Berita Edukasi, 28 Agustus 2013

1 ) Budayawan Sulsel Berduka
Ribuan Orang Mengantar Jenazah Akhyar Anwar
http://www.kopertis12.or.id/2013/08/28/innalillahi-dr-ahyar-anwar-meninggal-dunia.html

Rabu, 28 Agustus 2013 12:44 WITA
SUNGGUMINASA, TRIBUN-TIMUR.COM -Sekitar pukul 11.45 rombongan jenazah almarhum Akhyar Anwar di berangkatkan dari rumah duka kompleks Taman Pesona Asri No C/4 Jl Tamarunang, belakang Kantor DPD Golkar Gowa. Rombongan menuju masjid Agung Syek Yusuf Gowa. Jenasah disholati di masjid tersebut. Setelah itu, jenasah diberangkat ke makamkan di kompleks pemakaman UNM, Limbung Gowa. Berdasarkan pantauan Tribun, Rabu (28/8/2013), tampak ribuan orang mengantar jenasah budayawan kritis ini. Ratusan mobil dan motor memadati halaman rumah almarhum. Jalan depan kompleks almarhum pun macet karena padatnya kendaraan. Para pelayat kebanyakan dari pejabat, politisi dan budayawan Sulsel. Ratusan mahasiswa almarhum juga turut mengantar beliau.

…dst

2 ) Kemenkum HAM Tetapkan Yogya Sebagai Kawasan Berbudaya HKI
http://news.detik.com/read/2013/08/27/232901/2342501/10/kemenkum-ham-tetapkan-yogya-sebagai-kawasan-berbudaya-hki?n991102605

Selasa, 27/08/2013 23:29 WIB
Yogyakarta – Yogyakarta sebagai pusat budaya dan banyaknya hasil karya kreatif perlu mendapatkan proteksi. Proteksi tersebut di antaranya dengan penetapan Yogyakarta sebagai kawasan berbudaya Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Penganugerahan penetapan ‘Kawasan Berbudaya HKI’ diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin di Bangsal Srimanganti, Kraton Yogyakarta, Selasa(27/8/2013). Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengatakan, Hak Kekayaan Intelektual dapat mendorong pengembangan sosial budaya, dan akan meningkatkan reputasi bangsa di dunia internasional. HKI ini sebagai upaya melindungi kreatifitas masyarakat secara makro.”Hasil karya dari Yogya ini sangat banyak, yang memerlukan proteksi sehingga baik Pemda maupun penduduknya dapat dilindungi hak-hak kekayaan intelektual mereka,” kata Amir.

…dst

3 ) Panselnas Rapatkan Barisan Jelang Test CPNS
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1762-panselnas-rapatkan-barisan-jelang-test-cpns

Dibuat pada 28 Agustus 2013
JAKARTA – Sebanyak 329 instansi pemerintah, terdiri dari 69 Kementerian/Lembaga, 23 Provinsi dan 237 Kabupaten/Kota akan menggelar rekrutmen CPNS dari jalur pelamar umum. Untuk mematangkan persiapan, panitia seleksi nasional (Panselnas) pengadaan CPNS 2013 kembali mengadakan rapat secara marathon, untuk mematangkan persiapan masing-masing tim dan pokja. Rapat dipimpin oleh Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja selaku Wakil Ketua Tim Pelaksana dihadiri oleh Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mewakili Kepala BKN sebagai Ketua Tim Pelaksana Panselnas. Dalam rapat yang diadakan ruang Sriwijaya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rabu (28/08) itu seluruh panitia pelaksana hadir, termasuk tim pengawas yang antara lain beranggotakan konsorsium lembaga swadaya masyarakat (LSM), yang dikoordinir oleh Indonesia Corruption Watch (ICW). Panitia pengadaan CPNS dari tenaga honorer kategori 2 dan pelamar umum dibentuk dengan Keputusan Menteri PANRB No. 216 tahun 2013.

…dst

4 ) Profesor Asing Apresiasi Penelitian Anak Bangsa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/28/234875/Profesor-Asing-Apresiasi-Penelitian-Anak-Bangsa

28 Agustus 2013
SEMARANG – Tiga guru besar asal Amerika dan Belanda hadir dalam ujian promosi doktor di Program Pascasarjana Undip, Selasa (27/8). Mereka adalah Prof Randi J Hagerman MD (UC Davis Sacramento USA), Prof Ben CJ Hamel MD PhD (Radboud University Nijmegen The Netherland), dan Prof Herawati Sudoyo MD PhD (Eijkman Institute for Molecular Biology). Kehadiran profesor mancanegara dalam ujian promosi doktoral itu jarang dijumpai kecuali kandidat doktor memiliki akses penelitian internasional. Guru besar dari Amerika dan Eropa itu menguji disertasi promovendus Tri Indah Wahyuni bersama pakar dan guru besar Undip. Tri, dosen Fakultas Kedokteran (FK) Undip, salah satu kandidat yang memiliki jejaring luas, melaksanakan riset perbandingan data hingga negara Paman Sam.`’Hadir sebagai penguji di Indonesia, saya sangat mengapresiasi penelitian ilmuwan Undip. Harapannya setelah kebsahannya diuji, segera dipublikasikan di jurnal internasional,” tutur Ben CJ Hamel, Selasa (27/8).

…dst

5 ) Poltek Unsri Kembangkan Air Siap Minum
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/27/ms744u-poltek-unsri-kembangkan-air-siap-minum

Selasa, 27 Agustus 2013, 22:24 WIB
Koordinator penelitian sekaligus dosen Politeknik (Poltek) Kimia Unsri Selatia Yuliati dijumpai saat gelaran karya anak didiknya pada Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Provinsi Sumsel di Palembang, Selasa, menjelaskan penelitian tersebut didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Dikti memberikan dukungan pembiayaan terhadap proyek ini dengan saya sebagai dosen penggagasnya,” katanya. Dengan bantuan sejumlah mahasiswa tingkat akhir, ia melakukan penelitian yang diharapkan dapat diterapkan di masyarakat luas. Dengan waktu beberapa bulan ia dan timnya berhasil menghasilkan teknologi yang mampu mengubah air keruh menjadi air layak pakai, kemudian difilterisasi pada alat mampu mengubah air menjadi layak minum. “Prinsip kerja alat ini menggunakan membran yang kami pasang dan sudah diteliti terlebih dahulu,” ungkap dia.

…dst

6 ) UI gelar konferensi internasional guru bahasa Inggris
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/27/15/775862/ui-gelar-konferensi-internasional-guru-bahasa-inggris

Rabu, 28 Agustus 2013 ? 00:30 WIB
Sindonews.com – Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) bekerja sama dengan Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) menggelar 60th TEFLIN International Conference selama tiga hari (27–29 Agustus 2013), di FIB UI kampus Depok. TEFLIN merupakan Asosiasi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia (The Association of Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia) yang telah berdiri sejak 1970. Konferensi ke-enam puluh kali ini bertajuk “Achieving International Standards in Teachers Education”. Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko mengatakan tema tersebut berangkat dari keluhan masyarakat mengenai kualitas siswa dan mahasiswa dalam berbahasa Inggris, baik di Indonesia dan berbagai negara lain di dunia dimana guru sering kali dianggap sebagai pihak yang bertanggung jawab akan hal ini. Menanggapi hal tersebut, konferensi ini berfokus pada sejumlah topik penting di bidang pendidikan dan pelatihan guru serta pengembangan profesi guru. “Selain itu, topik lain yang dibahas adalah asesmen, kurikulum, metode dan teknik pengajaran, penggunaan teknologi dalam kelas bahasa, dan isu-isu lain yang muncul dalam berbagai kelas keterampilan bahasa,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (27/08/2013).

…dst

7 ) IPB-Korsel Bangun Laboratorium Alga
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/28/373/856961/ipb-korsel-bangun-laboratorium-alga

Rabu, 28 Agustus 2013 19:04 wib
JAKARTA – Bekerjasama dengan Research Institute Science and Technology Korea Selatan, yakni Rist Posco, Institut Pertanian Bogor (IPB) membangun laboratorium dan raceway pond. Fasilitas yang berlokasi di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat itu akan dimanfaatkan untuk sarana penelitian, pendidikan, serta produksi biomassa mikroalga skala semi massal. Dosen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan FPIK IPB Mujizat Kawaroe menyebut, raceway pond yang dibangun melalui kerjasama tersebut adalah yang pertama di Indonesia. “Kerjasama ini sangat penting bagi IPB, karena ini adalah kolam pertama model raceway pond di Indonesia,” ujar Mujizat, seperti dikutip dari siaran pers IPB yang diterima Okezone, Rabu (28/8/2013). Peneliti mikroalga itu berharap, pemilihan lokasi pembangunan kolam model raceway pond di Pelabuhan Ratu dapat meningkatkan pertumbuhan, kandungan minyak, dan juga produktivitas mikroalga. Sebab, lanjutnya, sinar matahari di Pelabuhan Ratu merupakan yang terpanas kedua setelah California.

…dst

8 ) Indonesia ajak dunia tingkatkan mutu perpustakaan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/28/15/776216/indonesia-ajak-dunia-tingkatkan-mutu-perpustakaan

Rabu, 28 Agustus 2013 ? 05:29 WIB
Sindonews.com – Pemerintah Indonesia mengajak dunia untuk meningkatkan mutu perpustakaan dan pustakawan untuk menjawab tantangan global di bidang pendidikan. Peningkatan minat belajar siswa dan prestasi siswa juga harus diakomodasi melalui perpustakaan ini. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Musliar Kasim mengatakan, Indonesia menaruh harapan besar melalui 42nd International Annual Conference of the Internasional Association of School Librarianship (IASL). Harapan pertama ialah forum ini dapat melahirkan kebijakan dan rekomendasi dalam pengelolaan dan peningkatan layanan perpustakaan sekolah secara professional. “Jika perpustakaan dikelola dengan baik maka akan menjawab tantangan dunia pendidikan memasuki era global,” katanya pada Pembukaan 42nd IASL di Denpasar, Selasa (27/8/2013). Musliar menyatakan, terbangunnnya wawasan dan pengetahuan global tentang pengelolaan perpustakaan sekolah secara profesional juga menjadi alasan konferensi ini diadakan. Selain itu perpustakaan juga harus mampu menjawab keterampilan hidup siswa melalui layanan dan program perpustakaan.

…dst

9 ) Jakarta Larang Penerapan Kurikulum 2013
Guru dan Buku Tidak Siap
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/28/234878/16/Jakarta-Larang-Penerapan-Kurikulum-2013

28 Agustus 2013
JAKARTA- Sejumlah daerah dan sekolah mandiri mengurungkan niatnya untuk mengimplementasikan kurikulum 2013, pada tahun ini, karena keterbatasan buku ajar dan ketidaksiapan guru. Bahkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta dengan tegas melarang SD dan SMP yang tidak ditunjuk untuk menerapkan kurikulum baru. Padahal biasanya Jakarta menjadi barometer dan contoh bagi daerah lain di Indonesia. “Bagi sekolah-sekolah yang sudah ditentukan sasaran silakan jalan. Tapi bagi sekolah-sekolah, terutama SD dan SMP negeri yang melaksanakan karena keinginan wilayah semata, itu tidak diperkenankan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, kepada wartawan, Selasa (27/8). Berdasarkan Surat Edaran Kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta No 71/SE/2013 perihal Implementasi Kurikulum 2013, pada poin empat disebutkan, Sekolah Dasar (SD) dam Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri selain yang ditunjuk sebagai sekolah sasaran tidak diperkenankan melaksanakan implementasi Kurikulum 2013 secara mandiri.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *