Berita Edukasi, 24 Agustus 2013

1 ) Mahasiswa Asal Sulsel di Mesir Minta Dievakuasi
http://regional.kompas.com/read/2013/08/24/0904130/Mahasiswa.Asal.Sulsel.di.Mesir.Minta.Dievakuasi.

Sabtu, 24 Agustus 2013 | 09:04 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com — Memanasnya situasi politik di Mesir membuat mahasiswa asal Sulawesi Selatan merasa terancam. Bahkan, para mahasiswa ini meminta Pemerintah Indonesia segera mengevakuasi mereka. “Kami selalu berharap agar pemerintah segera mengevakuasi kami, mengingat kondisi psikologi teman-teman mahasiswa lainnya, terutama perempuan,” jelas seorang mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo, Aris Amir, melalui percakapan di Facebook, Sabtu (24/8/2013). Mahasiswa asal Kabupaten Soppeng itu mengaku, pihak kedutaan hanya melakukan pendataan tanpa memberitahukan jadwal evakuasi mereka, apalagi menurutnya situasi di Mesir dinilai cukup rawan untuk tetap bertahan. Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengutarakan, mahasiswa asal Sulawesi Selatan saat ini telah dievakuasi ke tempat yang aman. Bahkan, saat ini situasi di Mesir tidak terlalu bergejolak ketimbang hari-hari sebelumnya.

…dst

2 ) Gubernur: Warga Sulsel di Kairo Aman
http://regional.kompas.com/read/2013/08/23/2027530/Gubernur.Warga.Sulsel.di.Kairo.Aman.

Jumat, 23 Agustus 2013 | 20:27 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menyatakan warganya yang berada di Kairo, Mesir, dalam keadaan selamat dan berada di lokasi yang aman. Pernyataan tersebut diungkapkan Syahrul dalam konfrensi persnya di rumah jabatan Gubernur Sulsel Jalan Jendral Sudirman, Makassar, Jumat (22/8/2013) malam. “Mahasiswa dan pekerja legal yang ada di Kairo dalam keadaan selamat dan berada di suatu tempat yakni hotel yang tidak usah saya sebutkan namanya. Sampai tadi, saya telponan dan SMS an sama mahasiswa di sana. Kebetulan, ada juga mahasiswa S3 kita dari Pemerintah Provinsi Sulsel yang bersekolah di sana,” katanya.

…dst

3 ) Presiden: Mesir Membaik, Belum Perlu Evakuasi WNI
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/23/1926356/Presiden.Mesir.Membaik.Belum.Perlu.Evakuasi.WNI.

Jumat, 23 Agustus 2013 | 19:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku sudah berkomunikasi dengan duta besar RI di Kairo mengenai situasi Mesir belakangan ini. Dari hasil pembicaraan tersebut, Presiden menerima laporan kalau kondisi di Mesir sudah membaik dan terkendali. “Alhamdulillah, sebenarnya dua, tiga hari ini keadaan di Kairo jauh membaik. Bahkan, situasinya dalam pengendalian yang baik,” kata Yudhoyono di halaman Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/8/2013). Oleh karena itulah, menurut Kepala Negara, pemerintah merasa belum perlu untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Mesir, terutama para mahasiswa. “Tapi sekali lagi alhamdulillah keadaan membaik. Sampai hari ini tampaknya belum ada keperluan pemerintah melakukan evakuasi atas WNI, terutama mahasiswa,” ujarnya.

…dst

4 ) Situasi Membaik, Pemerintah RI Belum Akan Lakukan Evakuasi WNI di Mesir
http://www.setkab.go.id/berita-9964-situasi-membaik-pemerintah-ri-belum-akan-lakukan-evakuasi-wni-di-mesir.html

Jumat, 23 Agustus 2013 – 18:43
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mengeluarkan pernyataan terkait perkembangan yang terjadi di Mesir. Menurut Presiden, berdasarkan laporan dari Dubes RI di Kairo, dan Menlu Marty Natalegawa yang sedang berada di Kanada, dalam 2-3 hari terakhir keadaan di Mesir jauh membaik. Bahkan dikatakan situasinya betul-betul dalam pengendalian yang baik pula. Oleh karena itu, Pemerintah Republik Indonesia merasa belum ada keperluan untuk melakukan evakuasi atas Warga Negara Indonesia, utamanya para mahasiswa. Kecuali kalau ada mahasiswa yang ingin benar kembali, tentu kita akan membantunya. Dalam konperensi pers yang diselenggarakan di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (23/8) sore, Presiden SBY mengemukakan, pada siang tadi, ia telah berkomunikasi dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mohammad Najib, untuk mendiskusikan bagaimana Indonesia dan Malaysia melihat perkembangan situasi di Mesir.Alhamdulillah posisi Malaysia dengan Indonesia serupa, yang intinya kita berharap agar permasalahan di Mesir bisa diselesaikan secara damai menuju ke rekonsiliasi nasional. Kemudian bisa dicegah jatuhnya korban jiwa yang semestinya bisa dicegah,” kata Presiden sembari menegaskan, bahwa baik Malaysia maupun Indonesia, tentu tidak ingin mencampuri urusan dalam negeri Mesir.

…dst

5 ) Respons Pasar Keuangan Negatif
Paket Kebijakan Ekonomi Terbit Bersamaan
http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000001713715

24 Agustus 2013
JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan, Jumat (23/8), mengumumkan kebijakan untuk merespons melemahnya nilai tukar rupiah. Kebijakan tersebut diharapkan dapat segera menstabilkan nilai tukar rupiah. Namun, pasar keuangan, yaitu pasar modal dan pasar uang, merespons negatif kebijakan itu.Di pasar modal, Indeks Harga Saham Gabungan pada Jumat sore ditutup terkoreksi 1,5 poin (0,04 persen) ke tingkat 4.169 setelah bergerak di kisaran 4.239-4.151. Indeks sempat naik 1,4 persen pada penutupan sesi pertama, Jumat siang, sebelum paket kebijakan diumumkan.Di pasar uang, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pun melorot pada saat mayoritas mata uang di Asia, termasuk rupee India dan baht Thailand, menguat atas dollar AS. Mata uang rupee naik 0,67 persen dan baht menguat 0,28 persen. Nilai tukar rupiah di pasar spot turun 183 poin (1,68 persen) menjadi Rp 11.058 per dollar AS. Pada awal pekan, rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) sebesar Rp 10.451 per dollar AS. Sepanjang pekan rupiah terus melemah hingga Rp 10.848 per dollar AS pada Jumat. Khusus pada Jumat, merujuk pada kurs tengah BI, rupiah turun 53 poin (0,48 persen) ke tingkat 10.848 per dollar AS. Respons pasar keuangan atas paket kebijakan pemerintah, BI, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) itu mesti dilihat lagi pada perdagangan Senin (26/8) lusa.

…dst

6 ) Mendikbud Minta UB Benahi Manajemen UKT
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116473/mendikbud-minta-ub-benahi-manajemen-ukt

24 Agst 2013 19:35:55
Surabaya (Antara Jatim) – Mendikbud Mohammad Nuh meminta Universitas Brawijaya (UB) Malang untuk membenahi manajemen uang kuliah tunggal (UKT), karena pelaksanaan UKT di kampus itu mendapat protes dari mahasiswa dan orang tua dari mahasiswa itu. “Itu soal manajemen yang harus dibenahi, karena UKT di universitas lain tidak ada masalah, jadi ada manajemen yang kurang pas,” katanya di sela-sela peresmian kampus ketiga Widya Mandala (WM) di Pakuwon City (Laguna) Surabaya, Sabtu. Didampingi Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono dan Rektor WM Drs Kuncoro Foe G.Dip.Sc PhD, mantan Rektor ITS Surabaya itu menjelaskan tujuan pemberlakuan UKT itu sebenarnya untuk meringankan beban orang tua mahasiswa. Tentang wacana tes keperawanan bagi siswa baru di tingkat SMA, Mendikbud Mohammad Nuh menyatakan tidak setuju dengan wacana itu, bahkan dirinya juga tidak setuju dengan tes keperawanan. “Dari istilahnya (tes keperawanan), saya sudah ngeri. Saya lebih memilih istilah tes ‘virginity’, tapi Kementerian Pendidikan tidak setuju dengan tes seperti itu,” katanya. Ia menilai tes itu tidak bermanfaat untuk pendidikan, bahkan menimbulkan polemik. “Untuk apa itu (tes keperawanan) diterapkan? Kalau hasil tes-nya tidak virgin, misalnya, mau diapakan?,” tegasnya.

…dst

7 ) Mendikbud tegskan guru palsukan ijazah itu kejahatan besar
http://www.antaranews.com/berita/392128/mendikbud-tegskan-guru-palsukan-ijazah-itu-kejahatan-besar

Sabtu, 24 Agustus 2013 19:39 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Mendikbud Mohammad Nuh menilai guru yang memalsukan ijazah untuk mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) itu merupakan kejahatan besar dan luar biasa.”Itu kejahatan besar, kejahatan luar biasa, guru kok memalsukan ijazah, itu nggak nyambung,” katanya di sela-sela peresmian kampus ketiga Widya Mandala (WM) di Pakuwon City (Laguna) Surabaya, Sabtu.Didampingi Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono dan Rektor WM Drs Kuncoro Foe G.Dip.Sc PhD, ia menanggapi temuan Panitia PLPG Rayon 141 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berupa 804 berkas pengajuan sertifikasi guru bermasalah. “Guru yang memalsukan ijazah untuk ikut PLPG itu tidak pantas menjadi guru, karena itu sanksinya ya dia tidak boleh menjadi guru. Panitia PLPG harus berani mencoretnya sebagai peserta PLPG,” katanya. Mantan Rektor ITS Surabaya itu mengemukakan hal itu menanggapi temuan Panitia PLPG Rayon 141 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tentang 804 berkas pengajuan sertifikasi guru yang bermasalah dengan temuan paling banyak dari Surabaya. Dari hasil penelitian berkas hingga Senin (19/8), di Kota Surabaya tercatat 247 berkas yang sudah diteliti dari 2.050 peserta, sedangkan secara total ada 804 berkas dari belasan ribu berkas yang perlu diklarifikasi.

…dst

8 ) Mendikbud Puji Jumlah Dosen S3 Widya Mandala
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116468/mendikbud-puji-jumlah-dosen-s3-widya-mandala

24 Agst 2013 17:38:00
Surabaya (AntaraJatim) – Mendikbud Mohammad Nuh memuji Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya sebagai salah satu perguruan tinggi yang mempunyai reputasi baik, karena memiliki jumlah dosen berpendidikan S3 (doktor) hingga 18 persen.”Widya Mandala itu punya reputasi yang baik, karena memiliki dosen yang berpendidikan S3 hingga 18 persen atau hampir sama dengan PTN yang mencapai hampir 20 persen,” katanya saat meresmikan kampus ketiga Widya Mandala (WM) di Pakuwon City (Laguna) Surabaya, Sabtu.Dalam peresmian kampus ketiga yang dihadiri Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono dan Sekretaris Asosiasi Perguruan Tinggi Katholik (APTIK) Prof Dr Bernadette N Setiadi itu, ia menjelaskan rata-rata dosen S3 di PTN 10 persen dan di PTS lima persen. “Reputasi yang baik itu mendorong WM memiliki tiga peran yakni membuka kesempatan atau akses masyarakat untuk kuliah, memberi jaminan kualitas untuk pendidikan, dan memberi makna untuk kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.Menurut mantan Rektor ITS Surabaya, WM membuka akses masyarakat untuk kuliah sehingga memberi kontribusi pada peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) dari 18 persen pada 2009 menjadi 28 persen pada 2012 dan ditargetkan menjadi 35 persen pada 2014.

…dst

9 ) Unsoed Belum Laporkan Penahanan Rektor ke Mendikbud
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/23/mrzrk2-unsoed-belum-laporkan-penahanan-rektor-ke-mendikbud

Jumat, 23 Agustus 2013, 23:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Pembantu Rektor I Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Prof Dr Mas Yedi Sumaryadi mengaku pihaknya belum melaporkan secara resmi masalah penahanan Rektor Unsoed kepada Mendikbud. Menurut dia, laporan secara resmi baru akan disampaikan setelah senat universitas menggelar rapat. “Kita belum memang belum melaporkan masalah penahanan beliau pada Mendikbu. Nanti, setelah rapat senat baru akan kita buat laporannya secara resmi,” kata Mas Yedi, Jumat (23/8). Sebab, soal kemungkinan akan dilakukan penggantian atau tidak, menurutnya, akan menunggu hasil rapat senat tersebut. “Saya tidak dalam kapasitas untuk mengambil kebijakan dalam masalah ini,” katanya menjelaskan. Meski demikian dia mengakui, dalam hal pekerjaan dan tugas sehari-hari yang dilakukan sehari-hari, maka hal itu harus dia lakukan. Sebab sesuai ketentuan yang berlaku, maka bila peabat rektor berhalangan, maka yang akan menjalankan tugas adalah orang yang menjabat sebagai pembantu rektor I.

…dst

10 ) Indikasi Penyimpangan
BPK Serahkan Audit Proyek Hambalang ke DPR dan KPK
http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000001712603

24 Agustus 2013
JAKARTA, KOMPAS — Badan Pemeriksa Ke- uangan menilai pener- bitan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 194/PMK.02/2011 ten- tang Tata Cara Pengaju- an Persetujuan Kontrak Tahun Jamak dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah merupakan upaya untuk melegalisasi penyimpangan proyek Hambalang. BPK menilai penerbitan PMK itu merupakan penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang yang mengandung unsur pidana. “Penerbitan PMK Nomor 194/ PMK.02/2011 mengindikasikan adanya pembenaran atas ketidakbenaran. PMK ini juga dapat melegalisasi penyimpangan semacam kasus Hambalang untuk tahun-tahun berikutnya,” kata Ketua BPK Hadi Purnomo, Jumat (23/8), di Jakarta. Penerbitan PMK Nomor 194/ PMK.02/2011 merupakan salah satu temuan BPK dalam audit investigatif tahap II atas Pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang. Laporan hasil pemeriksaan investigatif tahap II itu diserahkan BPK ke DPR dan KPK, Jumat. Hadi menjelaskan, PMK itu diterbitkan untuk mengganti PMK Nomor 56/PMK.02/2010. Sejumlah aturan yang terdapat dalam PMK No 56 dihilangkan dalam PMK No 194. Padahal, aturan yang dihilangkan itu sebenarnya sangat substantif untuk menjamin keabsahan proses persetujuan kontrak tahun jamak. BPK juga menilai PMK No 194/PMK.02/2011 bertentangan dengan UU No 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara. PMK No 194/PMK.02/2011 diundangkan pada 1 Desember 2011 dan ditandatangani Menteri Keuangan saat itu, Agus Martowardojo. PMK No 56/PMK.02/2010 diterbitkan pada masa Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Kontrak tahun jamak proyek Hambalang disetujui Kementerian Keuangan pada September 2010. Artinya, penerbitan PMK No 194 dilakukan setelah kontrak disetujui.

…dst

11 ) BPK: Wamenkeu Anny Ratnawati Berperan Besar Golkan Proyek Hambalang
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/23/1005250/BPK.Wamenkeu.Anny.Ratnawati.Berperan.Besar.Golkan.Proyek.Hambalang

Jumat, 23 Agustus 2013 | 10:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil audit investigasi tahap II Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait proyek Hambalang akan diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jumat (23/8/2013). Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas, dari sumber di BPK, hasil audit tahap II menunjukkan peranan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Ani Ratnawati yang sangat dominan untuk mengegolkan dana dalam proyek tersebut. Padahal, status lahan proyek untuk pusat olahraga nasional itu masih bermasalah sehingga belum dilanjutkan. “Peranan Ani Ratnawati sangat dominan dalam proyek senilai lebih dari Rp 2,5 triliun tersebut. Bukan hanya saat menjadi Wakil Menteri Keuangan saja, tetapi juga saat menjadi Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan,” ujar sumber Kompas di BPK, Jumat pagi. Menurut dia, peranan guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB), yang membimbing Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meraih gelar doktor pertanian IPB tersebut, selain menambah nilai dan volume proyek Hambalang, juga mengubah jangka waktu proyek yang semula tahun tunggal menjadi tahun jamak atau multiyears.

…dst

12 ) Kepakaran Guru Besar Akan Dipetakan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/24/234533/Kepakaran-Guru-Besar-Akan-Dipetakan

24 Agustus 2013
SEMARANG – Kepakaran guru besar di tiap perguruan tinggi akan dipetakan untuk mengetahui kemampuan dan keunggulan mereka.Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Profesor Indonesia (API) Jawa Tengah Prof Ir Eko Budihardjo MSc, kemarin.Dia mengatakan, API memiliki tujuan turut memberikan solusi dalam masalah bangsa. Profesor yang merupakan jabatan fungsional tertinggi dari dosen pasti memiliki bidang kepakaran. “Karena itu, kami akan mulai me­metakan kemampuan dan kepa­karan tiap profesor di Jateng untuk turut memberi solusi dalam perso­alan yang terjadi,” ungkapnya, ke­marin. Kepakaran profesor, menurut mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) ini, dapat digolongkan menjadi beberapa bidang, seperti infrastruktur, transportasi, kesehatan, pendidikan, dan pertanian.Dengan begitu kompetensi keilmuan seorang profesor dapat di­manfaatkan dan dikontribusi­kan. API mencoba mewadahi para profesor untuk tetap mengabdi kepada rakyat, bangsa, dan daerah sesuai bidang yang dimiliki. Para akademisi yang merupakan ilmuwan ini di­harapkan merangkul masyarakat atau para pemangku kepentingan untuk membangun bersama daerahnya.

…dst

13 ) Publikasi Ilmiah Indonesia Tertinggal Jauh
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/24/234532/Publikasi-Ilmiah-Indonesia-Tertinggal-Jauh

24 Agustus 2013
SEMARANG – Unissula mengadakan pelatihan pengelolaan pu­blikasi ilmiah bagi para dosen dan pengelola jurnal di lingkungan universitas tersebut, Jumat (23/8). Pelatihan menghadirkan pengelola jurnal internasional Dr Imam Much Ibnu Subroto. “Setelah seseorang melakukan penelitian, maka pilihannya ada dua publish or perish, yaitu mempublikasikan hasil penelitiannya atau membiarkan penelitian tersebut sebagai konsumsi pribadi,” katanya, kemarin. Dia mengemukakan, bagi lembaga pendidikan tinggi, penerbitan publikasi ilmiah merupakan hal yang sangat penting, karena me­nyangkut kepentingan banyak hal, seperti menunjukkan eksistensi lembaga pendidikan tersebut, untuk kepentingan akreditasi institusi, fakultas maupun prodi, untuk menunjang karier, kepangkatan dosen, dan lain-lain. Menurut dosen Fakultas Teknologi Industri Unissula tersebut, data terbaru indeks publikasi ilmiah Indonesia di tingkat Asia masih jauh dari prestasi negara tetangga seperti Singapura. Indonesia menduduki peringkat ke-11 di bawah Pakistan, Malaysia, Singapura, dan semakin kalah jauh dari China, Jepang, India, dan Korea Selatan.

…dst

14 ) ITS Yakin Juarai Student Formula Japan 2013
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/23/079506920/ITS-Yakin-Juarai-Student-Formula-Japan-2013

Sabtu, 24 Agustus 2013 | 03:00 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Manajer Umum Tim Sapu Angin Speed (SAS) Arif Aulia Rahhman optimistis mampu menggondol juara I di kejuaran Student Formula Japan (SFJ) 2013 kelas Internal Combustion sebagai pendatang baru terbaik. Ia mengaku sudah belajar banyak kepada Universitas Gadjah Mada terkait seluk beluk kejuaran yang diadakan oleh Society of Automotive Engineers (SAE) tersebut.UGM, kata Arif, gagal merengkuh juara I di kelas yang sama saat pertama kalinya mengikuti kejuaran itu tiga tahun lalu. “Kami belajar banyak hal dari kesalahan UGM. Kami berharap menang dari kekalahan UGM,” kata dia saat peluncuran mobil formula Sapu Angin Speed di gedung rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jumat 23 Agustus 2013. (Baca: Mobil Formula Sapu Angin Speed dari ITS).Menurut Arif, UGM gagal naik podium karena tidak lolos tes inspeksi. Tes inspeksi, kata dia, adalah pintu masuk proses perlombaan berikutnya. Menurutnya, perlombaan balap di ajang SFJ ini paling ketat dan bergengsi ketimbang perlombaan sejenis di delapan negara lainnya. Kendati lolos tes inspeksi, tapi UGM kehilangan banyak waktu terutama soal ketahanan brake dan mesin. Kompetisi SFJ tidak mengacu pada race akhir, namun peserta harus mendapat poin tertinggi dari beberapa poin.

…dst

15 ) Mobil Surya ITS Siap Berlaga di Australia
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116482/mobil-surya-its-siap-berlaga-di-australia

24 Agst 2013 19:43:01
Surabaya (Antara Jatim) – Mobil bertenaga surya generasi keempat berjuluk “Widya Wahana Sapu Angin” yang merupakan karya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITS siap berlaga dalam kompetisi “World Solar Challenge 2013″ di Australia pada 6-13 Oktober 2013.Kesiapan itu ditandai dengan peluncuran “Widya Wahana Sapu Angin” atau “Sapu Angin Surya” oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA di halaman Rektorat ITS Surabaya, Sabtu. “Tidak ada target resmi dari ITS. Bisa mencapai finish saja, kami sudah bersyukur,” kata Prof Tri Yogi dalam peluncuran itu, didampingi tim mahasiswa dan dosen pembimbing proyek Widya Wahana Sapu Angin, Dr Muhammad Nur Yuniarto.Ia memberikan apresiasi yang cukup tinggi terhadap karya sivitas akademika kali ini, sebab lahirnya “Widya Wahana Sapu Angin” mewujudkan mimpi para pendahulu ITS untuk berlaga di kejuaraan mobil surya internasional. “Tidak ada alasan bagi mereka untuk minder dengan kontingen dari negara lain, karena Widya Wahana Sapu Angin merupakan kontingen satu-satunya dan yang pertama dari Indonesia dalam kompetisi tersebut. Harumkan nama ITS dan Indonesia di Australia,” katanya.

…dst

16 ) Penerima Bidik Misi UNS Diumumkan 27 Agustus
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/24/373/854927/penerima-bidik-misi-uns-diumumkan-27-agustus

Sabtu, 24 Agustus 2013 15:15 wib
SOLO – Hingga saat ini proses verifikasi data hasil seleksi beasiswa bidik misi Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta belum selesai seluruhnya, maka hasil final baru akan segera diumumkan seluruhnya pada 27 Agustus 2013. Pembantu Rektor III UNS, Dwi Tiyanto, UNS akan segera mengumumkan hasil seleksi beasiswa bidik misi pada minggu ini, melalui Biro Kemahasiswaan UNS. “Memang jadwal pengumuman hasil seleksi bidik misi sedikit mundur. Karena dari pihak panitia harus meneliti ulang hasil yang ada,” jelasnya kepada wartawan, di Rektorat UNS, Kampus Kentingan, Jebres, Solo, Sabtu (24/8/2013). Menurutnya, data terakhir pendaftar Beasiswa bidik misi sebanyak 1.350 mahasiswa baru. Dari data yang masuk, sebanyak 1.112 mahasiswa baru mendaftar secara online bersamaan dengan pendaftaran ujian masuk. Sisanya, sebanyak 155 mahasiswa baru jenjang S1 dan 93 mahasiswa jenjang D3 mendaftar setelah pengumuman ujian masuk. Sebelumnya, ungkap Dwi Tiyanto, 27 mahasiswa baru dinyatakan gugur seleksi beasiswa bidik misi. Jumlah tersebut termasuk keseluruhan mahasiswa baru yang gugur.

…dst

17 ) Biaya Kuliah di PTN Semakin Terjangkau
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1655

08/23/2013
Jakarta — Biaya kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) saat ini sudah sangat terjangkau. Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) yang mulai dikucurkan tahun akademik 2013/2014 ini salah satu tujuannya adalah mengurangi biaya pendidikan di PTN yang ditanggung masyarakat atau mahasiswa. “BOPTN juga meningkatkan mutu layanan kepada mahasisma dan dengan menggabungkan semua biaya yang ditanggung mahasiswa menjadi UKT (uang kuliah tunggal), maka pengelolaannya menjadi semakin mudah,” kata Mendikbud Mohammad Nuh beberapa waktu yang lalu. Peraturan tentang biaya kuliah tunggal (BKT) dan uang kuliah tunggal (UKT) pada PTN di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah dituangkan dalam Peraturan Mendikbud Nomor 55 Tahun 2013. Dalam Pasal 1 Ayat 3 Permendikbud tersebut disebutkan definisi uang kuliah tunggal (UKT) adalah sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya. Jadi mahasiswa dari keluarga miskin akan membayar UKT yang relatif rendah dan berlaku sampai mahasiswa tersebut lulus.

…dst

18 ) Aturan baru seleksi mahasiswa PTN rugikan PTS
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/23/15/774670/aturan-baru-seleksi-mahasiswa-ptn-rugikan-pts

Jum’at, 23 Agustus 2013 ? 15:48 WIB
Sindonews.com – Kebijakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masih membuka pendaftaran dan seleksi masuk, dinilai Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTSI) merugikan kampus swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pasalnya, kebijakan PTN tersebut menyebabkan beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ditinggalkan calon mahasiswanya karena diterima di PTN. “Ya pasti merasa dirugikan. Mestinya ya mbok PTN itu Juli atau paling enggak awal-awal Agustus sudah selesailah pendaftaran. Biar sisanya waktu yang ada digunakan PTS untuk berkompetisi mencari mahasiswa,” kata Ketua APTISI DIY, Kasiyarno saat ditemui di kantornya, Yogyakarta, Jumat (23/8/2013).Menurut Kasiyarno, bila PTS dipaksa berkompetesi dengan PTN sampai dengan akhir pendaftaran kuliah hingga akhir Agustus tentu akan kesulitan. Mereka yang sudah diterima di PTS, bila diterima di PTN, pastilah lebih memilih PTN. Pada tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan kebijakan penerimaan mahasiswa baru (PMB) beberapa tahapan seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri oleh masing-masing PTN.

…dst

19 ) Demi Pendidikan, Septi Rela Gowes Sepeda 20 Km Setiap Hari
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/23/373/854619/demi-pendidikan-septi-rela-gowes-sepeda-20-km-setiap-hari

Sabtu, 24 Agustus 2013 07:15 wib
JAKARTA – Sepeda menjadi alternatif kendaraan yang kerap digunakan mahasiswa untuk menggalakkan program go green. Tapi, tidak demikian dengan Septi Dwirahayu. Keterbatasan biaya memaksanya menggowes sepeda dari rumah ke kampus yang berjarak 20 kilometer.Setiap hari, tanpa mengeluh, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu memacu sepeda kesayangannya menelusuri sepanjang Jalan Godean menuju Yogyakarta. Satu jam waktu yang diperlukan untuk tiba di kampus dari rumahnya di Dusun Tegalrejo, Sumbersari, Moyudan, Sleman. Berasal dari keluarga dengan ekonomi bawah tidak menghalangi keinginan alumni SMKN 1 Godean itu untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Sayangnya, dara kelahiran Sleman, 28 September 1993 tersebut tidak lolos seleksi jalur undangan Bidik Misi.Tidak menyerah, Septi pun menjajal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Usahanya berbuah manis. Dia berhasil diterima pada Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY.

…dst

20 ) UM Tuntaskan Verifikasi Beasiswa Bidikmisi
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116469/um-tuntaskan-verifikasi-beasiswa-bidikmisi

24 Agst 2013 17:31:28
Malang (Antara Jatim) – Universitas Negeri Malang telah menuntaskan verifikasi dan kunjungan ke rumah 903 penerima beasiswa bidikmisi di kampus itu pada tahun 2013.”Setelah kita lakukan verifikasi dan kunjungan rumah, ada 63 mahasiswa baru (maba) yang harus rela melepas beasiswanya, karena ternyata secara ekonomi mereka mampu, walaupun tanpa mendapatkan beasiswa bidikmisi tersebut,” tegas Pembantu Rektor I UM Prof Dr Hendyat Soetopo, Sabtu.Dari 63 maba tersebut akhirnya diklasifikasikan dalam pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). Untuk kategori 3 sebanyak 51 mahasiswa, 11 masuk kategori 4 dan satu mahasiswa kategori 5. Ia mengemukakan mereka yang terbukti tidak layak untuk mendapatkan bidikmisi tersebut rata-rata karena mereka salah mendaftar akibat ketidaktahuan mereka. Mereka tidak tahu kalau bidikmisi itu peruntukannya hanya bagi mahasiswa kurang mampu.Untuk melakukan verifikasi dan kunjungan lapangan ke rumah para penerima bidikmisi itu, katanya, pihaknya mengerahkan para dosen dan karyawan.

…dst

21 ) 10 Ribu Maba UGM Kuliah Perdana 9 September
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/24/373/854969/10-ribu-maba-ugm-kuliah-perdana-9-september

Sabtu, 24 Agustus 2013 16:39 wib
YOGYAKARTA – Sebanyak 10 ribu mahasiswa baru (maba) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta secara resmi akan memulai kuliah perdana mereka di kampus biru pada 9 September. Sedangkan untuk mahasiswa lama UGM, perkuliahan perdana dimulai pada 2 September. Kepala Bidang Hubungan Kemasyarakatan (Humas) UGM, Wijayanti mengatakan, nantinya perkuliahan perdana mahasiswa baru UGM diawali dengan kegiatan yang baru difokuskan di level universitas tersebut. 10 ribu mahasiswa baru tersebut akan dijadikan satu berbaur menjadi satu. Selama dua hari berturut-turut, pihak universitas sengaja membaurkan seluruh mahasiswa, agar para mahasiswa tersebut saling mengenal mahasiswa lainnya yang tidak se-fakultas dengannya.”Kalau dulu kita kenal ada penataran P4 dan ospek. Sekarang itu tidak zamannya lagi. Sekarang kita beri orientasi kepada mereka dan mempersiapkan mereka supaya siap kuliah di UGM,” papar Wijayanti saat berbincang dengan Okezone, di ruang Kehumasan, UGM, Yogyakarta.

…dst

22 ) Dosen Unpad Raih Hibah Dana dari Sumitomo Foundation
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/23/373/854624/dosen-unpad-raih-hibah-dana-dari-sumitomo-foundation

Sabtu, 24 Agustus 2013 08:03 wib
JAKARTA – Sekarang para dosen Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang ingin melakukan penelitian tapi terbatas pada pendanaan tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, mereka akan mendapatkan dana hibah penelitian dari The Sumitomo Foundation.Program Officer Planning Development The Sumitomo Foundation Koichi Ishizuka menyebut, ada lima ringkasan dari grant program yang ditawarkan The Sumitomo Foundation, yaitu Japan-related, cultural worldwide, cultural domestic, environmental, dan basic science.”Khusus untuk Japan-related, penelitian yang dilakukan harus ada hubungannya dengan Jepang. Baik dalam aspek penelitian maupun aspek peneliti,” ungkap Koichi, seperti dilansir Okezone, Sabtu (24/8/2013). Dia menjelaskan, selama ini belum ada satu dosen atau peneliti dari Unpad yang proposal penelitiannya lolos untuk didanai oleh The Sumitomo Foundation. Koichi mencatat, selama 1991 hingga sekarang, baru sekira tujuh orang dari Unpad yang mengajukan proposal penelitian. Namun, tidak satu pun yang lolos seleksi.

…dst

23 ) Pustakawan UGM raih juara III nasional
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/23/15/774692/pustakawan-ugm-raih-juara-iii-nasional

Jum’at, 23 Agustus 2013 ? 16:14 WIB
Sindonews.com – Pustakawan UGM Sukirno SIP MA berhasil meraih juara III dalam pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional. Dalam pemilihan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional tersebut Sukirno maju sebagai wakil DIY.Dikatakan Sukirno, proses seleksi dilakukan beberapa tahap yakni seleksi dokumen, ujian kognitif, wawancara dan presentasi. Beberapa topik yang boleh diangkat dalam presentasi ialah masyarakat informasi, organisasi profesi, sertifikasi atau penilaian dari penulisan makalah.”Kebetulan saya membuat makalah mengenai identifikasi kebutuhan sumber informasi mahasiswa lewat penelitian. Saya sendiri tidak menyangka bisa meraih juara nasional karena harus bersaing dengan pustakawan terbaik dari seluruh Indonesia,” ujarnya kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (23/8/2013).Sukirno sehari-hari bekerja di perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM. Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional kali ini diikuti 26 peserta yang merupakan utusan dari 26 provinsi seluruh Indonesia. Acara pemilihan itu sendiri telah berlangsung pada 14-19 Agustus 2013 di Hotel Aryaduta, Jakarta.

…dst

24 ) Sekolah Vokasi Bisa Nikmati Pendidikan Tinggi
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/24/560/854876/sekolah-vokasi-bisa-nikmati-pendidikan-tinggi

Sabtu, 24 Agustus 2013 13:29 wib
JAKARTA – Pemerintah mengatakan jika sekolah vokasi bisa menjamin anak-anak muda untuk menikmati pendidikan yang lebih tinggi. “Pemerintah mengembangkan sekolah vokasi yaitu sekolah menengah kejuruan dan akademi komunitas,” Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemdikbud) Ainun Na’im, seperti dikutip dari laman Setkab, Sabtu (24/8/2013).Pengembangan sekolah vokasi ini, lanjut Ainun, disesuaikan dengan potensi masing-masing daerah. Untuk mewujudkannya, pihak Kemendikbud mengajak peran serta bersama antara pemerintah dengan masyarakat dan industri.”Hal ini dilakukan kerena hasil dari pendidikan yang menggunakan adalah mereka juga,” ujarnya.

…dst

25 ) FPP Undip Siap Bersaing di Kancah Internasional
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/24/234529/FPP-Undip-Siap-Bersaing-di-Kancah-Internasional

24 Agustus 2013
SEMARANG – Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro (Undip) menyatakan siap bersaing dalam kancah dunia internasional. Kesiapan tersebut salah satunya diukur dari kepercayaan mahasiswa asing menimba ilmu di FPP Undip.Hal tersebut disampaikan Dekan Fakultas FPP Prof Dr Ir V Priyo Bintoro MAgr saat memberikan sambutan Yudisium Kelulusan Ke-131, Rabu (21/8), di Hotel Patra Jasa Semarang. “Saat ini 10 mahasiswa asing dari berbagai negara studi di FPP Undip. Mereka berasal dari Palestina satu orang, Libya tujuh orang, dan Papua New Guinea (PNG) dua orang,” tutur Priyo. Mereka memilih FPP Undip, karena kualitas perkuliahan di kampus itu dan usia fakultas yang tergolong tua meluluskan banyak alumnus ternama. FPP Undip membuka kesempatan meraih gelar kesarjanaan rangkap (double degree) dari berbagai perguruan tinggi di dunia.”Untuk program mahasiswa double degree ada 47 mahasiswa FPP Undip yang sedang dan telah me­nyelesaikan studi di berbagai negara. Mereka belajar di China sebanyak 18 orang , Jerman (14), Jepang (7), Thai­land (2), dan Filipina (6),” kata­nya.

…dst

26 ) Khon Kaen University Kerja Sama dengan UMS
Program Double Degree
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/24/234527/Khon-Kaen-University-Kerja-Sama-dengan-UMS

24 Agustus 2013
SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Khon Kaen University tahun depan akan membuka program double degree. Dengan adanya program tersebut, mahasiswa pascasarjana dari Fakultas Ilmu Kesehatan akan berkuliah dua semester di UMS dan dua semester di Thailand dan memperoleh gelar ganda dari kedua universitas tersebut. Hal itu dikemukakan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr Bambang Setiadji seusai menerima kunjungan dari Khon Kaen University, baru-baru ini. “Di bidang ilmu kesehatan, Thailand sangat bagus. Karena itu, tak ada salahnya kita berguru ke sana. Akan dibuka program double degree,” kata Rektor.Ia mengemukakan, rencana pembukaan double degree merupakan salah satu poin yang tertuang dalam memorandum of understanding dengan Khon Kaen University yang ditandatangani kemarin.

…dst

27 ) Petra dan Widya Mandala Bangun Gedung Baru
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116448/petra-dan-widya-mandala-bangun-gedung-baru

24 Agst 2013 07:47:10
Surabaya (AntaraJatim) – Universitas Kristen Petra Surabaya segera membangun gedung baru di kompleks kampus setempat, sedangkan Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya membangun gedung kampus keempat. “Kami akan membangun dua menara di kawasan Gedung P yakni Gedung P1 dan P2 yang kami harapkan akan menjadi ikon di Surabaya terkait ‘Green Building’,” kata Rektor UK Petra Surabaya Prof Rolly Intan di Surabaya, Jumat. Rektor yang baru terpilih untuk periode kedua (2013-2017) itu menjelaskan pihaknya akan menjalankan renstra (rencana strategi) UK Petra 2013-2017, di antaranya pembangunan fisik dan meningkatkan program kerja sama internasional.”Peletakan batu pertama gedung baru itu pada 5 September mendatang, sedangkan program kerja sama internasional antara lain COP yang merupakan kegiatan yang memadukan mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing untuk melakukan KKN (kuliah kerja nyata),” katanya. Tidak jauh berbeda dengan itu, Yayasan Widya Mandala Surabaya juga telah membangun gedung baru di Pakuwon City Surabaya yang diresmikan pada 24 Agustus 2013. Peresmian akan dilakukan Uskup Surabaya Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono.

…dst

28 ) Selandia Baru Pamer Pendidikan Berkualitasnya
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/24/373/854990/selandia-baru-pamer-pendidikan-berkualitasnya

Sabtu, 24 Agustus 2013 17:24 wib
JAKARTA – Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia David L. Taylor mengaku hubungan pendidikan bilateral dengan Indonesia sudah lama, terlebih dalam hal pemberian beasiswa kepada masyarakat Indonesia untuk mengenyam pendidikan di Selandia Baru.Demikian disampaikan David saat berbincang-bincang dengan wartawan dalam Pameran Pendidikan New Zealand, yang diadakan di Hotel Grand Hyatt, Sabtu (24/8/2013).”Hubungan pendidikan bilateral antara Selandia Baru dengan Indonesia sudah lama. Antara 1950-1960an pemerintah Selandia Baru sudah bekerjasama memberikan beasiswa-beasiswa kepada pelajar Indonesia,” ujarnya.Sebanyak 25 stan pun meramaikan pameran ini yakni dari institusi dan perguruan tinggi seperti universitas dan politeknik. Menurut David, saat ini pendidikan antarbilateral sangat penting untuk membangun kerjasama dalam pembangunan pendidikan.”Sekarang pendidikan adalah bidang yang sangat penting antarbilateral, ada kesepakatan dengan Kementerian Pendidikan Selandia Baru dengan Kemendikbud, yaitu beasiswa S2 dan S3 di Selandia Baru, serta membantu pelatihan program-program kerjasama dalam pembangunan, seperti lingkungan alam, peternakan, dan lain sebagainya,” ucapnya.

…dst

29 ) Genetika Wayang Purwa Dahului Teori Gregor Mendel
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/23/3/176856/-Genetika-Wayang-Purwa-Dahului-Teori-Gregor-Mendel

Jum’at, 23 Agustus 2013 | 13:16 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ilmu Genetika akan selalu mengunggulkan teori Gregor Mendel. Bahkan Mendel dianggap sebagai Bapak Ilmu Genetika. Namun sebenarnya, teori Mendel tentang genetika, bukan temuan baru. Ratusan tahun sebelum Mendel mendeklarasikan temuannya, orang Jawa telah mendahului dengan menyuguhkan hal itu. Peneliti pada Laboratorium Genetika Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Dr Budi Setiadi Daryono, Kamis (22/8), menjelaskan, Ilmu Genetika orang Jawa itu terlihat pada sosok pewayangan. Pada Kongres Pewayangan II di UGM, Setiadi menjelaskan teori genetika itu salah satunya tecermin keluarga Bima (Wrekudara) pada alur Mahabharata dan pada keluarga Begawan Wisrawa pada alur Ramayana. Bima, imbuhnya, adalah keturunan Batara Bayu dan Dewi Kunti. “Badan Bima yang besar, suara yang berat dan kebiasaannya menunjukkan sifat Dewa Bayu yang lebih dominan,” katanya. Dalam kehidupannya, Bima beristerikan tiga orang. Isteri Bima yang pertama Dewi Nagagini, anak Sang Hyang Anta Boga yang bertubuh ular. “Dari perkawinannya dengan Nagagini ini, Bima berputera satu, Antareja,” katanya.

…dst

30 ) Naikkan Mutu Pendidikan, IAIN Ar Raniry Dirikan IDC
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/24/373/854911/naikkan-mutu-pendidikan-iain-ar-raniry-dirikan-idc

Sabtu, 24 Agustus 2013 14:37 wib
BANDA ACEH – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Ar Raniry Banda Aceh mendirikan lembaga Instructional Development Center (IDC). Pendirian ini guna meningkatkan aktivitas ilmiah, mutu pendidikan dan pembelajaran baik dalam konteks regional maupun nasional. Dekan FITK Dr. Muhibbutthabry mengatakan, pembentukan lembaga ini diharapkan dapat menjadi forum kajian Pendidikan dan pembelajaran bagi IAIN Ar-Raniry, terutama fakultasnya.”Aktivitas berbentuk kajian-kajian ilmiah seperti ini sesungguhnya sangat diharapkan, karena akan berkontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran di kampus IAIN Ar Raniry pada khususnya, maupun dunia pendidikan Aceh dan Indonesia pada umumnya,” ujar Muhibbutthabry, di sela peresmian sekretariat IDC, Sabtu (24/8/2013).

…dst

31 ) UIN Sunan Kalijaga Bertekad Jadi Kampus Bebas Korupsi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/24/ms12vx-uin-sunan-kalijaga-bertekad-jadi-kampus-bebas-korupsi

Sabtu, 24 Agustus 2013, 16:11 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta bertekad untuk menjadikan kampus bebas korupsi. Menyusul adanya Rektor Perguruan Tinggi yang ditangkap karena korupsi. Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof Dr H Musa Asy’arie mengatakan hal itu seusai mewisuda 1.468 sarjana di Kampus setempat, Sabtu (24/8). Sampai dengan wisuda kali ini, alumni UIN Sunan Kalijaga berjumlah 41.590. Sebanyak 362 bergelar Doktor dan 2.590 bergelar Magister. Dijelaskan Musa, upaya yang dilakukan UIN Suka untuk menanggulangi korupsi dengan menerapkan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK). Pembangunan ini dimulai April 2013 yaitu melakukan sosialisasi pembangunan Zona Integritas menuju kampus bebas dari korupsi. Dalam sosialisasi ini menghadirkan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI yang juga mantan ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Dr Moch Jasin.

…dst

32 ) Jumlah pekerja asing di Indonesia menurun
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/23/15/774845/jumlah-pekerja-asing-di-indonesia-menurun

Jum’at, 23 Agustus 2013 ? 21:49 WIB
Sindonews.com – Jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Indonesia semakin menurun. Hal ini sebagai dampak pengetatan persyaratan masuk kerja TKA. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, berdasarkan data izin mempekerjakaan TKA (IMTA) dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) per bulan Januari-Agustus 2013 ada 48.002 TKA yang bekerja di Indonesia.Sementara 2012 lalu jumlah TKA mencapai 57.826 orang, sedangkan pada 2011 mencapai 77.144 tenaga kerja. “Kehadiran TKA di berbagai bidang kerja memang tidak bisa dihindari. Namun kehadirannya kami antisipasi dengan mempersiapkan tenaga kerja Indonesia yang handal,” katanya di gedung Kemenakertrans, Jumat (23/8/2013).Peraih Bintang Mahaputera ini menyatakan, pemerintah mengendalikan keberadaan TKA dengan berbagai cara. Para TKA ini harus mampu mengalihkan pengetahuannya kepada tenaga kerja lokal.

…dst

33 ) Kemen PAN-RB Lansir Jadwal Resmi Tes CPNS 2013
http://www.jpnn.com/read/2013/08/24/187572/Kemen-PAN-RB-Lansir-Jadwal-Resmi-Tes-CPNS-2013-

Sabtu, 24 Agustus 2013 , 09:11:00
Ujian Tulis Pelamar Umum dan Honorer K2 Digelar 3 November
JAKARTA – Beberapa bulan terakhir jadwal pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CNPS) baru 2013 sempat simpang siur. Tetapi akhirnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) melansir jadwal resmi rekurtmen calon abdi negara itu. Tes tulis dijadwalkan dilaksakan pada 3 November nanti. Secara garis besar tes CPNS 2013 ini terbagi menjadi tiga kelompok. Yakni tes untuk pelamar tenaga honorer kategori 2 (K2), pelamar umum dengan sistem tes tulis lembar jawaban komputer (LJK), dan pelamar umum dengan sistem computer assisted test (CAT). Ujian tulis CPNS baru kelompok tenaga honorer K2 dan pelamar umum LJK, dilaksanakan pada 3 November. Sedangkan ujian online kelompok pelamar umum dengan sistem CAT dilaksanakan mulai 29 September hingga November.”Kebijakan nasional menginstruksikan tes CPNS baru menggunakan CAT dengan mekanisme online,” ujar Kepala Biro Hukum dan Humas Kemen PAN-RB M. Imanuddin kemarin. Sejumlah instansi pusat maupun daerah sudah mengusulkan untuk menggelar tes CPNS baru dengan sistem CAT. Khusus untuk instansi pemerintah dearah, akan dikomando secara teknis oleh kantor regional BKN (Badan Kepegawaian Negara) setempat. Imanuddin mengatakan sampai sekarang memang belum ada satupun instansi yang secara resmi mengumumkan rekrutmen CPNS baru. Sebab saat ini masih tahapan penyusunan formasi. Dia mengatakan bahwa penetapan dan persetujuan rincian formasi ini dijalankan hingga 30 Agustus nanti.

…dst

34 ) BKN Siapkan SOP Seleksi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2013/08/23/187539/BKN-Siapkan-SOP-Seleksi-CPNS-

Jum’at, 23 Agustus 2013 , 23:04:00
JAKARTA–Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menyusun dan menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk penerimaan CPNS jalur umum tahun ini. Hal ini menurut Kepala BKN Eko Sutrisno perlu dilakukan dengan cermat dan sistematis, agar proses seleksi berlangsung dengan baik.”Instansi pemerintah yang meminta BKN memfasilitasi penggunakan computer assisted test (CAT) untuk Tes Kompetensi Dasar, agar mengirimkan surat permintaan yang ditujukan kepada Kepala BKN dengan tembusan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” kata Eko Sutrisno di Kantor BKN, Jumat (23/8). Adapun instansi pemerintah yang menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK) untuk Tes Kompetensi Dasar, lanjutnya, agar mengirimkan surat permintaan yang ditujukan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan tembusan kepada kepala BKN. Pada kesempatan yang sama, Deputi Inka Yulina Setiawati menjelaskan bahwa berdasarkan jadwal yang ditentukan MenPAN-RB, tes penerimaan CPNS bagi tenaga honorer K2 dan jalur umum yang menggunakan LJK serentak dilaksanakan pada 3 November 2013. Adapun TKD bagi pelamar umum yang memanfaatkan CAT BKN dimulai pada 29 September 2013.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *