Berita Edukasi, 22 Agustus 2013

1 ) Mahasiswa Kairo asal Sukabumi minta segera dipulangkan
http://www.antaranews.com/berita/391764/mahasiswa-kairo-asal-sukabumi-minta-segera-dipulangkan

Kamis, 22 Agustus 2013 11:42 WIB
Sukabumi (ANTARA News) – Deden Dahlan, ayah dari dua mahasiswa Universitas Kairo asal Sukabumi, Jawa Barat, mendesak pemerintah segera memulangkan anak-anaknya dari Mesir yang sedang dilanda konflik politik dalam negeri. “Saya terus berkomunikasi dengan kedua anak saya yakni Isa Ansory (27) dan Fauziah (23). Meski dalam keadaan aman dan ditempatkan di asrama dengan penjagaan ketat, mereka bersama kawan-kawannya ingin segera dipulangkan,” kata Deden Dahlan kepada wartawan, di Sukabumi, Kamis. Sebagai orang tua, ia menyatakan khawatir akan kondisi Mesir yang melalui tayangan televisi sangat membuat cemas bahkan sudah ribuan warga Mesir yang meninggal dunia akibat konflik politik. Oleh karena itu, Deden mendesak pemerintah segera memulangkan kedua anaknya, sebab konflik bisa saja meluas hingga ke Kairo. Ia menuturkan kedua anaknya dan rekannya yang juga berasal dari Indonesia sekarang ini tidak bisa belajar karena untuk sementara pembelajaran dihentikan akibat ketegangan politik negeri Mesir.

…dst

2 ) Kemdikbud Lanjutkan Proses Pendirian Empat ISBI
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1652

08/22/2013
Jakarta — Proses pendirian Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) di empat wilayah Indonesia sudah dimulai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sejak tahun 2012. Persiapan pendirian ISBI berupa studi kelayakan dan penyiapan dokumen pendirian. Sedangkan di tahun 2013 ini, perkembangan pendirian ISBI memasuki tahap serah terima lahan dan penerimaan mahasiswa baru. Pelaksana tugas Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Kemdikbud, Achmad Jazidie, mengatakan, tujuan didirikannya ISBI adalah supaya ISBI bisa menjadi salah satu sarana pengembangan warisan budaya bangsa, dan menghasilkan sarjana seni dan budaya yang peka dan tanggap terhadap masalah sosial, budaya, etika, moral, dan akademis.”Begitu banyak kebudayaan yang kita miliki. Tapi sayang sekali, sedikit yang terkonstruksi dengan baik,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam pembekalan petugas call center Kemdikbud, di Ruang Sidang Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Jakarta, (22/8). Ia mengatakan, institusi ilmiah seperti ISBI diharapkan bisa merekonstruksi kebudayaan dan mengembangkan kebudayaan dengan kajian ilmiah dan analisis ilmiah.

…dst

3 ) UNS Bangun Gedung Institut Javanologi
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/22/079506271/UNS-Bangun-Gedung-Institut-Javanologi

Kamis, 22 Agustus 2013 | 03:19 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memulai pembangunan gedung Institut Javanologi dengan anggaran Rp 30,5 miliar. Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi mengatakan pengembangan budaya Jawa melalui Institut Javanologi termasuk salah satu kegiatan utama UNS hingga 2030. “Lainnya adalah pengembangan usaha mikro kecil, biodiversitas, energi terbarukan, ketahanan pangan, dan pengobatan herbal,” katanya usai peletakan batu pertama pembangunan gedung Institut Javanologi di kampus UNS, Rabu, 21 Agustus 2013. Dia mengatakan pembangunan gedung Institut Javanologi sebagai bukti bahwa UNS punya perhatian terhadap revitalisasi budaya Jawa. Terlebih Surakarta adalah kota budaya yang punya banyak peninggalan bersejarah. “Mungkin Javanologi bisa melakukan riset budaya Jawa atau ikut menerjemahkan naskah Jawa. Sekarang tidak banyak yang paham naskah dengan huruf Jawa terutama generasi muda,” ujarnya.

…dst

4 ) Setelah 14 Tahun, UNS Solo Kembali KKN
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/22/079506322/Setelah-14-Tahun-UNS-Solo-Kembali-KKN

Kamis, 22 Agustus 2013 | 08:16 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Setelah vakum selama 14 tahun, mulai 2013 ini Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengirim mahasiswa untuk program kuliah kerja nyata (KKN).Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNS Darsono mengatakan pengiriman mahasiswa KKN terhenti sejak 1999. “Waktu itu, pasca-reformasi situasinya tidak memungkinkan,” katanya kepada wartawan seusai pelepasan mahasiswa untuk KKN di halaman kantor LPPM, Rabu, 21 Agustus 2013. Dia mengatakan kini KKN kembali wajib bagi mahasiswa angkatan 2011 dan setelahnya yang sudah menempuh 110 satuan kredit semester (SKS). Dia memperkirakan tiap tahun ada sekitar 6 ribu mahasiswa yang ikut KKN.Sebagai tahap awal, pada hari ini hanya dikirim 40 mahasiswa sebagai uji coba lapangan. Mereka akan memetakan lapangan dan membuka jalan bagi gelombang KKN yang lebih besar. “Mahasiswa yang dikirim hari ini sebagai proyek uji coba. Kami akan mengevaluasi kelemahan dan kekurangan yang timbul selama KKN ini,” ujarnya.

…dst

5 ) Kuasa Hukum Pejabat Unsoed Ajukan Penangguhan Penahanan
http://regional.kompas.com/read/2013/08/22/2116273/Kuasa.Hukum.Pejabat.Unsoed.Ajukan.Penangguhan.Penahanan

Kamis, 22 Agustus 2013 | 21:16 WIB
PURWOKERTO, KOMPAS.com– Kuasa hukum para pejabat Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, mengajukan penangguhan penahanan terhadap para kliennya. Mereka menilai Kejaksaan Negeri Purwokerto tidak perlu melakukan penahanan karena selama ini para tersangka selalu kooperatif. Anggota Tim Advokasi Nonlitigasi Unsoed Hibnu Nugroho,mengatakan, pengajuan penangguhan penahanan dilakukan karena selama ini Rektor Edy Yuwono selalu proaktif dan kooperatif. Selain itu, kata dia, penahanan di tingkat peradilan sebetulnya hanya untuk percepatan persidangan, sedangkan di tingkat penyidikan karena ada kekhawatiran menghilangkan barang bukti atau melarikan diri. “Kalau ini tidak, kemungkinan para tersangka ditahan karena penyidikan sudah selesai,” kata Hibnu Nugroho di Purwokerto, Kamis (22/8/2013).

…dst

6 ) Kasus Korupsi Dana BLU, Rektor Unsoed Ditahan
http://regional.kompas.com/read/2013/08/21/2316428/Kasus.Korupsi.Dana.BLU.Rektor.Unsoed.Ditahan

Rabu, 21 Agustus 2013 | 23:16 WIB
PURWOKERTO, KOMPAS.com– Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Edy Yuwono, Rabu (21/8/2013) ditahan oleh Kejaksaan Negeri Purwokerto, Jawa Tengah. Saat ini dia dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Purwokerto. Kepala Seksi Inteleijen Kejari Purwokerto, Sunarwan, mengatakan, Edy ditahan setelah menjelani pemeriksaan sejak pukul 09.00-13.00 WIB. Ia ditangkap karena diduga kuat terlibat kasus dugaan korupsi dana badan layanan umum (BLU) tahun 2012 senilai Rp 2,154 miliar. Kasus tersebut terkait proyek kerja sama proyek lahan pertanian terpadu bekas reklamasi kawasan tambang pasir besi dengan PT Aneka Tambang (Antam) di Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Dalam proyek senilai Rp 5,8 miliar tersebut, diduga kuat sebagian dananya mengalir ke sejumlah pejabat teras Unsoed termasuk Edy. Kasus ini mulai ditangani Kejari Purwokerto sejak Januari 2013. Prof Edy Yuwono menjabat rektor sejak 2010, menggantikan Prof Sujarwo. Ia merupakan alumnus Fakultas Biologi Unsoed. Dia juga meraih gelar PhD dari Newcastle University di Inggris tahun 1992. Ia juga dikenal sebagai pengembang pertanian di lahan pantai. Edy juga anggota World Aquacultur Society.

…dst

7 ) Rektor Dibui, Mahasiswa Unsoed Tetap Menggugat
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/22/079506529/Rektor-Dibui-Mahasiswa-Unsoed-Tetap-Menggugat

Kamis, 22 Agustus 2013 | 17:13 WIB
TEMPO.CO, Purwokerto – Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, yang tergabung dalam Save Soedirman dan Aliansi Mahasiswa Angkatan 2012 tetap akan menggugat rektorat Unsoed ke Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang. Langkah ini merupakan upaya untuk membersihkan Unsoed dari praktek korupsi. “Meskipun rektor saat ini sedang ditahan karena kasus korupsi, gugatan ke PTUN akan terus kami lanjutkan,” kata juru bicara Save Soedirman, Vinisa Nurul Aisyah, Kamis, 22 Agustus 2013. Ia mengatakan, penahanan rektor menjadi momentum untuk bersih-bersih kampus. Dunia pendidikan, kata dia, harus bebas dari segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme.Rektor Unsoed Edy Yuwono ditahan Kejaksaan Negeri Purwokerto pada Rabu kemarin. Selain Edy, kejaksaan juga menahan Pembantu Rektor IV Budi Rustomo dan Kepala UPT Percetakan Winarto Hadi. Mereka kini mendekam di jeruji besi LP Purwokerto.

…dst

8 ) Mahasiswa Pengelola Prostitusi Online Divonis 2 Tahun Penjara
http://news.detik.com/bandung/read/2013/08/20/182555/2335543/486/mahasiswa-pengelola-prostitusi-online-divonis-2-tahun-penjara?g991101485

Selasa, 20/08/2013 18:25 WIB
Bandung – Hemud Farhan (24), pengelola situs prostitusi www.bogorcantik.blogspot.com dijatuhi hukuman 2 tahun penjara oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (20/8/2013). Mahasiswa Institut Pertanian Bogor itu terbuksi secara sah dan meyakinkan bersalah karena telah mengeksploitasi perempuan melalui blognya itu. Putusan itu sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum.Majelis hakim menyatakan, Farhan terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 27 ayat 1 juncto pasal 45 ayat 1 UU No. 11/2008 tentang ITE, pasal 88 UU No. 23/2002 tentang Perlindungan anak (eksploitasi seksual anak) dan Pasal 506 KUH Pidana tentang mucikari. Farhan mengaku dirinya terjun ke bisnis tersebut berawal dari niat ingin membantu perempuan-perempuan panggilan yang datang pada dirinya. Ia tak pernah mencari serta memajang para perempuan di blognya dan menawarkan ke pria hidung belang.Sebelum membuat praktik prostitusi online, Farhan pernah memiliki dua blog berisi tulisan soal kehidupan pribadi. Namun ia menutup dua alamat blog itu setelah kedatangan salah satu teman perempuannya.

…dst

9 ) IPK Kurang dari 2,00, 300 Mahasiswa Unpad Terancam DO
http://www.pikiran-rakyat.com/node/247587

Kamis, 22/08/2013 – 16:37
BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak 300 mahasiswa program D3 dan S1 Universitas Padjadjaran terancam drop out. Pasalnya para mahasiswa tersebut memiliki IPK kurang dari 2,00 sehingga tidak dapat melakukan herregristrasi. Mereka secara otomatis terblokir oleh Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT). Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., menjelaskan, mahasiswa yang memiliki IPK di bawah 2,00 tidak bisa melakukan herregistrasi dan terancam drop out (DO). Akan tetapi para mahasiswa itu telah terlebih dahulu diberi surat peringatan. Diakuinya, sebelumnya memang masih banyak mahasiswa dengan IPK di bawah 2,00 yang lolos verifikasi dan bisa melakukan heregistrasi. Padahal aturan tersebut sudah tertera dalam Pedoman Akademik Unpad. “Mekanismenya dulu dua bulan sebelum masa herregistrasi, data mahasiswa yang layak untuk herregistrasi diserahkan ke fakultas untuk dilakukan verifikasi ulang. Dengan mekanisme yang masih manual maka terkadang ada fakultas yang terlambat memberikan data,” kata Prof. Engkus dihubungi di Kota Bandung, Kamis (22/8/2013).Mekanisme manual tersebut kemudian diubah dengan SIAT. Sistem ini secara langsung memblokir data mahasiswa dengan IPK di bawah 2,00. Tindak lanjutnya, mahasiswa tersebut kemudian mengajukan permohonan ke fakultas untuk bisa melakukan herregistrasi. Pihak fakultas pun akan melakukan verifikasi apakah mahasiswa tersebut diperbolehkan melakukan herregistrasi.

…dst

10 ) Bangun RS Gigi, UMS Gelontorkan Rp100 M!
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/22/373/853654/bangun-rs-gigi-ums-gelontorkan-rp100-m

Kamis, 22 Agustus 2013 11:02 wib
SUKOHARJO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sedang membangun dan bakal mengembangkan Rumah Sakit (RS) Pendidikan Gigi berbasis komputerisasi. RS Pendidikan Gigi dilengkapi poliklinik gigi, bedah mulut, kawat dan sebagainya. Rektor UMS Prof Dr. Bambang Setiaji menyatakan bahwa RS Pendidikan Gigi memang menempati bekas bangunan hotel, sehingga perlu adanya renovasi sesuai fasilitas rumah sakit. UMS menargetkan, awal 2014 mendatang RS tersebut sudah bisa beroperasi.”Untuk itu UMS telah menyiapkan dana mandiri yang berasal dari dana pengembangan Fakultas Kedokteran (FK) hingga senilai Rp100 miliar. Di antaranya Rp45 miliar untuk pengambilalihan aset fisik hotel yang akan digunakan sebagai RS Pendidikan. Sisanya untuk membeli peralatan medis, terutama peralatan digital dan berbasis komputerisasi dari Amerika Serikat,” ungkap Bambang saat bertemu wartawan di Rektorat UMS, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (22/8/2013).

…dst

11 ) Unpad Gunakan SIAT Untuk Beri Ketegasan Mahasiswa
http://www.pikiran-rakyat.com/node/247602

Kamis, 22/08/2013 – 17:04
BANDUNG, (PRLM).- Perubahan mekanisme manual menjadi Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) untuk herregistrasi mahasiswa didasarkan atas temuan Dikti masih banyaknya mahasiswa program Sarjana dengan IPK di bawah 2,00 di atas semester VII yang masih bisa melanjutkan kuliah. Padahal, berdasarkan Pedoman Akademik Unpad mahasiswa tersebut tidak lagi diperkenankan melanjutkan perkuliahan setelah sebelumnya diberi Surat Peringatan dari universitas. Demikian dikemukakan Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., dihubungi di Kota Bandung, Kamis (22/8/2013).”Kami nanti juga akan mengecek, apakah mahasiswa di atas semester VI tersebut sudah pernah menerima surat peringatan atau belum. Jika belum, maka kesalahan ada di pihak fakultas,” tambah Prof. Engkus. Dia menambahkan sistem ini bukan berarti tidak adil, tetapi justru untuk memberikan ketegasan kepada para mahasiswa. Unpad juga telah memberikan waktu transisi kepada mahasiswa dengan IPK di bawah 2,00 untuk mengajukan permohonan ke fakultas.

….dst

12 ) UNJ diskusikan Empat Pilar Kebangsaan
http://www.antaranews.com/berita/391881/unj-diskusikan-empat-pilar-kebangsaan

Kamis, 22 Agustus 2013 22:13 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis, mendiskusikan Empat Pilar Kebangsaan bertajuk “4 Pilar Goes to Campus” bersama tiga nara sumber, yaitu Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto, Rektor UNJ Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNJ Qomaruddin. Rektor UNJ Prof Bedjo Sujanto mengatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuatu yang tidak boleh ditawar lagi dan tidak akan berubah. “Kehidupan kita adalah berbhineka tunggal ika. Sekarang ini kita tinggal mengisi di dalamnya. Bhineka Tunggal Ika yang dibangun sejak tahun 1928 berupa Sumpah Pemuda meliputi satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air,” katanya.Dia mengharapkan, agar tidak dipermasalahkan lagi soal suku, agama atau golongan lainnya yang memicu konflik. “Sebagai pemuda perlu berpikir luas. Mungkin ada teman kita yang lain agama, mungkin juga aliran kepercayaan. Tapi mereka tetap Bhineka Tunggal Ika. Mari duduk bersama,” ujarnya.

…dst

13 ) Dosen Telkom University Wajib Buat Jurnal
http://www.pikiran-rakyat.com/node/247600

Kamis, 22/08/2013 – 15:21

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Tim Akselerasi Implementasi dan Transformasi Telkom University, Jangkung Raharjo mengatakan sebelum menjadi Telkom University, keempat perguruan tinggi Telkom lebih kuat dalam teaching university atau pengajaran. Keempat perguruan tinggi Telkom yaitu Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Ilmu Seni dan Desain Indonesia (STISI) Telkom yang melebur menjadi Telkom University akan segera diresmikan. Saat ini keempat perguruan tinggi pun berkembang menjadi riset unversity dengan mencari link ke industri. “Dalam fase ini antara teaching dan riset porsinya sama. Selanjutnya untuk kedepannya Telkom University harus berevolusi menuju enterpreneurial unversity dimana public service juga harus sama besar dengan teaching dan riset,” kata Jangkung disela-sela Sosialisasi Telkom University di Hotel Horison, Jln. Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Kamis (22/8/2013). Dalam posisi riset university, Jangkung mengemukakan para dosen pun dituntut pula membuat jurnal. Kewajiban pembuatan jurnal ini mulai diterapkan dari pada semester ini sejak Januari 2013. Pembuatan jurnal itu pun ada dua tingkatan, yakni nasional dan internasional. Pembuatan jurnal itu diwajibkan bagi seluruh dosen di Telkom University untuk meningkatkan kualitas dosen serta pemenuhan standarisasi internasional.

…dst

14 ) 1 dokter jantung di Indonesia tangani 600.000 pasien
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/22/15/774231/1-dokter-jantung-di-indonesia-tangani-600-000-pasien

Kamis, 22 Agustus 2013 ? 15:36 WIB
Sindonews.com – Jumlah pasien penyakit jantung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah dokter spesialis kardiologi (jantung) yang sangat minim.”Sampai saat ini, baru ada sekitar 630 dokter spesialis kardiologi di Indonesia. Di DIY saja, hanya ada 11 dokter spesialis kardiologi,” ujar Kepala Bagian Kardiologi dan Vaskuler Fakultas Kedokteran UGM dr Hariadi Hariawan, kepada wartawan, di RSUP Dr Sardjito, Kamis (22/8/2013). Ditambahkan dia, jumlah itu sangat minim. Karena, rasio penderita penyakit jantung masih sekitar 1:600.000 jiwa. Padahal, setidaknya rasio untuk dokter spesialis kardiologi ialah 1:10.000 jiwa.Dia menambahkan, minimnya dokter spesialis jantung dikarenakan pendidikan dokter spesialis di Indonesia terpusat hanya di UI Jakarta dan Universitas Airlangga Surabaya. Jumlah lulusannya pun hanya sekitar 15-20 dokter pertahun. Menyadari kekurangan tersebut, dibukalah pusat-pusat pendidikan spesialis baru, termasuk di UGM. Saat ini, sudah ada 13 pusat pendidikan spesialis di Indonesia.”Sampai saat ini, UGM sendiri baru meluluskan lima spesialis jantung. Hal ini, bukan dikarenakan minimnya minat terhadap pendidikan spesialis jantung. Tetapi, karena masih terbatasnya pengajar dan fasilitas peralatannya,” terang dokter spesialis jantung RSUP Dr Sardjito.

…dst

15 ) Universitas Brawijaya Kucurkan Beasiswa bagi 6.864 Mahasiswa
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116357/universitas-brawijaya-kucurkan-beasiswa-bagi-6864-mahasiswa

22 Agst 2013 16:45:46
Universitas Brawijaya Kucurkan Beasiswa bagi 6.864 Mahasiswa
Malang (Antara Jatim) – Jumlah mahasiswa yang mendapatkan beasiswa di Universitas Brawijaya Malang hingga tahun 2013 mencapai 6.864 orang dengan nominal anggaran yang dikucurkan sebesar Rp43 miliar.”Beasiswa ini diberikan pada semester tiga dan jenis beasiswa yang diberikan bukan hanya bidikmisi, tapi juga beasiswa prestasi lainnya yang bekerja sama dengan instansi lain yang peduli dengan pendidikan, seperti PT Semen Indonesia dan Pertamina,” papar Kahumas Universitas Brawijaya (UB) Malang Dra Susantinah Rahayu di Malang, Kamis. Oleh karena itu, tegasnya, tidak ada alasan bagi warga tidak bisa kuliah di UB hanya karena kesulitan biaya. Sebab, UB juga menawarkan berbagai solusi, salah satunya adalah beasiswa dari berbagai sumber. Menurut dia, ada sekitar 40 instansi yang memberikan subsidi (beasiswa) kepada mahasiswa UB yang tidak mampu dan berprestasi, bahkan tidak hanya di satu fakultas saja, tapi menyeluruh, termasuk program vokasi.Ia mengemukakan berdasarkan data keuangan per 13 Agustus 2013, pemberian beasiswa tersebut diberikan secara bervariasi kepada mahasiswa, mulai September 2009 hingga mahasiswa lulus.

…dst

16 ) Ikut Program Double Degree Ilmu Kesehatan di Thailand Yuk
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/21/373/853102/ikut-program-double-degree-ilmu-kesehatan-di-thailand-yuk

Rabu, 21 Agustus 2013 14:05 wib
SUKOHARJO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Khon Kaen University bekerja sama membuka program Double Degree pada 2014 bagi mahasiswa pascasarjana di bidang ilmu kesehatan.”Dalam Program Double Degree, mahasiswa pascasarjana dari Fakultas Ilmu Kesehatan UMS akan kuliah selama dua semester di UMS dan dua semester di Khon Kaen University Thailand. Dari kedua perguruan tinggi, mahasiswa yang bersangkutan akan memperoleh dua gelar, masing-masing dari UMS dan Khon Kaen University,” ujar Rektor UMS Prof Dr. Bambang Setiaji kepada Okezone, terkait kunjungan Pimpinan Khon Kaen University di Kampus UMS, di Pabelan Sukoharjo , Rabu (21/8/2013).

…dst

17 ) Wah, LIPI Siap Kirim CPNS Sekolah di Luar Negeri
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/22/373/853883/wah-lipi-siap-kirim-cpns-sekolah-di-luar-negeri

Kamis, 22 Agustus 2013 15:37 wib
JAKARTA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) siap mengirim calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lolos seleksi akan dikirim sekolah ke luar negeri. Kepala LIPI Profesor Lukman Hakim MSc PhD Apt menegaskan, penerimaan CPNS LIPI hanya akan mencari kandidat yang terbaik, dan yang siap dikirim belajar lagi agar mendapatkan pendidikan yang baik.”Para CPNS yang lolos seleksi akan dikirim sekolah ke luar negeri. LIPI berharap mereka mendapatkan pendidikan lebih baik. Tujuannya, LIPI bisa menghasilkan peneliti yang dapat meningkatkan pengetahuan dan teknologi di Indonesia,” ujarnya, seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (22/8/2013).

…dst

18 ) Ayo Berburu Beasiswa Pendidikan Jepang!
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/22/368/853683/ayo-berburu-beasiswa-pendidikan-jepang

Kamis, 22 Agustus 2013 11:32 wib
JAKARTA – Pameran Pendidikan Jepang atau Japan Education Fair ke 10 akan diselenggarakan di Hotel Pullman Jakarta. Penyelenggara menyediakan beragam beasiswa pendidikan bagi pengunjung. Komisaris Pandan College Richard Susilo mengatakan, pameran pendidikan Jepang ini merupakan yang ke-10 yang diadakan di Jakarta. Pameran yang akan dibuka oleh Mendikbud Mohammad Nuh tersebut diselenggarakan hanya satu hari, yaitu Sabtu 24 Agustus mendatang di Hotel Pullman. Richard menjelaskan, ada delapan lembaga pendidikan ternama Jepang yang terlibat. Kedelapan lembaga pendidikan itu terdiri atas dua universitas dan enam sekolah bahasa, yaitu Asia Japanese Academy, Unitas Japanese Language School, Aoyama International Education Institute Japanese Language Center. Selanjutnya, ABK College, Kyoritsu Japanese Language School, Shukutoku Japanese Language School, Osaka International University School of Japanese Studies for Foreign Students, dan Kobe International University.

…dst

19 ) Menpan RB buka 65 ribu lowongan CPNS
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/22/15/774233/menpan-rb-buka-65-ribu-lowongan-cpns

Kamis, 22 Agustus 2013 ? 15:39 WIB
Sindonews.com – Pemerintah membuka lowongan 65.000 calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tahun ini, dengan rincian 25.000 untuk instansi pusat dan 40.000 sisanya di daerah. Hal ini terungkap dalam pemaparan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Abubakar, pada Raker Komisi II DPR, Kamis (22/8/2013). Menurut Menpan RB, rekrutmen CPNS kali ini berbeda dari sebelumnya. Karena bagian dari upaya reformasi birokrasi yang telah dirintis oleh kementeriannya. Seperti diketahui sejumlah instansi membuka formasi lowongan CPNS. Namun, tes CPNC kali ini menggunakan sistem komputerisasi. Tujuannnya, untuk menghindari kecurangan dan calo yang mengaku memiliki kemampuan untuk meloloskan peserta tes CPNS.

…dst

20 ) Inilah Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS Pelamar Umum dan Tenaga Honorer Kategori II
http://www.kopertis12.or.id/2013/08/22/edaran-menpan-no-10-tahun-2013-tentang-jadwal-pelaksanaan-seleksi-cpns-tahun-2013-serta-spesifikasi-materi-tkd.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *