuhan, tapi keserakahan. “Gaji Rp 300-an juta sebulan itu, kan, tidak habis dimakan. Ini karena dia punya sifat tamak,” ujar Abraham. Dia menjelaskan, kejahatan korupsi bisa dilakukan dengan dua motivasi, yakni keserakahan atau karena kebutuhan. Bagi Abraham, koruptor dari kalangan pegawai negeri sipil golongan terendah, yang hanya bergaji Rp 2 jutaan per bulan, melakukan kejahatan ini dengan motivasi kebutuhan. Untuk PNS rendahan seperti itu, menurut dia, bisa dicegah agar tidak melakukan korupsi, yaitu dengan menyetarakan gajinya sesuai standar kebutuhan di daerahnya saja.

…dst

15 ) Soal Lompatan Daya Saing Indonesia, Seskab: Ini Bukti Kebijakan Pembangunan Sudah Benar
http://www.setkab.go.id/berita-10134-soal-lompatan-daya-saing-indonesia-seskab-ini-bukti-kebijakan-pembangunan-sudah-benar.html

Rabu, 04 September 2013 – 20:11 WIB
Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan Indonesia menjadi negara dengan kenaikan peringkat daya saing yang cukup fantastis, sebagaimana dikutip dari laporan terbaru World Economics Forum (WEF) Global Competitivenes Report 2013-2014, Rabu (4/9). Menurut laporan WEF itu, peringkat daya saing Indonesia kini berada di posisi 38 dunia, atau melesat 12 peringkat dari setahun sebelumnya di posisi 50 dunia. “Setelah tiga tahun mengalami penurunan, Indonesia kembali melompat dan tercatat sebagai salah satu pertumbuhan terbesar tahun ini,” tulis WEF dalam laporan tersebut. Menurut Seskab Dipo Alam, raihan prestasi sebagaimana dirilis oleh WEF itu menunjukkan, bahwa kebijakan, program dan arah pembangunan yang dilakukan pemerintah selama ini sudah benar dan tepat. Sehingga mendapatkan apresiasi dari kalangan investor dan dunia usaha yang disurvei WEF.

…dst

16 ) Kementerian PU Buka Lowongan 200 CPNS
http://www.setkab.go.id/berita-10147-kementerian-pu-buka-lowongan-200-cpns.html
Kamis, 05 September 2013 – 13:00 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum (PU) membuka lowongan bagi 200 calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013, untuk mengisi jabatan teknik pengairan, teknik jalan dan jembatan, teknik tata bangunan, teknik lingkungan, penata ruang. dan beberapa jabatan lainnya. Penerimaan CPNS 2013 di Kementerian PU ini dilakukan dengan seleksi tes kompetensi dasar (TKD), tes kompetensi bidang (TKD), dan tes wawancara. Tahapan pelaksanaan rekrutmen meliputi: 1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan tes kemampuan dasar yang diukur berdasarkan pengetahuan Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum, dan Karakteristik Pribadi dilakukan dengan metode Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan tes direncanakan akan dilaksanakan di 12 Kantor Regional BKN di seluruh Indonesia. Pengumuman hasil Tes Kompetensi Dasar ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional berdasarkan nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan.

…dst

17 ) Informasi Penerimaan CPNS Kementerian/Lembaga Negara Tahun 2013 (Update 5/09/13 06:00 wib)
http://www.kopertis12.or.id/2013/09/05/informasi-penerimaan-cpns-kementerianlembaga-negara-tahun-2013.html
***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *