Berita Edukasi, 3 September 2013

1 ) Masih 14 Tahun, Alvin Jadi Mahasiswa Termuda UGM
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/03/373/860157/masih-14-tahun-alvin-jadi-mahasiswa-termuda-ugm

Selasa, 03 September 2013 20:03 wib
JAKARTA – Normalnya, mahasiswa yang memasuki jenjang perkuliahan berusia 18-19 tahun. Namun tidak demikian bagi Alvinasari Tryasdini Arifin yang menyandang status mahasiswa baru (maba) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada usia 14 tahun 11 bulan 21 hari. Dengan usia tersebut, Alvin pun dinyatakan sebagai mahasiswa termuda angkatan 2013 di UGM. Diumumkan sebagai mahasiswa termuda, mahasiswa jurusan psikologi itu mengaku terkejut. “Ya senang. Gimana ya, deg-degan juga,” ujar Alvin, seperti dikutip dari situs UGM, Selasa (3/9/2013). Meski memiliki perbedaan usia dengan teman seangkatannya, Alvin berharap bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus UGM. Dia bertekad akan terus bergaul dan belajar dengan teman-teman barunya.Alvin diterima sebagai mahasiswa Jurusan Psikologi UGM melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Psikologi, lanjutnya, merupakan bidang ilmu yang disukai sejak dulu.

…dst

2 ) Disiapkan 1.000 Calon Dosen di PTN dan PTS
Diangkat Menjadi Dosen Tetap Non-PNS
http://www.kopertis12.or.id/2013/09/03/disiapkan-1-000-calon-dosen-di-ptn-dan-pts-diangkat-menjadi-dosen-tetap-non-pns.html

Selasa, 3 September 2013
JAKARTA, KOMPAS — Sebanyak 1.000 calon dosen yang telah memenuhi kualifikasi pendidikan minimal S-2 disiapkan untuk mengisi kebutuhan dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta. Calon dosen ini disiapkan melalui program beasiswa unggulan dengan memilih mahasiswa berprestasi. Supriadi Rustad, Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, di Jakarta, Senin (2/9), mengatakan, 1.000 calon dosen itu melanjutkan pendidikan S-2 di dalam dan luar negeri, mengambil program studi strategis seperti teknik, sains, kesehatan, seni budaya, dan bahasa. “Ada 800 calon dosen yang siap ditempatkan di PTN baru, sedangkan sisanya bisa dimanfaatkan PTS, sesuai kebutuhan,” kata Supriadi. Para calon dosen tersebut akan diangkat menjadi dosen tetap non-pegawai negeri sipil (PNS) di PTN maupun di PTS. Mengacu pada UU Nomor 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, PTN dapat mengangkat dosen tetap non-PNS sesuai kebutuhan. Pemberian gaji diambil dari anggaran di tiap PTN. “Dengan adanya calon dosen yang disiapkan pemerintah ini, PTN dan PTS terbantu. Terutama untuk PTS, biaya untuk mendidik dosen jadi berkurang,” ujar Supriadi.

…dst

3 ) 84 Maba Universitas Brawijaya Mundur karena UKT
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/117053/84-maba-universitas-brawijaya-mundur-karena-ukt

03 Sept 2013 17:19:18
Malang (Antara Jatim) – Sedikitnya 84 orang mahasiswa baru Universitas Brawijaya Malang menyatakan mundur dari universitas tersebut karena tak mampu membayar uang kuliah tunggal yang diterapkan oleh kampus setempat. Menurut Presiden Eksekutif Mahasiswa (EM) Universitas Brawijaya (UB) Malang M Rizky Kurniawan di Malang, Selasa, selain 84 mahasiswa baru (maba) yang menyatakan mundur, sekitar 1.400 maba lainnya juga belum melakukan registrasi. “Ke-1.400 maba tersebut mengajukan keringanan, karena uang kuliah tunggal (UKT) yang ditetapkan pada mereka tidak sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing. Padahal, Rabu (4/9) sudah mulai orientasi pengenalan kampus,” tegasnya. Berdasarkan analisa EM, pada tahun ini biaya kuliah di UB mengalami kenaikan sekitar 60 persen dari tahun sebelumnya. Seharusnya, dengan adanya UKT, biaya kuliah akan semakin terjangkau, sehingga tidak ada mahasiswa baru yang tidak bisa kuliah karena terbentur biaya. Menanggapi banyaknya pengaduan dari maba yang masuk ke EM tersebut, Rektor UB Prof Dr Yogi Sugito mengatakan penentuan UKT berdasarkan data yang dikirim maba secara “online” tersebut mengalami “trouble” karena terkena “hacker”.

…dst

4 ) Rektor IPB: Jangan Terpengaruh Pandangan Miring Pertanian
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/03/373/860118/rektor-ipb-jangan-terpengaruh-pandangan-miring-pertanian

Selasa, 03 September 2013 19:12 wib
JAKARTA – Saat ini, bidang pertanian sering kali dipandang sebelah mata oleh kaum muda. Padahal, pertanian memiliki peranan penting dalam ketahanan pangan suatu bangsa, tidak terkecuali Indonesia. Pesan tersebut yang coba kembali diingatkan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto dalam acara IPB Day. Pada rangkaian kegiatan Dies Natalis IPB ke-50 itu, dia mengajak segenap civitas academica untuk bersama-sama memajukan pertanian Indonesia.”Di usia IPB ke-50 ini, mari kita mengingat kembali maksud dan tujuan Presiden RI pertama, Ir Sukarno mendirikan Kampus Pertanian. Dengan mendirikan IPB, ini merupakan solusi untuk penanggulangan krisis pangan dan agar supaya negara kita tidak tergantung pada impor,” ujar Herry, seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (3/9/2013).

…dst

5 ) ITB Bantu KPK Perangi Korupsi
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/03/373/859814/itb-bantu-kpk-perangi-korupsi

Selasa, 03 September 2013 11:08 wib
JAKARTA – Kita semua tahu, tingkat korupsi di Tanah Air begitu tinggi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun tidak bisa bekerja sendiri dalam memerangi korupsi. Tanggung jawab ini juga diemban seluruh masyarakat, termasuk kampus dan civitas akademika di dalamnya. Nah, salah satu komitmen kampus dalam mendukung kegiatan pemberantasan korupsi di Indonesia, ditunjukkan Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui pendidikan antikorupsi. Bahkan, mata kuliah antikorupsi ini telah dibuka selama lima tahun.Tidak sembarangan, pengajar mata kuliah Pendidikan Antikorupsi ini merupakan dosen-dosen yang telah mendapatkan sertifikat dan pelatihan. Anggota tim pengajar Pendidikan Anti Korupsi tingkat nasional Prof. Dr. Nanang T. Puspito menjelaskan, saat ini tim pengajar Pendidikan Anti Korupsi di tingkat perguruan tinggi telah melakukan pelatihan terhadap 1.322 dosen dari seluruh Indonesia. “Sementara, penerapan materinya akan disesuaikan dengan kekhasan perguruan tinggi masing-masing,” ujar Nanang, yang juga dosen Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan (FTTM-ITB), seperti dikutip dari laman ITB, Selasa (3/9/2013).

…dst

6 ) Guru Besar UGM: Pilih Presiden Jangan Asal Populer
http://www.tempo.co/read/news/2013/09/03/078509972/Guru-Besar-UGM-Pilih-Presiden-Jangan-Asal-Populer

3 September 2013
TEMPO.CO, Yogyakarta – Tiga Guru Besar dari UGM dan UIN Sunan Kalijaga, yang menjadi anggota baru Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), menyampaikan analisisnya mengenai masalah multisektoral yang dihadapi Indonesia di masa mendatang. Mereka memberikan analisis itu dalam kuliah Inagurasi di depan ratusan ilmuwan anggita AIPI di Balai Senat UGM pada Selasa, 3 September 2013. Seorang dari tiga anggota baru AIPI itu, mantan Rektor UGM, Sofian Effendi, menguraikan problem besar yang akan dihadapi oleh Indonesia menghadapi ledakan demografi yang akan berlangsung puncaknya pada 17 tahun mendatang. Menurut dia ledakan demografi menjanjikan kesempatan besar bagi Indonesia untuk mengungguli negara-negara maju, tapi juga bisa membawa petaka apabila potensi itu tidak terkelola. “Setiap calon presiden mendatang harus paham tantangan ledakan demografi, publik jangan pilih presiden yang sekedar populer saja,” kata Sofian.

…dst

7 ) Selandia Baru Bidik 4.000 Mahasiswa Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/09/03/msj0g8-selandia-baru-bidik-4000-mahasiswa-indonesia

Selasa, 03 September 2013, 08:36 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Pemerintah Selandia Baru berencana untuk menjaring hingga 4 ribu mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka di negeri Kiwi tersebut hingga 2017.Menurut Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, David Taylor saat ini terdapat sekitar 800 orang mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Selandia Baru. Mereka menimba ilmu di berbagai bidang seperti penerbangan, keuangan, manajemen, teknik hingga kehutanan di berbagai universitas dan lembaga pendidikan tinggi. Namun, pihaknya akan lebih memfokuskan hubungan pendidikan bagi kedua negara. ” pendidikan menjadi suatu yang strategis bagi pembangunan hubungan kedua negara,” katanya disela pembukaan pameran pendidikan Selandia Baru beberapa waktu lalu. Pihaknya dalam 18 bulan terakhir telah tiga kali membawa delegasi pendidikan dari sejumlah perguruan tinggi Selandia Baru ke Indonesia. Pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah universitas terkemuka di tanah air baik swasta maupun negeri.

…dst

8 ) Boediono Dorong Penerapan “E-Learning”
http://edukasi.kompas.com/read/2013/09/03/1256460/Boediono.Dorong.Penerapan.E-Learning.

Selasa, 3 September 2013 | 12:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Boediono mendorong diterapkannya pembelajaran online atau e-learning dalam dunia pendidikan di Indonesia. Menurut Boediono, e-learning merupakan lompatan untuk mengatasi ketertinggalan pendidikan Indonesia dengan dunia internasional. “E-learning, apabila didesain dengan baik, akan dapat menjawab sebagian besar dari hambatan. Dan dengan itu, pemerataan pendidikan dapat kita percepat,” kata Boediono saat memberikan Kuliah Perdana Universitas Surya di Jakarta, Selasa (3/9/2013). Boediono mengakui bahwa kondisi pendidikan Indonesia masih jauh dari harapan. Ia berharap setiap anak Indonesia di pelosok mana pun, apa pun latar belakang sosial ekonominya dapat dengan mudah dan murah memperoleh pendidikan yang bermutu.

…dst

9 ) Boediono Sebut Pendidikan di Indonesia Ideal 100 tahun Lagi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/03/3/179225/-Boediono-Sebut-Pendidikan-di-Indonesia-Ideal-100-tahun-Lagi

Selasa, 03 September 2013 | 15:30 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Boediono menilai pendidikan di Indonesia masih jauh dari keadaan ideal.Ia bahkan menyebut ketertinggalan Indonesia itu baru dapat dikatakan ideal 100 tahun lagi. Ia pun meminta adanya terobosan untuk mengejar ketertinggalan tersebut. “Barangkali kita membutuhkan waktu tidak kurang dari seratus tahun untuk mendekati posisi ideal yang kita dambakan. Sementara itu, negara-negara lain terus memacu maju diri mereka,” kata Wapres Boediono saat memberikan kuliah perdana tahun pertama Universitas Surya di Jakarta Convention Center, Selasa (3/9). Boediono yang memberikan kuliah perdana berjudul Peranan Teknologi dalam Dunia Digital itu menilai banyak hambatan yang membuat pendidikan di Indonesia masih jauh dari ideal. Wapres menyebut ada faktor supply dan demand yang menghambatnya.

…dst

10 ) Kampus RI Lebih Kuno 30 Tahun
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/03/373/860116/kampus-ri-lebih-kuno-30-tahun

Selasa, 03 September 2013 18:05 wib
JAKARTA – Tidak bisa dimungkiri, kualitas perguruan tinggi di Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan universitas luar negeri, terutama di negara maju. Salah satu penyebabnya adalah mayoritas perguruan tinggi Tanah Air dibebani berbagai tanggung jawab dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Staf pengajar prodi Kajian Media dan Budaya Populer Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Budiawan menyebut, predikat yang membebani melalui konsep tridharama justru sering membuat perguruan tinggi Indonesia kalah bersaing dengan perguruan tinggi luar negeri. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga menjadikan perguruan tinggi di Indonesia kurang bisa berperan dalam menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat luas.

…dst

11 ) Cetak Dokter Penerbangan berkualitas, UI libatkan lembaga lain
http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/02/15/778467/cetak-dokter-penerbangan-berkualitas-ui-libatkan-lembaga-lain

Senin, 2 September 2013 ? 22:11 WIB
Sindonews.com – Ketua Program Studi Kedokteran Penerbangan Bastaman Basuki mengaku, upaya untuk mencapai visi dan misi Program Studi Kedokteran Penerbangan dengan meningkatkan kapasitas dosen. Selain itu, lanjutnya, UI juga akan melibatkan instansi lain seperti TNI AU, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, maskapai penerbangan dan institusi lainnya sesuai dengan kebutuhan yang berkembang. “Beberapa mata kuliah di Program Studi Kedokteran Penerbangan adalah aerofisiologi dan higiene, antariksa, transportasi dan evakuasi medik penerbangan. Pada mata kuliah aerofisisiologi, peserta didik akan memiliki kompetensi untuk mendeskripsikan pengaruh aerofisiologi penerbangan terhadap tubuh manusia, dan mengikuti hypobaric chamber training,” ujarnya kepada wartawan, Senin (02/09/2013).Sedangkan pada mata kuliah higiene penerbangan dan antariksa, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi memberikan contoh dan prinsip-prinsip higiene dan sanitasi penerbangan, serta higiene dan gizi ruang angkasa.

…dst

12 ) Undip Cetak Cumlaude Terbanyak
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/09/03/235471/Undip-Cetak-Cumlaude-Terbanyak

03 September 2013
SEMARANG – Undip menggelar prosesi wisuda untuk sarjana berbagai latar belakang keilmuan, Jumat (30/8), di Gedung Prof Soedarto SH Tembalang. Sebanyak 2.701 lulusan mendapat gelar akademik mulai D-3, S-1, S-2 hingga S-3. Menurut Rektor Prof Sudharto, wisuda kali ini sarat prestasi akademik, karena 631 wisudawan meraih IPK di atas 3,8. “Mereka ini istilahnya lulus dengan nilai cumlaude. Membanggakan sekali Undip bisa mempersembahkan putra putri terbaik bangsa dengan 631 di antaranya lulus cumlaude,” katanya. Sudharto mengatakan, lulus cumlaude dari Undip bukan main-main. Mereka sebelumnya telah digembleng dengan beragam keilmuan yang tak didapat dengan mudah. Proses transfer ilmu butuh keseriusan, kerja keras, ketelitian, dan bisa dipertanggungjawabkan. Pihaknya meminta sarjana masa depan Undip bisa memberikan sumbangsih nyata bagi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Guru besar FISIP Undip yang gemar menulis sajak dan pantun itu menambahkan, prestasi lulus cumlaude terbanyak pantas mendapat catatan rekor. Kalau perlu, bisa didaftarkan masuk Muri. Namun, mantan deputi Menteri Lingkungan Hidup itu mengingatkan prestasi emas semacam ini tak boleh melenakan.

…dst

13 ) Demi Cinta, Yohanes Bangun Universitas Sains Pertama di Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/03/373/860280/demi-cinta-yohanes-bangun-universitas-sains-pertama-di-indonesia

Selasa, 03 September 2013 20:30 wib
JAKARTA – Kecintaannya pada dunia sains membuat Rektor University Prof. Yohanes mendirikan sebuah kampus yang merupakan universitas berbasis penelitian pertama di Indonesia. Sebagai universitas berbasis penelitian, Surya University memiliki keunggulan tersendiri. Surya University terdiri dari tiga fakultas yang 10 program studinya merupakan hasil riset para dosen yang diajarkan di ruang kelas. Beberapa program studi yang ada bahkan bisa dikatakan baru ada pertama kalinya di Indonesia. Kesemuanya didesain untuk abad baru ekonomi berbasis pengetahuan kompetitif dengan sistem trimester plus. Surya University (SU) yang didirikan pada 2012 merupakan research-based-university pertama di Indonesia.Rektor Surya University Prof. Yohanes mengatakan bahwa Surya University didukung lebih dari 200 dosen top peraih gelar PhD dari berbagai universitas bergengsi di dunia, para pemegang olimpiade sains internasional, serta para praktisi yang disegani dan memiliki pengalaman luas di bidangnya masing-masing.

…dst

14 ) Melenggang ke S1, UT Kucuri 40 Beasiswa ke Guru SD
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/03/373/859856/melenggang-ke-s1-ut-kucuri-40-beasiswa-ke-guru-sd

Selasa, 03 September 2013 11:35 wib
MAKASSAR – Universitas Terbuka (UT) memberi beasiswa kepada 40 guru sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bantaeng. Beasiswa selama pendidikan hingga selesai tersebut dimaksudkan untuk membantu para guru yang mengambil program S1 jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD). “Para guru penerima beasiswa tersebut diprioritaskan yang mengajar di tempat strategis (jauh dari kota),” ungkap Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Makassar, Andi Sylvana, Selasa (3/9/2013). Menurut Andi Sylvana, guru yang mendapat beasiswa merupakan pemilik indeks prestasi kumulatif (IPK) 2,5. Pada tahap awal ini, dari 100-an orang yang mendaftar, hanya 40 yang mendapat.Ke-40 orang itu diperoleh berdasarkan hasil tes tulis dan wawancara. Ia berharap, ke depan semakin banyak guru yang memperoleh beasiswa agar memenuhi ketentuan, bahwa tenaga pengajar harus berpendidikan minimal S1. “Ketentuan tersebut diberlakukan 2015,” ujarnya.

…dst

15 ) Pelamar CPNS minta informasi lowongan dilakukan terbuka
http://www.antaranews.com/berita/393782/pelamar-cpns-minta-informasi-lowongan-dilakukan-terbuka

Selasa, 3 September 2013
Depok (ANTARA News) – Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menilai informasi mengenai penerimaan pegawai pemerintah tersebut tidak dilakukan secara terbuka bahkan cenderung ditutup-tutupi. “Saya belum dapat informasi mengenai formasi lowongan yang ada di Kota Depok. Padahal sudah tanya sana tanya sini tapi tapi tidak mendapat jawaban yang memuaskan,” kata salah seorang pelamar CPNS Hendri Susanto ketika ditemui sedang mengurus kartu kuning di balaikota Depok, Selasa. Ia berharap Pemkot Depok bersedia memberikan keterangan seputar formasi penerimaan CPNS Depok yang seharusnya dilakukan secara tranparan, sehingga masyarakat benar-benar mengetahuinya. “Memang ada informasi di situs, tapi itu hanya menyangkut kuota dan formasinya. Tidak dijelaskan secara terperinci,” katanya. Dirinya berharap diberitahu juga tentang mekanisme terkait syarat pelamaran. “Sudah saya cari tahu ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tetapi tetap saja tidak ada informasinya,” katanya. Warga Kecamatan Sukmajaya ini menilai tertutupnya informasi CPNS dari BKD itu bisa menimbulkan dugaan dan juga pertanyaan-pertanyaan.

…dst

16 ) Wah, CPNS Beri Data Palsu Bisa Dituntut Ganti Rugi
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/02/373/859656/wah-cpns-beri-data-palsu-bisa-dituntut-ganti-rugi

Selasa, 03 September 2013 06:06 wib
JAKARTA – Sudah diterima menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) ternyata menyia-nyiakannya dengan memberi informasi palsu? Wah hati-hati deh, mending pikir dua kali kalau mau melamar, bisa-bisa kalian dituntut ganti rugi loh! Nantinya, jika kalian lulus dalam empat tahapan tes yang diberikan pemerintah, pendaftar atau pelamar CPNS pada setiap tahap tes kelulusannya bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Diketahui, seleksi melalui empat tahap tersebut menggunakan sistem gugur, yaitu seleksi administrasi, Tes Kemampuan Dasar (TKD), psikotes lanjutan, tes kesehatan dan kebugaran, serta wawancara yang khusus untuk pelamar dengan Tingkat Pendidikan Sarjana (S-1). Ketua Panitia Pusat Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kiagus Ahmad Badaruddin menegaskan, apabila pelamar memberikan keterangan atau data yang tidak benar dan di kemudian hari, baik pada setiap tahapan tes maupun setelah diangkat menjadi CPNS atau PNS di lingkungan Kemenkeu, kementerian berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS di lingkungan Kemenkeu.

…dst

17 ) Pelamar CPNS Harus Lewati 4 “Rintangan” Ini
http://kampus.okezone.com/read/2013/09/02/373/859645/pelamar-cpns-harus-lewati-4-rintangan-ini

Selasa, 03 September 2013 04:11 wib
JAKARTA – Kebanyakan orang meminati pekerjaan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai Kementerian atau kelembagaan (K/L). Mulai dari lulusan SMA/SMK maupun kuliah, sehingga tak jarang mereka rela menunggu jadwal pendaftaran CPNS dibuka. Beberapa dari para pelamar ini bahkan mempunyai obsesi tersendiri ingin menjadi PNS. Persiapannya pun cukup matang, seperti membeli buku tes khusus PNS untuk menyaingi ribuan pelamar CPNS di seluruh Indonesia.Dari tahun ke tahun, seleksi CPNS diberbagai kementerian pun terlihat agak susah lantaran banyak persaingan, baik untuk lulusan fresh graduate maupun yang sudah punya pengalaman, apalagi di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Nah, ada sedikit bocoran nih guys, apa yang harus kalian pelajari jika dipanggil untuk tes.

…dst

18 ) Seleksi CPNS 2013: BKN Minta Daftar Peserta Diserahkan Paling Lambat 7 Oktober
http://www.kopertis12.or.id/2013/09/03/surat-kepala-bkn-kepada-pejabat-pembina-kepegawaian-tentang-seleksi-penerimaan-cpns-2013.html

Selasa, 03 September 2013
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno pada 27 Agustus lalu telah mengirimkan surat kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Kementerian/ Lembaga Non Kementerian/ Pemerintah Daerah Provinsi/ Kabupaten/ Kota mengenai akan dilaksanakannya proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur formasi Umum Tahun 2013. Dalam surat itu, Kepala BKN menegaskan bahwa prinsip penerimaan CPNS formasi tahun 2013 adalah obyektif, transparan, kompetitif, akuntabel dan bebas Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) yang dimulai sejak pendaftaran hingga pengangkatan sebagai CPNS.Mengenai mekanisme pendaftaran peserta CPNS on-line oleh instansi , menurut Kepala BKN Eko Sutrisno adalah: a. Bagi instansi yang memiliki pendaftaran tes CPNS on-line, tetap dapat menggunakan sistem yang dimiliinya, namun tetap harus menyampaikan daftar nama calon peserta test CPNS 2013 yang telah LULUS Seleksi Administrasi dalam bentuk soft copy dalam format MS Excel ke BKN; b. Untuk bisa dapat mendapatkan Nomor Peserta CPNS, daftar calon peserta tes CPNS tersebut telah diterima BKN paling lambah 7 Oktober 2013.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *