Berita Edukasi, 4 September 2013

1 ) Mendikbud RI-Kazakhstan Buka Festival (Kemlu RI)
http://news.detik.com/read/2013/09/04/125005/2348941/10/mendikbud-buka-festival-indonesia-pertama-dan-terbesar-di-asia-tengah?n991103605

Rabu, 04/09/2013 12:50 WIB – detikNews
Astana – Bersama Menteri Kebudayaan dan Informasi KazakhstanMukhkar Kul-Muhammed, Mendikbud M. Nuh membuka Festival Budaya Indonesia di Palace of Peace and Accord. Ini festival Indonesia pertama dan terbesar di Asia Tengah. Diawali pertunjukan Kendang Rampak, kedua menteri secara bersama-sama memukul kendang tradisional Indonesia sebagai tanda dibukanya festival kebudayaan yang berlangsungdi kota Astana, Senin (2/9/2013) waktu setempat. “Festival ini merupakan rangkaian kegiatan promosi Indonesia bersamaan dengan kunjungan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral Indonesis-Kazakhstan dan memperingati 20 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” ujarMendikbud Muh. Nuh dalam sambutan pembukaannya di depan ratusan pengunjung.

…dst

2 ) Aptisi dan Universitas Tasmania Jalin Kerja Sama Riset
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/04/3/179499/Aptisi-dan-Universitas-Tasmania-Jalin-Kerja-Sama-Riset

Rabu, 04 September 2013 | 21:44 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Aptisi dan Universitas Tasmania menjalin kerja sama dalam bidang riset yang saling menguntungkan. Wakil Rektor Universitas Tasmania David Sadler di Jakarta, Rabu (4/9), pada acara pertemuan dengan pengurus Aptisi (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) mengatakan pihaknya sangat tertarik melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia. Bahkan, David berkeinginan para pelajar Indonesia melihat Universitas Tasmania sebagai salah satu pilihan menjadi tempat tujuan belajar. “Tujuan kami ke Indonesia untuk mengembangkan mitra kerja dengan memperkuat penerapan riset, juga untuk pertukaran dosen dan mahasiswa,” kata Sadler. Universitas Tasmania merupakan salah satu universitas terbaik di dunia. Universitas Tasmania unggul dalam berbagai bidang, seperti sains, keinsinyuran dan teknologi, maritim dan kelautan, oseonografi, perikanan dan akuakultur, keperawatan dan ilmu kesehatan, bisnis, ilmu sosial dan humaniora.

…dst

3 ) ITS Loloskan Karya Terbanyak di Pimnas XXVI
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/04/079510393/ITS-Loloskan-Karya-Terbanyak-di-Pimnas-XXVI

Rabu, 04 September 2013 | 20:00 WIB
TEMPO.CO, Surabaya -Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya menduduki peringkat pertama perguruan tinggi dengan jumlah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI Mataram, Nusa Tenggara barat (NTB). Kepala Badan Pembinaan Kemahasiswaan ITS, Bambang Sampurno mengatakan capaian ini menunjukkan karya mahasiswa ITS lebih terarah, tertata, amanah, dan berstandar nasional.”Jumlah itu membawa ITS unggul atas rival lamanya, yaitu Universitas Gadjah Mada dan Universitas Brawijaya Malang,” kata Bambang di Surabaya, Rabu 4 September 2013. Dalam Pimnas XXVI, ITS membawa 44 tim yang berkesempatan memperebutkan medali di ajang bergengsi nasional Pimnas XXVI.Karya PKM ITS yang lolos dari masing-masing kategori antara lain empat PKM Kewirausahaan, 16 PKM Karsa Cipta (PKM KC), tujuh PKM Pengabdian Masyarakat (PKM M), enam PKM Penelitian (PKM P), lima PKM Teknologi (PKM T), dan enam PKM Gagasan Tertulis (PKM GT). ITS juga telah mempersiapkan program persiapan khusus bagi semua tim PKM. Setiap tim PKM diberi pembekalan dari segi teknik presentasi, penguatan produk, hingga intelektual output.

…dst

4 ) Akademisi UI Dukung Pembangunan PLTN
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/04/3/179424/-Akademisi-UI-Dukung-Pembangunan-PLTN

Rabu, 04 September 2013 | 09:06 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dapat dilakukan, asalkan ada keinginan dari pemerintah. Ketakutan dari masyarakat dapat diatasi, jika ada intervensi sosial. Bukan hanya sekedar dengan sosialisasi, seperti yang dilakukan pemerintah selama ini. “Apakah pemerintah dapat mewujudkan pembangunan PLTN, saya berpendapat itu bisa diwujudkan ” kata Citra Wardhani, peneliti dan dosen Universitas Indonesia, pada diskusi tentang Manfaat Energi Nuklir di Jakarta, Selasa (3/9). Menurut Citra terbatasnya studi-studi mengenai nuklir membuat masyarakat kurang mengerti. Kecenderungan masyarakat untuk melakukan penolakan pun menjadi besar. Untuk itu, masyarakat harus segera diberikan pilihan. Misalnya, kita pilih mana? hidup dengan listrik byarpet, atau dengan nuklir. “Jadi, harus jangan berat sebelah. Kalau tidak nanti tidak akan terwujud,” ujarnya. Sementara, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Djarot Sulistio Wisnu Broto, menegaskan, seluruh landasan hukum sudah cukup bagi indonesia untuk membangun PLTN. Keinginan politik pemerintah sudah ada. Dengan jumlah penduduk 240 juta jiwa, sudah tidak ada alasan menunda nuklir.

…dst

5 ) Pukat UGM Dukung KPK Banding Vonis Djoko Susilo
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/04/063510376/Pukat-UGM-Dukung-KPK-Banding-Vonis-Djoko-Susilo

Rabu, 04 September 2013 | 19:40 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi (PUKAT) UGM, Hifdhil Alim juga menyayangkan sikap Majelis Hakim di persidangan Djoko yang lebih banyak mendasarkan putusan pada pelanggaran bekas Kepala Korps Lalu Lintas terhadap pasal-pasal di UU Tindak Pidana Pencucian Uang. Kata dia Majelis Hakim kurang memperhatikan pelanggaran Djoko di pasal-pasal UU Tindak Pidana Korupsi sehingga mengabaikan tuntutan jaksa agar dia membayar uang pengganti kerugian negara sebanyak Rp32 miliar. “KPK harus mengajukan banding agar Djoko membayar uang pengganti itu,” ujar Hifdhil, Rabu 4 September 2013.Menurut dia Majelis Hakim juga tampak mengabaikan pertimbangan bahwa Djoko selama ini merupakan pejabat negara, polisi bintang dua, yang sudah menerima banyak fasilitas, tetapi masih melakukan korupsi. Kata Hifdhil tidak adanya pertimbangan ini membuat putusan hakim tidak menjatuhkan hukuman secara maksimal. “Yang bermasalah di putusan ini, hakim agak timpang, lebih berat ke aspek perampasan aset, semestinya kedua-duanya,” kata dia.

…dst

6 ) Dosen UGM: Vonis Djoko Susilo Bukti Hukum Lunak
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/04/063510370/Dosen-UGM-Vonis-Djoko-Susilo-Bukti-Hukum-Lunak

Rabu, 04 September 2013 | 19:08 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Rimawan Pradiptyo, pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, yang selama ini bekerja menganalisis putusan Mahkamah Agung di kasus-kasus korupsi periode 2001-2012, menilai vonis Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi terhadap Inspektur Jendral Djoko Susilo wajar dianggap tidak rasional dan mencederai rasa keadilan masyarakat.Apalagi, bersamaan dengan jatuhnya vonis itu, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Yogyakarta memberikan vonis dua bulan penjara dan denda Rp2 juta kepada Saidi, Pegawai Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gunungkidul, karena menerima suap Rp120.000. “Ini menguatkan analisis saya, putusan pengadilan cenderung lunak bagi koruptor kakap, namun keras untuk koruptor gurem,” kata dia kepada Tempo pada Rabu, 4 September 2013.

…dst

7 ) Rektor Undar Jombang Gugat UU Sisdiknas
Tolak Penetapan Tersangka oleh Polda Jatim
http://www.jpnn.com/read/2013/09/04/189173/Rektor-Undar-Jombang-Gugat-UU-Sisdiknas

Rabu, 04 September 2013 , 04:53:00
JAKARTA – Rektor Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Lukman Hakim Musta”in, mengajukan gugatan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Rektor pengganti Gus Dur itu tidak terima penetapan tersangka oleh Polda Jawa Timur terkait pendirian kampus baru dengan nama sama akibat konflik internal. Secara spesifik Lukman mengajukan permohonan pengujian frasa atau kalimat “tanpa hak” dalam pasal 67 ayat (1) dan frasa “tanpa izin pemerintah atau pemerintah daerah” dalam pasal 71 UU Sisdiknas itu. Selengkapnya pasal 67 ayat (1) menyebutkan,”Perseorangan , organisasi, atau penyelenggara pendidikan yang memberikan ijazah, sertifikat kompetensi, gelar akademik, profesi, dan/atau vokasi tanpa hak dipidana dengan pidana penjara paling lama sepuluh tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).” Sementara pasal 71 berbunyi; “Penyelenggara satuan pendidikan yang didirikan tanpa izin pemerintah atau pemerintah daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 62 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama sepuluh tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).”

…dst

8 ) Bantu 200 Kampus Swasta, Rp60 Miliar Meluncur
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/04/373/860713/redirect

Rabu, 04 September 2013 16:59 wib
BANDUNG – Pemprov Jawa Barat untuk tahun depan akan mengalokasikan dana sekira Rp60 miliar di APBD 2014 untuk bantuan bagi kampus swasta yang ada di Jawa Barat. Rencananya ada 200 kampus yang akan mendapat bantuan dengan besaran masing-masing Rp300 juta per kampus. Kepala Bappeda Jawa Barat, Deny Juanda, mengatakan program itu merupakan janji kampanye pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Sehingga setelah keduanya terpilih, janji itu akan direalisasikan. “Maksimal per kampus akan mendapat Rp300 juta pada 2014 nanti,” kata Deny, Rabu (4/9/2013). Dasar pemberian bantuan adalah agar kampus-kampus swasta jadi lebih baik, terutama dari segi ruang kelas. Sebab banyak kampus swasta yang kondisinya memprihatinkan. “Itu bantuannya untuk pembangunan ruang kelas,” ungkapnya. Tapi ia menegaskan jika bantuan itu bukan itu kebutuhan operasional kampus. Karena kampus swasta menarik SPP dari mahasiswanya. Bagi kampus yang membutuhkan bantuan itu, Deny mempersilakan yang bersangkutan mengajukan proposal permohonan bantuan ke Pemprov Jawa Barat. “Pokoknya yang membutuhkan silahkan diusulkan, masukkan proposalnya,” imbaunya.

…dst

9 ) Perangi Rokok, UMY Pilih Duta Antitembakau
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/09/04/mslgko-perangi-rokok-umy-pilih-duta-antitembakau

Rabu, 04 September 2013, 16:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Muhammadiyah Tobacco Control Centre (MTCC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) semakin gencar melakukan kampanye antirokok. Untuk menggiatkan program tersebut MTCC UMY menggaet kalangan pelajar dan mahasiswa di Yogyakarta.UMY bahkan melakukan pemilihan duta anti tembakau. Duta ini akan menjadi wakil MTCC UMY dalam kampanye anti rokok di kalangan pelajar dan mahasiswa. Pemilihan duta anti rokok sendiri dilakukan di Asri Medical Center UMY, Rabu (4/9). “Pelajar dan mahasiswa adalah agen perubahan yang efektif di masyarakat sehingga kita gandeng mereka untuk kegiatan ini,” ujar Divisi Pengembangan dan Pelatihan Kader MTCC UMY, Dianita Sugiyo.Menurutnya, pekan ini pihaknya menjaring duta dari pelajar, baru pekan depan dilakukan penjaringan duta mahasiswa. Diakuinya, saat ini ada 27 pelajar dari jenjang SMA di DIY yang ikut audisi pemilihan duta anti tembakau tersebut.

…dst

10 ) Unand Menjawab Tantangan Listrik Sumbar
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/04/372/860537/unand-menjawab-tantangan-listrik-sumbar

Rabu, 04 September 2013 14:10 wib
JAKARTA – Menurut International Energy Outlook 2010-highlights, dalam 30 tahun mendatang setiap negara yang mengandalkan energi dari bahan bakar fosil saat ini akan menghadapi krisis karena cadangan bahan bakar fosil akan semakin sulit didapat. Maka, tuntutan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai energi alternatif semakin mendesak. Tidak tinggal diam, mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang pun ambil bagian dengan menghadirkan solusi. Melalui program Pengabdian Masyarakat Tematik Jurusan Teknik Elektro (JTE), Fakultas Teknik (FT) Unand, mereka menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan energi angin dan matahari.Rektor Unand Werry Darta Taifur berharap, semua pihak merespons karya pengabdian kepada masyarakat JTE, FT Unand. Sebab, inovasi tersebut dapat menjadi solusi untuk mengatasi krisis listrik di Sumatera Barat secara berkala.

…dst

11 ) Pengamat UI nilai BLSM bangun mental pengemis
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/04/15/779372/pengamat-ui-nilai-blsm-bangun-mental-pengemis

Rabu, 4 September 2013 ? 23:00 WIB
Sindonews.com – Pemerintah sudah glontorkan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) tahap dua di tengah masyarakat. Hal ini dinilai membangun mental pengemis pada masyarakat Indonesia.Hal itu diungkapkan pengamat Kebijakan Publik Universitas Indonesia (UI) Ichsanudin Noorsy. Menurutnya, BLSM bukanlah program pemerintah yang membantu masyarakat miskin, hampir miskin dan sangat miskin.Dia menilai, bantuan kompensasi yang diberikan pemerintah saat ini tidak dapat berguna dan dirasakan manfaatnya. “Ibarat orang haus butuh minum segelas, tetapi hanya diberikan setitik. Jadi tidak bisa merasakan apa-apa,” kata Ichsanudin saat dihubungi KORAN SINDO, Rabu (4/9/2013). Ichsanuddin mengatakan, bantuan kompensasi seperti BLSM yang sudah memasuki tahap dua ini bertujuan untuk menahan lajunya angka kemiskinan karena kenaikan harga BBM.

…dst

12 ) 99 mahasiswa terbaik ikut Indonesia Leadership Camp di UI
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/04/15/779153/99-mahasiswa-terbaik-ikut-indonesia-leadership-camp-di-ui

Rabu, 4 September 2013 ? 14:37 WIB
Sindonews.com – Universitas Indonesia (UI) menggelar Indonesia Leadership Camp-Nusantara Leadership Camp (ILC-NLC) 2013 yang dilaksanakan lima hari 4-8 September 2013. Acara tersebut digelar untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan di setiap pemuda Indonesia. Koordinator Humas Direktorat Kemahasiswaan Rosita Handayani mengatakan, ILC merupakan program yang dirancang guna mempersiapkan bibit unggul Indonesia menjadi pemimpin bangsa dan pemimpin dunia. ILC berawal untuk membuat program berbasis leadership training. “Dengan semangat berkontribusi, loyalitas, profesionalitas dan kerja keras para pengelola, ILC menjadi salah satu organisasi yang tidak diragukan lagi,” katanya kepada wartawan di Balai Sidang UI, Depok, Rabu (04/09/2013).Rosita menambahkan tahun ini ILC dilaksanakan oleh Direktorat kemahasiswaan UI, Institute of Leadership Development (ILeaad) UI, dan Serantau Transformasi Center (STC) Malaysia. Tahun ini ILC diikuti mahasiswa Indonesia yang lolos seleksi serta mahasiswa berprestasi dari undangan.

…dst

13 ) 20 mahasiswa Malaysia ikuti ajang kepemimpinan di UI
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/04/15/779178/20-mahasiswa-malaysia-ikuti-ajang-kepemimpinan-di-ui

Rabu, 4 September 2013 ? 15:09 WIB
Sindonews.com – 20 mahasiswa berprestasi asal Malaysia juga turut berpartisipasi dalam ajang Indonesia Leadership Camp-Nusantara Leadership Camp (ILC-NLC). Dalam pembukaan di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Presiden Serantau Transformasi Center (STC) Malaysia Dato Sahlan Ismail menilai program tersebut sangat penting untuk mengasilkan pemimpin negara.”Perpaduan itu sangat berguna. Kehidupan menjelma apabila empat unsur tersusun dengan rapi. Air, tanah, udara, dan api. Konsep nusantara ini untuk tujuan persamaan dan persaudaran. Bukan hanya ASEAN yang punya ciri yang sama dengan Indonesia. Jika terjadi persaudaraan maka akan hebat,” tuturnya dalam sambutannya di Depok, Rabu (04/09/2013).Ciri persamaannya, lanjut Sahlan, adalah sikap sopan dan hormat dan menghormati. Ia mencontohkan dulu Jawa juga pernah membantu Malaysia di Malaka.

…dst

14 ) Masih ada Kesenjangan Antara Pendidikan dan Industri
http://www.pikiran-rakyat.com/node/249194

Selasa, 03/09/2013 – 15:38
BANDUNG,(PRLM).- Masih ada kesenjangan antara dunia pendidikan dengan industri. Ini karena temuan-temuan dari dunia pendidikan bersifat fundamental dalam skala penelitian masih belum sepenuhnya dapat digunakan dalam skala industri.”Temuan dari dunia pendidikan bagus tapi perlu tahap komersialnya sedangkan dari dunia praktisi sadar hal itu perlu dana besar untuk mengubah skala pilot project ke skala besar,” kata General Manager Marketing Operation Regional III PT Pertamina (Persero) Hasto Wibowo disela-sela acara Pertamina Goes to Campus (PGTC) 2013 ‘Kaum Muda Intelektual: Menciptakan Ketahanan Energi untuk Negeri’ di Aula Timur Institut Teknologi Bandung ( ITB), Jln. Ganeca, Kota Bandung, Selasa (3/9/2013).Menurutnya kesenjangan antara perusahan minyak dan dunia pendidikan perlu dipersempit sehingga temuan di dunia pendidikan bisa didorong dan didukung serta digunakan di dunia industri.Terlebih dari universitas-universitas di Indonesia juga dinilai sudah mampu memenuhi kebutuhan SDM di Pertamina.

…dst

15 ) Disediakan Rp 10 Triliun, Anggaran Siswa Miskin Baru Terserap 10 Persen
http://www.setkab.go.id/berita-10128-disediakan-rp-10-triliun-anggaran-siswa-miskin-baru-terserap-10-persen.html

Rabu, 04 September 2013 – 12:46 WIB
Menko Kesra Agung Laksono mengemukakan, dari alokasi anggaran Rp 10 triliun yang disediakan pemerintah sebagai bagian dari program perlindungan sosial masyarakat terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu , anggaran untuk bantuan siswa miskin (BSM) hingga saat ini baru terserap 10 persen.Untuk itu, saat meninjau penyaluran bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) tahap kedua, dan sosialisasi bantuan siswa miskin di Kantos Pos Tebet Barat, Jakarta, Selasa (3/9), Menko Kesra meminta para petugas Kantor Pos untuk menyosialisasikanBSM kepada pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang jumlahnya mencapai 15,5 juta rumah tangga sasaran. “Yang memegang KPS jika punya anak usia sekolah, berhak mendapatkan BSM. Dananya tidak diambil di Kantor Pos, tapi langsung ke rekening siswa,” tegas Agung.

…dst

16 ) Tunjangan Guru Rp 10 Triliun Diendapkan Daerah
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/09/04/mslc27-tunjangan-guru-rp-10-triliun-diendapkan-daerah

Rabu, 04 September 2013, 14:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggaran pendidikan yang dialokasikan pemerintah pusat untuk daerah tak terawasi dengan baik. Akibatnya, banyak dana yang diendapkan dahulu tidak langsung dicairkan sebagaimana mestinya. Menurut Irjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Haryono Umar, dana tunjangan daerah dan sertifikasi guru pada 2010 sampai 2013, diendapkan daerah mencapai Rp 10 triliun. “Hasil pengawasan kami dengan tim dari KPK, semua daerah di Indonesia mengendapkan dana tunjangan daerah dan sertifikasi guru,” ujar Haryono kepada Republika, Rabu (4/9).Menurut Haryono, dana tunjangan daerah dan sertifikasi tersebut haknya guru. Jadi, seharusnya setelah ditransfer ke daerah bisa langsung dicairkan ke guru jangan diendapkan dulu.

…dst

17 ) Kemenag Didesak Segera Bayar Tunjangan Profesi Guru Agama
http://www.jpnn.com/read/2013/09/04/189277/Kemenag-Didesak-Segera-Bayar-Tunjangan-Profesi-Guru-Agama-#

Rabu, 04 September 2013 , 16:45:00
JAKARTA – Kementerian Agama RI didesak segera melunasi tunggakan hutang untuk pembayaran tunjangan profesi guru agama sekitar Rp 2,4 triliun.Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKS Raihan Iskandar mengaku prihatin karena Menteri Agama Surya Dharma Ali (SDA) belum fokus dalam penyelesaian hutangnya kepada guru. “Ini terlihat sekali pada RKA-KL (Rencana Kerja dan Anggaran – Kementerian dan Lembaga) Komisi VIII dengan Kemenag Senin (2/9/2013) lalu. Kemenag belum menganggarkannya dengan baik,” kata Raihan di Jakarta, Rabu (4/9).Menurutnya, dalam pembahasan itu Kemenag memasukkan pembayaran hutang ini pada anggaran tambahan, bukan anggaran pokok. Padahal ini sebelumnya sudah menjadi komitmen Kemenag dengan DPR untuk memprioritaskannya.Ditegaskan Raihan, Kemenag harus segera membayar hutang tersebut. Apalagi ini terkait dengan tunjangan profesi guru agama yang notabene menjadi faktor penentu dan pembentuk generasi bangsa.”Saya turut mendesak agar Kemenag memprioritaskan pembayaran hutang ini. Kita harapkan agar hak guru agama ini segera terbayarkan. Dananya juga cukup besar, jika ditotal mencapai Rp 2,4 triliun,” jelasnya.

…dst

18 ) MUI Keluarkan tiga fatwa baru
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/04/15/779381/mui-keluarkan-tiga-fatwa-baru

Rabu, 4 September 2013 ? 21:23 WIB
Sindonews.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) keluarkan tiga fatwa terkait standar kehalalan produk kosmetik, obat dan pengobatan serta rekayasa genetika. Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, terkait tiga fatwa yang dikeluarkan MUI bertujuan untuk menuntun khususnya umat muslim, agar menggunakan kosmetik serta obat dan cara pengobatan yang halal. Pertama, ketentuan penggunaan kosmetika untuk kepentingan berhias hukumnya diperbolehkan. Namun dengan syarat, bahan yang digunakan halal, tidak membahayakan dan ditunjukan guna kepentingan syar’i. Selain itu, penggunaan kosmetika yang masuk ke dalam tubuh yang menggunakan bahan najis tentunya haram. Penggunaan bahan kosmetika di luar tubuh yang menggunakan bahan haram selain babi diperbolehkan, dengan syarat harus dilakukan penyucian terlebih dahulu. Kedua fatwa mengenai obat dan pengobatan, lanjut dia, dalam mencari kesembuhan wajib menggunakan metode pengobatan yang tidak melanggar syariat dan obat yang digunakan juga menggunakan bahan yang suci.

…dst

19 ) Indonesia, Negara dengan Kesenjangan Kesehatan Tinggi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/03/3/179306/Indonesia-Negara-dengan-Kesenjangan-Kesehatan-Tinggi

Selasa, 03 September 2013 | 23:06 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia masuk sebagai negara dengan kesenjangan kesehatan tinggi untuk anak . Indonesia berada pada peringkat ke-100 dunia sebagai negara dengan kesenjangan perbedaan yang tinggi antara anak keluarga kaya dan miskin dalam mengakses layanan kesehatan. Peringkat itu berdasarkan laporan berjudul The Killer Gap: A Global Index of Health Inequality for Children, yang dirilis oleh lembaga kemanusian World Vision pada tahun ini berdasarkan kajian terhadap 176 negara. “Ini adalah kenyataan yang sangat memprihatinkan. Masih banyak bayi dan anak-anak yang harus terus `membayar harga’ untuk kesenjangan besar ini dengan nyawa mereka,” ujar Andrew Hassett, Direktur Kampanye World Vision Internasional via rilis yang diterima, Selasa (3/9).

…dst

20 ) Jumlah penderita diabetes di Indonesia masuk 7 dunia
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/03/15/778889/jumlah-penderita-diabetes-di-indonesia-masuk-7-dunia

Selasa, 3 September 2013 ? 20:09 WIB
Sindonews.dom – Menurut International Diabetes Federation (IDF), 371 juta orang di dunia yang berumur 20-79 tahun menderita diabetes. “Indoneisa meruapak negara urutan ke 7 dengan prevalensi diabetes tertinggi, dibawah Cina, India, USA, Brazil, Rusia dan Mexico,” kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen P2PL) Tjandra Yoga Aditama, Selasa (3/9/2013). Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) siapkan 600 tenaga dokter dan 7.225 pos pembinaan terpadu (Posbindu), untuk memberikan layanan pengobatan diabetes melitus (DM) serta konsultasi dalam melakukan pencegahan. Sedangkan, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen P2PL) Tjandra Yoga Aditama mengaku, dalam laporan yang diterima dari Global status report on NCD World Health Organization (WHO) pada 2010 lalu, 60 persen penyebab kematian di dunia adalah penyakit tidak menular (PTM).

…dst

21 ) 7,6 juta orang Indonesia mengidap diabetes
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/03/15/778899/7-6-juta-orang-indonesia-mengidap-diabetes

Selasa, 3 September 2013 ? 20:26 WIB
Sindonews.com – Vice Presiden Global Public Affair Novo Nordisk Nies Lund mengatakan, 7,6 juta orang Indonesia telah mengidap diabetes. 41 persennya masyarakat Indonesia yang mengidap diabetes mengatahui kondisinya, dan 39 persen telah mendapatkan pengobatan. “Tetapi hanya 0,7 persen yang pengobatanya mencapai sasaran. Fakta ini adalah gambaran rule of halves yang hanya dapat diubah dengan sinergi berbagai pihak,” katanya, Selasa (3/9/2013).Menurut dia, rendahnya pengatahuan akan pencegahan dan pengobatan diabetes di Indonesia menjadi faktor utama. Selain itu, ketidak rataan penyediaan dan kebutuhan kesehatan, dan terbatasnya jumlah pasien yang mendapatkan pengobatan diabetes yang tepat.

…dst

22 ) SKB 3 Menteri: Cuti Bersama 2014 Kurangi Hak Cuti Tahunan
http://www.setkab.go.id/berita-10132-skb-3-menteri-cuti-bersama-2014-kurangi-hak-cuti-tahunan.html

Rabu, 04 September 2013 – 15:25 WIB
Dalam rangka efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memberi pedoman bagi instansi pemerintah dan swasta dalam melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2014, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar telah menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) mengenai Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2014. Dalam SKB 3 Menteri Nomor 5 Tahun 2013, Nomor 255 Tahun 2013, dan Nomor 05/SKB/MENPAN-RB/08/2013 tertanggal 21 Agustus 2013 itu disebutkan, penetapan tanggal 1 Ramadhan 1435 Hijriyah, Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah, dan Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah ditetapkan dengan Keputusan Menteri Agama. Adapun terhadap unit kerja/satuan organisasi/lembaga/perusahaan yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat di tingkat pusat dan/atau daerah yang mencakup kepentingan masyarakat luas, seperti rumah sakit, puskesmas, lembaga yang memberikan layanan telekomunikasi, listrik, air minum, pemadam kebakaran, keamanan dan ketertiban, perbankan, dan lain-lain yang sejenis, agar mengatur penugasan pegawai/karyawan/pekerja pada Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2014 sebagaimana ditetapkan dalam lampiran SKB itu.

…dst

23 ) Asyik, Penerimaaan CPNS Pemprov DKI Sudah Dibuka
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/04/373/860661/asyik-penerimaaan-cpns-pemprov-dki-sudah-dibuka

Rabu, 04 September 2013 16:02 wib
JAKARTA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan, formasi susunan Calon Pegawai Negeri Sipil DKI sudah mendapatkan persetujuan dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (KemenPAN). Artinya, pembukaan pendaftaran CPNS yang direncanakan hari ini dibuka, resmi akan diumumkan pada publik. “Iya hari ini nanti diumumkan pukul 16.00 WIB atau pukul 17.00 WIB, melalui website tentang penerimaan CPNS DKI,” kata Kepala BKD, I Made Karmayoga, di Balai Kota, Jakarta, Rabu (4/9/2013). Made menuturkan, kuota yang diberikan untuk mengisi formasi pemerintah Provinsi DKI berjumlah 1.515 CPNS. “Kita dikasih 1.515. Kita tetap prioritaskan calon ber-KTP DKI,” pungkasnya. Untuk diketahui, syarat umum untuk bisa mengikuti CPNS ini yakni KTP, TOEFL minimal 400, IPK 2,6 untuk S1, dan untuk SMK nilai rata-rata rapor 7. Untuk usia, lulusan S1 maksimal 33 tahun minimum 18 tahun, D3 maksimal 30 tahun minimal 18 tahun, dan SMK maksimal 25 tahun minimal 18 tahun. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *