Berita Edukasi, 23 Agustus 2013

1 ) BI Keluarkan 5 Kebijakan untuk Perkuat Stabilitas Sistem Keuangan
http://www.setkab.go.id/berita-9958-bi-keluarkan-5-kebijakan-untuk-perkuat-stabilitas-sistem-keuangan.html

Jumat, 23 Agustus 2013 – 15:20 WIB oleh DESK INFORMASI SETKAB
Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo, mengumumkan langkah-langkah Bank Indonesia (BI) dalam meningkatkan efektivitas bauran kebijakan guna menjaga stabilitas makroekonomi guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.”Bank Indonesia menempuh beberapa langkah lanjutan dalam dalam mengendalikan inflasi, mengelola neraca pembayaran yang lebih sustainable, dan memperkuat stabilitas sistem keuangan,” kata Agus dalam konperensi pers di Gedung BI, Jakarta, Jumat (23/8). Berikut kebijakan-kebijakan tersebut:

…dst

2 ) Pemerintah Keluarkan 4 Paket Kebijakan Untuk Cegah Krisis Ekonomi
http://www.setkab.go.id/berita-9953-pemerintah-keluarkan-4-paket-kebijakan-untuk-cegah-krisis-ekonomi.html

Jumat, 23 Agustus 2013 – 13:56 WIB oleh : DESK INFORMASI SETKAB
Pemerintah menetapkan empat (4) paket kebijakan pemerintah guna mencegah terjadinya krisis ekonomi, menyusul merosotnya nilai tukar rupiah dan penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, paket kebijakan pemerintah merupakan gabungan kebijakan Kementerian Perekonomian, Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Paket kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah ini dilakukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi terjaga, dan dampak guncangan ekonomi ke dunia usaha minim, sehingga penyediaan lapangan pekerjaan terjaga. “Dengan langkah-langkah ini, maka diharapkan defisit transaksi berjalan pada triwulan III dan IV akan menurun, dan pertumbuhan ekonomi dapat kita jaga. Paket kebijakan ini kita kombinasikan juga dengan paket dari BI dan OJK yang utamanya menstabilkan sektor keuangan dan nilai tukar. Paket-paket tersebut akan diumumkan BI dan OJK terpisah pada hari ini,” tutur Hatta dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (23/8). Berikur 4 (empat) paket kebijakan ekonomi pemerintah

…dst

3 ) Pemerintah Tanggung Biaya Hidup dan Biaya Pendidikan 140 Ribu Mahasiswa
http://www.setkab.go.id/berita-9949-pemerintah-tanggung-biaya-hidup-dan-biaya-pendidikan-140-ribu-mahasiswa.html

Jumat, 23 Agustus 2013 – 10:07 WIB Oleh DESK INFORMASI
Pemerintah melalui berbagai mekanisme dan program terus mengupayakan aksesibilitas (kesempatan) kepada lulusan sekolah menengah atas dan sederajat untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kesempatan bagi mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemdikbud) Ainun Na’im menyampaikan, sampai saat ini pemerintah menanggung 140 ribu mahasiswa berasal dari masyarakat yang tidak mempunyai akses ke pendidikan tinggi.”Yang ditanggung meliputi biaya hidup maupun biaya pendidikan,” kata Ainun usai memberikan penghargaan kepada para mahasiswa berprestasi akademik penerima beasiswa unggulan dari pemerintah bekerjasama dengan pihak perbankan swasta, di kantor Kemdikbud, Jakarta, Kamis (22/8). Menurut Ainun, kerja sama pemberian beasiswa dengan pihak swasta ini telah berjalan selama lima tahun. Kedua pihak, kata Ainun, sepakat untuk melanjutkan kerja sama ini. “Ruang lingkupnya juga bisa diperluas,” ujar Ainun.

…dst

4 ) “Sapu Angin Speed” Siap Berlaga ke Jepang
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116422/sapu-angin-speed-siap-berlaga-ke-jepang

23 Agst 2013 19:34:42
Surabaya (AntaraJatim) – Mobil “Sapu Angin Speed” (SAS) sudah siap berlaga ke Jepang untuk mengikuti kompetisi “Student Formula Japan (SFJ) 2013″ di Shizuoka, Jepang pada 3-7 September 2013. Kesiapan itu ditandai dengan peluncuran mobil SAS oleh Pembantu Rektor I ITS Prof Herman Sasongko yang disaksikan puluhan mahasiswa di halaman Rektorat ITS Surabaya, Jumat. “Sore ini (23/8), mobilnya langsung diberangkatkan ke Jakarta untuk dikirim ke Jepang, sedangkan 20 anggota Tim SAS akan berangkat pada 1 September,” kata dosen pembimbing Ir Witantyo MEng.Sc. Sebelum diberangkatkan ke Jakarta, dua dari empat “driver” SAS melakukan “test drive” mobil formula ala mahasiswa itu dengan mengelilingi lapangan di depan halaman Rektorat ITS Surabaya. Setelah berputar 3-4 kali, Rizky Tjahja dan Alam Eka Putra mendapat tepuk tangan puluhan mahasiswa yang menyaksikan “demonstrasi” mereka itu. Pujian serupa juga datang dari Witantyo. “Sebagai pendatang baru dalam kompetisi di Jepang itu, kami memang tidak mematok target muluk-muluk. Kalau pun menang, ya karena sopirnya lihai,” katanya.

…dst

5 ) 5.261 mahasiswa Universitas Brawijaya tunggak SPP
http://www.antaranews.com/berita/391923/5261-mahasiswa-universitas-brawijaya-tunggak-spp

Jumat, 23 Agustus 2013 07:49 WIB
Malang (Antara) – Sebanyak 5.261 mahasiswa lama (tahun akademik 2012/2013 dan di bawahnya) Universitas Brawijaya Malang masih menunggak pembayaran Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP).Kepala Bagian Humas Universitas Brawijaya (UB) Malang Dra Susantinah Rahayu di Malang, Jumat, mengakui pihak kampus memberikan kelonggaran dengan memberikan penundaan pembayaran SPP tersebut, baik bagi mahasiswa Program S1, S2, S3, maupun spesialis.”Akibat adanya ribuan mahasiswa yang masih diberikan penundaan pembayaran SPP tersebut, piutang yang ada di mahasiswa (data April 2013) mencapai Rp31 miliar,” katanya. Mahasiswa yang menunggak dan diberi kelonggaran dengan penundaan pembayaran SPP tersebut adalah mereka yang tidak mendapatkan subsidi (beasiswa).Sedangkan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, baik dari program bidik misi maupun dari program lainnya mencapai 6.864 mahasiswa. Anggaran yang dikucurkan untuk berbagai program beasiswa tersebut mencapai Rp43 miliar.

…dst

6 ) Banyak Dosen PTS Belum Penuhi Aturan
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/22/373/854156/banyak-dosen-pts-belum-penuhi-aturan

Jum’at, 23 Agustus 2013 09:11 wib
DENPASAR – Universitas Teknologi Indonesia (UTI) Denpasar dalam rapat senat terbuka melepas dan mengukuhkan 14 wisudawan yang semuanya dari strata 1 (S1). Adapun Bapppepar Nusa Dua melepas 152 wisudawan D1 dan D2. Acara wisuda dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof. Dr. Nyoman Sucipta. Dalam sambutannya, Prof Sucipta secara khusus mengapresiasi peran perguruan tinggi swasta di Bali dalam memajukan dunia pendidikan. Hanya saja, ia mengingatkan sebagian besar dosen perguruan tinggi swasta masih belum memenuhi kompetensi sebagaimana diamanatkan aturan yang ada. Menurut dia, masih banyak dosen tidak ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Kopertis. “Ada juga yayasan yang mengangkat dosen, namun belum memenuhi kriteria yang ditentukan. Padahal sudah jelas dalam aturan diamanatkan bahwa dosen minimal S2,” kata Prof Sucipta, di Denpasar, Kamis (22/8/2013) malam.

…dst

7 ) Mahasiswa UNY Sintesiskan Senyawa Antibakteri
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/23/3/176860/-Mahasiswa-UNY-Sintesiskan-Senyawa-Antibakteri

Jum’at, 23 Agustus 2013 | 13:36 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Dwi Winarto, Indar Subekti, dan Tika Pangesti dengan dosen pembimbing Cornelia Budimarwanti mensintesis senyawa antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit tipus. Mereka tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) UNY.Bakteri yang berhasil disintesiskan adalah bakteri Salmonella tiphy dan bakteri penyebab penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) yaitu bakteri Staphilococcusaureus. Penelitiannya berjudul Sintesis Senyawa 4-Hidroksi-3-Metoksikalkon Sebagai Agen Anti bakteri dan Uji Aktivitasnya Terhadap S. Aureus, E. Coli dan S. Tiphy Secara In Vitro.Penelitian itu berhasil mendapatkan senyawa kalkon yang merupakan senyawa antibakteri yang keberadaannya sangat jarang di alam. Kalkon merupakan salah satu kelompok flavonoid yang hanya ditemukan pada beberapa golongan tumbuhan dalam jumlah yang sedikit.

…dst

8 ) Kumpul Penerima Beasiswa Jadi Ajang Tukar Info
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/22/373/854148/kumpul-penerima-beasiswa-jadi-ajang-tukar-info

Jum’at, 23 Agustus 2013 06:09 wib
JAKARTA – Kegiatan temu muka antara penerima dan pemberi beasiswa bisa menjadi ajang tukar menukar informasi. Kegiatan ini pun hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai media konsolidasi untuk mempererat hubungan. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Prof. Ainun Na’im, Ph.D dalam sambutannya di Malam Keakraban Pertemuan Tahunan 2013 Penerima Beasiswa Unggulan dan Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif CIMB Niaga, di Auditorium Gedung D, Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2013) malam. “Gathering semacam ini akan membentuk ikatan kekeluargaan yang kuat bagi semua pihak termasuk pengelola Beasiswa Unggulan, Kemendikbud, dan manajemen CIMB Niaga di masa sekarang dan yang akan datang,” tuturnya.Lebih lanjut, ditambahkan dia, acara ini sangat penting karena mengenai fenomena ekonomi tentang pelaku ekonomi, yaitu industri, pemerintah, dan masyarakat.

…dst

9 ) Mahasiswa Malaysia Kagumi Hutan Mangrove di Wonorejo
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/22/373/854144/mahasiswa-malaysia-kagumi-hutan-mangrove-di-wonorejo

Jum’at, 23 Agustus 2013 08:03 wib
JAKARTA – Sembilan mahasiswa Universitas Teknologi Malaysia (UTM) tampak antusias saat melakukan tanam pohon mangrove di daerah Busem, Wonorejo. Tidak sendirian, mereka juga ditemani 19 mahasiswa Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang merupakan peserta Summer School 2013. Kegiatan bertajuk Managing Water in Tropical Countries itu dimulai dengan menyusuri sungai sejauh empat kilometer dengan menggunakan perahu. Sepanjang perjalanan, mereka disuguhi pemandangan hutan Mangrove yang lebat.Pemandangan itu sontak membuat salah seorang mahasiswa asal Negeri Jiran berdecak kagum. ”Hutan ini sangat alami dan indah. Ekosistem seperti ini langka di kota-kota besar,” tutur Abdul Hafizh Bin Abdul Nasir, seperti disitat dari ITS Online, Jumat (23/8/2013).

…dst

10 ) 2015, sertifikasi guru hanya lewat PPG
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/23/15/774466/2015-sertifikasi-guru-hanya-lewat-ppg

Jum’at, 23 Agustus 2013 ? 07:06 WIBSindonews.com – Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) akan berakhir pada 2014 mendatang. Selanjutnya, mulai 2015 sertifikasi guru hanya akan diberikan melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan selama setahun.”Inti dari pemberlakuan sertifikasi guru ialah pemerintah ingin meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme guru. Memang saat ini ada beberapa program yang dijalankan yakni PLPG, portofolio dan PPG. Namun sudah dipastikan nantinya hanya program PPG yang akan dijalankan pemerintah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji Kamis (22/8/2013). Dijelaskan Aji, program PLPG dan portofolio saat ini masih dijalankan sebagai program masa transisi menuju 2015 dengan PPG penuh. Dan untuk penyelenggaranya sendiri masih akan dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk.

…dst

11 ) BKN Susun SOP CAT untuk Penerimaan CPNS
http://www.bkn.go.id/in/berita/2451-bkn-susun-sop-cat-untuk-penerimaan-cpns-.html

Jumat, 23 Agustus 2013 14:42
Jakarta-Humas, BKN tengah menyusun dan menetapkan Standar Operasional, dan Prosedur (SOP) guna penerimaan CPNS jalur umum pada tahun ini. Hal ini perlu dilakukan dengan cermat dan sistematis, agar proses seleksi berlangsung dengan baik. Arahan ini disampaikan Kepala BKN Eko Sutrisno saat memimpin Rapat Persiapan Seleksi CPNS tahun 2013 dari Jalur Umum dan Tenaga Honorer K II di ruang data BKN Pusat Jakarta, Jumat (23/8). Kegiatan ini dihadiri para pejabat eselon I dan eselon II di berbaagai unit kerja terkait.

…dst

12 ) Dua Kejanggalan dalam Perubahan Peraturan Menkeu di Proyek Hambalang
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/23

Jumat, 23 Agustus 2013 | 13:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menunjukkan adanya kejanggalan dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK). BPK menduga adanya upaya legalisasi penyimpangan yang terjadi pada proyek Hambalang dalam pencabutan PMK Nomor 56/PMK.02/2010 dan diganti dengan PMK Nomor 194/PMK.02/2011 tentang tata cara pengajuan persetujuan kontrak tahun jamak dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Apa saja indikasi kejanggalan dari perubahan peraturan yang diteken Menteri Keuangan itu? Ketua BPK Hadi Poernomo menjelaskan, perubahan PMK itu tidak mengubah substansi dari persoalan Hambalang. Hanya, perubahan PMK itu meniadakan persyaratan yang diperlukan dalam proses pengajuan kontrak tahun jamak.”Ada suatu persyaratan di PMK 56 yang mewajibkan adanya rekomendasi pendapat teknis dari menteri teknis. Ini pada PMK 194 sudah tidak ada lagi,” ujar Hadi di Kompleks Parlemen seusai menyerahkan hasil audit tahap II kepada pimpinan DPR, Jumat (23/8/2013).

…dst

13 ) Ikuti perkembangan berita dalam topik:

14 ) Kasus Sisca Mirip Kasus Pembunuhan di Era Orde Baru
http://regional.kompas.com/read/2013/08/22/0954101

Kamis, 22 Agustus 2013 | 09:54 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Kriminolog dari Universitas Padjadjaran, Yesmil Anwar, mengatakan, kasus pembunuhan Sisca Yofie di Cipedes, Bandung, beberapa waktu lalu, mirip dengan kasus-kasus pelenyapan nyawa yang terjadi pada rezim orde baru. Yesmil pun menyandingkan kasus pembunuhan yang terbilang sadis ini dengan pembunuhan peragawati berparas cantik pada era 80-an, yaitu Dietje Budimulyono. “Ada zaman orde baru dulu. Banyak yang mirip-mirip, seperti pembunuhan peragawati yang dikaitkan dengan… (menyebut nama keluarga pejabat di era itu-red),” kata Yesmil di Bandung, Kamis (22/8/2013). Dietje, yang merupakan peragawati berparas elok pada zamannya, tewas setelah ditembak di bagian kepala saat mengendarai mobilnya. Mayatnya pun dibuang di sebuah kebun di suatu tempat di Kota Jakarta. Diduga, pembunuhan tersebut dilakukan karena faktor cemburu dari salah satu anggota keluarga penguasa saat itu.

…dst

15 ) Ikuti perkembangan kasus di atas dalam topik:
Pembunuhan Sadis di Cipedes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *