Berita Edukasi, 21 Agustus 2013

1 ) Tim Robot Indonesia Raih Tiga Penghargaan di Vietnam
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1649

08/21/2013
Da Nang, Vietnam (20/08/2013)— Tiga penghargaan berhasil diboyong oleh Tim Indonesia pada ajang ABU Asia Pasific Robot Contest 2013, yang digelar di Kota Da Nang, Vietnam pada 16-19 Agustus 2013. Tim “ERSION” dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mewakili Indonesia tampil mengesankan meraih ABU Robocon Award, yang merupakan penghargaan tertinggi ABU Robocon. Penghargaan lainnya adalah sebagai 2nd Runner Up ABU Robocon 2013 dan meraih Special Award dari ROHM Co.,Ltd. Hasil ini diraih setelah ERSION mampu membuat juri terpesona atas penampilannya tiga kali menang Green Planet (GP) atau planet hijau, yang menjadi tema pada ajang ini. Tim Indonesia dua kali melawan Iran di babak kualifikasi dan sekali melawan Fiji di babak perempat final (GP 0:43 detik). ERSION satu-satunya tim yang menang GP 3 kali berturut-turut.

…dst

2 ) Jumat, Pemerintah Akan Umumkan Paket Kebijakan Penyelamatan Ekonomi
http://www.kopertis12.or.id/2013/08/21/jumat-pemerintah-akan-umumkan-paket-kebijakan-penyelamatan-ekonomi.html

Rabu, 21 Agustus 2013 – 14:53 WIB oleh DESK INFORMAS
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan pengelolaan perekonomian Indonesia, dalam upaya mengatasi situasi perekonomian yang sedang mengalami tekanan karena situasi global. Menurut rencana, paket kebijakan itu akan dibarengi dengan tindakan pemerintah, dengan tujuan utama menjaga stabilitas keuangan dan pertumbuhan ekonomi agar tidak menurun secara tajam. Paket kebijakan, kata Presiden SBY, juga untuk mencegah berlanjutnya inflasi. Pada hari yang sama, Jumat (23/8), para menteri yang membidangi perekonomian akan memaparkan kebijakan-kebijakan masing-masing. “Silahkan didengarkan penjelasan lebih lanjut yang akan disampaikan pada hari Jumat setelah pemerintah secara resmi menetapkan kebijakan. Apa saja respon dan apa saja kebijakannya silahkan didengarkan,” kata Presiden pada jumpa pers usai Sidang Kabinet Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (21/8).

…dst

3 ) Inilah Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama 2014
http://www.kopertis12.or.id/2013/08/21/jadwal-libur-nasional-dan-cuti-bersama-2014.html

Rabu, 21 Agustus 2013 – 11:53 WIB oleh DESK INFORMASI SETKAB
Libur panjang menyambut Idul Fitri 1434 H baru saja berakhir. Bagi Anda yang bersiap-siap merencanakan agenda pada 2014 mendatang, perlu memperhatikan jadwal libur nasional yang telah ditetapkan tiga menteri di Jakarta, Rabu (21/8) pagi.Ketiga menteri yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar , Menteri Agama yang diwakili Sesjen Kemenag Bahrul Hayat, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) yang diwakili Sesjen Kemenakertrans Muchtar Lutfhi, telah menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2014 disaksikan Menko Kesra HR. Agung Laksono, di kantor Kemenko Kesra, Jakarta, pagi tadi.

…dst

4 ) Unhas-Universitas California Gelar Seminar Bioteknologi Kelautan
http://edukasi.kompas.com/read/2013/08/21/2207576/Unhas-Universitas.California.Gelar.Seminar.Bioteknologi.Kelautan

Rabu, 21 Agustus 2013 | 22:07 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com – Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan University of California Santa Cruz dan Eijkman institute menggelar workshop “Marine Biotechnology Partnership Second Annual Workshop”. “Seminar bioteknologi kelautan ini, juga melibatkan Universitas Diponegoro dan keseluruhan kegiatan didanai United State Agency Internasional Development (USAID),” kata Koordinator Workshop, Magdalena Litaay Ph.D di Makassar, Rabu (21/8/2013). Menurut dia, workshop tersebut diikuti oleh mahasiswa dan staf pengajar dari berbagai universitas yang ada di Makassar selama tiga hari yakni 21-23 Agustus 2013. Adapun para pembicara asal Unhas, Undip dan UCSC yang membawa materi tentang bioteknologi kelautan itu diantaranya Prof Hanapi Usman MS, Prof Jamaluddin Jompa Ph.D, Magdalena Litaay PhD, Mr John Hansen, Dr rer-nat Elmi Zainuddin DES, Prof Roger Linington, Yusnita Rifai PhD, Ms Eva Johannes, Ms Karen Tenney dan Mr Evan Holloway.

…dst

5 ) 75 Jenis Wayang Punah
46 Negara Ikut Karnaval Wayang Dunia
http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000001667897

21 Agustus 2013
JAKARTA, KOMPAS — Sekitar 75 jenis wayang yang menjadi kekayaan budaya Indonesia kini telah punah. Hanya sekitar 25 jenis wayang yang saat ini masih bertahan dengan jumlah komunitas dan penonton cukup banyak. Semestinya, dengan diakuinya wayang oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2003, wayang bisa lebih berkembang di Tanah Air. Kenyataannya, pemerintah belum memiliki arah dan strategi yang jelas dalam pengembangan wayang. “Pada masa Orde Baru, institusi pemerintah, mulai dari Istana hingga pemerintahan desa, sering mementaskan wayang. Kini, kami seperti dibiarkan sendiri,” kata Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Ekotjipto saat berkunjung ke Redaksi Kompas di Jakarta, Selasa (20/8). Selain kurangnya perhatian pemerintah, perkembangan zaman telah membawa perubahan kebudayaan dan peradaban sehingga wayang yang merupakan kesenian tradisional semakin ditinggalkan. Tak heran beberapa jenis wayang punah dan tak bisa lagi ditonton masyarakat, seperti wayang suket, wayang klitik, wayang krucil, wayang gedog, dan wayang beber.

…dst

6 ) 46 Negara Berpartisipasi pada Acara Wayang se-dunia
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/21/3/176372/46-Negara-Berpartisipasi-pada-Acara-Wayang-se-dunia

Rabu, 21 Agustus 2013 | 17:50 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 64 kelompok seniman wayang dari 46 negara dipastikan bakal berpartisipasi pada pagelaran wayang se-dunia yang disebut Wayang World Puppet Carnival (WWPC) 2013. Pagelaran yang akan dipusatkan di Jakarta itu bakal berlangsung pada 1-7 September mendatang. “Pagelaran wayang akhirnya kembali ke `rumah’. Sebabnya wayang telah ditetapkan sebagai Pusaka Budaya Dunia nonbenda (World Intangible Heritage) oleh UNESCO menjadi ‘rumah’ bagi wayang dunia,” sebut Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Ekotjipto, di Jakarta, Rabu (21/8). Para penampil kesenian wayang/boneka itu antara lain berasal dari Turki, Bolivia, Amerika Serikat, Spanyol, Italia, Kolombia, Brasil dan Indonesia. Dari Indonesia-selaku tuan rumah, bakal menampilkan lima orang dalang yang mayoritas masih berusia muda, seperti Cahyo Kuntadi, Hadi Sutikno, Apep Hudaya, Sigid Ariyanto, dan Sihono.

…dst

7 ) Demi Pendidikan Rela Jadi Penarik Becak
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/20/373/852743/demi-pendidikan-rela-jadi-penarik-becak

Rabu, 21 Agustus 2013 07:12 wib
BOGOR – Kuliah di perguruan tinggi negeri menjadi gengsi tersendiri bagi sebagian orang. Selain proses seleksi yang tak mudah, nilai prestige menjadi pertimbangan untuk bisa kuliah. Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) Deden Iskandar salah satunya. Kepada Okezone, ia menceritakan rasa bangga dan jerih payahnya ketika bersekolah hingga bisa masuk ke universitas asal Sumatera Utara itu. Deden adalah anak ke-2 dari 4 bersaudara. Ayah Deden berprofesi sebagai penarik becak motor (bentor). Kakak Deden mengalami putus sekolah. Ia tidak tamat SMA. “Aku ingin terus sekolah, aku tidak ingin seperti abangku,” kata Deden singkat. Sejak kelas 2 SMP, Deden sudah bekerja. Ia mencuci motor untuk mendapatkan uang. Ketika SMA, ayahnya membelikan motor kepada Deden dikarenakan jarak rumah ke sekolah yang jauh. “Ketika SMA aku dibelikan motor. Lalu aku inisiatif membuat bak gandeng untuk dijadikan bentor. Setiap pulang sekolah aku narik bentor, lalu setelah itu aku les,” tutur alumnus SMA Negeri 1 Kota Pinang ini.

…dst

8 ) Mahasiswa Universitas Brawijaya Tuntut Anulir UKT
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/116286/mahasiswa-universitas-brawijaya-tuntut-anulir-ukt

21 Agst 2013 16:11:22
Malang (Antara Jatim) – Puluhan mahasiswa Universitas Brawijaya Malang melanjutkan unjuk rasanya dengan berkemah untuk menuntut pihak rektorat menganulir kebijakan pemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT). “Kami berkemah dan menginap di depan gedung rektorat mulai Selasa (20/8) malam dan kami akan berkemah di depan gedung ini sampai Jumat (23/8) atau sampai rektorat menemui kami,” tegas koordinator aksi Nanda Pratama, Rabu.Selain menginap dan berkemah di depan gedung rektorat kampus setempat, pengunjuk rasa dari Aliansi Mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya (Amfibi) itu juga membuka posko pengaduan bagi mahasiswa yang merasa terbebani dengan biaya kuliah yang ditetapkan pihak kampus.Mereka mendirikan tenda persis di depan pintu masuk gedung rektorat. Sebelumnya (Selasa, 20/8) puluhan mahasiswa tersebut juga menggelar unjuk rasa dan ada lima mahasiswa yang menawarkan ginjalnya agar bisa membayar uang kuliah (SPP).

…dst

9 ) Menteri Pendidikan Finlandia Seleksi “Partner” di Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/21/373/853207/menteri-pendidikan-finlandia-seleksi-partner-di-indonesia

Rabu, 21 Agustus 2013 16:05 wib
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Sains Republik Finlandia Krista Kiuru menyambangi Indonesia untuk mempromosikan kerjasama yang bisa terjadi di antara dua negara dalam bidang pendidikan. Tidak sendirian, dalam kunjungan kali ini Kiuru juga mengajak sejumlah institusi pendidikan terkemuka di Finlandia untuk menjalin kerjasama dengan beberapa perwakilan lembaga pendidikan Indonesia.Senior Adviser Finland Trade Center Gulontam Situmorang mengatakan, ini bukan kali pertama bagi Finlandia mengadakan even serupa. Namun, kali ini konsep yang diusung berbeda dengan kegiatan sebelumnya.”Kali ini Minister mengajak serta beberapa industri pendidikan termutakhir di Finlandia untuk berinteraksi langsung dengan lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi Indonesia. Mereka sendiri yang akan mencari partner yang cocok yang diajak bekerjasama,” ungkap Gulontam kepada Okezone, di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2013).

…dst

10 ) Ini cara ujian CPNS dengan komputerisasi
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/21/15/773514/ini-cara-ujian-cpns-dengan-komputerisasi

Rabu, 21 Agustus 2013 − 07:30 WIB
Sindonews.com – Sistem CAT diyakini membuat ujian penerimaan CPNS menjadi lebih aman dan transparan. Pasalnya, sistem ini berbasis online dimana peserta seleksi juga dapat mengakses informasi menyangkut dirinya. Masing-masing peserta juga akan diberikan id login tersendiri. Selain itu pengumuman standar nilai per posisi jabatan juga dapat dilakukan segera. Secara teknis, pada saat ujian nanti para peserta akan menerima soal secara online. Kemudian yang bersangkutan langsung menjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang ada. Secara langsung, jawaban yang diberikan oleh peserta test CPNS tersebut, akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan disana. Dengan sistem ujian yang menggunakan CAT tersebut, setiap peserta tes CPNS akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian mereka, setelah peserta tes selesai mengerjakan soal-soal tes tersebut. Sistem tes seperti ini juga tidak bisa direkayasa, sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta.

…dst

11 ) Pemerintah imbau masyarakat waspadai penipuan CPNS
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/21/15/773517/pemerintah-imbau-masyarakat-waspadai-penipuan-cpns

Rabu, 21 Agustus 2013 − 08:00 WIB
Sindonews.com – Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan dan RB Setiawan Wangsaatmaja mengingatkan, masyarakat agar tidak terbujuk rayuan dengan iming-iming, atau janji seseorang yang menyatakan bisa meluluskan dalam tes CPNS, dengan membayar sejumlah uang saja. “Tim Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) sudah berupaya semaksimal mungkin agar tes dilakukan dengan fair, bebas KKN, dan dapat menghasilkan CPNS yang berkualitas,” ungkapnya di gedung Kemenpan dan RB, Selasa (20/8/2013).Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah menyusun jadwal seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum.Menurut jadwal yang dirilis Kementerian PAN-RB itu, pengumuman dan pendaftaran penerimaan CPNS jalur umum pada 2013 akan dilaksanakan pada 1-20 September mendatang.Ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, akan memakai sistem Komputer (Computer Assisted Test/CAT). System ini diyakini akan memutus mata rantai transaksi jual beli bangku PNS.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *