Berita Edukasi, 27 Agustus 2013

1 ) Kemendikbud: Uji Kompensi Dokter untuk Jaga Kualitas
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/27/3/177643/Kemendikbud-Uji-Kompensi-Dokter-untuk-Jaga-Kualitas

Selasa, 27 Agustus 2013 | 20:15 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan untuk menjaga kualitas pendidikan dokter pihaknya telah membuat program khusus yakni berupa uji kompetensi dan program internship. “Justru karena itu, kami telah mengadakan program internship dan ada juga ujian kompetensi setelah tamat Fakultas Kedokteran (FK),” kata Wamendikbud Musliar Kasim saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (27/8), terkait keluhan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tentang menurunnya kualitas pendidikan dokter di Indonesia saat ini. Menurut Musliar, dua bentuk kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kualitas assurance. Internship, kata Musliar, adalah semacam program magang di rumah sakit setelah tamat selama satu tahun, dan diber gaji. “Sedangkan uji kompetensi, untuk menjaga kualitas. Kalau tidak lulus, mereka tidak bisa praktik dokter,” tegas mantan Rektor Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat itu.Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Djoko Santoso menyatakan, uji kompetensi dokter harus ditegakkan.

…dst

2 ) Pemerintah bakal Eliminasi Calon Dokter tidak Bermutu
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/27/6/177641/Pemerintah-bakal-Eliminasi-Calon-Dokter-tidak-Bermutu

Selasa, 27 Agustus 2013 | 20:09 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah kemungkinan akan membuat aturan baru bagi lulusan Fakultas Kedokteran muda untuk mengikuti uji kompetensi untuk membatasi calon dokter tidak bermutu.Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti di Jakarta, Selasa (27/8), mengatakan berkaca dari laporan buruknya kualitas lulusan Fakultas Kedokteran, terkait uji kompetensi bakal dibuat sistem peraturan baru.Aturan itu seperti, uji kompetensi susulan diperbolehkan sebanyak dua kali dan yang bersangkutan tidak perlu membayar lagi ongkos uji kompetensi sebesar Rp350 ribu sekali tes.Selain itu, bila gagal pada tahap awal uji kompetensi, dokter muda itu diserahkan kembali ke fakultas untuk dibimbing kembali agar bisa lulus mengikuti ujian kompetensi susulan. “Dengan mewajibkan fakultas melakukan pembimbingan, artinya fakultas diberi beban tanggung jawab akan mutu lulusan mereka,” tuturnya.Bagi lulusan yang sudah berkali-kali gagal ikut uji kompetensi walau sudah dibimbing, Ghufron merekomendasikan lebih baik melupakan mimpi jadi dokter

…dst

3 ) Menkes: Bolak-Balik Gagal Uji Kompetensi Dokter, Jadi Bupati Saja
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/27/3/177639/Menkes-Bolak-Balik-Gagal-Uji-Kompetensi-Dokter-Jadi-Bupati-Saja

Selasa, 27 Agustus 2013 | 20:03 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyarankan bagi para lulusan fakultas kedokteran yang berkali-kali gagal menjalani uji kompetensi agar melupakan saja cita-cita untuk menjadi dokter. “Kalau berkali-kali para dokter muda itu gagal uji kompetensi, lebih baik mereka jangan dikasih kesempatan untuk pegang pasien. Bisa-bisa pasien jadi mati. Lebih baik mereka menjadi pengusaha atau mencalonkan jadi bupati saja,” tandas Nafsiah di Jakarta, Selasa (27/8). Komentar Nafsiah tersebut untuk menanggapi keluhan PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) soal rendahnya mutu lulusan dokter. Buruknya para dokter muda tersebut akibat dari tumbuhnya berbagai fakultas kedokteran swasta di daerah yang tidak berkualitas sehingga melulusan para lulusan yang tidak bermutu. Sebelumnya, Ketua PB IDI Zaenal Abidin mengeluhkan pada tahun ini mereka harus melakukan pendampingan pada 2.500 dokter baru lulus yang berkali-kali tidak lulus uji kompetensi. Zaenal bahkan mengungkapkan ada beberapa lulusan yang gagal uji kompetensi setelah mencoba hingga 19 kali.

…dst

4 ) Mutu Dokter Lulusan Baru-baru Ini Dinilai Jeblok
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/27/3/177430/Mutu-Dokter-Lulusan-Baru-baru-Ini-Dinilai-Jeblok

Selasa, 27 Agustus 2013 | 06:10 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengeluhkan mutu lulusan dokter belakangan ini yang terus menurun. Jebloknya lulusan dokter dewasa ini akibat dari semakin banyak berdirinya fakultas kedokteran di daerah yang kurang bermutu. Menurut Ketua PB IDI Zaenal Abidin, pada tahun ini saja pihak IDI tengah melakukan pendampingan bagi sekitar 2.500 lulusan dokter yang belum mendapatkan sertifikasi kompetensi lantaran gagal lulus uji kompetensi yang digelar kolegium kedokteran, IDI dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI).”Diantara yang kita bimbing bahkan ada yang harus mengulang uji sertifikasi kompetensi sampai 19 kali. Kalau ada kasus seperti ini, kualitas fakultas kedokteran bersangkutan kita pertanyakan,” sebut Zaenal di sela acara Indomedica Expo dan Seminar Urun Rembug Nasional Rangkaian Hari Bakti Dokter Indonesia 2013, di Jakarta, Senin (26/8).

…dst

5 ) Universitas Malahayati Akui Terima Lulusan STM Jadi Mahasiswa FK
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/27/3/177637/Universitas-Malahayati-Akui-Terima-Lulusan-STM-Jadi-Mahasiswa-FK

Selasa, 27 Agustus 2013 | 19:57 WIB
Metrotvnews.com, Bandarlampung: Manajemen Universitas Malahayati mengakui ada mismanajemen dalam rekrutmen mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK). Sehingga, mahasiswa FK dari Universitas Malahayati bisa berlatar belakang lulusan SMA jurusan ilmu sosial, STM, atau dari Madrasah. Namun, seiring aturan yang berlaku, Malahayati terus melakukan pembenahan.”Dulu ya. Tapi, sekarang Malahayati tidak lagi merekrut mahasiswa dari jurusan IPS apalagi Madrasyah,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Marshal Usman di Bandarlampung, Selasa (27/8). Penerimaan mahasiswa FK dari jurusan IPS hanya berlaku sebelum ada edaran Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yang melarang lulusan IPS mengikuti pendidikan dokter.”Edaran itu mulai berlaku 2012. Sejak saat itu, kami 100% menerima mahasiswa baru dari jurusan IPA. Sebelumnya memang ada mahasiswa berasal dari jurusan IPS, tapi jumlahnya hanya 5% dari total penerimaan,” ujarnya.

…dst

6 ) Mendikbud: Tim Investigasi Akan Lacak Pemalsu Ijazah
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/08/27/ms67vn-mendikbud-tim-investigasi-akan-lacak-pemalsu-ijazah

Selasa, 27 Agustus 2013, 10:47 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhammad Nuh akan menurunkan tim investigasi untuk melacak pemalsuan ijazah sebagai syarat sertifikasi guru. Sanksi tegas berupa pemecatan serta proses pidana sudah disiapkan bagi pihak yang melakukan upaya manipulasi tersebut. Nuh mengatakan, investigasi akan dilakukan pada dua titik, yakni sumber ijazah palsu dan para penggunannya. Mereka yang diduga memanfaatkan ijazah palsu jelas harus diberhentikan. Menurutnya, dinas pendidikan kabupaten/kota harus mengambil sikap. “Tidak peduli kalau pengguna itu PNS, statusnya sebagai guru dan jabatannya harus dicabut,” kata Nuh usai menghadiri penghelatan Chairul Tandjung sebagai Doctor Honoris Causa di Universitas Airlangga, kemarin.Alasannya, syarat menjadi PNS harus menyertakan ijazah S1. Bila dokumen yang dilampirkan itu palsu, maka pengangkatannya dianggap tidak sah. Secara langsung, kata Nuh, pegawai tersebut merupakan guru palsu.

…dst

7 ) Dukung program pemerintah, UGM jalin kerjasama dengan KOTI
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/27/15/776008/dukung-program-pemerintah-ugm-jalin-kerjasama-dengan-koti

Selasa, 27 Agustus 2013 ? 16:23 WIB
Sindonews.com – Pemerintah Indonesia saat ini tengah berupaya membangun transportasi publik yang baik. Karena itulah, Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima kerjasama yang ditawarkan oleh Korea Transport Institute (KOTI) Korea Selatan dalam pengembangan tranportasi publik. “Kami menyambut baik kerjasama bidang transportasi publik ini, pasalnya bidang tranpsortasi publik kini menjadi perhatian peneliti UGM dan pemerintah. Kerjasama ini bisa mendukung program pemerintah dalam pengembangan teknologi transportasi publik, termasuk pembangunan infrastrukturnya agar semakin baik,” kata Rektor UGM Prof Dr Pratikno di UGM, Yogyakarta, Selasa (27/8/2013). Menurut Pratikno, transportasi publik saat ini menjadi kebutuhan utama masyarakat. Apalagi di saat-saat dimana kepadatan jalan sedang dalam kondisi puncak, seperti masa mudik Lebaran. Moda transportasi baik darat, laut dan udara yang ada saat ini rasanya masih kurang saja menampung semua kebutuhan transportasi masyarakat.

…dst

8 ) IPK Tinggi Tak Tentukan Prestasi
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/27/373/856249/ipk-tinggi-tak-tentukan-prestasi

Selasa, 27 Agustus 2013 19:04 wib
JAKARTA – Meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. Bahkan, atas prestasi tersebut, Aditya Riski Taufani didapuk untuk memberikan sambutan dalam wisuda Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kali ini.Di hadapan 1.716 wisudawan program sarjana UGM, Mahasiswa program studi (prodi) Teknik Sipil, Fakultas Teknik itu mengungkap, waktu kuliah empat tahun yang ditempuh para lulusan UGM tidak lepas dari sumbangsih bantuan dari berbagai pihak, yakni dosen, tenaga kependidikan, hingga institusi lain di luar UGM yang memberikan bantuan beasiswa untuk kelancaran studi. Namun demikian, menurut Aditya, prestasi tidak ditentukan dari nilai IPK tinggi. Dia berpendapat, semua orang bisa berprestasi asal tahu potensi dirinya sendiri dan kemudian mampu mengembangkan dan menggunakannya untuk kepentingan masyarakat.”Saat ini kita memasuki era meritokrasi, era di mana prestasi kita yang menentukan adalah kita sendiri, bukan orangtua, kolega ataupun kedaerahan,” ujar Aditya, seperti disitat dari laman UGM, Selasa (27/8/2013).

…dst

9 ) Wisudawan UGM Cumlaude Lebih 30 Persen
http://www.pikiran-rakyat.com/node/248235

Selasa, 27/08/2013 – 15:26
YOGYAKARTA,(PRLM).-Sebanyak 1.716 lulusan program sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) diwisuda oleh Rektor UGM Prof. Dr. Praktikno, Selasa (27/8/2013). Dari seluruh wisudawan tersebut, 30,30 persen atau 517 mahasiswa lulus cumlaude, seorang di antaranya meraih indek prestasi kumulatif 4.00. Riski Taufani dari prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik merupakan lulusan dengan nilai IPK 4.00. Pria kelahiran Semarang 21 tahun silam tersebut, menyelesaikan kuliah dalam tempo 3 tahun 10 bulan. Masa kuliahnya, memang, kalah dengan Bella Chyntiara dari prodi Akuntasni yang lulus dalam waktu 3 tahun 2 bulan. Rifki Taufani sebagai lulusan dengan nilai tertinggi didaulat untuk berpidato, mewakili para luluasan lainnya. Poin pidato utamanya menyangkut strategi meraih prestasi, yang ditentukan oleh personil mahasiswa sendiri.Menurutnya, “Saat ini kita memasuki era meritrokasi, era dimana prestasi kita yang menentukan adalah kita sendiri, bukan orang tua, kolega ataupun kedaerahan.” Soal kiprah lulusan, menurut dia, pulang ke masyarakat dengan menunjukkan integritas moral dan menunjung tinggi kebenaran. Integritas moral dan cinta kebenaran menjadi barang langka dalam kehidupan bernegara dan berbangsa saat ini.

…dst

10 ) Kejar Target, Eca Lulus Sarjana 2 Tahun 10 Bulan
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/27/373/856134/kejar-target-eca-lulus-sarjana-2-tahun-10-bulan

Selasa, 27 Agustus 2013 16:13 wib
JAKARTA – Normalnya, untuk meraih jenjang sarjana dibutuhkan waktu 3,5-4 tahun. Namun, jika ada kesempatan untuk memangkas waktu kuliah hingga separuhnya, mengapa ditolak? Kesempatan itu yang dimanfaatkan oleh mahasiswa Sastra Inggris Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Resa Nurfatimah Sobandi. Eca -begitu sapaan akrabnya- meraih gelar sarjana dalam waktu dua tahun 10 bulan dan membuatnya menyandang predikat wisudawan dengan lulus tercepat pada Wisuda Gelombang IV Unpad Tahun Akademik 2012/2013, pagi ini.Keinginan untuk lulus cepat ternyata sudah menjadi cita-cita Eca sejak awal memasuki bangku kuliah. “Sebelumnya sih enggak kepikiran akan lulus cepat. Tapi ada kesempatan dan katanya memungkinkan kok, jadi kenapa enggak?” ungkap Eca, seperti dilansir oleh Okezone, Selasa (27/8/2013).

…dst

11 ) Mahasiswa Indonesia Adu Argumen dalam National University Debating Championship
http://www.kopertis12.or.id/2013/08/27/national-university-debating-championship-nudc-2013.html

27 August 2013
Palembang – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengadakan Kompetisi Debat Bahasa Inggris tingkat Nasional Universitas se-Indonesia dalam National University Debating Championship (NUDC) yang dilaksanakan di kampus Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (25/8). Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan Gong oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti, Dr.Illah Sailah. Peserta National University Debating Championship (NUDC) merupakan perwakilan dari PTN dan Kopertis wilayah I sampai dengan wilayah XII se-Indonesia yang sebelumnya sudah terseleksi untuk lolos ketingkat Nasional.

…dst

12 ) Mahasiswa UNY Manfaatkan Cangkang Kerang untuk Sandal Kesehatan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/27/ms60nn-mahasiswa-uny-manfaatkan-cangkang-kerang-untuk-sandal-kesehatan

Selasa, 27 Agustus 2013, 08:11 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Kelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan cangkang kerang sebagai bahan baku pembuatan sandal kesehatan yang diberi nama Kabibi.”Manfaat dari sandal kesehatan Kabibi adalah memperlancar peredaran darah, kerja jantung, dan ginjal, serta dapat mengobati migrain, susah tidur, dan pegal-pegal,” kata koordinator kelompok mahasiswa UNY Ahmad Arifudin Fauzi di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia, karakteristik dari sandal kesehatan Kabibi adalah pelapisan karet pada limbah cangkang kerang yang dijadikan pijakan. Peletakan cangkang kerang yang dipasangkan pada sandal kesehatan Kabibi disesuaikan dengan posisi titik-titik saraf refleksi yang terdapat pada telapak kaki sehingga pengguna akan merasa nyaman dalam menggunakan sandal itu.”Kualitas produk tidak perlu diragukan lagi karena sandal itu dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan. Dengan melimpahnya cangkang kerang yang tidak digunakan, produksi sandal kesahatan Kabibi dapat dibuat dalam skala besar,” katanya.

…dst

13 ) Berburu Beasiswa S-2 & S-3 di Saudi Arabia
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/27/368/855978/berburu-beasiswa-s-2-s-3-di-saudi-arabia

Selasa, 27 Agustus 2013 09:11 wib
JAKARTA – Setiap tahun, King Abdullah University of Science and Technology (KAUST), Saudi Arabia, memberikan beasiswa penuh S-2 dan S-3 bagi mahasiswa dari seluruh dunia. Beasiswa diberikan dalam bidang sains dan teknologi di tiga divisi yakni Biological and Environmental Sciences and Engineering (BESE), Computer, Electrical and Mathematical Sciences and Engineering (CEMSE), dan Physical Sciences and Engineering (PSE). Program ini diberi nama KAUST Fellowship. Scholars (penerima beasiswa) untuk jenjang S-2 akan mendapatkan uang saku bulanan USD20 ribu per tahun. Sedangkan mahasiswa S-3 akan mendapat uang bulanan USD25 ribu per tahun, dan naik menjadi USD30ribu per tahun setelah lulus melewati kandidasi PhD/lulus ujian kualifikasi PhD. Sebagai catatan, beasiswa akan diberikan dalam mata uang Saudi Arabia Riyal (SAR).

…dst

14 ) 1.750 Mahasiswa Terima Beasiswa Program Bidikmisi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/27/234838/1.750-Mahasiswa-Terima-Beasiswa

27 Agustus 2013
SEMARANG – Mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) menerima beasiswa Bidikmisi. Dari total 7.876 mahasiswa baru Tahun Akademik 2013/2014 yang berhak kuliah tanpa mengeluarkan biaya selama empat semester adalah 1.750 orang. Para penerima beasiswa Bidikmisi itu menerima biaya kuliah Rp 6 juta per semester. Setiap bulan mereka juga menerima biaya hidup Rp 600.000.Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof Masrukhi mengatakan, 1.750 mahasiswa penerima Bidikmisi itu lulus seleksi dari tiga jalur penerimaan mahasiswa di Unnes, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SPMU. Dalam seleksi tersebut mereka terbukti benar-benar dari keluarga kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik yang bagus.”Setiap mahasiswa yang mendaftar beasiswa Bidikmisi sudah diseleksi, bahkan disurvei tempat tinggalnya oleh tim Unnes. Mereka memang wajib diberi akses untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi dengan bebas biaya,” katanya didampingi Staf Ahli Pembantu Rektor III Alamsyah MPd.

…dst

15 ) 40 Mahasiswa Muslim Thailand Dapat Beasiswa di Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/27/ms67bs-40-mahasiswa-muslim-thailand-dapat-beasiswa-di-indonesia

Selasa, 27 Agustus 2013, 10:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta — Mempererat kerjasama Thailand dan Indonesia, beberapa mahasiswa dari negeri gajah putih diberikan beasiswa agar bisa menimba ilmu di Indonesia. Nantinya, lebih dari 40 mahasiswa ini akan bersekolah di UIN di Indonesia, dalam tingkat sarjana, master, dan doktoral. Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Dede Rosyada, mengatakan program ini adalah kerjasama dari Kementerian Agama dan pemerintah Thailand, terutama pemerintah daerah Thailand Selatan (southern border provinces administrative center). “Kami berikan beasiswa penuh bagi mahasiswa muslim dari Thailand selatan ini,” katanya. Dari mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini, ada 25 orang yang menempuh pendidikan sarjana, 15 orang S2 dan 10 orang menempuh pendidikan doktoral.50 mahasiswa itu akan mendapatkan beasiswa penuh untuk menempuh pendidikan tinggi di enam Universitas Islam Negeri (UIN) yang berada di bawah Kementerian Agama.

…dst

16 ) 47 Mahasiswa Asing Belajar Indonesia dalam “Commtech”
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116603/47-mahasiswa-asing-belajar-indonesia-dalam-commtech

27 Agst 2013 09:25:44
Surabaya (AntaraJatim) – Sebanyak 47 mahasiswa asing dari 15 negara belajar berbagai hal tentang Indonesia dalam kegiatan internasional bertajuk “Community and Technology (Commtech) Camp 2013″ yang digelar “International Office” (IO) ITS Surabaya. “Mereka antara lain berasal dari Malaysia, Thailand, China, Jepang, Inggris, Timor Leste, Belarusia, Turki, Pakistan, Jordania, Afrika Selatan, dan lain-lain,” kata Ketua International Office ITS Dr Maria Anityasari di Surabaya, Selasa.Dalam acara yang berlangsung 26 Agustus hingga 2 September 2013 dan dibuka Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA di Gedung Rektorat ITS (26/8) dengan tema “Solving Local Problems with Global Knowledge” itu, ITS mengajak para mahasiswa mancanegara untuk saling berdiskusi guna mencari solusi dari permasalahan lokal dengan pengetahuan global di masing-masing negara.

…dst

17 ) Guru besar Belanda beri kuliah umum di Unand
http://www.antaranews.com/berita/392419/guru-besar-belanda-beri-kuliah-umum-di-unand

Senin, 26 Agustus 2013 23:33 WIB
Padang (ANTARA News) – Guru besar bidang hukum Universitas Utrecht Belanda Prof Tineke Lambooy memberikan kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) Padang, Senin.Dalam kuliahnya Tineke Lambooy menyampaikan beberapa hal tentang corporation social responsibility (CSR) serta studi kasus korupsi di Sumbar.Dia juga menyampaikan beberapa hal tentang hubungan antara CSR dengan prinsip-prinsip hukum yang mengaturnya, termasuk ke dalamnya mengenalkan CSR secara menyeluruh dan latar belakang munculnya ini dalam dunia usaha. “Salah satu yang menjadi fokus utama dalam pengembangan CSR di dunia ini yakni pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” katanya.Dalam hal ini, sebutnya, CSR menjadi wadah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan tersebut. Secara khusus CSR ini, bertujuan untuk mencegah terjadinya dampak kegiatan negatif dari suatu badan usaha terhadap lingkungan dan masyarakat.

…dst

18 ) UI Bahas Nasib Pendidikan Bahasa Inggris di Tanah Air
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/27/373/856292/ui-bahas-nasib-pendidikan-bahasa-inggris-di-tanah-air

Selasa, 27 Agustus 2013 15:58 wib
JAKARTA – Apa jadinya jika ratusan pendidik Tanah Air berkumpul dan membicarakan pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia? Tentunya suasana semarak dan penuh dengan atmosfer akademik.Inilah yang terjadi dalam 60th TEFLIN International Conference. Kegiatan yang dihelat oleh Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) dengan Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) ini mengusung tema “Achieving International Standards in Teachers Education”. Hingga 29 Agustus, para pendidik ini berkumpul dan berbagi ide tentang pendidikan bahasa Inggris di Indonesia.Menurut Kepala Kantor Komunikasi UI Dra. Farida Haryoko, M.Psi, tema tersebut diusung dengan melihat latar belakang minimnya kualitas siswa dan mahasiswa Indonesia dalam berbahasa Inggris, baik di Indonesia maupun di berbagai negara lain di dunia. Kondisi ini membuat para guru sering kali dianggap sebagai pihak yang bertanggung jawab.

…dst

19 ) LIPI luncurkan 3 temuan terbaiknya
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/26/15/775684/lipi-luncurkan-3-temuan-terbaiknya

Senin, 26 Agustus 2013 ? 23:07 WIB
Sindonews.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang terpusat di Graha Widya Bhakti Puspitek Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), meluncurkan tiga temuan terbaiknya. Peluncuran itu bertepatan dengan perayaan ke 46 tahun LIPI.Pertama ada smarphone BandrOs yang kepanjangan dari Bandung Raya Operating System. Ponsel cerdas buatan tim LIPI Bandung pimpinan L T Handoko sebagai Kepala Pusat Penelitian Informatikanya, digadang-gadang memiliki kemahiran anti sadap.”Ponsel cerdas dengan sistem operasi open source berbasis Linux itu merupakan pengembangan dari sistem operasi desktop yang sudah kami ciptakan sebelumnya,” jelas Handoko, saat ditemui di Graha Widya Bhakti Puspitek, Serpong, Kota Tangsel, Senin (26/8/2013). Kecanggihannya pun disesuaikan, bahkan lebih tinggi dari ponsel layar sentuh pada umumnya. Selain memiliki fasilitas dual SIM dan kamera 2 MP, prosesor ponsel buatan dalam negeri ini ternyata memiliki prosesor hingga 1 Ghz.”Untuk saat ini masih dalam bentuk software, yang support langsung ke hardware berbasis android. Jadi bukan sembarang aplikasi, tapi memang sudah sepaket dengan perangkat hardware handphonenya,” tuturnya.

…dst

20 ) Ini prosedur pengangkatan PNS guru
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/27/15/776080/ini-prosedur-pengangkatan-pns-guru

Selasa, 27 Agustus 2013 ? 21:03 WIB
Sindonews.com – Program pengangkatan guru sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) terus dilakukan secara bertahap. Mengenai prosedur pengangkatannya sendiri, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji menegaskan harus dijalankan sebagaimana mestinya. “Pengangkatan guru honorer menjadi PNS tentu ada syaratnya. Salah satunya, guru honorer setidaknya sudah bekerja sejak 1 Januari 2005 dan berlangsung terus menerus tidak terputus. Kurang dari masa itu, tentu belum bisa diajukan,” ujar Aji kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (27/8).Tak hanya masa kerja, dikatakan Aji, syarat pengangkatan lainnya ialah guru yang bersangkutan benar-benar bekerja pada pemerintah, baik yang mendapat gaji dari APBN maupun yang bersumber dari APBD. Pengajuan pengangkatan pun tidak langsung dikabulkan. Dinas pendidikan di kabupaten/kota terlebih dahulu akan melakukan seleksi verifikasi atas kebenaran data yang diajukan.

…dst

21 ) Anies Baswedan: Bismillah Ikut Konvensi Demokrat
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/27/078507823/Anies-Baswedan-Bismillah-Ikut-Konvensi-Demokrat

Selasa, 27 Agustus 2013 | 14:10 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Rektor Universitas Paramadina Jakarta Anies Baswedan menyatakan siap mengikuti konvensi pemilihan calon presiden dari Partai Demokrat. Anies yang diundang dalam pertemuan perkenalan dan tanya-jawab dengan Komite Konvensi tiba pukul 10.30 WIB di Wisma Kodel, Kuningan. Anies yang didampingi dua panitia konvensi, Hinca Panjaitan dan Effendi Ghazali, mengatakan, “Bismilah, saya nyatakan siap menjadi calon peserta konvensi Demokrat,” kata Anies, Selasa, 27 Agustus 2013. Dia diwawancarai 12 anggota Komite Konvensi Partai Demokrat selama satu jam.Tepat pukul 12.00 WIB, Anies yang didampingi dua panitia konvensi menyampaikan pernyataan kesediaannya mengikuti konvensi Partai Demokrat. Ia mengatakan menerima tawaran ini karena menilai panggilan ini sebagai sebuah tanggungjawab dan kehormatannya sebagai warga negara biasa.

…dst

22 ) Alasan Anies Baswedan Ikut Konvensi Demokrat
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/27/078507865/Alasan-Anies-Baswedan-Ikut-Konvensi-Demokrat

Selasa, 27 Agustus 2013 | 15:35 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Rektor Universitas Paramadina Jakarta Anies Baswedan telah menyatakan kesediaannya untuk mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat. Anies menyatakan diri siap menjadi peserta setelah sebelumnya mengikuti sesi perkenalan dan wawancara dengan panitia konvensi di Wisma Kodel, Jakarta Selatan.”Komite Konvensi hari ini telah selesai dengan baik mengundang Anies Baswedan untuk melakukan pendalaman,” ujar Hinca Panjaitan, anggota Komite Konvensi, ketika mendampingi Anies Baswedan memberikan pernyataan kesediaannya mengikuti konvensi, Selasa, 27 Agustus 2013.Anies mengatakan, dalam wawancara, dibahas mengenai tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Salah satu persoalan fundamental yang dihadapi bangsa Indonesia adalah bagaimana mengembalikan kepercayaan pada dunia politik.

…dst

23 ) Sejak 2009, 45 Mahasiswa IPDN Dipecat
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=187984

Selasa, 27 Agustus 2013 , 13:00:00
JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi kembali mengingatkan agar para praja yang menimba ilmu di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) untuk menghentikan segala bentuk kekerasan. Sebab, kata Gamawan, IPDN merupakan sekolah para tokoh yang akan membimbing, mengasuh dan mengayomi masyarakat begitu lulus dari IPDN nantinya.”Sejak tahun 2009 saya pesankan, hentikan segala bentuk kekerasan. Tebar kasih sayang, bangun spirit sayang. Yang kakak membimbing adik, sementara yang adik menyayangi kakak. Karena di sini dididik bukan untuk perang. Tapi untuk mengayomi,” ujar Mendagri saat mewisuda 1.541 lulusan IPDN progam Diploma IV, Strata I dan program Magister, di Jatinangor, Jawa Barat, Selasa (27/8). Karena itu bagi yang terbukti melakukan pelanggaran, Gamawan dengan tegas menyatakan tidak akan ada toleransi. Sanksinya dapat langsung berupa pemecatan seperti yang telah dijatuhkan terhadap 45 praja IPDN sepanjang tahun 2009 hingga 2013.”Kita bahkan tidak hanya memberhentikan 45 mahasiswa karena terbukti melakukan tindak kekerasan. Namun masih ada beberapa lagi yang perkaranya kita lanjutkan ke proses hukum. Jadi kita tidak main-main,” ujar mantan Gubernur Sumatera Barat ini.

…dst

24 ) Peserta Sempat Nervous, CAT di BKN Jakarta Lancar
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1726-peserta-sempat-nervous-cat-di-bkn-jakarta-lancar

Dibuat pada 26 Agustus 2013
JAKARTA – Dony Arlen dan Daniara, lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tahun 2012 mengaku sedikit nervous sebelum mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) dengan sistem computer assisted test (CAT) di kantor pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Senin (26/08). “Tadi saya sempat nervous, tapi alhamdulillah saya sudah selesai melaksanakan tes dengan sistem CAT ini,” ujarnya sesaat setelah keluar dari ruangan CAT di lantai 2 gedung BKN. Daniara dan Dony Arlen merupakan dua dari 475 lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tahun 2012 yang mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) dengan sistem computer assisted test(CAT) hari pertama di kantor pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Senin (26/08). Hari Selasa masih akan berlangsung CAT untuk 439 peserta lulusan STAN untuk wilayah Jakarta, yang jumlahnya 914 orang.

…dst

25 ) Lancar, Hari Pertama Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemenkeu untuk Lulusan STAN
http://www.setkab.go.id/berita-9989-lancar-hari-pertama-tes-kompetensi-dasar-cpns-kemenkeu-untuk-lulusan-stan.html

Selasa, 27 Agustus 2013 – 08:02 WIB
Hari pertama penyelenggaraan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan memanfaatkan Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk 3.300 lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Senin (26/8), berlangsung lancar. Tes yang diselenggarakan di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta dan sejumlah kantor regional (kanreg) BKN ini dipantau langsung oleh Wakil Kepala Bima Haria Wibisana dan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS Aris Windiyanto.Dalam CAT ini peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5. “Sedangkan TKP, tidak ada yag salah, tetapi nilainya satu sampai lima. Total nilai, maksimal limaratus,” ungkap Aris.

…dst

26 ) Ini provinsi & kabupaten yang buka lowongan CPNS
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/27/15/775981/ini-provinsi-kabupaten-yang-buka-lowongan-cpns

Selasa, 27 Agustus 2013 ? 15:48 WIB
Sindonews.com – Selain instansi pemerintah pusat seperti kementerian dan lembaga, pemerintah daerah (Pemda) juga melakukan penerima seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Lowongan CPNS terbuka mulai tingkat provinsi hingga kabupaten di berbagai daerah di tanah air. Berikut provinsi dan kabupaten yang membuka lowongan penerimaan CPNS yakni, Provinsi NAD (Kab. Gayo Lues, Kab. Aceh Barat Daya, Kab. Aceh Selatan, Kab. Aceh Singkil, Kab. Aceh Tamiang, Kab. Aceh Tenggara, Kab. Pidie Jaya). Provinsi Sumatera Utara (Kab. Batu Bara, Kab. Nias, Kab. Nias Barat, Kab. Nias Selatan, Kab. Nias Utara, Kab. Padang Lawas, Kab. Padang Lawas Utara, Kab. Deli Serdang, Kab. Labuhan Batu Utara, Kab. Tapanuli Tengah, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Sibolga).

…dst

27 ) Ini kementerian & lembaga yang buka lowongan CPNS
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/27/15/775955/ini-kementerian-lembaga-yang-buka-lowongan-cpns

Selasa, 27 Agustus 2013 ? 15:11 WIB
Sindonews.com – Dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) menerapkan sistem baru. Dikenal dengan istilah sistem Computer Assisted Test (CAT). Dalam CAT, peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, jika salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, sistem itu diciptakan untuk memutus mata rantai transaksi ilegal yang merusak sendi-sendi kehidupan bernegara itu.

…dst

28 ) Inilah yang harus dilakukan peminat seleksi CPNS
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/27/15/775921/inilah-yang-harus-dilakukan-peminat-seleksi-cpns

Selasa, 27 Agustus 2013 ? 14:20 WIB
Sindonews.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Azwar Abubakar melalui Surat Edaran Nomor SE/10/M.PAN-RB/08/2013 meminta pejabat pembina kepegawaian di seluruh Indonesia untuk menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem Computer Assisted Test (CAT).Termasuk spesifikasi minimal infrastruktur penggunaan CAT untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sedang bagi para peserta seleksi CPNS, untuk menghemat waktu akses, agar menyiapkan data-data dan dokumen pendukung minimal, yaitu nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), tahun dan nomor ijazah pendidikan terakhir, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir. CPNS juga diminta menyiapkan berkas pasfoto digital warna berukuran 200×150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB. Berkas fotokopi digital ijazah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB. Selain itu, surat elektronik (Email) yang selalu diakses secara berkala. Pasalnya, informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *