Berita Edukasi, 26 Agustus 2013

1 ) Setelah 19 Tahun, Unair Kembali Berikan Gelar Doktor Kehormatan
http://news.detik.com/read/2013/08/26/

Senin, 26/08/2013 12:35 WIB
Surabaya – Setelah 19 tahun lamanya, Universitas Airlangga kini kembali menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa (Dr Hc). Dan seseorang yang beruntung mendapatkan gelar tersebut yakni Chairul Tanjung, CEO CT Corp yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN). Gelar kehormatan ini diberikan oleh suatu universitas yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang tersebut perlu untuk mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya tersebut. Terakhir, Unair menganugerahkan gelar ini pada tahun 1994 kepada Menteri Sekretaris Negara (saat itu) Moerdiono. Layaknya program doktoral, penerima gelar Doktor Kehormatan ini juga perlu diuji oleh senat perguruan tinggi. Senat akademik Unair menentukan seseorang layak mendapat gelar Doctor Honoris Causa setelah mengadakan dua kali kuliah umum dan satu workshop.Untuk diketahui, sebelumnya Chairul Tanjung telah menggelar kuliah umum dan workshop nasional di Unair mengenai model ekonomi berkeadilan. Model ekonomi tersebut diuji oleh panelis dari Komite Ekonomi Nasional (KEN) dan Fakultas Ekonomi Bisnis pada bulan Juni 2013.

…dst

2 ) Ini Alasan Unair Beri Gelar Doktor Honoris Causa kepada Chairul Tandjung
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus

Senin, 26 Agustus 2013, 14:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Universitas Airlangga mempunyai pertimbangan sendiri untuk menganugerahkan gelar Doctor Honoris Causa kepada Chairul Tandjung. Alasannya, konsep ekonomi berkeadilan yang dipaparkan mempunyai nilai yang menjadi kebutuhan masyarakat. Rektor Universitas Airlangga, Fasich mengatakan, pemikiran ini perlu mendapat kawalan agar paradigmanya tidak pudar hingga praktik dan implementasinya ke masyarakat. Dia mengatakan, universitas juga akan menggelar rapat bersama agar dapat mendorong pemerintah menggunakan konsep ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Konsep ekonomi berkeadilan dan sejahtera yang dimiliki kandidat, Chairul Tanjung sangat konsisten terutama agar masyarakat miskin dan rentan menjadi lebih sejahtera,” kata Fasich pada Republika saat ditemui usai penghelatan, Senin (26/8). Wakil Rektor I Universitas Airlangga, Achmad Syahrani menambahkan, pihaknya juga mengapresiasi pemikiran Chairul Tandjung soal pemetaan dana APBN yang seharusnya digunakan untuk kepentingan masyarakat miskin, bukan mendukung kebutuhan kelas menengah. Menurutnya, figur tersebut layak dianugrahkan gelar tersebut karena pemahamannya punya nilai keilmuan ilmiah.

…dst

3 ) Menteri PDT Peroleh Gelar Honoris Causa dari UIN Bandung
http://www.pikiran-rakyat.com/node/248092

Senin, 26/08/2013 – 13:18
BANDUNG, (PRLM).- Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Ir.Helmy Faishal Zaini memperoleh anugerah gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung. Rektor UIN SGD Bandung Deddy Ismatullah mengatakan, anugerah gelar kehormatan tersebut diberikan berkat pemikiran Helmy dan sepak terjangnya di bidang dakwah dan pendidikan Islam. Sebagai politisi dan birokrat Helmy memperlihatkan cara pandang berbeda dalam melihat keadaan masyarakat dengan berpijak pada ajaran Islam ahlussunnah waljamaah yang diyakini menteri termuda di Kabinet Indonesia Bersatu II itu dinilai berhasil mendefisinikan karakter kepribadian nusantara. “Sebagai orang muda, Helmy merupakan sosok yang kreatif, cerdas, serta banyak tahu hal. Dalam menjalankan tugasnya sebagai menteri negara, beliau menaruh perhatian yang cukup besar pada pembentukan karakter bangsa yang bersendi pada pilar-pilar kejujuran, keadilan dan solidaritas,” kata Prof Deddy dalam orasinya di Auditorium UIN SGD Bandung, Senin (26/8/2013).

…dst

4 ) Penerima Bidik Misi UNY tidak Mencapai Kuota
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/26/3

Senin, 26 Agustus 2013 | 10:21 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dari kuota mahasiswa baru penerima Bidik Misi sebanyak 1.250 orang, baru bisa terisi sebanyak 980 orang.Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Rochmat Wahab, mengatakan Bidik Misi merupakan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa miskin. Dikatakan, para penerima Bidik Misi 2013 ini berasal dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pada Penerimaan Orang Tua Mahasiswa Baru UNY tersebut, Rochmat Wahab mengatakan masih terbuka kesempatan untuk menambah terutama yang diterima melalui jalur seleksi mandiri. Pada 2013 ini UNY menerima 5.654 mahasiswa baru. Mereka ini masuk melalui SNMPTN (2.405 mahasiswa), SBMPTN (1.500 mahasiswa), Seleksi Mandiri (1.721 mahasiswa) dan 28 mahasiswa baru dari jalur kerja sama. Selain dari seluruh provinsi di Indonesia, ada pula mahasiswa asal Madagaskar dan Thailand.

…dst

5 ) 126 Prodi PTS Harus Reakreditasi di 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/26

Senin, 26 Agustus 2013 09:48 wib
SOLO – Di antara 1.055 program studi (prodi) dari 249 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah, ada 126 prodi yang harus mengajukan reakreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 2013. “Pengajuan dimulai sejak 1 Maret hingga 31 Agustus 2013,” jelas Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) VI Jawa Tengah, DYP Sugiharto saat bertemu wartawan di Solo, Jawa Tengah. Sugiharto menegaskan, bahwa proses reakreditasi musti dilakukan oleh prodi yang habis masa aktif akreditasinya, atau prodi yang masih terakreditasi C. Adapun untuk akreditasi C hanya berlaku selama enam bulan. Menurut Kopertis VI Jawa Tengah, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti), seluruh prodi baik yang telah habis masa akreditasi maupun prodi baru yang masih terakreditasi harus segera melakukan reakreditasi. Bagi akreditasi yang sudah kedaluwarsa dan tidak melakukan reakreditasi bisa dibekukan dan dicabut izinnya. “Paling lambat pengajuan adalah 31 Agustus 2013,” ujarnya singkat. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa akreditasi memiliki peran penting untuk sebuah prodi karena akreditasi merupakan indikator bagi masyarakat untuk mengetahui kualitas sebuah prodi. Akuntabilitas prodi ke masyarakat adalah dari akreditasi.

…dst

6 ) Bawa Lagu Wajib Filipina, Paragita UI Raih Runner-Up
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/26/373

Senin, 26 Agustus 2013 18:30 wib
JAKARTA – Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia (Paragita UI) mendapatkan posisi runner-up pada kompetisi paduan suara internasional Andrea O. Veneracion International Choir Festival di Central Cultural of Phillippines di Manila, Filipina yang berlangsung pada 7-8 Agustus 2013. Paragita UI dihadiahi uang tunai senilai USD3.500 atau setara dengan Rp37.712.500 beserta penghargaan dari Central Cultural of Phillippines. Paragita UI yang kembali mengharumkan nama UI di posisi runner-up pada kategori Mixed Chamber Choir, itu berkompetisi melalui beberapa lagu, seperti “Madrigal Reinassance Piagn’e Sospira” karya Claudio Monteverdi, lagu era romantik “Fruhlingsblick” karya Max Reger, lagu modern “Kalejs Kala Debesis” karya Selga Mence, dan lagu lokal Filipina yang wajib dibawakan, yaitu “Three Kalingga Chants” karya Nilo Alcala, dengan lagu-lagu tersebut Paragita UI memukau para juri.

…dst

7 ) Pemerintah klaim, pembukaan CPNS tahun ini lebih banyak
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/26/15/

Senin,  26 Agustus 2013  ?  19:55 WIB
Sindonews.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) menegaskan, jumlah pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. “Lebih banyak tahun ini, tapi angkanya saya lihat besok (Selasa) ya,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas (Karo Humas) Kemen PANRB, M Imanuddin kepada Sindonews melalui pesan singkat, Senin (26/8/2013). Hal senada pun dikatakan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol pada Kemen PANRB, Suwardi. “Tahun ini lebih banyak, baik formasi CPNS dan instansi yang menerimanya,” ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol pada Kemen PANRB, Suwardi kepada Sindonews melalui pesan singkat. Sebab, kata Suwardi, memang dari segi kebutuhan pada tahun ini makin banyak. Sehingga, jumlah pembukaan CPNS pada tahun ini lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya.

…dst

8 ) Indonesia Kekurangan Dokter Ortopedi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/25/3

Minggu, 25 Agustus 2013 | 14:02 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: The Indonesian Orthopaedic Association (IOA) menyatakan Indonesia kekurangan dokter spesialis bedah tulang (ortopedi). Pada saat ini rasio dokter ortopedi dengan penduduk masih 1 berbanding 1 juta orang. Jumlah ini masih jauh dari rasio ideal minimal yakni 1 berbanding 500 ribu orang.“Jumlah dokter ortopedi kita sekarang paling hanya 600-an atau rasionya 1 dokter untuk lebih dari 1 juta penduduk. Jumlah ini jauh dari ideal, terlebih sebagian besar dari mereka hanya ada di kota besar,” ujar anggota senior IOA Nicolaas C Budhiparama pada acara 3rd Annual Scientific Meeting of Indonesian Hip & Knee Society (IHKS), di Jakarta, Minggu (25/8). Menurut Nico, seiring dengan peningkatan harapan usia hidup, kecelakaan lalu lintas, dan bencana alam yang kerap menyebabkan terjadinya peningkatan pasien patah tulang, walhasil penambahan tenaga ortopedi menjadi suatu keniscayaan di negeri ini.

…dst

9 ) Presiden diminta Pimpin Riset Situs Gunung Padang
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/26/

Senin, 26 Agustus 2013 | 15:06 WIB
TEMPO.CO, Cianjur -Penggiat lingkungan Situs Megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin langsung riset dan pemugaran Situs Gunung Padang. Hingga kini,  para penggiat menilai belum ada tindak lanjut yang serius menyangkut penuntasan riset. Eko Wiwid, seorang penggiat Sahabat Gunung Padang (SGP) mengatakan, keberadaan Situs Megalitikum Gunung Padang perlu perhatian dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia. Karena ini  menyangkut  harga diri bangsa yang berbudaya dan masa depan generasi Indonesia.”Sejauh ini  belum ada tanggapan serius dari Kemendikbud dan Kemenristek soal riset situs Gunung Padang itu,” kata Eko di Cianjur, Senin 26 Agustus 2013. Seharusnya, lanjut Eko, , mereka melakukan riset hingga tuntas bersama-sama dengan berbagai elemen rakyat dari berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan.  “Demi harga diri bangsa kami  menolak pihak asing terlibat dalam riset Situs Gunung Padang.”

…dst

10 ) Wow, UGM Populer di Vietnam
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/26/373/855370

Senin, 26 Agustus 2013 10:10 wib
YOGYAKARTA – Bisa diterima kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) bisa jadi merupakan impian semua siswa sekolah menengah atas yang baru saja lulus. Begitu juga yang dirasakan mahasiswa asal Vietnam yang biasa disapa Kim ini. Saat Kim mengetahui namanya masuk sebagai salah satu siswa asal Vietnam dalam program pertukaran mahasiswa asing di Indonesia, Kim mengaku senang sekali.Apalagi, mahasiswa semester II FKIP ini mengetahui bila universitas tempatnya menimba ilmu di Indonesia adalah UGM. Pasalnya, di negaranya, nama UGM begitu sangat dikenal dan termasuk salah satu universitas bergengsi di Asia Tenggara.”Senang sekali saya bisa kuliah di UGM. Saya sekarang duduk di semester II FKIP. UGM di negara saya begitu dikenal. Universitas ini termasuk universitas idaman di negara saya,” ungkap Kim dengan bahasa Indonesia yang belum begitu lancar, saat berbincang dengan Okezone di ruang rektorat, UGM, Yogyakarta, Senin (26/8/2013).

…dst

11 ) UGM Terapkan Skenario Besar Dunia Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/24

Minggu, 25 Agustus 2013 10:09 wib
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, terus melakukan pembinaan jiwa kewirausahaan terhadap para mahasiswannya. Melalui Direktorat Kemahasiswaan yang dimiliki UGM, UGM bertekad membentuk manusia kreatif dan inovatif. Agar nantinya hasil inovasi riset kewirausahaan yang dikembangkan para mahasiswa, bisa diterima di tengah masyarakat. Sebagai langkah yang terus dilakukan pihak UGM, Kepala Bidang Hubungan Kemasyarakatan (Humas) Wijayanti mengatakan pihak Universitas terus melakukan pengembangan potensi yang dimiliki para mahasiswa. Melalui Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM), para mahasiswa diajarkan bagaimana cara untuk mengembangkan hasil penelitiannya agar nantinya mampu menghasilkan pendapatan profit tersendiri untuk para mahasiswannya. “Di situ kita ajari bagaimana caranya hasil-hasil penelitan mereka bisa berkembang dan dipakai oleh masyarakat luas dan juga menghasilkan profit tersendiri untuk mereka. Salah satunya melalui UKM-UKM yang terdapat di UGM,” jelas Wijayanti, saat berbincang dengan Okezone, di ruang Kehumasan UGM, Yogyakarta.

…dst

12 ) Polulasi Burung Cangak Awu Lampaui Daya Dukung Hutan Mini UGM
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/25/3

Minggu, 25 Agustus 2013 | 11:56 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Hutan mini di lingkungan Universitas Gadjah Mada saat ini mengalami gangguan keseimbangan ekosistem terutama pada hutan mini yang berada di sebelah utara Gedung Pusat. Gangguan ekosistem itu disebabkan populasi burung jenis kuntul-kuntulan terutama cangak awu (abu-abu) atau Ardea Cinerea yang melampaui daya dukung hutan mini.Hal itu diungkapkan Direktur Pengelolaan dan Pemeliharaan Aset Universitas Gadjah Mada, Sudarmoko. Lebih lanjut ia mengemukakan, jumlah burung cangak yang ada di hutan tersebut sudah terlalu banyak sehingga mendesak keberadaan burung-burung lainnya terutama burung kecil.”Burung-burung berkicau yang ukurannya lebih kecil di hutan itu terdesak oleh keberadaan cangak awu. Akibatnya keaneka-ragaman burung di hutan mini itu juga berkurang,” ujarnya.Untuk menjaga keseimbangan ekosistem di hutan mini tersebut, jelasnya UGM memangkas lima pohon yang tumbuh tertinggi di hutan tersebut. Ia mengemukakan pohon yang sangat tinggi itu menjadi tempat tinggal burung-burung cangak.

…dst

13 ) Game balap karung dirilis Amikom
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/26/15

Senin,  26 Agustus 2013  ?  18:50 WIB
Sindonews.com – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, Amikom Game Dev mempersembahkan sebuah game yang bertemakan kemerdekaan. Game yang berjudul “Balap Karung” ini telah dirilis tanggal 8 Agustus 2013. “Balap Karung adalah permainan tradisional yang cukup terkenal di Indonesia. Permainan ini biasanya dimainkan untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan negara Indonesia. Karenanya kami terpikir untuk membuat game yang murni merupakan permainan anak-anak Indonesia,” ujar Produser Game Balap Karung Eka Pratiwi, di Yogyakarta, Senin (26/8/2013). Dikatakan Eka, balap karung merupakan permainan yang sederhana. Namun, jika biasanya permainan ini biasanya dimainkan di lapangan terbuka dengan beberapa orang sebagai pemain, sekarang bisa dinikmati dalam bentuk game digital. Yang menariknya, alur permainan dalam game balap karung ini dibuat berbeda. “Tak hanya kami kemas secara menarik, permainan ini kami program bisa dimainkan dengan gadget apapun dan di manapun kita berada,” imbuhnya.

…dst

14 ) Mahasiswa IPB Kembangkan Limbah Styrofoam Jadi Kasur
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/25

Minggu, 25 Agustus 2013, 19:41 WI
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil mengubah limbah styrofoam menjadi bahan baku kasur lantai aromaterapi bermotif batik yang ramah lingkungan.”Kami memberi nama kasur ini “Styrobed”,” kata Lutfhan Hadhi Priambodo, salah satu mahasiswa IPB pencipta Styrobed, dalam rilis yang dikirim kepada Antara, Minggu. Lutfhan menyebutkan, Styrobed dibuat dari limbah styrofoam. Sifat styrofoam yang teksturnya mudah dijadikan butiran lembut sehingga bisa dimanfaatkan sebagai kasur lantai yang hangat dan nyaman untuk digunakan.Dijelasknannya, pembuatan styrobed bertujuan sebagai solusi dalam mengatasi pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah styrofoam.”Diharapkan juga dengan hadirnya styrobed ini dapat menjadi solusi kreativitas masyarakat sehingga meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan pemulung sampah di Desa Galuga, Kabupaten Bogor,” katanya.

…dst

15 ) Daun Suruhan, Obat Herbal untuk Penyakit Asam Urat dari IPB
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/26/372

Senin, 26 Agustus 2013 18:12 wib
JAKARTA – Penggunaan herbal sebagai obat untuk beragam penyakit telah marak dilakukan. Tidak terkecuali inovasi lima mahasiswa Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) bagi penyakit asam urat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nursofiyana Saumi Ningrum, Wulan Widianti, Elsha Ukieyanna, Khairrunnisa, dan Novilia Eka Syafitri, mereka menemukan jika daun suruhan mampu menjadi penangkal penyakit asam urat. Penyakit asam urat (gout) terjadi pada 840 orang setiap 100 ribu orang. Penyakit ini sangat berhubungan dengan hiperurisemia akibat kelebihan produksi dari asam urat dan dipengaruhi oleh tingginya asupan makanan yang kaya akan basa purin, seperti jeroan, kacang-kacangan, makanan hasil laut, dan makanan hasil fermentasi. Alopurinol merupakan obat medis yang digunakan untuk menghambat enzim xantin oksidase (XO), tetapi obat ini memberikan banyak efek samping seperti radang hati dan reaksi alergi. Oleh karena itu, perlu obat alternatif yang memiliki aktivitas pengobatan lebih baik dan efek samping yang rendah.

…dst

16 ) Pewarna Makanan Alami Khas Mahasiswa UNS
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/26/372/855436

Senin, 26 Agustus 2013 11:33 wib
SOLO – Maraknya penggunaan pewarna tekstil untuk mewarnai makanan belakangan ini memang cukup memprihatinkan. Karena berbahaya terutama bagi kesehatan. Keprihatinan itu ternyata memancing Stefanny Florencia Dewana, mahasiswi Program D-3 Farmasi Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk berkarya mencari alternatif pewarna makanan yang tidak membahayakan kesehatan. “Setelah membaca berbagai referensi yang ada, maka saya mencoba mengekstraksi kulit terong ungu atau istilah kerennya Solanum Melongena menjadi pewarna alami. Dan yang terpenting tidak berbahaya bagi kesehatan,” jelas Stefanny, saat bertemu Okezone, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (26/8/2013). Untuk melakukan percobaan itu, Stefanny membeli lima kilogram (kg) terong ungu yang diambil bagian kulitnya. Salah satu kelebihan terong ungu adalah memiliki antioksidan yang tinggi. Kulit terong tersebut, menurut mahasiswa D-3 Farmasi UNS tersebut, direndam selama 24 jam.

…dst

17 ) Gaet Kerjasama Iptek, Lapan Sambangi Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/26/373

Senin, 26 Agustus 2013 13:10 wib
JAKARTA – Banyak cara yang bisa ditempuh oleh perguruan tinggi untuk mengeksplorasi kualitas akademis maupun nonakademis civitas academica mereka. Salah satu cara yang dipilih Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung adalah menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Kali ini, tujuan kedua belah pihak tersebut untuk meningkatkan kerjasama di bidang sains serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Diterima secara resmi oleh Wakil Rektor III Unpad Setiawan, Sekretaris Utama Lapan Sri Kaloka PrabotosariSri bersama rombongan LAPAN memaparkan beberapa poin kerjasama tersebut.“Kalau kita lihat, ada beberapa potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya pemanfaatan remote sensing untuk pertanian dan perikanan,” ujar Sri, seperti dikutip dari laman Unpad, Senin (26/8/2013).

…dst

18 ) Perkenalkan Astronomi, Lapan Gelar Seminar
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/26/079507609

Senin, 26 Agustus 2013 | 19:08 WIB
TEMPO.CO, Jakarta -Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) membimbing para astronom muda melalui kegiatan bertajuk ‘The 35th International School for Young Atronomers (ISYA) 2013 di Bandung dan sekitarnya mulai hari ini, Senin 26 Agustus 2013.”Tujuan kegiatan ISYA untuk menumbuhkan ide proyek pengamatan astronomi modern dan memberikan bekal teknis dalam merencanakan, mengusulkan, memperoleh, mengolah, serta menganalisis data astronomi,” kata petugas narahubung kegiatan Iwan Sodikin lewat siaran pers, Senin, 26 Agustus 2013. Lapan mengundang sebanyak  40 orang mahasiswa dan peneliti,  separuhnya berasal dari mancanegara, seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Cina, Taiwan, Kamboja, Vietnam, India, Srilangka, dan Nepal. ISYA 2013 akan berlangsung mulai 26 Agustus sampai 13 September 2013 di Gedung Assesment Center, Kampus Lembaga Administrasi Negara, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

…dst

19 ) Ini yang jadi fokus kerja sama Indonesia & Kanada
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/25/15/775152

Minggu,  25 Agustus 2013  ?  13:42 WIB
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa mempimpin Forum Konsultasi Bersama Indonesia dan Kanada, di Ottawa pada 22 sampai 23 Agustus 2013. Forum ini pertama kalinya dilakukan pada tingkat Menlu.Pada kesempatan itu, dibahas berbagai prioritas hubungan bilateral Indonesia dan Kanada, antara lain perdagangan dan investasi, kerja sama pendidikan dan kerja sama pembangunan kedua negara. Tercatat di tahun 2012, Kanada merupakan investor terbesar ke-24 dari 115 investor asing di Indonesia. “Kanada adalah mitra investasi bagi Indonesia,” kata Marty lewat rilisnya Minggu (25/8/2013).Dalam kesempatan forum tersebut, kedua Menlu juga membahas persiapan APEC 2013 di Bali dan masa depan kawasan Asia dan Pasifik khususnya terkait East Asia Summit dan perkembangan terakhir di Laut China Selatan. Indonesia dan Kanada juga bertukar pandangan mencari solusi permasalahan di Palestina, Suriah, dan Mesir. “Indonesia dan Kanada memiliki peluang besar untuk mendorong adanya sebuah rekonsiliasi dan perdamaian di Timur Tengah,” lanjutnya.

…dst

20 ) Mendikbud Berharap STTAL Jadi Pusat Unggulan Teknologi
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116585

26 Agst 2013 19:58:44
Mendikbud Berharap STTAL Jadi Pusat Unggulan Teknologi
Surabaya (Antara Jatim) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh berharap Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) bisa menjadi perguruan tinggi dengan pusat unggulan di bidang teknologi melalui pendidikan dan pengembangan yang terus dilakukan.”Untuk menjadi ‘center of excellence’ atau pusat unggulan, STTAL wajib mengembangkan penelitian-penelitian yang sifatnya spesifik dan tidak dimiliki perguruan tinggi lain,” kata Mendikbud saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa STTAL di Gedung Moeljadi, Kobangdikal, Bumimoro, Surabaya, Senin.Kegiatan kuliah umum yang diikuti ratusan mahasiswa program diploma tiga (D3), sarjana strata satu (S1) dan program pascasarjana (S2), dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio, Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono, Gubernur AAL Laksda TNI I Nyoman Gde Nurija Ary Atmaja, Komandan Kobangdikal Laksma TNI Widodo, dan sejumlah pejabat TNI AL.

…dst

21 ) Sekolah Vokasi Sesuai Potensi Daerah
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/26/

26 Agustus 2013
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berjanji akan terus berusaha mengembangan sekolah vokasi, baik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun akademi komunitas. Diharapkan, pengembangan sekolah vokasi itu disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing.Sekretaris Jendral Kem­dikbud Ainun Na’im mengungkapkan, tekad tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk menjamin aksesibilitas. “Tentu pengembangan tersebut akan disesuaikan dengan potensi daerah,” ujarnya, di Jakarta, ke­ma­rin. Meski demikian, dia mengakui, keinginan tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan pihak lain. Untuk itu, diharapkan ada peran bersama antarpemerintah, pe­merintah daerah, masyarakat, dan industri.”Ini sangat diharapkan karena bagaimanapun hasil dari pendidikan ini yang menggunakan adalah mereka juga,” ungkapnya.

…dst

22 ) LIPI Sedang Uji Coba Ponsel Cerdas Anti Sadap
http://news.detik.com/read/2013/08/26/123017

Senin, 26/08/2013 12:30 WIB
Jakarta – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sedang mengembangkan beberapa hasil penelitian unggulan. Salah satunya smartphone BandrOS alias atau Bandung Raya Operating System yang memiliki kemampuan anti sadap dan mulai diproduksi pada 2014. “Pengembangan anti sadapnya hingga saat ini masih dalam laboratorium, diuji coba,” ujar Ana Heriana, peneliti Pusat Penelitian LIPI Bandung di Puspiptek Serpong, Tangerang, Senin (26/8/2013). Ana menjelaskan bahwa fitur yang ada di dalam smartphone ini nantinya tidak dipasarkan secara bebas. “Ini kan secure komunikasi, jadi penggunaannya hanya untuk keperluan-keperluan tertentu saja,” ulasnya. Hal ini diamini oleh peneliti LIPI lainnya, LT Handoko. Handoko menjelaskan penggunaan ponsel pintar ini nantinya untuk internal office. “Kalau produksi luas harus banyak izin regulasi, frekuensi. Kita mau bisa mulai diproduksi tahun depan,” kata Handoko.BandrOS merupakan ponsel cerdas dengan menggunakan sistem operasi (OS) open-source berbasis Linix.

…dst

23 ) Ilmu perpustakaan Indonesia jauh tertinggal
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/26/15

Senin,  26 Agustus 2013  ?  13:31 WIB
Sindonews.com – Perpustakaan di Indonesia dari segi keilmuan dinilai jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Hal ini dikarenakan dosen dan praktisi ilmu perpustakaan yang ada tidak berupaya menambah referensi keilmuannya terkait perkembangan perpustakaan masa kini. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Inddonesia (FPPTI) Pusat Ida Fajar. Menurut Ida, sama halnya keilmuan yang lain, ilmu perpustakaan juga memiliki perkembangan dan tren-tren terbaru. Sayangnya hal tersebut tidak diikuti oleh dosen maupun pustakawan di Indonesia.”Salah satu penyebabnya, para praktisi yang ada saat ini kesulitan berbahasa Inggris. Padahal hampir semua referensi berbahasa Inggris. Selain itu, dosen maupun praktisi perpustakaan kita kurang bersemangat mengikuti pertemuan internasional terkait perpustakaan. Alasannya masih sama, tak ada dana,” ujarnya dalam pertemuan FPPTI se-Indonesia di UKDW Yogyakarta Senin (26/8/2013).Dikatakan Ida, dengan tidak berkembangnya keilmuannya, perpustakaan sebagai sumber pemberi informasi menjadi tidak bisa memenuhi semua kebutuhan penggunanya. Dan untuk mengatasi hal tersebut, langkah jangka pendek yang bisa ditempuh ialah membangun jaringan.

…dst

24 ) Paket Kebijakan Jauh dari Harapan
http://print.kompas.com

Senin, 26 Agustus 2013
JAKARTA, KOMPAS — Pasar menilai paket kebijakan pemerintah jauh dari harapan. Isi kebijakan itu sebagian besar sudah sering didengar pelaku pasar dan di antaranya tidak efektif dalam implementasinya. Pasar pun menilai tidak ada terobosan yang dapat memulihkan kepercayaan pasar. Upaya memperbaiki transaksi berjalan dengan mendorong ekspor atau menekan impor belum efektif. ”Contohnya biodiesel sebagai pengurang konsumsi solar. Faktanya fasilitas biodiesel selama ini banyak telantar. Jadi, efektivitas paket itu diragukan,” kata ekonom Sustainable Development Indonesia, Dradjad Wibowo, di Jakarta, Sabtu (24/8). Dradjad menambahkan, dari sisi fiskal, paket itu juga belum menunjukkan kesiapan pemerintah dalam menghadapi September. Ini merujuk pada saat sejumlah utang swasta jatuh tempo dalam jumlah besar dan kemungkinan jumlah dana stimulus bank sentral AS, The Federal Reserve, akan mulai dikurangi.Sejumlah insentif pajak yang disiapkan pemerintah untuk mendongkrak ekspor belum mampu menghindarkan neraca transaksi berjalan dari defisit pada akhir tahun 2013. Selain melambatnya pertumbuhan ekonomi negara-negara tujuan ekspor, waktu pemberlakuan insentif pun tinggal empat bulan.

…dst

25 ) Menteri ESDM Segera Atur Penggunaan Biodiesel 10 Persen untuk Campuran Solar
http://www.setkab.go.id/

Senin, 26 Agustus 2013 – 12:43 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM sebagai usaha mengurangi impor Bahan Bakar Minyak (BBM). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM) Jero Wacik, sebelum Sidang Kabinet, mengatakan di Kantor Presiden, Jumat (23/8) mengatakan, Permen ini untuk menekan defisit neraca perdagangan, dan mengurangi  nilai impor. Jero mengatakan, pihaknya telah menetapkan penggunaan biodisel sebesar 10 persen sebagai campuran solar. “Solar yang tadinya 10 liter nanti 9 liter solar akan dicampur dengan seliter bahan bakar nabati, sehingga impor solar akan berkurang,” kata Jero Wacik. Menurut Jero Wacik, kebijakan pemberian mandatori 10 persen bahan bakar nabati terhadap solar itu merupakan bagian dari paket kebijakan mengatasi krisis ekonomi 2013. Pemanfaatan BBN jenis biodisel, kata Jero Wacik, mulai berlaku tahun ini dan PT Pertamina telah bekerja untuk itu.

…dst

26 ) 10.000 PNS daerah akan ditarik ke Kemenkeu
http://www.antaranews.com/berita/392399

Senin, 26 Agustus 2013 20:52 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menarik sekitar 10 ribu pegawai negeri sipil dari daerah untuk ditempatkan di Kementerian Keuangan. Selain menambah 6.000 PNS baru,”kami juga menawarkan 10 ribu pegawai lagi dari PNS di daerah untuk bekerja di Kementerian Keuangan,” kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar di Jakarta, Senin. Ditemui usai acara penganugerahan gelar “Perekayasa Utama Kehormatan” kepada Hatta Rajasa di Gedung BPPT, Menpan-RB mengatakan, penarikan 10 ribu PNS daerah itu guna memenuhi kebutuhan pegawai di Kementerian Keuangan, khususnya bagi Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak dan Dirjen Bea Cukai. “Karena Dirjen Pajak itu memerlukan pegawai dengan tingkat pendidikan D1 dan D2. Itu akan diambil dari PNS yang ada di daerah. Sementara itu 6.000 PNS baru akan melalui jalur perekrutan biasa,” jelasnya.

…dst

27 ) Gamawan: Remunerasi Kemendagri dan 9 K/L Tahun Ini, Pemerintah Daerah Tahun Depan
http://www.setkab.go.id/

Senin, 26 Agustus 2013 – 14:17 WIB
Sepuluh Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (K/L) mulai tahun ini dikabarkan akan memperoleh remunerasi atau tunjangan kinerja. Sementara tunjangan kinerja atau remunerasi untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintahan Daerah akan diberikan tahun depan. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi usai membuka Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Daerah bagi Bupati dan Walikota serta Wakil Bupati dan Wakil Walikota, di Gedung Badan Pendidikan dan Latihan Kemendagri, Jakarta, Senin (26/8) mengakui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merupakan satu di antara 10 K/L yang akan memperoleh remunerasi tahun ini. Ia menegaskan, dengan adanya remunerasi itu maka akan ada perubahan cukup besar dalam pembiayaan belanja PNS di Kemendagri. “Kalau remunerasi ini dinaikkan, maka semua honor PNS di Kemendagri, seperti honor kepanitiaan akan ditiadakan. Yang diberlakukan adalah single salary (gaji tunggal),” kata Mendagri. Hal yang sama juga berlaku di daerah, jika tahun depan diberlakukan remunerasi, maka sistem single salary akan diberlakukan, dan semua honor di daerah akan dihapuskan.“Mudah-mudahan sistem single salary tersebut dapat mendorong penghematan biaya belanja aparatur, terutama di tingkat daerah,” harap Gamawan.

…dst

28 ) Pemerintah Siapkan Rp 19,3 Triliun Untuk Bayar Iuran Jaminan Kesehatan 86,4 Juta Penduduk
http://www.setkab.go.id/

Minggu, 25 Agustus 2013 – 05:54 WIB
Pemerintah mempersiapkan anggaran sebesar Rp19,3 triliun untuk membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan, yaitu peserta JKN fakir miskin dan orang tidak mampu. “Untuk 2014, kami mempersiapkan anggaran untuk 86,4 juta penduduk yang tergolong PBI di seluruh Indonesia sebesar Rp19,3 triliun dengan index Rp19.225 per orang per bulan selama setahun,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Supriyantoro sebagaimana dikutip lama Menko Kesra di Jakarta, Kamis (22/8). Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan pengantar Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada Sidang Paripurna DPR-RI, Jumat (16/8) mengemukakan, dana yang disediakan pemerintah itu agar masyarakat tidak mampu dan fakir miskin dapat memperoleh layanan sistem jaminan sosial yang akan mulai dilaksanakan pada 1 Januari 2014. Presiden mengatakan, masyarakat di luar PBI, wajib membayar iuran dengan jumlah nominal tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penyelenggaraan jaminan sosial di bidang kesehatan yang akan dimulai awal tahun 2014 akan dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). BPJS merupakan transformasi dari PT Askes (Persero).

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *