Berita Edukasi, 30 Agustus 2013

1 ) Tim Robot ITB Raih Emas di FIRA RoboWorld Cup 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2013/08/30

Jumat, 30 Agustus 2013 | 18:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Robot Institut Teknologi Bandung berhasil meraih satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu dalam kompetisi robot internasional 18th FIRA RoboWorld Cup 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia, 24-29 Agustus 2013. “Ketiga medali tersebut adalah Medali Emas untuk kategori HuroCup Marathon, Medali Perak untuk kategori HuroCup Sprint, dan Medali Perunggu untuk kategori HuroCup Obstacle Run,” tulis Koordinator Tim Robot ITB, Andini Noviana, dalam laporan yang diunggah di laman Facebook Kusprasapta Mutijarsa, dosen pembimbing tim robot tersebut, Kamis (29/8/2013).Seperti dijelaskan Andini, FIRA RoboWorld Cup (FIRA CUP) adalah kompetisi robot pemain bola tahunan yang diselenggarakan oleh Federation of International Robot-Soccer Association (FIRA).

…dst

2 ) Peringati Ulang Tahun Emas IPB Undang Presiden
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/30

Jumat, 30 Agustus 2013, 13:12 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR–Dalam rangkaian ulangtahun emas ke 50, IPB mengundang Presiden RI untuk memberi orasi ilmiah 25 September mendatang. IPB juga akan menggelar 234 produk inovasinya yang telah dipilih dan diakui oleh Kementerian Riset dan Teknologi di bidang pangan, ekologi, bioenergi, pengetasan kemiskinan, dan biomedik. ”Jika ditanya mana peran IPB dalam pertanian? Produk inovasi kami akan cukup untuk menjawab dan membuat pangan bangsa kita kuat, jika inovasi itu diterapkan dan didukung kebijakan pemerintah tentunya,” kata Ketua Panitia Dies Natalis IPB ke 50, Meika Syahbana Rusli. Kepala Kantor Hukum, Promosi, dan Humas IPB, Yatri Indah Kusumastuti, mengatakan rangkaian acara ulang tahun IPB akan berlanngsung sejak 1 September yang dibuka dengan Upacara yang dihadiri petinggi, dosen, karyawan, dan mahasiswa IPB. Puncaknya pada 5 Oktober dengan Temu Alumni Akbar yang ditargetkan dapat dihadiri 10 ribu almunus IPB.

…dst

3 ) Hanya Untungkan PTN, Hapus Saja Bidik Misi!
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/30/373/858115/hanya-untungkan-ptn-hapus-saja-bidik-misi

Jum’at, 30 Agustus 2013 13:04 wib
SOLO – Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Provinsi Jawa Tengah, Brodjo Sudjono mengimbau agar beasiswa bidik misi dihapuskan. Bukan tak beralasan, beasiswa bidik misi dinilai lebih banyak menguntungkan perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) besar. “Adanya beasiswa bidik misi, yang diuntungkan adalah PTN,” jelas Brodjo Sujono kepada wartawan, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (30/8/2013).Berdasarkan data 2012, menurut Ketua Aptisi Provinsi Jateng, di antara 30 ribu paket beasiswa bidik misi yang dialokasikan bagi seluruh PTS hanya 2.000 paket. Padahal, saat ini terdapat 3.300 PTS di seluruh Indonesia.”Yang disayangkan, ke 2.000 paket yang tersedia bagi PTS tidak menyasar secara merata,” jelas Brodjo yang juga menjadi Pembina Universitas Surakarta.Brodjo menyayangkan bahwa penentuan alokasi beasiswa bidik misi hanya mempertimbangkan akreditasi A dan jumlah mahasiswa di PTS. Karenanya, hanya PTS yang besar dan terakreditasi baik saja yang mendapat jatah beasiswa bidik misi.

…dst

4 ) BPK Temukan Kejanggalan Anggaran Pendidikan Rp 24,1 Triliun
Indikasi Kerugian Negara Rp 28 Miliar
http://www.jpnn.com/read/2013/08/30/188481/BPK-Temukan-Kejanggalan-Anggaran-Pendidikan-Rp-24,1-Triliun-

Jum’at, 30 Agustus 2013 , 06:33:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh tadi malam membeber hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun anggaran 2012 di Komisi X DPR. Hasilnya mengejutkan, BPK menemukan kejanggalan penggunaan anggaran hingga Rp 24,125 triliun. Nuh memaparkan bahwa temuan BPK itu terbagi menjadi tiga item. Pertama adalah temuan 23 kejanggalan administrasi sebesar Rp 24 triliun. Kedua adalah delapan indikasi kerugian negara sebesar Rp 28,9 miliar. Dan ketiga adalah 18 potensi kerugian negara senilai Rp 60,4 miliar.”Bagian yang temuan administrasi itu memang banyak. Tetapi rekomendasi dari BPK cukup diselesaikan secara administrasi,” kata Nuh. Dari paparan itu, Nuh mengisaratkan bahwa temuan kejanggalan administrasi yang mencapai Rp 24 triliun itu tidak mengarah pada kasus tindak pidana korupsi dan sejenisnya. Dia mencontohkan urusan administrasi adalah pelaporan bantuan sosial (bansos) dan pencatatan aset tanah di perguruan tinggi negeri (PTN). Selanjutnya terkait dengan indikasi kerugian negara yang mencapai Rp 28,9 miliar, Nuh mengatakan perlu pembuktian lebih lanjut. Untuk penelusuran dan pencarian bukti lebih lanjut ini, Nuh mengatakan akan menugaskan tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. Dia mengatakan bahwa temuan indikasi kerugian negara ini lebih dekat dengan kasus tinda pidana. “Tapi itu tadi, butuh bukti lebih lengkap,” katanya.

…dst

5 ) Unair-BUMN Kembangkan “Stem Cell” dan Proteomik
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116861/unair-bumn-kembangkan-stem-cell-dan-proteomik

30 Agst 2013 19:45:13
Surabaya (Antara Jatim) – “Institute of Tropical Disease” (ITD) atau Lembaga Penyakit Tropis (LPT) Universitas Airlangga Surabaya siap mengembangkan “stem cell” (sel induk) untuk mengatasi kerusakan organ tubuh dan “proteomik” (rekayasa protein) untuk mengatasi impor hewan, tumbuhan, dan sejenisnya.”Kami sudah mendapat dukungan dari Menteri BUMN dan jajarannya serta Menteri Kesehatan untuk memproduksi ‘stem cell’ dan ‘proteomik’ secara massal pada 2014, bahkan ITD Unair juga menjadi pusat riset terbaik yang mendapat Anugerah Prayogasala dari Kemenristek,” kata Kepala ITD/LPT Unair Surabaya Prof Nasronudin MD PhD di Surabaya, Jumat.Menurut dia, Menteri BUMN Dahlan Iskan sendiri sudah menghibahkan sarana laboratorium untuk “stem cell” senilai Rp4 miliar, kemudian Menteri Kesehatan juga sudah menunjuk Unair untuk mengembangkan “steam cell” dengan jaminan etika yang dapat dipertanggungjawabkan.

…dst

6 ) Rektor Unpad: Tiada Maaf Bagi Para Plagiator
http://news.detik.com/bandung/read/2013/08/30/180746/2345561/486/rektor-unpad-tiada-maaf-bagi-para-plagiator?n991103605

Jumat, 30/08/2013 18:07 WIB
Bandung – Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia membuka Kuliah Perdana Pascasarjana Program Doktor (S3) dan Program Magister (S2) di Aula Graha Sanusi Kampus Universitas Padjadjaran, Jalan Dipati Ukur, Jumat (30/8/2013). Dalam sambutannya, Ganjar memperingatkan para mahasiswanya untuk jujur dalam membuat tesis dan disertasi. Ia menyatakan, tak ada maaf bagi mereka yang melakukan penjiplakan. Ganjar mengatakan, apapun tujuan para mahasiswa S2 dan S3 ini kuliah, ia berharap para mahasiswa bisa menjadi tenaga-tenaga kerja profesional. “Apakah ada yang untuk mendapatkan prestise, kenaikan pangkat dan lainnya, tapi perlu diingat bahwa pendidikan pascasarjana bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja profesional. Menjadi ilmuwan, cendekiawan atau intelektual,” ujar Ganjar.Ia pun mencontohkan, Amerika menjadi negara maju di antaranya karena banyaknya tenaga profesional yang terampil yang memberikan kontribusi untuk negaranya.

…dst

7 ) Universitas Brawijaya Kirimkan 28 Tim ke PIMNAS Mataram
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116845/universitas-brawijaya-kirimkan-28-tim-ke-pimnas-mataram

30 Agst 2013 16:32:18
Malang (Antara Jatim) – Universitas Brawijaya Malang akan mengirimkan 28 tim di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI-2013 di Universitas Mataram yang berlangsung 9-13 September.Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof Dr Yogi Sugito di Malang, Jumat, mengaku tahun ini lebih optimistis untuk meraih medali sebanyak-banyaknya ketimbang tahun lalu.”Tim yang kami kirimkan tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu. Kalau tahun lalu hanya 24 tim, tahun ini sebanyak 28 tim, sehingga kami lebih banyak peluang untuk mendulang medali emas dan mempertahankan gelar juara umum Pimnas,” tegasnya. Ia mengakui optimistis untuk mempertahankan gelar juara umum tersebut, karena bidang ilmu yang ada di UB lebih lengkap, sehingga tim yang dikirimkan dalam Pimnas juga beragam, meski Fakultas Kedokteran (FK) masih mendominasi dengan 11 tim dari 28 tim yang dikirimkan. Menyinggung apresiasi atau penghargaan yang diberikan pihak kampus terhadap mahasiswa berprestasi melalui Pimnas dengan menyabet medali emas, Yogi mengatakan pasti ada, baik berupa materi maupun nonmateri.

…dst

8 ) Universitas Jember Ingin Jadi Pusat Bioteknologi
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/30/079508836/Universitas-Jember-Ingin-Jadi-Pusat-Bioteknologi

Jum’at, 30 Agustus 2013 | 15:13 WIB
TEMPO.CO, Jember – Rektor Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, Mohammad Hasan, mengatakan Unej yang merupakan kampus yang berada di kawasan sentra pertanian dan perkebunan akan dijadikan salah satu pusat pengembangan bioteknologi. “Salah satu langkah untuk mewujudkannya, kami mengirimkan mahasiswa dan dosen untuk belajar bioteknologi ke beberapa negara, seperti Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat,” kata Hasan, Jumat, 30 Agustus 2013.Menurut Hasan, masa depan pertanian Indonesia perlu didukung dengan pengembangan bioteknologi. Apalagi, permintaan produk pertanian makin meningkat seiring bertambahnya populasi manusia. Pada saat bersamaan, lahan pertanian kian sempit. Begitu pula daya dukung alam yang semakin menurun. “Maka, bioteknologi menjadi salah satu jawabannya,” ujarnya.

…dst

9 ) Umbi Keladi Tikus Perangi Kanker Payudara
Chodijah Lulus Ujian Doktor
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/30/235150/Umbi-Keladi-Tikus-Perangi-Kanker-Payudara

30 Agustus 2013
SEMARANG – Peneliti Unissula, dokter Chodijah menyelesai­kan studi S-3 di Undip, baru baru ini. Dia menyusun disertasi ber­judul `’Efek Pemberian Ekstrak Etanol Umbi Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme), terhadap Multi Parameter Sistem Imun, Proliferasi, dan Apoptosis, Adenokarsinoma Mamma Mencit C3H”. Dosen kelahiran Pekalongan 1956 itu lulus ujian promosi terbuka dengan mempertahankan disertasi di depan majelis penguji yang dipimpin Direktur Pascasarjana Undip Prof Dr Anies MKes PKK. Penelitiannya mendapat apresiasi tim pakar dan guru besar Fakultas Kedokteran, karena perhatiannya terhadap penyakit yang acap diderita kaum hawa itu.`’Riset saya berkonsentrasi pada pasien kanker payudara. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana caranya menumbuhkan sistem imun pada tubuh penderita kanker payudara supaya tetap sehat,” tutur istri dokter Abdullah Baagil ini.

…dst

10 ) Wuih, IPK Cum Laude di Usia 18 Tahun
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/30/373/858417/wuih-ipk-cum-laude-di-usia-18-tahun

Jum’at, 30 Agustus 2013 18:28 wib
DEPOK – Universitas Indonesia meluluskan 8.104 wisudawan dari berbagai program. Pada program sarjana reguler, sebanyak 673 wisudawan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan predikat cum laude. Peraih IPK tertinggi dicapai oleh Rizky Reza Fauzi dari Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) dengan IPK 3,93. Demikian disampaikan Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko, saat upacara wisuda UI, di Balairung UI, Kampus Depok, Jumat (30/8/2013).Sementara pada program sarjana kelas internasional yang berhasil meraih predikat cum laude adalah sebanyak 16 wisudawan dengan IPK tertinggi yaitu 3,91 oleh Michael Sidarta dari Fakultas Ekonomi program studi manajemen.”Predikat lulusan termuda dengan predikat cum laude diraih Raja Sawery Gading Dzetaj Notonegoro yang berhasil lulus dari Fakultas Hukum (FH) program sarjana kelas internasional pada usia 18 tahun 11 bulan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (30/8/2013).

…dst

11 ) Mahasiswi IAIN Ar-Raniry tulis skripsi dalam tiga bahasa
http://www.antaranews.com/berita/393024/mahasiswi-iain-ar-raniry-tulis-skripsi-dalam-tiga-bahasa

Jumat, 30 Agustus 2013 00:09 WIB
Banda Aceh (ANTARA News) – Putri Reiza mahasiswi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menulis tugas akhir (skripsi) dalam tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris.”Putri Reiza merupakan mahasiswi pertama di IAIN Ar-Raniry dan mungkin di Aceh yang mampu menulis skripsi dalam tiga bahasa,” kata Ketua jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ar-Raniry Jasafat di Banda Aceh, Kamis.Skripsi tiga bahasa tersebut berjudul Film Komedi Aceh Eumpang Breuh 10 dalam Perspektif Dakwah. Menurutnya, penulisan skripsi dengan menggunakan bahasa Arab, Inggris dan Indonesia merupakan wujud dari program kelas internasional di Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Ar-Raniry. Seusai menghadiri sidang munaqasyah ia juga mengatakan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Ar-Raniry memberi kesempatan bagi mahasiswanya yang memiliki kemampuan untuk menulis skripsinya lebih dari satu bahasa.

…dst

12 ) 1 September, Siap-Siap Daftar Beasiswa Chevening Inggris
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/28/368/857129/1-september-siap-siap-daftar-beasiswa-chevening-inggris

Rabu, 28 Agustus 2013 18:29 wib
JAKARTA – Bisa melihat Big Ben di London sepertinya bukan lagi mimpi nih kalau kita mendaftar beasiswa Chevening, Inggris. Selain bisa “travelling gratis”, kita bisa nimba ilmu di Negeri Ratu Elizabeth itu. Sudah pasti, biaya pendidikan yang membumbung tinggi membuat beasiswa menjadi incaran banyak orang. Informasi tentang beasiswa pun didapat dengan mudah melalui internet. Jika kalian sedang mencari beasiswa, Inggris menyebar beasiswa pascasarjana untuk calon pemimpin Indonesia melalui Beasiswa Chevening. Beasiswa Chevening untuk tahun ajaran 2014 ini menargetkan pemimpin yang memilih program studi (Prodi) agar dapat berperan penting dalam membahas tantangan pembangunan di Indonesia.Selain dapat mengenyam pendidikan pascasarjana, penerima beasiswa juga berkesempatan meningkatkan kapasitas kepemimpinannya. Awal September ini alias pada 1 September, pendaftaran beasiswa Chevening mulai dibuka.

…dst

13 ) Habibie tegaskan R80 dibuat lebih hebat
http://www.antaranews.com/berita/392811/habibie-tegaskan-r80-dibuat-lebih-hebat

Rabu, 28 Agustus 2013 23:32 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Mantan Presiden BJ Habibie mengatakan pesawat Regio Prop 80 (R80) yang diproduksi PT Ragio Aviasi Industri (RAI) dalam tahap pembuatan awal dan dikembangkan lebih hebat dari pesawat N250. “Kita buat lebih hebat. It`s a surprise, you`ll see it, ok (Ini adalah kejutan, kamu akan melihatnya, ok),” kata Habibie usai berpidato di Rakornas Riset dan Teknologi (Rakornas Ristek) di Jakarta, Rabu. Menurut dia, pesawat R80 yang akan dibuat berdaya tampung 80 kursi dan ditargetkan terbang 2018 ini akan memanfaatkan pengalaman membuat pesawat N250. Sebelumnya diberitakan bahwa pesawat R80, menurut Komisaris PT RAI Ilham A Habibie, merupakan The Next N250 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara Indonesia. Ia mengatakan saat ini pembuatan R80 masih dalam tahap pembuatan awal atau 10 persen. Kemampuan, desain, dan teknologi pesawat ini mirip N250, meski dari segi ukuran akan lenih besar dan panjang.

…dst

14 ) PPATK serahkan laporan kasus Rudi ke KPK
http://www.antaranews.com/berita/393174/ppatk-serahkan-laporan-kasus-rudi-ke-kpk

Jumat, 30 Agustus 2013 19:13 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyerahkan laporan analisis transaksi kasus-kasus yang tengah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), termasuk kasus suap terhadap mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini.”Yang sedang kalian beritakan, ya semuanya. Semua sudah kami kerjakan,” kata Wakil Ketua PPATK, Agus Santoso, kepada wartawan di Gedung KPK Jakarta, Jumat, tentang laporan-laporan transaksi keuangan mencurigakan kasus suap Rudi. PPATK, lanjut Agus, fokus pada transaksi-transaksi keuangan yang dibutuhkan KPK dan mendalaminya agar penyelesaian kasus di KPK berjalan lebih cepat.”Kami koordinasi rutin, PPATK dengan KPK, supaya lebih efektif. Terutama untuk penelusuran aliran dana keterkaitan transaksi satu dengan transaksi yang lain,” kata Agus.Namun, Agus enggan memberikan keterangan detail terkait laporan apa saja yang disampaikan ke KPK.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *