Berita Edukasi, 31 Agustus 2013

1 ) Bidikmisi Harus Langsung ke Mahasiswa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/31/235271/Bidikmisi-Harus-Langsung-ke-Mahasiswa

31 Agusutus 2013
JAKARTA – Beasiswa bidikmisi merupakan program bansos dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kepada mahasiswa berprestasi yang memiliki keterbatasan ekonomi.Karena itu, beasiswa tersebut harus langsung disalurkan kepada mahasiswa penerima, dan tidak boleh dikelola oleh perguruan tinggi.”Bidikmisi itu bansos yang harus langsung diberikan kepada yang berhak, dan tidak boleh dikelola oleh perguruan tinggi. Untuk biaya pendidikan memang ke perguruan tinggi, tapi biaya hidup itu langsung. Itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 81 Tahun 2012,” kata Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ilah Sailah, kepada Suara Merdeka, kemarin.Hal itu menjawab usulan yang diajukan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pro­vinsi Jawa Tengah, yang meng­usulkan untuk menghapus program beasiswa bidikmisi dan mengganti dengan bantuan langsung kepada perguruan tinggi, karena dinilai tidak adil. Aptisi me­nilai beasiswa bidikmisi hanya bisa diakses PTS yang berakreditasi A. Selain itu, jumlahnya juga jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan bidikmisi untuk PTN.

…dst

2 ) Presiden Dukung Pendirian Universitas Negeri di Madiun
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/30/2138240/Presiden.Dukung.Pendirian.Universitas.Negeri.di.Madiun

Jumat, 30 Agustus 2013 | 21:38 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku mendukung pendirian universitas negeri di daerah Madiun, Jawa Timur. SBY berharap pendirian universitas itu sudah mulai dirintis sebelum masa jabatan dirinya sebagai Presiden habis di 2014 . Hal itu dikatakan Presiden ketika Halal Bihalal Keluarga Besar Paguyuban Pawitandigoro di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat ( 30/8/2013 ) malam. Pawitandirogo adalah paguyuban warga asal Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo. Sebelumnya, ketua panitia Luluk S dalam sambutannya mengatakan, pihaknya berharap agar pemerintah membangun universitas negeri di Madiun. Harapannya dapat meningkatkan kualitas generasi muda di Pawitandigoro.”Kalau di Madiun berdiri universitas negeri, saya katakan Insya Allah bisa, saya mendukung. Tinggal dirumuskan. Masih ada waktu, mudah-mudahan sebelum (masa jabatan) saya jatuh tempo tahun depan sudah bisa dirintis univeritas negeri,” kata Presiden disambut riuh tepuk tangan ribuan warga Pawitandigoro yang hadir.

…dst

3 ) Mendikbud Resmikan Telkom University di Bandung
http://news.detik.com/read/2013/08/31/170656/2346016/10/mendikbud-resmikan-telkom-university-di-bandung?n991102605

Sabtu, 31/08/2013 17:06 WIB
Bandung – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh meresmikan Telkom University (Tel-U) yang terletak di kawasan Bandung Technoplex, Jalan Terusan Buah Batu, Bandung, Sabtu (31/8/2013). M Nuh berharap kampus tersebut bisa menjadi universitas kelas dunia. Tel-U merupakan peleburan perguruan tinggi yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yakni Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Menurut M Nuh, keberadaan Tel-U sejalan dengan program Masterplan Perluasan dan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I) yang ditetapkan pemerintah Indonesia. “Kami berkewajiban mencetak anak didik yang memiliki pengetahuan memadai sebagai modal persaingan global. Salah satu upaya itu bisa ditempuh dengan menciptakan world class university,” ujar M Nuh dalam jumpa pers yang digelar di Telkom University. Tel-U dinilai memadai untuk menjadi universitas kelas dunia guna bersanding dengan universitas sejenisnya di luar, karena Tel-U memiliki kapasitas, pengalaman dan jejaring yang sangat dekat dengan dunia industri. “Aneka parameter world class university sangat mungkin dikejar Telkom University maupun kampus lainnya di Indonesia. Sebab, sistem pengajaran pendidikan tinggi dan sumber daya manusia kita harus terus berkembang,” ucapnya.

…dst

4 ) Mendikbud Dorong Telkom University Berkelas Dunia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/31/mse2tf-mendikbud-dorong-telkom-university-berkelas-dunia

Sabtu, 31 Agustus 2013, 17:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Muhammad Nuh meresmikan Telkom University (Tel-U) di kawasan Bandung Technoplex di Jalan Terusan Buah Batu Kota Bandung, Sabtu.”Peranan BUMN dalam dunia pendidikan sangat diharapkan, saya pastikan bila ada tiga BUMN di Indonesia turun dan membangun universitas maka 50 persen masalah pendidikan di Indonesia bisa terselesaikan. Pemerintah mendorong terus lahir yang lainnya,” kata Muhammad Nuh.Peresmian Telkom University itu menandakan peleburan perguruan tinggu di bawah Yayasan Pendidikan Telkom yakni Institut Teknologi Telkom (ITT), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).Hadir pada peluncuran Telkom University dengan sebutan Tel-U hadir pula Dirut PT Telkom Arief Yahya, Dirjen Dikti Prof Dr Budi Santoso serta sejumlah mitra dan jejaring perguruan tinggi itu dari dalam dan luar negeri.

…dst

5 ) Lembaga Penyakit Tropis Unair Raih Prayogasala
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/31/079508978/Lembaga-Penyakit-Tropis-Unair-Raih-Prayogasala

Sabtu, 31 Agustus 2013 | 02:45 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga (LPT Unair) meraih anugerah Prayogasala. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis kemarin, 29 Agustus 2013. “Diserahkan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-18,” kata Ketua Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga, Bagus Ani Putra, di gedung Rektorat Unair, Jumat, 30 Agustus 2013.Seleksi penerima Anugerah Iptek Pranata Litbang, kata Bagus, terdiri dari empat tahap. Setiap tahapan dilakukan untuk mengidentifikasi pranata Litbang yang memiliki kinerja tinggi dan mempunyai manajemen sesuai standar. Terdapat 12 indikator kinerja yang dinilai dengan poin yang harus dikumpulkan hingga akhir tahun sebanyak 850 poin. LPT Unair mampu mencapai poin itu pada Juli. Indikator-indikator kinerja itu di antaranya pengembangan kelembagaan dan jejaring, publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional, paten dan HAKI, keaktifan untuk menjadi narasumber, serta jumlah kunjungan lembaga riset lain.

…dst

6 ) Universitas Brawijaya Dirikan Industri
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/31/079508979/Universitas-Brawijaya-Dirikan-Industri

Sabtu, 31 Agustus 2013 | 02:50 WIB
TEMPO.CO, Malang-Universitas Brawijaya Malang akan mendirikan perusahaan yang menampung hasil penelitian mahasiswa. Perusahaan itu tidak hanya mengejar keuntungan tapi juga merangsang mahasiswa untuk melakukan penelitian yang bermanfaat bagi manusia. “Kami uji dulu, prioritas penelitian yang memiliki dampak besar,” kata Rektor Universitas Brawijaya Malang, Yogi Sugito, Jumat 30 Agustus 2013. Sebelumnya, hasil penelitian mahasiswa akan diuji di inkubasi bisnis Universitas Brawijaya Malang. Inkubasi bisnis akan menguji kelayakannya dari bidang ekonomi, pasar, dan social, sebelum diproduksi massal. “Jika prospeknya bagus, kami komersialkan.” Selama ini, hasil penelitian mahasiswa dan dosen dipatenkan dan bekerjasama dengan perusahaan untuk produksi massal. Sebelumnya, Universitas Brawijaya Malang bekerjasama dengan PT Bio Farma (Persero) membangun pabrik vaksin di kawasan Dieng Malang. Pabrik vaksin dibangun dengan biaya sekitar Rp 20 miliar.

…dst

7 ) Ciptakan Bedong Bayi, Mahasiswi UNJ Raih Medali Emas di Korsel
Juri Sempat Menilai Karya Mega Tertinggal Zaman
http://www.jpnn.com/read/2013/08/31/188623/Ciptakan-Bedong-Bayi,-Mahasiswi-UNJ-Raih-Medali-Emas-di-Korsel-

Sabtu, 31 Agustus 2013 , 05:50:00
Sejumlah leaflet dengan warna dominan pink menumpuk di atas meja. Mega Megaria Agustina mengambil selembar leaflet itu dan memperlihatkannya kepada Jawa Pos. Leaflet Babies A Hug itulah yang dipakai Mega saat mempresentasikan karyanya dalam International Youth Invention Competition 2013. Ajang yang diikuti pelajar dan mahasiswa dari 10 negara tersebut diselenggarakan di Lotte World Hotel, Korea Selatan, 5″8 Agustus lalu. Dalam kontes itulah bedong bayi modern karya Mega meraih medali emas untuk kategori Glami Award.”Terus terang, saya benar-benar tidak menyangka dapat emas. Sebab, ini kali pertama saya ikut lomba internasional. Dan Indonesia baru pertama ini mengirimkan wakilnya,” terang Mega yang siang itu ditemui di ruang humas UNJ.Dia menceritakan, ide inovasi bedong bayi itu diperoleh secara spontan. Dia kerap melihat ibu muda yang baru melahirkan sulit membedong bayinya.

…dst

8 ) Lima Sekawan Moestopo Juarai Karya Ilmiah di Turki
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/31/373/858634/lima-sekawan-moestopo-juarai-karya-ilmiah-di-turki

Sabtu, 31 Agustus 2013 12:23 wib
JAKARTA – Penelitian Camelia Dewi Hartanto, mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) (FKG UPDMB), menjadi juara II pada lomba karya ilmiah organisasi mahasiswa kedokteran gigi sedunia International Association of Dental Students (IADS). Lomba karya ilmiah tersebut diselenggarakan dalam rangka pertemuan tahunan IADS di Istambul, Turki, pada 27 hingga 31 Agustus 2013. Kegiatan tersebut berlangsung berbarengan dengan kongres organisasi dokter gigi sedunia World Dental Federation (FDI) yang dilaksanakan di tempat yang sama. Pada lomba tersebut Camelia mempresentasikan hasil penelitiannya mengenai khasiat temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) dalam mempercepat penyembuhan luka dan pemulihan tulang pada penderita diabetes melitus.Penelitiannya berjudul “Healing effects of Curcuma Xanthorrhiza roxb/ in wound and bone diabetics rats (in vivo),” dilaksanakan bersama rekannya mahasiswa Citra Kartika, Denanda Adyandra, dan Destiawaty Asima, serta dibimbing oleh Evie Lamtiur Pakpahan, drg, Sp Ortho.

…dst

9 ) Unnes Rencana Ubah Sampah Jadi Sumber Energi
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/30/373/858474/unnes-rencana-ubah-sampah-jadi-sumber-energi

Sabtu, 31 Agustus 2013 11:03 wib
JAKARTA – Sudah banyak instansi maupun perorangan yang memilih mengolah sampah menjadi produk baru bernilai daripada hanya didiamkan membusuk begitu saja. Salah satu cara yang dipilih Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah memanfaatkan sampah menjadi sumber energi. Pakar konversi energi Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Dwi Aries Himawanto menyebut, sampah dapat dikonversi menjadi bentuk energi dengan menggunakan sejumlah proses. Hal tersebut disampaikan dalam “Forum Group Discussion (FGD) Potensi Sampah Unnes Menjadi Energi Listrik,” beberapa waktu lalu.Dwi memaparkan, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi pemilihan proses konversi. Mulai dari jenis, jumlah persediaan sampah, bentuk energi yang diinginkan, persyaratan akhir, standar lingkungan, kondisi ekonomi, hingga spesifikasi proyek.

…dst

10 ) Mahasiswa UI raih IPK cumlaude di usia 18 tahun
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/30/15/777557/mahasiswa-ui-raih-ipk-cumlaude-di-usia-18-tahun

Sabtu, 31 Agustus 2013 ? 01:33 WIB
Sindonews.com – Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis memimpin upacara wisuda program Diploma/Vokasi, Sarjana hingga Doktoral semester gasal tahun akademik 2012/2013 dengan jumlah total wisudawan sebanyak 8.104 wisudawan. Kegiatan tersebut sekaligus upacara penyambutan mahasiswa baru di Balairung UI, Kampus Depok. Pada wisuda itu, UI melepas 3.092 wisudawan sarjana yang terdiri dari 2.954 wisudawan program sarjana reguler dan 138 wisudawan sarjana kelas internasional. Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko mengatakan, pada program sarjana reguler, sebanyak 673 wisudawan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan predikat cumlaude. Peraih IPK tertinggi dicapai oleh Rizky Reza Fauzi dari Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) dengan IPK 3,93. Sementara pada program sarjana kelas internasional yang berhasil meraih predikat cumlaude adalah sebanyak 16 wisudawan dengan IPK tertinggi yaitu 3,91 oleh Michael Sidarta dari Fakultas Ekonomi program studi manajemen. “Predikat lulusan termuda dengan predikat cumlaude diraih Raja Sawery Gading Dzetaj Notonegoro yang berhasil lulus dari Fakultas Hukum (FH) program sarjana kelas internasional pada usia 18 tahun 11 bulan,” ujarnya kepada wartawan, di UI Depok, Jumat (30/8/2013).

…dst

11 ) 68 persen peraih cumlaude di UI perempuan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/30/15/777526/68-persen-peraih-cumlaude-di-ui-perempuan

Sabtu, 31 Agustus 2013 ? 01:01 WIB
Sindonews.com – Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis mengungkapkan, wisuda adalah salah satu momen penting dalam kehidupan akademik di UI. Ia mengklaim, pada wisuda kali ini UI berhasil menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.Hal itu ia katakan saat mempimpin upacara wisuda program sarjana reguler dan sarjana kelas internasional semester genap tahun ajaran 2012/2013 di Balairung UI, Kampus Depok.Anis mengatakan para lulusan sarjana reguler sebanyak 2.954 orang dan jumlah lulusan sarjana kelas internasional sebanyak 138 orang.”Lulusan yang berhasil memperoleh predikat cumlaude berjumlah 689 orang atau 22,3 persen. Lulusan predikat cumlaude terbanyak terdapat di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yakni sebanyak 118 wisudawan,” ujarnya dalam sambutannya, di Balairung UI, Depok, Jumat (30/8/2013).Anis menambahkan dari 673 orang wisudawan peraih cumlaude, 458 orang di antaranya adalah perempuan atau 68 persen. Anis berpesan, pengalaman yang diperoleh saat menempuh studi di UI akan menjadi bekal dalam berkiprah di masyarakat luas.

…dst

12 ) Clara dan Haiyan Raih IPK 4,00
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/31/235265/Clara-dan-Haiyan-Raih-IPK-400

31 Agustus 2013
DUA di antara ratusan lulusan Program Sarjana dan Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang diwisuda 31 Agustus 2013, patut diacungi jem­pol. Mereka adalah Clara Hetty Pri­masari dan Huang Haiyan, yang lu­lus dengan Indeks Prestasi Komul­a­tif (IPK) 4,00. Daftar nilai keduanya A dan tidak pernah ada yang mengulang. ”Iya, semua murni A, tidak ada yang karena mengulang. Sejak awal masuk kuliah sampai lulus semuanya A,” tutur Clara menjawab pertanyaan adakah nilai A karena remidiasi atau mengulang.Mahasiswi Program Studi Tek­nik Informatika Fakultas Teknik Industri tersebut menyelesaikan ku­liah dalam waktu tiga tahun sembilan bulan. Wajar kalau ke­mu­dian banyak tawaran kerja ka­rena nilai cemerlangnya. Bahkan, sebelum wisuda sudah banyak yang menawari pekerjaan. Na­mun, ia belum memutuskan memilih perusahaan apa dan di mana.Clara tidak pernah membayangkan nilainya bakal A semua. Ia menjalani kuliah secara wajar, mengikuti parktik laboratorium, mengerjakan tugas, dan ujian. Ia juga mengisi waktu luang dengan jalan-jalan atau rekreasi ke objek wisata. Kehidupan sehari-harinya biasa saja, malah ada pekerjaan sambilan yang jauh melenceng dari ilmunya.

…dst

13 ) Anies Bicara Soal Akademisi yang Terjerat Kasus Korupsi
http://news.detik.com/read/2013/08/31/160037/2345990/10/anies-bicara-soal-akademisi-yang-terjerat-kasus-korupsi?n991103605

Sabtu, 31/08/2013 16:00 WIB
Jakarta – Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan memutuskan untuk terjun ke politik praktis dengan ikut konvensi capres Partai Demokrat (PD). Dia dihadapkan dengan citra kalangan akademisi yang sedang jatuh menyusul penangkapan Eks Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. Meski dengan kenyataan tersebut, Anies tak patah arang. Dia mantap terjun ke politik dengan niat untuk melakukan perbaikan, utamanya soal moral bangsa.”Ada intelektual tambang di ESDM (yang terjerat korupsi), dia menguras sisa-sisa kepercayaan yang dia miliki. Tapi saya tegaskan masih jauh banyak yang baik di dalam,” kata Anies Baswedan di acara Syawalan Alumni HMI-MPO, di Grand Sahid Hotel, Jl Jendera Sudirman, Jakarta, Sabtu (31/8/2013). Menurutnya, pemberitaan tentang korupsi migas maupun sektor lain, termasuk korupsi partai-partai, ditambah sederet masalah lain yang tiap hari bisa didapat di media, membuat suasana bangsa ini seperti bangsa yang gagal.”Ini mendasar sekali. Kalau kita secara kolektif merasa sedang gagal, maka kita akan gagal. Tapi kalau secara kolektif kita merasa akan berhasil maka kita akan berhasil,” paparnya.”Perasaan ini yang harus dikembalikan di Indonesia,” imbuh Rektor Paramadina itu.

…dst

14 ) Perdana, RI Miliki Perguruan Tinggi Lingkungan Hidup di Sulsel
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/31/373/858709/perdana-ri-miliki-perguruan-tinggi-lingkungan-hidup-di-sulsel

Sabtu, 31 Agustus 2013 15:41 wib
MAKASSAR – Pendirian Perguruan Tinggi Lingkungan Hidup (PTLH), yang diinisiasi oleh Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, telah ditandatangani nota kesepahamannya oleh kedua pihak. PTLH pertama di Indonesia ini rencananya akan dibangun di Kelurahan Tonasa Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Sulsel mulai tahun depan. Di 2014 pula diharapkan PTLH sudah menerima mahasiswa baru untuk mulai perkuliahan. Sesuai desain maketnya yang dipresentasikan di Ballroom Makassar Golden Hotel (MGH) komplek Kampus PTLH Tonasa akan terintegrasi dengan taman keanekaragaman hayati.

…dst

15 ) Kuliah Perdana, UMN Sambut “Future Technology”
http://edukasi.kompas.com/read/2013/08/31/1354042/Kuliah.Perdana.UMN.Sambut.Future.Technology.

Sabtu, 31 Agustus 2013 | 13:54 WIB
TANGERANG, KOMPAS.com — Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menggelar kuliah perdana untuk semester ganjil 2013-2014 di Function Hall UMN, Sabtu (31/8/2013), dengan mengangkat tema “Future Technology”. Dalam acara ini, Country Agency Lead Google Indonesia Prami Rachmiadi dan Deputi CEO Erajaya Group Hasan Aula hadir sebagai pembicara. Prami menjelaskan bahwa siapa pun tidak perlu takut melakukan inovasi karena teknologi internet semakin memudahkan orang di seluruh dunia untuk bisa mengakses informasi apa pun.”Konsep dan ide yang baik adalah hal yang mutlak untuk menghadapi teknologi di masa depan. Ketahui dulu apa yang kita inginkan di masa depan and you have to be smart,” ujar Prami.

…dst

16 ) Mahasiswa Baru UGM Wajib IKut PPSMB
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/30/mscnmc-mahasiswa-baru-ugm-wajib-ikut-ppsmb

Jumat, 30 Agustus 2013, 22:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Ribuan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada Yogyakarta wajib mengikuti Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru pada 2-3 September 2013, kata Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi. “Bagi mereka yang mengikuti rangkaian kegiatan hingga selesai akan mendapatkan sertifikat lulus Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB), sedangkan bagi yang belum lulus akan diikutkan pada tahun depan,” katanya di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, PPSMB adalah kegiatan semacam orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) yang pernah dikenal beberapa tahun silam. Bedanya, dalam kegiatan PPSMB, mahasiswa dijauhkan dari ajang perpeloncoan apalagi tindak kekerasan. “PPSMB jauh dari model kekerasan dan perpeloncoan, kami siapkan mahasiswa baru menjadi pembelajar sukses dan meningkatkan pengembangan kemampuan emosional, spiritual, dan kepedulian sosial mereka,” katanya.

…dst

17 ) Beasiswa Erasmus Mundus di Bidang Astrofisika
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/30/368/858348/beasiswa-erasmus-mundus-di-bidang-astrofisika

Sabtu, 31 Agustus 2013 09:02 wib
JAKARTA – Beasiswa di bidang astrofisika bisa dibilang sangat jarang. Jadi, ini kesempatan emas untuk Anda yang ingin menekuni astrofisika, gratis pula! Program beasiswa Erasmus Mundus bidang astrofisika alias AstroMundus ini terbuka di lima perguruan tinggi mitra yaitu University of Innsbruck, University of Padova, University of Rome “Tor Vergata”, University of Goettingen dan University of Belgrade. Kelimanya ada di empat negara; Austria, Italia, Jerman, dan Serbia. Beasiswa untuk jenjang S-2 ini akan diberikan selama dua tahun. Mereka yang lulus dari program ini akan mendapatkan gelar bersama (joint degree) dari semua perguruan tinggi mitra yang dikunjungi selama masa studi. Scholars (penerima beasiswa) juga akan mendapatkan Diploma Supplement untuk mengesahkan gelar mereka di perguruan tinggi atau negara lain.

…dst

18 ) Wah, Alumni UI Bagi Beasiswa Nyaris Capai Rp1 M
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/30/373/858514/wah-alumni-ui-bagi-beasiswa-nyaris-capai-rp1-m

Sabtu, 31 Agustus 2013 08:09 wib
DEPOK – Para alumni baru Universitas Indonesia (UI) diajak untuk bergabung dalam ikatan ILUNI UI untuk tetap menjalin tali silaturahmi dengan alumni UI lainnya. ILUNI UI diminta untuk terus mengembangkan kerjasama untuk kemajuan almamater baik di tingkat universitas, fakultas, ataupun departemen.”Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pelaksanaan tracer study (study penelusuran alumni) yang merupakan salah satu cara untuk menggali informasi yang berkaitan dengan transisi dari dunia pendidikan ke dunia pekerjaan,” ujar Pejabat Rektor UI Muhammad Anis dalam sambutannya di upacara wisuda di Balairung UI, Kampus Depok.Anis menambahkan, informasi tersebut sangat penting sebagai umpan balik dan untuk mengevaluasi proses pembelajaran di UI. Anis mengungkapkan UI juga tidak melupakan bahwa seluruh orangtua, orangtua asuh, donatur, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan adalah pemangku kepentingan UI yang berkontribusi bagi keberhasilan pendidikan mahasiswa.

…dst

19 ) Ratusan Pengunjung Ingin ikut Simulasi CAT
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1769-ratusan-pengunjung-ingin-ikut-simulasi-cat

Dibuat pada 30 Agustus 2013
JAKARTA – Stand pameran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Pameran Bursa Kerja terbesar di Indonesia Kompas Karier Fair 2013 di Balai Kartini (30/08) menyediakan informasi dan layanan mengenai CPNS dan simulasi Computer Assisted Test (CAT). Antusiasme para pengunjung pada hari pertama terlihat setelah pembukaan acara dan paparan oleh Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Setiawan Wangsaatmaja. Tercatat ada 260 pengunjung yang ingin mengikuti simulasi CAT. Selain untuk mengetahui bagaimana system CAT yang akan diselenggarakan unuk penerimaan tes CPNS yang akan segera dibuka, para pengunjung juga banyak bertanya tentang formasi yang dibuka oleh Kementerian/ Lembaga maupun pemerintah daerah penerima CPNS. Mereka bahkan ingin mendaftar CPNS dalam pameran ini. Padahal untuk mendaftar CPNS langsung ke kementerian, lembaga dan pemda yang membuka lowongan. Selain itu juga, stand Kementerian PANRB juga memberikan marchendise berupa kaos cantik, bagi pengunjung yang berhasil mendapatkan nilai tinggi dalam simulasi CAT. Tampaknya persaingan untuk menjadi CPNS sudah mulai sejak simulasi CAT berlangsung. (cry/HUMAS MENPANRB)

***

20 ) Simulasi CAT di KKF Job Fair Sedot Pengunjung
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1768-simulasi-cat-di-kkf-job-fair-sedot-pengunjung

Dibuat pada 30 Agustus 2013
JAKARTA – Lagi, Kementerian PANRB membuat gebrakan baru. Dalam rangka mencari generasi terbaik bangsa, dan untuk memajukan birokrasi tanah air. Kementerian PANRB mengadakan simulasi computer assisted test (CAT) pada acara pameran bursa kerja terbesar di Indonesia Kompas Karier Fair (KKF) 2013 di gedung Kartika Expo, Balai Kartini Jakarta (30/08). Acara tersebut dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Joko widodo, dihadiri Deputi SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja.Kepada para pengunjung, Setiawan menyampaikan informasi seputar perekrutan CPNS. “Adik2, jika ingin melamar sebagai CPNS segeralah belajar dan besiap2, karena akan dibuka sebanyak 60.000 lowongan CPNS, 20.000 untuk instansi pusat dan 40.000 untuk pemerintah daerah,” ujarnya. Para pengunjung Jobfair sangat antusias mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Deputi SDM, terbukti dengan banyaknya penannya. Ari, salah satu pengunjung jobfair menanyakan tentang transparansi tes CPNS. Hal itu sehubungan adanya rumor yang berkembang, jika ingin menjadi CPNS, katanya harus pakai uang. Mau tes atau tidak, yg penting ada uangnya. “Apakah sistem yg berlaku di Kementerian dan lembaga saat ini sudah bersih dari hal tersebut?” ujarnya.

…dst

21 ) Diprediksi, Ada 1,3 Juta Peminat Lowongan CPNS Tahun Ini
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/31/1613429/Diprediksi.Ada.1.3.Juta.Peminat.Lowongan.CPNS.Tahun.Ini

Sabtu, 31 Agustus 2013 | 16:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Jumlah peminat lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 tahun ini diprediksi mencapai 1,3 juta orang. Hal ini disampaikan oleh Asisten Deputi Perencanaan Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), A.Rizal, saat ditemui di Kompas Karier Fair (KKF) 2013, di Balai Kartini, di Jakarta, Sabtu (31/8/2013).”Setelah dua tahun puasa, kita kan ada 25.000 KL dan 40.000 instansi Pemda. Kalau perkiraan masing-masing formasi 20 pelamar, ya tinggal dikalikan saja,” ujar Rizal. Menurutnya, sistem Computer Asissted Test (CAT) yang baru diberlakukan akan mengundang lebih banyak peminat dari kalangan muda atau angkatan kerja baru (fresh graduate). Pasalnya, sistem ini dapat semakin menunjukkan prinsip jujur, transparan, akuntabel, dan bebas kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN).

…dst

22 ) Jika Bertemu Calo CPNS, Segera Lapor ke Polisi
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/31/1522290/Jika.Bertemu.Calo.CPNS.Segera.Lapor.ke.Polisi

Sabtu, 31 Agustus 2013 | 15:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mendorong masyarakat untuk ikut mengawasi penyelenggaraan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 dan melapor ke polisi jika bertemu dengan calo penerimaan PNS. Dengan demikian, peluang terjadinya kecurangan, seperti transaksi ilegal posisi PNS, dalam proses seleksi ini bisa ditekan.”Kita libatkan komponen masyarakat. Masyarakat juga boleh laporkan ke polisi, bukan ke Kemenpan-RB. Karena itu tindakan penipuan kan,” jelas Asisten Deputi Perencanaan Bidan SDM Kemenpan-RB, A Rizal, kepada Kompas.com di stan Kemenpan-RB di Kompas Karier Fair 2013, Sabtu (31/8/2013).

…dst

23 ) 10 Arkeolog Teliti Benteng York
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/30/3/178521/10-Arkeolog-Teliti-Benteng-York-

Jum’at, 30 Agustus 2013 | 21:45 WIB
Metrotvnews.com, Bengkulu: Pusat Arkeolog Nasional Jakarta meneliti keberadaan Benteng York peninggalan kolonial Inggris sekitar tahun 1618 di Kota Bengkulu.”Kami menurunkan sepuluh orang anggota tim yang melakukan penelitian untuk mengetahui pola benteng dan aktivitas masa lalu,” kata Ketua Tim Sarjianto di Bengkulu, Jumat (30/8).Ia mengatakan tim peneliti menggali tiga titik di Kelurahan Pasar Bengkulu, Kecamatan Sungaiserut, Kota Bengkulu. Dari hasil penggalian, tim menemukan pecahan guci, pecahan uang logam dan sejumlah benda lainnya. “Kami juga sudah menemukan pola benteng yang diperkirakan berukuran 50 meter kali 50 meter,” tambahnya.Penggalian tersebut sudah dilakukan tim sejak Senin (26/8) dan akan berlangsung hingga 8 September 2013. Hasil penelitian itu, kata Sarjianto, akan disampaikan kepada masyarakat luas pada 9 September.Benteng York atau Fort York merupakan pangkalan pertama yang didirikan oleh Inggris di Bengkulu. Setelah membangun benteng itu, Inggris menamakan faktori dagang mereka di Bengkulu sebagai Garnizun EIC di Pantai Barat pulau Sumatera atau “The Honourable East India Company’s Garrison on the West Coast of Sumatra”.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *