Berita Edukasi, 29 Agustus 2013

1 ) Kemendikbud Utus Tim Investigasi ke FK Unmal
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/29/3/178281/Kemendikbud-Utus-Tim-Investigasi-ke-FK-Unmal

Kamis, 29 Agustus 2013 | 21:43 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Kemendikbud menyiapkan tim investigasi terkait dugaan pelanggaran di FK Unmal Bandarlampung.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menurunkan tim investigasi terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Malahayati. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim mengatakan tim yang terdiri dari orang-orang Kementerian dan Inspektorat Jendral (Irjen) Kemendikbud akan mulai diturunkan mulai minggu depan.Ditemui Media Indonesia pada Kamis (29/8), Wamendikbud mengatakan tim tersebut akan menyelidiki fakta-fakta di lapangan dan memverifikasi apakah hal tersebut memang melanggar peraturan. “Perguruan Tinggi itu otonom. Begitu diberikan Surat Izin Operasi maka mereka yang tentukan sendiri pelaksanaan teknisnya,” jelasnya.Menurut Wamendikbud, selama ini Kemendikbud belum pernah menerima laporan mengenai pelanggaran yang dilakukan Fakultas Kedokteran di Universitas Malahayati Bandarlampung, Lampung.

…dst

2 ) Dikti Diminta Tegas Terhadap Fakultas Kedokteran Abal-abal
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/29/3/178056/Dikti-Diminta-Tegas-Terhadap-Fakultas-Kedokteran-Abal-abal

Kamis, 29 Agustus 2013 | 08:14 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendesak Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud agar bersikap tegas pada fakultas kedokteran abal-abal yang kerap menghasilkan dokter tidak bermutu. “Saat ini ada sejumlah fakultas kedokteran yang beroperasi melanggar aturan. Karena pembenahan bidang pendidikan urusan Kemendikbud, kita berharap Dikti bersikap tegas pada fakultas-fakultas ini,” ujar Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemenkes Untung Suseno Sutarjo, Rabu (28/8). Ucapan Untung merujuk pada kasus yang terjadi di Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati, Lampung. Universitas itu disinyalir melanggar sejumlah ketentuan yang tercantum dalam UU Pendidikan Kedokteran (Dikdok). Contoh pelanggaran seperti merekrut mahasiswa jauh melampaui kuota lantaran memasukan 400-an orang padahal kuotanya hanya 80. Fakultas itu juga hanya berakreditasi C dan belum memiliki rumah sakit (RS) pendidikan. Tempat magang praktik dokter pun jauh berada di luar provinsi. Tidak hanya itu, fakultas itu juga menerima calon mahasiswa dari siswa SMA jurusan IPS dan SMK.

…dst

3 ) Komisi X DPR minta Kemendikbud manfaatkan temuan ICW
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/29/13/776707/komisi-x-dpr-minta-kemendikbud-manfaatkan-temuan-icw

Kamis, 29 Agustus 2013 ? 08:30 WIB
Sindonews.com – Anggota Komisi X DPR Zulfadhli mengatakan, penelitian yang dilakukan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) harus menjadi momentum pemerintah, untuk membersihkan korupsi dana pendidikan. Apalagi dana pendidikan yang setiap tahun naik, maka akan makin rawan untuk dikorupsi oleh pemerintah pusat dan daerah.”Modus korupsi pendidikan itu kan mudah terbaca, seperti proyek pengadaan barang atau pemakaian dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah),” ungkapnya, Rabu (28/82013). Sebaiknya, lanjut Zulfadhli, pemerintah melakukan pemetaan agar ada tindakan tegas untuk menanggulanginya. “Agar ada efek jera bagi korptor,” tegasnya. Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) mensurvei, dana pendidikan selama 10 tahun masih menjadi favorit untuk dikorupsi. Dinas pendidikan dianggap terbanyak melakukan korupsi dibidang ini. Dari 479 tersangka telah meyebabkan kerugian negara sebesar Rp619 miliar. Dinas pendidikan dianggap sebagai institusi terkorup dengan 151 praktek korupsi, dengan kerugian negara mencapai Rp356,5 miliar.

***

4 ) UGM Terbitkan Buku Herbal Bone Bolango
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/28/ms90lw-ugm-terbitkan-buku-herbal-bone-bolango

Rabu, 28 Agustus 2013, 23:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,yogyakarta–Universitas Gadjah Mada meluncurkan buku mengenai jenis tanaman herbal dari Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Dosen pendamping lapangan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Bone Bolango, Edi Suryanto mengatakan sebelum kembali ke Yogyakarta pihaknya harus meluncurkan satu karya yang berharga bagi masyarakat yang ditinggalkan. Karya yang dimaksud berupa buku yang memuat 19 jenis tanaman herbal yang dimiliki Kecamatan Pinogu lengkap dengan foto masing masing jenis. “Di buku yang memiliki dua puluh halaman itu juga kita sertakan penjelasan kegunaan maupun manfaat dari masing-masing tanaman,” kata Edi. Dia menjelaskan, buku tersebut dibuat dan disusun oleh mahasiswa UGM selama melaksanakan KKN-PPM di Kecamatan Pinogu.Sembilan belas tanaman herbal pinogu yang diulas lengkap dalam buku tersebut adalah bandotan, cengkih, cocor bebek, langsat, bayam, bayam merah, jambu biji, sirih, pandan, serai, jarak pagar, mangga, pisang, pepaya, krokot, talas, jahe, sawi, dan mentimun.

…dst

5 ) UNS Siap Tangani Kelangkaan Kedelai
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/29/373/857452/uns-siap-tangani-kelangkaan-kedelai

Kamis, 29 Agustus 2013 15:02 wib
SOLO – Indonesia yang negara agararis ini ternyata kesulitan memenuhi kebutuhan kedelai. Padahal, kacang kedelai adalah bahan baku utama pembuatan tempe dan tahu yang banyak dikonsumsi rakyat Indonesia. Enggak ingin pemerintah terus mengimpor kedelai, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pun urun pikiran. Bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, UNS turun tangan mengatasi permasalahan kedelai, terutama di Jawa Tengah.Ide ini, kata Rektor UNS Prof Dr. Ravik Karsidi, MS, merupakan jawaban atas tantangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo untuk mewujudkan kemandirian Jawa Tengah. “Kami sudah memaparkan soal pembudidayaan kedelai di depan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Beliau pun sudah merespons positif, apalagi dalam rangka mewujudkan kemandirian Jawa Tengah,” kata Ravik, di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2013).Ravik mengimbuh, pembudidayaan kedelai masuk dalam salah satu unggulan UNS; khususnya bidang rekayasa untuk ketahanan pangan. Mereka pun berfokus untuk mengatasi kenaikan harga kedelai dengan memperbaiki sisi pengusahaan kedelai. Dengan begitu, petani memiliki hasrat yang besar untuk menanam kedelai.

…dst

6 ) UII, Kawasan Budaya Hak Kekayaan Intelektual
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/28/ms8t0i-uii-kawasan-budaya-hak-kekayaan-intelektual

Rabu, 28 Agustus 2013, 20:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Universitas Islam Indonesia (UII) ditetapkan sebagai kawasan berbudaya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Penetapan ini ditandai dengan pemberian penghargaan berupa sertifikat dan plakat oleh Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin kepada Wakil Rektor II UII, Neni Meidawati, di Bangsal Srimanganti, Kraton Yogyakarta, Selasa malam (27/8). Menurut Neni, penghargaan tersebut diberikan karena konsistensi UII yang selama ini dinilai mempunyai komitmen dan kontribusi terhadap pengembangan HKI, khususnya melalui aktivitas di bidang pendidikan. “UII memiliki Pusat Studi Hak Kekayaan Intelektual yang aktif melakukan kajian tentang HKI. Pusat studi yang telah berdiri sejak 2006 ini juga selalu memberi edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya HKI,” kata Neni.Penguatan peranan dan kontribusi kekayaan intelektual telah memberi dampak positif dalam perekonomian, kebudayaan, dan kemajuan masyarakat.

…dst

7 ) UMI Gandeng Universitas Jepang Bahas Polusi
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/28/373/857176/umi-gandeng-universitas-jepang-bahas-polusi

Kamis, 29 Agustus 2013 04:02 wib
MAKASSAR – Pencemaran udara, tanah, dan air, khususnya di Makassar, disinyalir sudah menunjukkan gejala yang memburuk. Sinyal tersebut mendorong Universitas Muslim Indonesia (UMI) bekerjasama dengan Ehime University, Jepang, Rabu (28/8/2013), menggelar seminar membahas masalah polusi serta penanganannya. Seminar bertajuk ‘Heavy Metal Pollution and Health Problems in Indonesia’ menampilkan Prof Sakakibara Masaki, Ph.D. dari Ehime University dan Prof Dr H Syarifuddin Wahid, Ph.D. yang merupakan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UMI sebagai pembicara. Keduanya memberi materi mengenai dampak kesehatan yang ditimbulkan dari limbah maupun polusi. Dr Nasruddin, Pembantu Dekan III FK UMI menyatakan, kegiatan ini sebagai bentuk upaya pembelajaran untuk lebih mengoptimalkan teknologi industri beserta kesehatan, dan juga upaya bersama mencari solusi untuk mengentaskan polusi.

…dst

8 ) BNPB Rayu 12 Universitas Bangun Pusat Riset Bencana
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/28/373/857173/bnpb-rayu-12-universitas-bangun-pusat-riset-bencana

Kamis, 29 Agustus 2013 02:14 wib
BANDA ACEH – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana membentuk pusat riset kebencanaan pada 12 perguruan tinggi di Indonesia, untuk mewujudkan negara ini sebagai laboratorium bencana dunia.Melalui pusat riset kebencanaan di kampus itu, diharapkan semua pihak khususnya masyarakat Indonesia bisa menambah pengetahuannya tentang bencana sehingga mudah melakukan upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana. Hal itu disampaikan Kepala Sub Direktorat Pencegahan Bencana BNPB, Lilik Kurniawan dalam seminar international ‘Warisan Bencana dan Ekonomi Kreatif’ di Gedung Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana (TDMRC) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Ulee Lhue, Banda Aceh.”BNPB sedang mengupayakan ada 12 perguruan tinggi yang masing-masing ada center-nya (riset kebencanaan,” katanya, Rabu (28/8/2013).

…dst

9 ) Kiprah Akuntasi Singgih Diakui Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/29/373/857618/kiprah-akuntasi-singgih-diakui-dunia

Kamis, 29 Agustus 2013 17:02 wib
JAKARTA – Bersungguh-sungguhlah dalam mengerjakan sesuatu. Setidaknya itulah yang dibuktikan Singgih Wijayana, Ph.D.Kesungguhannya menekuni akuntansi dan kiprahnya sebagai peneliti di International Financial Reporting Standard (IFRS) Center Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat kompetensi Singgih diakui dunia. Dosen akuntansi UGM ini terpilih sebagai Deloitte Touche Tohmatsu Limited (DTTL) and the International Association for Accounting Education & Research (IAAER) Scholar.Menurut Singgih, Deloitte-IAAER Scholarship adalah program prestisius dengan persyaratan sangat ketat. “Selain memiliki rekam jejak yang terbukti dalam memberikan kontribusi terhadap pengembangan pelaporan akuntansi/keuangan yang efektif dan/atau audit di pasar lokal, kandidat juga harus mampu mengartikulasikan visi yang jelas untuk masa depan pelaporan keuangan dan/atau audit di pasar lokal, dan tentu saja mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang bagus,” ujar Singgih, seperti dikutip dari keterangan tertulis UGM kepada Okezone, Kamis (29/8/2013).

…dst

10 ) Prof Harjanto Kembali Menjabat Rektor Binus University
http://edukasi.kompas.com/read/2013/08/29/1641171/Prof.Harjanto.Kembali.Menjabat.Rektor.Binus.University

Kamis, 29 Agustus 2013 | 16:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Prof Harjanto Prabowo kembali dipercaya menjadi Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus University) untuk peride jabatan 2013-2018. Harjanto menetapkan visi kepemimpinannya dengan percepatan menuju target dan tujuan yang berfokus pada daya saing lulusan, kuantitas dan kualitas tenaga pengajar Binus University. Pada sambutan pelantikannya, Kamis (29/8/2013), Harjanto mengungkapkan bahwa melanjutkan kembali tongkat estafet kepemimpinan Binus University di tangannya akan menjadi motivasi dan semangat untuk lebih percaya diri melakukan percepatan untuk mencapai visi Binus 20/20. Segala yang telah dikerjakan dan dicapai para pemimpin Binus University selama lebih 30 tahun akan menjadi modal penting untuk tujuan tersebut.

…dst

11 ) Kemendikbud tambah anggaran untuk perpustakaan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/29/15/776681/kemendikbud-tambah-anggaran-untuk-perpustakaan

Kamis, 29 Agustus 2013 ? 04:00 WIB
Sindonews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan, sekolah dapat memakai 5 persen Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk perpustakaan. Hal ini untuk meningkatkan mutu buku dan juga fasilitas perpustakaan.Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, pemerintah sudah membuat UU No 43/2007 tentang Perpustakaan. Lalu Kemendikbud membuat peraturan menteri yang menyatakan 5 persen dana BOS dapat dialokasikan untuk perpustakaan.”Dengan ini maka tidak ada lagi alasan sekolah tidak dapat meningkatkan mutu perpustakaannya,” katanya usai 42nd International Annual Conference of the Internasional Association of School Librarianship (IASL) di Denpasar, Rabu (28/8/2013).

…dst

12 ) Tes CPNS, MenPAN: Anak Petani Jangan Takut Bersaing dengan Anak Pejabat
http://news.detik.com/read/2013/08/29/122216/2344029/10/tes-cpns-menpan-anak-petani-jangan-takut-bersaing-dengan-anak-pejabat?n991103605

Kamis, 29/08/2013 12:22 WIB
Jakarta – Pemerintah segera menggelar rekrutmen calon pegawai negeri sipil di sejumlah kementerian dan lembaga. Tes tahun ini dijamin bebas permainan. Anak petani dan anak pejabat bisa bersaing sehat. “Jadi intinya nanti semua anak, anak petani, anak masyarakat desa, anak pejabat, semua sama, nggak boleh ada perbedaan,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan BR) Azwar Abubakar di Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2013).Menurut Azwar, permainan dalam proses rekrutmen PNS harus dihilangkan dengan pengawasan ketat. Dalam sejumlah tes terdahulu, permainan masih terlihat, termasuk dari soal. “Yang pertama untuk soal yang kita buat kita minta sama kampus, melalui Kemdikbud ada 10 kampus yang membuat soal, soal itu sulitnya di bawah orang masuk universitas, jadi tidak sulit sekali,” jelasnya. Kebocoran soal juga jadi perhatian. Dari 20 ribu soal, ada sekitar 4-5 tipe agar tidak ada kecurangan. Tak hanya itu, penempatan PNS juga mendapat pengawasan ketat. Tujuannya agar kualitas dan jumlah PNS yang direkrut, tepat sasaran. “Secara bertahap dia butuh waktu 5-6 tahun, kerasalah nanti,” imbuhnya.

***

13 ) Formasi Disabel Tersebar di Berbagai Instansi
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1766-formasi-disabel-tersebar-di-berbagai-instansi

Dibuat pada 29 Agustus 2013
JAKARTA – Sekretaris Kementerian PANRB Tasdik Kinanto mengatakan, formasi CPNS untuk kaum disabel tersebar di sejumlah kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah. Untuk K/L dialokasikan 63 orang, sedangkan untuk pemerintah daerah sebanyak 288 orang. Hal itu dikatakannya ketika menerima kunjungan lima orang tuna netra dari Bandung, Jakarta dan Depok untuk mempertanyakan kejelasan formasi bagi kaum difabel dalam seleksi CPNS tahun 2013 ini. “Mulai tahun ini pemerintah memberikan afirmasi untuk kaum disable dalam penerimaan CPNS. Namun untuk criteria kecacatan, kami serahkan kepada instansi dan pemda masing-masing,” ujarnya di Media Center Kementerian PANRB, Kamis (29/08).Hal itu disesuaikan dengan kesiapan sarana masing-masing instansi. Bisa saja suatu instansi tidak menerima tuna netra, karena belum ada sarana kerja untuk tuna netra. Mungkin baru tersedia sarana kerja untuk kaum difabel cacat satu kaki misalnya, tambah Tasdik. Ade Rahmat dari Bandung sempat mempertanyakan, kenapa Pemprov Jawa Barat dan Kota Bandung tidak menerima CPNS dari penyandang cacat tahun ini. Tasdik yang didampingi Asdep Perencanaan SDM Aparatur Arizal menjelaskan, kedua pemda itu tahun ini tidak mendapatkan alokasi CPNS dari jalur pelamar umum. “Jadi bukannya mereka tidak mau menerima penyandang cacat,” ujarnya menambahkan.

…dst

14 ) Cegah Kebocoran, Panitia Seleksi Nasional Minta Polisi Kawal Ketat Soal CPNS
http://www.setkab.go.id/berita-10034-cegah-kebocoran-panitia-seleksi-nasional-minta-polisi-kawal-ketat-soal-cpns.html

Kamis, 29 Agustus 2013 – 15:16 WIB
Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 meminta aparat kepolisian (Polri) melakukan pengawalan ketat terhadap soal-soal tes yang akan digunakan untuk melakukan seleksi penerimaan CPNS dari 69 Kementerian/Lembaga, 23 Pemerintah Provinnsi, dan 237 Pemerintahan Kabupaten/Kota.Permintaan tersebut disampaikan Wakil Ketua (Waka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana saat rapat Paselnas Pengadaan CPNS di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RN), Jakarta, Rabu (28/8).Rapat Panselnas itu dipimpin oleh Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja selaku Wakil Ketua Tim Pelaksana dihadiri oleh Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mewakili Kepala BKN sebagai Ketua Tim Pelaksana Panselnas, dan dihadiri seluruh panitia pelaksana, termasuk tim pengawas yang antara lain beranggotakan konsorsium lembaga swadaya masyarakat (LSM), yang dikoordinir oleh Indonesia Corruption Watch (ICW).

…dst

15 ) Peluncuran 1.000 Roket Meriahkan Harteknas 2013
http://www.setkab.go.id/berita-10027-peluncuran-1000-roket-meriahkan-harteknas-2013.html

Kamis, 29 Agustus 2013 – 10:18 WIB
Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) meluncurkan 1.000 roket air pada peringatan puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (29/8) “Roket air sebanyak 500 sampai 1.000 buah akan diluncurkan di archipelago Taman Mini diwakili murid dari 20 sekolah. Tapi nanti masyarakat umum juga akan diberi kesempatan meluncurkannya,” kata Ketua Pelaksana Harian Hakteknas, Goenawan Wybisana di Jakarta. Jika peluncuran secara salvo 1.000 roket air oleh para pelajar SMP dan SMA ini terlaksana dengan lancar, menurut dia, maka bisa dicatat di rekor MURI. Rencananya roket air tersebut diluncurkan 31 Agustus di TMII. “Kemarin sudah dilatih 600 anak untuk meluncurkannya. Sekarang sedang kita ”godok” cara peluncurannya,” ujar dia. Roket air merupakan salah satu jenis roket yang menggunakan air sebagai bahan bakarnya. Wahana tekan yang berfungsi sebagai mesin roket biasanya terbuat dari botol plastik bekas minuman ringan. Air akan dipaksa keluar oleh udara yang bertekanan, biasanya udara yang telah terkompresi. Roket air cukup populer di sekolah percobaan sains.

…dst

16 ) Pemerintah Bangun Teknologi Yang Kuat
http://www.setkab.go.id/berita-10031-presiden-sby-dorong-sinergi-akademisi-pengusaha-dan-pemerintah-bangun-teknologi-yang-kuat.html

Kamis, 29 Agustus 2013 – 13:49 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak semua rakyat mewujudkan inovasi untuk kemajuan bangsa. Inovasi, menurut Presiden , merupakan daya dorong. Inovasi dan teknologi mempunyai peran sentral memajukan budaya bangsa Indonesia.”Dengan cara berpikir yang baru, melakukan sesuatu yang baru, yang belum pernah terbayangkan dan dilakukan sebelumnya, akan menjadi sumber dan daya dorong bagi kemajuan bangsa,” kata Presiden SBY dalam sambutannya pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-18 Tahun 2013 diTaman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (29/8).Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-18 Tahun 2013 bertema “Inovasi Untuk Kemajuan Bangsa”. Peringatan ditandai penekanan tombol sirine oleh Presiden SBY, dilanjutkan peluncuran 1000 roket air, dan peluncuran dua kendaraan listrik oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kendaraan listrik tersebut berjenis sedan dan bus listrik hasil buatan dalam negeri dengan nama ‘Hevina’ yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara.

…dst

17 ) SBY Buka Pameran RITech
http://www.jpnn.com/read/2013/08/29/188361/SBY-Buka-Pameran-RITech-

Kamis, 29 Agustus 2013 , 15:36:00
JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi membuka Pameran Research, Innovation, and Technology (RITech) 2013 di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (29/8). Pameran yang berlangsung selama 29 Agustus-1 Sepetember ini digelar untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-18. Dalam sambutannya, Presiden SBY mendukung penuh tema Hakteknas kali ini, yaitu ‘Inovasi untuk Kemajuan Bangsa’ “Itu sumber dan daya dorong bagi kemajuan dan pertumbuhan bangsa kita. Mari kita aplikasikan dalam upaya pengembangan teknologi di Indonesia,” kata Presiden dalam sambutannya. Pada kesempatan ini, Presiden SBY mengingatkan kembali soal kebijakan modernisiasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia. Hal ini tak lepas dari inovasi teknologi modern. “Kalau bisa diproduksi di dalam negeri, wajib hukumnya untuk menggunakan produksi kita sendiri. Kalau tidak bisa, dimungkinkan dari luar negeri, tapi harus dengan skema yang baik,” tegas Presiden. Sementara itu, Menristek Gusti Muhammad Hatta menjelaskan tema ‘Inovasi untuk Kemajuan Bangsa’ untuk menyadarkan bangsa bahwa penelitian dan pengembangan iptek harus bertumpu pada kebutuhan nyata masyarakat. Ia berharap pengembangan iptek terus dilakukan sesuai dengan kreativitas yang berkembang di masyarakat.

…dst

18 ) LIPI luncurkan telepon pintar `Bandros`
http://www.antaranews.com/berita/392422/lipi-luncurkan-telepon-pintar-bandros

Selasa, 27 Agustus 2013 00:20 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia meluncurkan ponsel pintar Bandros atau Bandung Raya Operating System sebagai salah satu hasil penelitian unggulan. “Ponsel ini dipakai untuk kegunaan khusus, salah satunya bisa diatur sebagai telepon antisadap,” ujar Kepala Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) LT Handoko di Puspiptek Tangerang Selatan, Senin. Sebagai ponsel pintar yang dapat diatur menjadi antisadap, maka ponsel ini hanya dipakai untuk kegunaaan khusus terutama untuk segmen pemerintahan. Handoko menjelaskan bahwa LIPI membuat ponsel pintar ini sesuai dengan pesanan dan kebutuhan serta fungsi, dan ditujukan untuk pemerintah serta korporat.Lebih lanjut Handoko memaparkan bahwa para peneliti LIPI mengembangkan piranti lunak Bandros pada awalnya ditujukan untuk pasien rumah sakit dan pemberian informasi perihal sistem peringatan dini.

…dst

19 ) Mobil Listrik LIPI Antisipasi Jangka Panjang
http://sains.kompas.com/read/2013/08/26/1659163/Mobil.Listrik.LIPI.Antisipasi.Jangka.Panjang

Senin, 26 Agustus 2013 | 16:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-46 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Senin (26/8/2013) ini, diluncurkan hasil riset bus dan sedan listrik di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Serpong, Tangerang Selatan. Teknologi kendaraan ramah lingkungan tersebut merupakan antisipasi jangka panjang ketika sarana transportasi makin kesulitan bahan bakar fosil yang tidak terbarukan.”Setidaknya, dalam lima tahun ke depan kendaraan listrik mulai dibutuhkan. Teknologi material kendaraan sudah siap, kendalanya pada teknologi baterai yang belum bisa menampung energi sesuai yang diharapkan,” kata Adi Santosa, peneliti senior pada Pusat Penelitian Telematika dan Mekatronika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), di Bandung, Minggu.

…dst

20 ) Kemenkes butuh 500 dokter & dokter gigi PTT
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/28/15/776559/kemenkes-butuh-500-dokter-dokter-gigi-ptt

Rabu, 28 Agustus 2013 ? 23:05 WIB
Sindonews.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kekurangan 500 dokter dan dokter gigi Pegawai Tidak Tetap (PTT) untuk ditempatkan di daerah terpencil dan sangat terpencil.Kepala Biro Kepegawaian Kemenkes, Pattiselanno Roberth mengatakan, untuk dapat memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat sampai pada pelosok daerah dibutuhkan 1.700 dokter dan dan dokter gigi PTT sebanyak 1.700. Sebelumnya pada Juni lalu Kemenkes sudah mengangkat 302 dokter dan dokter gigi PTT dan saat ini pelepasan dokter PTT sebanyak 972.Dia mengatakan, kebanyakan para dokter PTT mengisi farmasi untuk daerah sangat terpencil di Provinsi Papua dan Kalimantan. Walaupun jumlah dokter PTT mencapai 60 persen, hal tersebut dinilai masih kurang untuk mengisi daerah terpencil di provinsi lainya. “Jadi sekitar 500 farmasi daerah oleh para dokter PTT tersebut kurang diminati. Padahal kita sudah akomodir dengan anggaran yang sudah disiapkan,” tandasnya saat ditemui di Kantor Kemenkes, Jakarta, (28/8/2013). Menurut dia, jabatan untuk menjadi dokter PTT bukanlah paksaan. Kendati demikian, para dokter secara sukarela untuk memilih daerah-daerah yang diminati. Jadi, untuk daerah yang kurang diminati menjadi kosong tetapi tetap harus diisi.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *