Berita Edukasi, 17 Agustus 2013

1 ) Sepertiga Indonesia Raya
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/17/1126197/Sepertiga.Indonesia.Raya

Sabtu, 17 Agustus 2013 | 11:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Bentuk penghargaan terbaik untuk negara yang pernah terjajah adalah melaksanakan wasiat mereka yang membuka gerbang kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Wasiat paling nyata dari pendiri bangsa ini adalah simbol-simbol yang menunjukkan jati diri bangsa ini, yaitu Garuda Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, bendera merah putih, dan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Dari empat simbol itu, lagu kebangsaan “Indonesia Raya” adalah yang paling eksplisit menyatakan siapa kita dan apa yang akan kita lakukan setelah berhak menentukan nasib sendiri. Ironisnya, wasiat paling nyata ini juga adalah yang paling terabaikan. Garuda Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan bendera merah putih bisa ditemui dalam keadaan utuh, terawat, sempurna, di banyak tempat, tetapi tidak dengan lagu “Indonesia Raya”. Lagu yang membuat Belanda dan Jepang gentar ini seolah “terpenggal” menjadi sepertiga bagian.

…dst

2 ) Presiden Pimpin Upacara HUT Ke-68 RI
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/17/1043521/Presiden.Pimpin.Upacara.HUT.Ke-68.RI

Sabtu, 17 Agustus 2013 | 10:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com —Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2013). Upacara akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB, ditandai dentuman meriam sebanyak 17 kali. Upacara dihadiri ribuan orang dari berbagai kalangan, seperti jajaran kabinet, pimpinan lembaga negara, para duta besar, dan undangan lain. Pemerintah menetapkan tema Hari Kemerdekaan tahun ini, yakni “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”. Rangkaian acara tersebut di antaranya adalah pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Proklamasi, pembacaan teks Pancasila, pembacaan UUD 1945, dan penyampaian amanat Presiden. Akan ada juga atraksi belasan pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara di atas Istana.Sebelum upacara ditutup, dinyanyikan lagu-lagu wajib nasional dan medley lagu daerah oleh paduan suara anak-anak. Ratusan anak-anak tersebut bernyanyi dari atas panggung yang dibangun di depan Istana Merdeka.

…dst

3 ) Kemdikbud Selenggarakan Upacara HUT ke-68 Kemerdekaan RI
http://www.kopertis12.or.id/2013/08/16/sambutan-mendikbud-pada-upacara-peringatan-hut-ke-68-republik-indonesia.html

08/17/2013
Jakarta —Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menyelenggarakan peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Kantor Kementerian dan Kebudayaan Senayan, Jakarta hari ini Sabtu, 17 Agustus 2013. Upacara berlangsung penuh semangat, ceria dan berjalan hikmat. Sekitar 1.000 orang peserta upacara terdiri dari pegawai Kemdikbud, Wakil Menteri Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, Wakil Menteri Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti pejabat eselon I, II, III, IV, satuan pengamanan Kemdikbud mengikuti dengan saksama rangkaian upacara. Bertindak selaku pembina upacara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Upacara yang diawali dengan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan naskah Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, Penyematan Satyalencana Karya Satya kepada 133 pegawai yang terdiri dari 7 orang dengan masa kerja 10 tahun, 65 orang dengan masa kerja 20 tahun dan 61 orang dengan masa kerja 30 tahun, pembacaan doa serta ditutup dengan memperdengarkan lagu-lagu perjuangan yang dibawakan oleh paduan suara Kemdikbud. Salah seorang dari penerima Satya Lencana Karya Satya dengan masa kerja 20 tahun lebih, Kepala Biro Umum Mohammad Qudrat Wisnu Aji mengatakan merasa senang, bangga dan berterima kasih kepada Kemdikbud yang telah memberikan satya lencana ini. “Karena dengan penghargaan ini jerih payah kita selama ini dihargai,” ungkapnya.

…dst

4 ) Detik-detik Kemerdekaan, KPK Luncurkan “Radio Streaming”
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/17/1223445/Detik-detik.Kemerdekaan.KPK.Luncurkan.Radio.Streaming.

Sabtu, 17 Agustus 2013 | 12:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2013), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan radio streaming “KanalKPK”. Radio berbasis website tersebut dapat diakses melalui laman www.kpk.go.id/streaming. “Radio ini setidaknya menjadi salah satu program unggulan KPK. Program yang menurut saya signifikan karena dengan program ini orang bisa lebih mengenal KPK,” kata Wakil Ketua KPK Adnan Pandupraja saat meresmikan Radio “KanalKPK” di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta. Hadir pula dalam acara peresmian ini Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Sekretaris Jenderal KPK Anis Said Basalamah, serta jajaran pejabat KPK lainnya. Radio ini diluncurkan tepat pukul 09.55 WIB, atau pada waktu yang sama saat Presiden pertama RI Soekarno membacakan teks proklamasi 68 tahun silam. Kini, Radio “Kanal KPK” telah mengudara. Siaran perdananya dilakukan secara langsung (live) pada hari ini di Studio Radio-TV KPK di lantai 3 Gedung KPK, Kuningan, Jakarta. Selanjutnya, “KanalKPK” akan menyajikan siaran langsung streaming selama empat jam, mulai pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB.

…dst

5 ) 67.349 Napi Mendapat Remisi di Hari Kemerdekaan, Tak Satupun Napi Korupsi
http://news.detik.com/read/2013/08/17/162118/2332989/10/67349-napi-mendapat-remisi-di-hari-kemerdekaan-tak-satupun-napi-korupsi?n991103605

Sabtu, 17/08/2013 16:21 WIB
Jakarta – Sebanyak 67.349 narapidana mendapat remisi dari Kementerian Hukum dan HAM. Dari jumlah tersebut tak ada satupun dari napi kasus korupsi, teroris dan narkotika. Humas Ditjen PAS Akbar Hadi saat dikonfirmasi mengatakan, khusus untuk tiga kejahatan luar biasa itu Ditjen PAS masih menunggu usulan dari wilayah. “Dalam proses pengumpulan data, pengusulan. Masih ada dua tahap lagi yang harus dilalui,” kata Akbar, Sabtu (17/8/2013). Menurut Akbar, ketika sudah ada usulan dari wilayah siapa-siapa saja napi yang berhak diremisi, tetap harus ada persetujuan dari lembaga terkait. Misalnya persetujuan KPK untuk koruptor, BNN untuk napi narkotika, dan Densus 88 untuk terpidana teroris. “Ya seselesainya, secepatnya,” ujar Akbar. Dari total 67.349 narapidana, sebanyak 65. 152 narapidana mendapat Remisi Umum I (masih menjalani pidana) dan 2.197 narapidana akan langsung menghirup udara bebas karena mendapatkan Remisi Umum II.

…dst

6 ) Di Beijing, Ratusan Warga Indonesia dan Warga Tiongkok Ikuti Upacara HUT ke-68 Kemerdekaan RI
http://www.setkab.go.id/berita-9875-di-beijing-ratusan-warga-indonesia-dan-warga-tiongkok-ikuti-upacara-hut-ke-68-kemerdekaan-ri.html

Sabtu, 17 Agustus 2013 – 18:08 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Republik Indonesia selama 68 tahun perjalanannya telah mengukir sejarah, serta mengukuhkan berbagai hasil pembangunan dan kemajuan bangsa. Meskipun menghadapi banyak tantangan dari dalam maupun luar, Indonesia berhasil melalui proses transformasinya menjadi negara demokrasi dan ekonomi terbuka secara relatif damai, dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia dan Timur Tengah, seperti, antara lain Afghanistan, Irak, Libya, dan Mesir. Namun demikian, kemajuan ini bukan akhir perjalanan bangsa.” Indonesia masih harus terus bekerja keras untuk kemajuan bersama, meningkatkan pemerataan hasil-hasil pembangunan untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Duta Besar RI untuk RRT, Imron Cotan, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kuasa Usaha Administrari KBRI Beijing, Wisnu Edi Pratignyo, yang menjadi Pembina Upacara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-68 di KBRI Beijing, Sabtu (17/8) pagi.

…dst

7 ) 400 Warga Negara Indonesia Hadiri Peringatan HUT ke-68 RI ke 68 KBRI Moskow
http://www.setkab.go.id/berita-9873-400-warga-negara-indonesia-hadiri-peringatan-hut-ke-68-ri-ke-68-kbri-moskow.html

Sabtu, 17 Agustus 2013 – 17:40 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Sekitar 400 Warga Negara Indonesia di Rusia serta tamu undangan menghadiri upacara peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2013. Di pagi hari yang cerah, para hadirin datang untuk mengikuti upacara pengibaran bendera secara khidmat, dan juga ikut serta dalam suasana meriah Festival Indonesia yang baru kali ini diadakan di KBRI Moskow untuk turut menyemarakkan hari kemerdekaan RI. Dengan langkah tegap dan barisan yang rapi, Pasukan Paskibra yang terdiri dari putra-putri staf KBRI Moskow melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Seluruh prosesi penaikan Sang Merah Putih berlangsung dengan lancar sehingga mendapatkan pujian dari Duta Besar RI. Tampak benar latihan para anggota selama dua bulan terakhir, termasuk di bulan Ramadhan membuahkan hasil yang sangat baik.

…dst

8 ) Buku perdana “Greening of Indonesia” diluncurkan di Inggris
http://www.antaranews.com/berita/390763/buku-perdana-greening-of-indonesia-diluncurkan-di-inggris

Jumat, 16 Agustus 2013 08:32 WIB
London (ANTARA News)- Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 68 menjadi momentum bagi para pelajar Indonesia di Inggris dengan meluncurkan buku perdana “Greening of Indonesia” di Inggris Raya. Buku ini merupakan hasil dari konvensi yang terlaksana pada penghujung tahun 2012 bernama Indonesian Scholars International Convention (ISIC) 2012, ujar President ISIC 2012, Steven Marcelino kepada ANTARA London, Jumat. Dikatakannya konvensi pelajar Indonesia yang diadakan di Green Economics Institute mengangkat pentingnya pembangunan berkelanjutan dengan prinsip ekonomi hijau. Green Economics Institute yang berbasiskan di Inggris telah memberikan pledge penerbitan dan publikasi buku “Greening of Indonesia”, ujarnya. Miriam Kennet selaku CEO dan pendiri dari Green Economics Institute mengakui sejak awal ia sangat tertarik pada Indonesia dan potensinya untuk menjadi penggerak ekonomi global.

…dst

9 ) Adelana, Gadis Pemalu Bawa Baki Merah Putih
http://www.jpnn.com/read/2013/08/17/186647/Adelana,-Gadis-Pemalu-Bawa-Baki-Merah-Putih-

Sabtu, 17 Agustus 2013 , 19:47:00
JAKARTA – Adelana Tesalonika Riswantyo nama lengkap gadis itu. Oleh teman-temannya di SMA Negeri 4 Kendari, Sulawesi Tenggara, dara 16 tahun akrab disapa Dea. Kini, namanya ramai diperbicangkan setelah mukanya menghiasi televisi. Ia didaulat membawa baki duplikat Bendera Pusaka pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8). Dea lahir di Kendari, 9 Juni 1997. Ia menamatkan jenjang pendidikan dasarnya di SDK Pelangi. Kemudian melanjutkan di SMP Frater. Kini, ia duduk di Kelas II IPS SMA Negeri 4 Kota Kendari. Di lingkungan sekolahnya, ia dikenal pendiam. Menurut Guru SMA Negeri 4 Kendari, Andi Yuliana Rahmadani, Dea juga pemalu. “Tidak seperti cewek-cewek lainnya. Dia (Dea) itu pemalu dan tak banyak bicara. Anaknya juga sopan,” katanya.Namun siapa sangka, sikap pemalunya itu tidak menghalangi Dea berprestasi di tingkat nasional. Ia terpilih menjadi pembawa baki yang menerima duplikat Bendera Pusaka dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk dikibarkan di Istana Negara, Jakarta. Dea menyisihkan 55 anggota Paskibraka lainnya.

…dst

10 ) Atraksi Kesenian dan Marching Band Ramaikan Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka
http://www.setkab.go.id/berita-9874-atraksi-kesenian-dan-marching-band-ramaikan-upacara-penurunan-bendera-di-istana-merdeka.html

Sabtu, 17 Agustus 2013 – 17:59 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8) sore. Bersama Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono ani Ibu Herawati Boediono, Presiden SBY tiba kembali di mimbar upacara pada pukul 17.00 WIB. Hadir dalam kesempatan ini antara lain jajaran Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, para pimpinan lembaga negara, dan ribuan tamu undangan. Pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Retno Adhilia Putri, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2013 ditunjuk sebagai pembawa baki. Adapun, Dian Febriana Pradikatama sebagai pembentang bendera dan Riky Suwandi Putra sebagai pengerek bendera. Komandan Upacara penurunan bendera Kolonel Mar I Wayan Ariwijaya (Angkatan Laut). Sedang Penurun Bendera yang bertugas antara lain Retno adalah anggota Paskibraka dari SMAN 4 Padang, Sumatera Barat. Ia lahir di Padang 1 September 1997. Ricky berasal dari SMAN 5 Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Ia lahir di Bukit Tinggi 13 Januari 1997. Sementara, Dian berasal dari SMAN 1 Madiun, Jawa Timur. Ia lahir di Madiun 5 Agustus 1995 .

…dst

11 ) Presiden Sampaikan Pidato Kenegaraan di Depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI
http://www.kopertis12.or.id/2013/08/17/presiden-sampaikan-pidato-kenegaraan-di-depan-sidang-bersama-dpr-ri-dan-dpd-ri.html

Friday, 16 August 2013
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (16/8) pagi, menyampaikan Pidato Kenegaraan di depan sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI di Gedung MPR/DPR RI Jakarta dalam rangka HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI. Dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua DPD-RI Irman Gusman, Presiden menyatakan apa yang telah dilakukan Indonesia dewasa ini tidak sebatas reformasi, tetapi sebuah transformasi. Perubahan yang dikelola merupakan sebuah proses mendasar yang melibatkan peran aktif berbagai aktor penyelenggara negara, masyarakat, dan termasuk pula komunitas dunia usaha. Dalam pidatonya, Presiden SBY juga menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan kondisi dan perkembangan Indonesia dewasa ini, yang harus dicermati saat ini, antara lain: pentang pentingnya kemampuan mengelola ekonomi di tengah ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global, pentingnya memelihara kerukunan dan toleransi, pentingnya untuk menyukseskan Pemilu 2014 dan suksesi kepemimpinan secara demokratis dan damai, pentingnya mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

…dst

12 ) Genjot Mutu SDM, Pemerintah Naikkan Anggaran Pendidikan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/08/16/mrmbf7-genjot-mutu-sdm-pemerintah-naikkan-anggaran-pendidikan

Jumat, 16 Agustus 2013, 16:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah meningkatkan anggaran pendidikan untuk mendongkrak mutu, akses dan pemerataan pelayanan pendidikan. Tujuannya, mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM). Dalam Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN) 2014, anggaran pendidikan sebesar Rp 371,2 triliun, naik 7,5 persen dari anggaran pendidikan 2013 yang sebesar Rp 345,3 triliun. Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan mulai tahun pelajaran 2013/2014 wajib belajar 9 tahun ditingkatkan ke jenjang pendidikan menengah, melalui program Pendidikan Menengah Universal (PMU). “Hal ini dimaksudkan, agar anak-anak Indonesia pada usia 16-18 tahun pada tahun 2020 nanti minimal 97 persen berpendidikan menengah,” ujar SBY dalam Pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2014, Jumat (16/7). Tanpa program PMU, angka 97 persen baru dapat dicapai pada 2014. Anggaran pendidikan juga akan digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan antara lain melalui peningkatan kualitas guru termasuk di dalamnya sertifikasi guru dan implementasi kurikulum 2013.

…dst

Baca juga:
Anggaran Pendidikan Tahun 2014 Rp 371,2 Triliun
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1631

08/16/2013
Jakarta — Anggaran fungsi pendidikan pada tahun 2014 sebanyak Rp 371,2 triliun. Alokasi anggaran ini naik 7,5 persen jika dibandingkan dengan anggaran pendidikan tahun ini sebanyak Rp345,3 triliun. Hal tersebut disampaikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada saat menyampaikan Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RUU APBN) Tahun Anggaran 2014 dan Nota Keuangannya di Gedung DPR/MPR/DPD RI, Jakarta Jumat (16/8/2013). “Alhamdulillah kita dapat memenuhi amanat konstitusi untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN. Kita bersyukur dari tahun ke tahun alokasi anggaran pendidikan dapat terus kita tingkatkan,” kata SBY.Presiden SBY mengatakan, alokasi anggaran pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) diarahkan untuk meningkatkan mutu akses dan pemerataan pelayanan pendidikan. Tujuannya, kata SBY, untuk mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia sekaligus memanfaatkan bonus demografi dan momentum 100 tahun Indonesia merdeka.

…dst

13 ) Mendikbud: Anggaran Pendidikan Bisa Berubah
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/17/373/850933/mendikbud-anggaran-pendidikan-bisa-berubah

Sabtu, 17 Agustus 2013 11:46 wib
JAKARTA – Dari alokasi Rp371,2 triliun untuk anggaran pendidikan nasional, Rp82,7 triliun di antaranya adalah jatah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, angka ini masih dapat berubah. Mendikbud M Nuh menjelaskan, RUU APBN dan Nota Keuangan ini bisa berubah. Artinya anggaran pendidikan untuk Kemendikbud tadi pun belum pasti. “Mulai 1 September akan membahas Rancangan Anggaran Kegiatan Kementerian/Lembaga (RAKKL) untuk anggaran 2014. Nanti November sudah dikeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) tentang kegiatan anggaran tahun 2014, kemudian Desember sudah melakukan kegiatan tender yang disiapkan,” ujar Mendikbud M Nuh usai upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8/2013). Mantan Menkominfo itu membeberkan, RAKKL juga akan dibahas bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan perlengkapan-perlengkapan dokumen yang memenuhi syarat. Kemendikbud sendiri telah membuat tim yang menyiapkan seluruh dokumen terkait anggaran 2014. Melibatkan Direktorat, Kementerian mengambil alih pembahasan dengan teliti dan baik, termasuk dengan objektif di setiap kegiatan dan prosedur. “Itu merupakan sepenuhnya tanggung jawab dari KL. Selama ini dokumen-dokumen tentang RAKKL yang dibahas bersama di Kemenkeu selalu disetujui,” klaimnya.

…dst

14 ) RAPBN 2014 Janjikan Ekonomi Lebih Cerah
http://www.jpnn.com/read/2013/08/17/186538/RAPBN-2014-Janjikan-Ekonomi-Lebih-Cerah-

Sabtu, 17 Agustus 2013 , 03:26:00
JAKARTA – Awan kelabu masih menggelayuti perekonomian global. Namun, optimisme mencuat di dalam negeri. Pemerintah memproyeksi, ekonomi Indonesia pada 2014 mendatang bakal lebih cerah. Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, meski masih terbelit krisis, perekonomian global pada 2014 diperkirakan sedikit membaik, demikian pula volume perdagangan dunia. Sementara di dalam negeri, konsumsi masyarakat sebagai motor utama pertumbuhan ekonomi diperkirakan terus membaik. “Kombinasi ini akan mengantar ekonomi Indonesia mencapai pertumbuhan 6,4 persen,” ujarnya saat konferensi pers tentang Nota Keuangan dan RAPBN 2014 di Kantor Ditjen Pajak, Jumat (16/8). Chatib menyebut, meski masih lambat, recovery diproyeksi bakal mengerek laju pertumbuhan ekonomi global pada 2014 nanti ke level 3,8 persen, naik dibanding tahun ini yang diproyeksi hanya mampu tumbuh 3,1 persen. “Ekonomi membaik berarti volume perdagangan membaik. Ini akan membantu kinerja ekspor kita,” katanya. Meski demikian, peraih gelar Doktor ekonomi dari Australia National University ini mengatakan, jika Indonesia harus tetap mewaspadai tekanan eksternal, salah satunya adalah potensi perlambatan pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang merupakan partner dagang utama Indonesia.

…dst

15 ) Enam Program Prioritas Pendidikan di Tahun 2014
http://www.kopertis12.or.id/2013/08/17/enam-program-prioritas-pendidikan-di-tahun-2014.html

08/17/2013
Jakarta — Pemerintah Indonesia memprioritaskan enam program utama di tahun 2014 pada sektor pendidikan, dalam rangka mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM), sekaligus memanfaatkan bonus demografi dan momentum 100 tahun Indonesia merdeka. Keenam program tersebut yaitu Pendidikan Menengah Universal (PMU), Kurikulum 2013, peningkatan kualitas guru, rehabilitasi dan sarana prasarana, afirmasi daerah 3T, serta Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Bidikmisi. Hal tersebut disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (16/8) kemarin di depan sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI di Gedung MPR/DPR RI Jakarta dalam rangka HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI. Untuk mendukung program-program prioritas tersebut, menurut Presiden, anggaran pendidikan ditingkatkan 7,5%, dari Rp. 345,3 triliun tahun ini menjadi Rp. 371,2 triliun di tahun 2014. Namun angka tersebut masih dimungkinkan mengalami perubahan, karena masih bersifat rancangan undang-undang (RUU).

…dst

16 ) Pelajar Papua Bakal Studi di PTN Terbaik
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850622/pelajar-papua-bakal-studi-di-ptn-terbaik

Jum’at, 16 Agustus 2013 16:42 wib
JAKARTA – Demi meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah menginstruksikan adanya pengiriman pelajar asal Papua untuk melanjutkan studinya di beberapa SMA/SMK dan Perguruan Tinggi Negeri terbaik di luar Papua. Demikian tertuang dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2014 yang diungkapkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, saat pembacaan Nota Keuangan, di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2013). Di sisi lain, tambah SBY, satu masalah penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus bersama, adalah distribusi guru antarsatuan pendidikan dan antarwilayah yang belum merata.Daerah-daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan, masih ada yang belum terpenuhi kebutuhannya sesuai dengan standar pelayanan minimal. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan akan terus dilakukan, Selain itu, infrastruktur sekolah juga terus dibangun. Anggaran akan disediakan untuk melanjutkan penuntasan rehabilitasi ruang kelas rusak, serta pembangunan sekolah baru, Akademi Komunitas dan sarana pendukungnya. “Dan untuk makin memeratakan akses pendidikan, dalam 2014 kita tingkatkan lagi penyediaan bantuan siswa miskin dan beasiswa Bidik Misi,” pungkasnya. (ade)

***

17 ) Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia Versi Webometrics Edisi Juli 2013
http://www.kopertis12.or.id/2013/08/16/peringkat-perguruan-tinggi-versi-webometrics-edisi-juli-2013.html

16 Agustus 2013
Webometric telah merilis Peringkat Webometrics edisi Juli 2013 . Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu Perguruan Tinggi diseluruh dunia. Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan edisi Juli 2013 berjumlah 358 PT. Berikut adalah Webometrics Ranking yang dicapai Perguruan Tinggi Indonesia:

…dst

18 ) Situs UB Turun Peringkat di Webometrics 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850569/situs-ub-turun-peringkat-di-webometrics-2013

Jum’at, 16 Agustus 2013 17:08 wib
JAKARTA – Webometrics kembali meluncurkan daftar situs perguruan tinggi paling populer. Pemeringkatan yang dirilis Juli 2013 ini melaporkan Universitas Brawijaya (UB) menduduki peringkat enam terbaik se-Indonesia, namun UB terpaksa turun satu peringkat. Jika UB turun satu peringkat dari sebelumnya, tidak demikian dengan Universitas Padjadjaran (Unpad). Kampus asal Bandung ini naik dari peringkat sembilan ke peringkat empat. Sebagian besar perguruan tinggi pun tercatat berhasil meningkatkan keeksisan laman kampus mereka. Ketua Unit Pemeringkatan UB Adharul Muttaqin, ST, MT dalam analisanya mengatakan bahwa indikator parameter penilaian UB sebenarnya mengalami peningkatan. Utamanya pada dua komponen, yaitu aktivitas dan visibilitas yang keduanya sama0sama dalam porsi penilaian 50 persen. “Ketika hasil pemeringkatan webometrics dirilis, ternyata justru mengalami penurunan peringkat,” ujarnya yang dilansir dari laman UB, Jumat (16/8/2013).Lanjutnya, meskipun parameter milik UB mengalami peningkatan, pada saat yang sama perguruan tinggi lain juga memiliki indikator penilaian yang lebih baik.

…dst

19 ) Menlu Imbau WNI Tak Bepergian ke Mesir
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/17/1415507/Menlu.Imbau.WNI.Tak.Bepergian.ke.Mesir.

Sabtu, 17 Agustus 2013 | 14:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa memastikan seluruh warga Indonesia di Mesir dalam keadaan aman. Sebagian WNI ditempatkan di kantor-kantor perwakilan RI di Mesir. “Kami terus monitor dan kami pastikan warga Indonesia dalam keadaan baik. Tapi, bukan berarti tidak ada tantangan,” kata Marty seusai upacara HUT Ke-68 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2013). Marty mengatakan, berdasarkan pengamatan perwakilan RI di RI, belum diperlukan langkah evakuasi WNI. Hanya, kata Marty, pihaknya mengimbau agar tidak ada lagi WNI yang berkunjung ke Mesir. “Saya masih menerima laporan ada kelompok wisatawan yang masih pergi ke Mesir, datang ke Kairo. Bahkan, saya juga mendengar ada semacam penggalangan sukarelawan ke Mesir. Saya kira itu kurang tepat. Kalau kita ingin membantu dana, dan lain-lain, kan ada sarana yang lebih tepat, misalnya melalui Palang Merah,” kata Marty.

…dst

20 ) Tahun Ini tak Ada Program Beasiswa ke Mesir
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=186635

Sabtu, 17 Agustus 2013 , 16:07:00
JAKARTA–Konflik berdarah di Mesir hingga saat ini belum usai. Meski sudah banyak memakan korban akibat konflik, Pemerintah Indonesia belum berencana memulangkan para mahasiswa yang belajar di negara tersebut. Termasuk dari Kementerian Agama yang setiap tahun mengirimkan mahasiswa program beasiswa ke Mesir. “Selama ini duta besar kita telah memberikan perhatian kepada mereka dan posisi kemenag itu menunggu apakah kondisi di sana betul-betul sangat mengkhawatirkan bagi mahasiswa kita,” ujar Menteri Agama Suryadharma Ali di kompleks Istana Negara, Jakarta, Sabtu (17/8).Meski belum dievakuasi, Menag mengingatkan para mahasiswa Indonesia untuk tetap waspada dan menghindari lokasi rawan konflik. Selain itu, mahasiswa juga diminta tidak mencampuri urusan dalam negeri Mesir. Termasuk mendukung salah satu kelompok dari pihak yang bertikai di negara itu. Sementara itu, untuk program beasiswa bagi mahasiswa di kemenag, tuturnya, tahun ini ditiadakan hingga kondisi di Mesir kembali normal.

…dst

21 ) 80 Orang Mahasiswa Masih Bertahan
Demo Solidaritas Digelar
http://www.jpnn.com/read/2013/08/17/186568/80-Orang-Mahasiswa-Masih-Bertahan-

Sabtu, 17 Agustus 2013 , 09:22:00
BANJARMASIN – Sekitar 80 orang mahasiswa asal Kalsel yang ada di Mesir, diperkirakan masih dalam kondisi yang baik. Para mahasiswa tersebut diminta untuk tetap bertahan di apartemen, hingga situasi sudah memungkinkan. Namun para mahasiswa tersebut diminta untuk tetap mengumpulkan stok makanan dan tidak menuju lokasi yang berbahaya. “Menurut informasi, Alhamdulillah, seluruh mahasiswa asal Kalsel dalam kondisi yang baik-baik saja. Tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka sudah diminta untuk tidak keluar dari apartemen,” ujar Mushaffa Zakir, alumnus 2006 Universitas Al Azhar kepada Radar Banjarmasin (Grup JPNN) kemarin (16/8). Mushaffa menambahkan, tragedi yang menimpa masyarakat Mesir ini merupakan keberingasan dari junta militer yang ingin menumbangkan presiden Mesir terpilih. Salah satunya adalah dengan pembantaian yang dilakukan dan memakan korban jiwa mencapai 6.000 orang.”Warga Mesir hanya menuntut keadilan. Kami sebagai alumni hanya dapat memberikan dukungan untuk tetap bertahan,” ujar Anggota Komisi II DPRD Kota Banjarmasin ini.

…dst

22 ) ITB: Dukung dan Tegakkan Nilai-Nilai Kebenaran dan Kebaikan
http://www.itb.ac.id/news/3987.xhtml

17 Agustus 2013, 07:30:48
BANDUNG, itb.ac.id – Terkait penangkapan mantan kepala SKK Migas dan salah satu staf pengajar ITB, Dr. Rudi Rubiandini pada Selasa (13/08/13), ITB menyatakan sikap pada konferensi pers yang diadakan pada Jumat (16/08/13) lalu. ITB sebagai salah satu institusi bernaung Rudi terdahulu merupakan salah satu institusi yang paling ditunggu pernyataannya mengenai kasus tersebut.Terkait kasus yang menimpa mantan kepala SKK Migas dan juga staf pengajar ITB tersebut, Institut Teknologi Bandung menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan bangsa. ITB menyatakan akan mendukung segala upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menegakkan kembali segala nilai kebenaran dalam kasus ini, sesuai dengan asas dan prosedur hukum yang berlaku. ITB juga menyatakan tidak akan meninggalkan Rudi begitu saja dan akan menemaninya menjalani pemeriksaan tersebut.

…dst

23 ) ITB Komitmen Tingkatkan Pendidikan Antikorupsi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/246886

Jumat, 16/08/2013 – 15:22
BANDUNG,(PRLM).- Terkait kasus korupsi yang melibatkan alumninya Rudi Rubiandini, sebenarnya Institut Teknologi Bandung (ITB) sudah sejak lima tahun belakangan memiliki mata kuliah pendidikan antikorupsi sebanyak dua sks. Meskipun belum menjadi mata kuliah wajib dan masih menjadi mata kuliah pilihan. Untuk menjadi mata kuliah wajib akan dibutuhkan dosen yang mengampunya. Akan tetapi menjadi komitmen ITB untuk meningkatkan kualitas pendidikan antikorupsi di ITB.”Barangkali yang perlu ditingkatkan bagaimana pemahaman mahasiswa terhadap korupsi itu. Tentu juga harus mendidik karakter yang baik untuk tidak melakukan itu. Percuma mau ditambah sks juga kalau hanya sekedar teori,” kata Prof. Akhmaloka dalam konferensi pers di Rektorat ITB, Jln. Tamansari, Kota Bandung, Jumat (16/8/2013).ITB juga mengimbau kepada seluruh civitas akademika ITB untuk selalu berusaha menegakkan nilai-nilai kebenaran dan kebaikan dalam melaksanakan tugas dan amanah yang dibebankan. Artinya kalau ada dosen menjadi pejabat dan diberi tugas di tempat lain agar menjaga amanah. “Termasuk kepada diri saya sendiri. Sebagai rektor saya pun mengimbau pada diri untuk dapat menjalankan amanah yang diberikan,” katanya. (A-208/A_88)

***

24 ) Rektor ITB Kaget Teman Seangkatan Ditangkap KPK
http://www.pikiran-rakyat.com/node/246884

Jumat, 16/08/2013 – 14:53
BANDUNG,(PRLM).- Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Akhmaloka mengaku masih tak percaya Rudi Rubiandini ditangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Akhmaloka yang juga teman satu angkatan saat masuk dan lulus dari ITB tidak mengira temannya itu menerima suap. Padahal Rudi dikenal sebagai dosen teladan ITB dan memiliki karakter santun dan baik. “Yah kami sempat shock. Ada rasa tidak percaya, kalau kenal juga orangnya santun. Ada rasa tidak percaya. Setelah itu kami diskusi. Tapi karena belum tahu permasalahannya, kami lihat proses hukumnya seperti apa,” ujarnya pada konferensi pers di Rektorat ITB, Jln. Tamansari, Kota Bandung, Jumat (16/8/2013). Menurut Akhmaloka, sejak diangkat menjadi Wamen ESDM kemudian menjadi Kepala SKK Migas, RUdi masih menyempatkan diri ke ITB. “Istilahnya masih pulang lah ke ITB. Sama seperti masih pulang ke kampung halamannya (Tasikmalaya),” katanya. Sebagai institusi pendidikan yang menjunjung tinggi kebenaran, ITB mendukung penuh segala upaya KPK dalam menegakan nilai-nilai kebenaran. “Kita lihat saja nanti proses hukumnya seperti apa,” tambah Akhmaloka.

…dst

25 ) Guru Besar Terjerat Korupsi, Nuh: Siapa Pun Bisa Kepeleset
http://nasional.kompas.com/read/2013/08/17/1939487/Guru.Besar.Terjerat.Korupsi.Nuh.Siapa.Pun.Bisa.Kepeleset

Sabtu, 17 Agustus 2013 | 19:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menilai terjeratnya Rudi Rubiandini dalam kasus dugaan korupsi telah mencoreng dunia pendidikan. Ia berharap seluruh akademisi berhati-hati dalam bertindak. “Siapa pun bisa kepeleset. Itu menjadi peringatan untuk saya dan kawan-kawan, tidak ada garansi kalau saya dosen maka selamanya akan baik. Oleh karena itu, harus waspada, hati-hati, pegang teguh nilai,” kata Nuh di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2013). Nuh mengatakan, kasus korupsi yang menjerat akademisi seperti dosen sudah banyak terjadi. Namun, kata dia, korupsi tersebut masih dalam skala kecil atau tidak sampai puluhan miliar rupiah. Untuk kasus Rudi, Nuh menilai besar jika melihat nilai uang dan jabatan Rudi. Rudi merupakan guru besar di Institut Teknologi Bandung sebelum menjabat Kepala Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (kini nonaktif). Jabatan itu ditanggalkan ketika aktif di SKK Migas.

…dst

26 ) Anggaran Beasiswa Bidik Misi Akan Dinaikan
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850601/anggaran-beasiswa-bidik-misi-akan-dinaikan

Jum’at, 16 Agustus 2013 16:20 wib
JAKARTA – Pemerintah berkomitmen meningkatkan nilai penyediaan bantuan siswa miskin dan beasiswa Bidik Misi. Rencana itu akan direalisasikan pada 2014. “Ini untuk makin memeratakan akses pendidikan. Infrastruktur sekolah juga terus akan dibangun,” ujar Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, saat pembacaan Nota Keuangan di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2013). Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2014 untuk sektor pendidikan meningkat 7,5 persen dari Rp345,3 triliun pada 2013 menjadi Rp371,2 triliun. Alokasi yang tertuang untuk anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama itu, akan diarahkan untuk meningkatkan mutu, akses, dan pemerataan pelayanan pendidikan. Anggaran tersebut jelas SBY antara lain akan digunakan untuk melanjutkan penuntasan rehabilitasi ruang kelas rusak, serta pembangunan sekolah baru, akademi komunitas dan sarana pendukungnya.
(rhs)

***

27 ) Undip Raih Tambahan 200 Kuota Bidik Misi
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850553/undip-raih-tambahan-200-kuota-bidik-misi

Jum’at, 16 Agustus 2013 16:15 wib
JAKARTA – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mendapat tambahan kuota beasiswa Bidik Misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebanyak 200 orang. Sehingga total beasiswa Bidik Misi di Undip tahun ini genap berjumlah 1.000 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya berjumlah 800 mahasiswa. Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Undip Warsito mengatakan, dengan tambahan kuota 200 orang itu dapat mengkover semua mahasiswa miskin tetapi berprestasi untuk memperoleh beasiswa Bidik Misi tersebut.”Tambahan kuota Bidik Misi ini adalah wujud Undip sebagai kampus rakyat dan itu sebagai bentuk kepedulian Undip kepada masyarakat yang tidak mampu. Kebijakan penambahan kuota ini merupakan kebijakan yang sangat strategis untuk memberikan kesempatan dan pemerataan di bidang pendidikan yang akan berdampak pada sosial ekonomi masyarakat,” kata Warsito, seperti disitat dari situs Undip, Jumat (16/8/2013).

…dst

28 ) “Lulusan Kedokteran UI Lebih Bergengsi”
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850498/lulusan-kedokteran-ui-lebih-bergengsi

Jum’at, 16 Agustus 2013 15:09 wib
DEPOK – Kuota kursi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) selalu diperebutkan dan tetap menjadi favorit setiap tahunnya. Bayangkan saja, hanya mahasiswa terpilih yang bisa lolos menjadi mahasiswa FKUI. Salah satu yang beruntung diraih oleh Bryan RS (17), siswa lulusan SMAN 70 Jakarta. Ia berhasil lolos masuk FKUI dengan jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Itu berarti, Bryan hanya mengandalkan nilai rapor yang fantastis dengan rata – rata 80-90. Ia pun selalu berprestasi peringkat tiga besar di sekolahnya. “Saya masuk jalur undangan, sekarang saya pindah kost di Depok, rumah orang tua di Jakarta Selatan. Betul masuk FKUI sangat ketat, saya sendiri enggak menyangka dan terpikir akan masuk kedokteran, karena saya berpikir kalau masuk kedokteran bisa masuk ke bidang yang lain,” tuturnya kepada wartawan di Balairung UI, Jumat (16/8/2013).Saat memilih pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), jurusan kedokteran UI mang merupakan pilihannya yang pertama. Sementara di pilihan kedua, Bryan memilih Fisika.

…dst

29 ) Ospek di UI lebih mendidik
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/16/15/772004/ospek-di-ui-lebih-mendidik

Sabtu, 17 Agustus 2013 − 00:01 WI
Sindonews.com – Universitas Indonesia (UI) menggelar berbagai macam rangkaian acara orientasi mahasiswa baru yang disebut dengan nama Kamaba (Kegiatan Mahasiswa Baru). Rangkaian sudah diawali dengan Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU) dan akan dilanjutkan dengan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) serta Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI. Wakil Ketua Panitia PSAU UI, A.G Sudibyo mengatakan ospek di UI diberikan berupa orientasi yang memotivasi mahasiswa. Acara PSAU, kata dia, merupakan kegiatan tahunan tingkat universitas hingga akhirnya para mahasiswa akan resmi disambut oleh rektor. “Besok tanggal 17 Agustus akan ada paduan suara diikuti mahasiswa baru, lalu ada kegiatan Cinta Kampus juga. Display UKM, OKK. Mahasiswa baru memang sudah diterima di UI, tetapi belum resmi disambut, karena itu mereka wajib mengikuti rangkaian kegiatan ini,” tuturnya kepada wartawan di Balairung UI, Jumat (16/08/2013). Sudibyo menambahkan pihak kampus memberikan toleransi kepada mahasiswa yang tidak dapat hadir dengan alasan sakit atau masih berada di kampung halaman asalkan ada surat izin yang diberikan. Usai kegiatan tersebut, kata dia, seluruh mahasiswa selalu mengisi daftar absen.”Kegiatan ini menanamkan nilai kebenaran, kejujuran, dan keadilan, kami berikan motivasi misalnya tak boleh mencontek sampai plagiarisme. Masa adaptasi antara mahasiswa seluruh Indonesia,” ungkapnya.

…dst

30 ) Pra ospek maba UI diberi pembekalan pemilu
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/15/15/771561/pra-ospek-maba-ui-diberi-pembekalan-pemilu

Kamis, 15 Agustus 2013 − 12:56 WIB
Sindonews.com – Sebanyak 5.000 mahasiswa baru (Maba) Universitas Indonesia (UI) mengikuti kegiatan pra ospek berupa Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU) di Balairung UI, Depok. Namun, hal yang unik dilakukan oleh panitia yakni dengan mengemas acara tersebut dengan memberikan pembekalan pengetahuan seputar pemilu menjelang pesta demokrasi Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014. Center for Election and Political Party Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI mengundang perwakilan partai politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga Wakil Ketua MPR dan Wakil Ketua DPR RI. KPU mengedukasi kepada para mahasiswa baru yang berpotensi menjadi pemilih pemula untuk mengecek data dirinya apa sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).Jika belum, maka para mahasiswa baru diminta untuk mengecek ke kelurahan setempat hingga mengakses di website KPU dengan memasukan nama dan nomor KTP. Para mahasiswa diingatkan untuk mau mencoblos pada 9 April 2014.

…dst

31 ) Lestarikan wayang, UGM gelar wayang tingkat internasional
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/16/15/772140/lestarikan-wayang-ugm-gelar-wayang-tingkat-internasional

Jum’at, 16 Agustus 2013 − 21:06 WIB
Sindonew.com – Kampus UGM sebagai balai nasional kebudayaan merasa prihatin dengan kondisi pewayangan di Indonesia sendiri. Sebagai upaya untuk membangkitkan lagi budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO tersebut, UGM bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan pameran, dan konferensi wayang tingkat internasional.
“UGM memang berkeinginan mengembangkan tradisi wayang dan mesosialisasikan wayang kepada masyarakat. Kami prihatin, wayang kini sudah tidak diminati generasi muda, padahal dunia sendiri sudah mengakuinya sebagai warisan dunia,” ujar Ketua Pengelola Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM Dr Ida Rochani Jumat (15/8/2013).Kepada wartawan, Ida mengatakan, kegiatan yang bertemakan wayang untuk kemanusiaan ini akan dilaksanakan pada 21-25 Agustus 2013 di salah satu hotel di Jogya. Dalam kegiatan tersebut, panitia akan menampilkan kegiatan konferensi ilmiah hingga pertunjukan wayang.

…dst

32 ) Pegelaran wayang internasional libatkan 30 komunitas
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/16/15/772141/pegelaran-wayang-internasional-libatkan-30-komunitas

Jum’at, 16 Agustus 2013 − 21:09 WIB
Sindonews.com – Kepala Dinas Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH Yudhaningrat mengatakan, wayang yang telah diakui dunia seharusnya menjadi kebanggan bagi seluruh masyarakat Indonesia.Oleh karena itu, sudah sepantasnya produk budaya tersebut dilestarikan. “Bahkan dari cerita dan tokoh wayang tersebut mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Jangan sampai pamor wayang merosot dan ditinggalkan karena tidak lagi tontotan dan tuntunan,” katanya, Jumat (16/8/2013). Panitia Pameran Wayang Larasati Suliantoro Sulaiman pun mengatakan, dalam pameran kali ini akan terlibat 30 komunitas pemerhati wayang dari berbagai daerah. Rencananya panitia akan memamerkan hasil kreasi wayang yang dikombinasikan dengan seni batik.

…dst

33 ) PMU Targetkan 97% Anak Indonesia Lulus Pendidikan Menengah
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/17/373/850937/pmu-targetkan-97-anak-indonesia-lulus-pendidikan-menengah

Sabtu, 17 Agustus 2013 12:13 wib
JAKARTA – Program Pendidikan Menengah Universal (PMU) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi salah satu program unggulan Kemendikbud tahun ini. Program tersebut juga mendapat dukungan penuh dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rapat paripurna mengenai RAPBN 2014 kemarin. Mendikbud M Nuh menjelaskan, PMU dicanangkan untuk meningkatkan mutu akses dan pemerataan pelayanan pendidikan. PMU juga dirancang agar dapat mengakselerasi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut Nuh, PMU sangat penting untuk menggenjot angka rata-rata anak sekolah. Dari total 240 juta penduduk Indonesia, akan didata berapa banyak yang bersekolah sampai enam tahun (SD) dan berapa orang yang mengenyam pendidikan selama sembilan tahun (SMP).”Pada 2020 nanti, minimal 97 persen anak-anak Indonesia usia 16-18 tahun harus berpendidikan menengah. Untuk jangka waktu dekat, pada 2014 target lulus pendidikan menengah untuk kelompok usia itu adalah 8,25 persen,” ujar Nuh di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8/2013).

…dst

34 ) Mendikbud: Pendidikan Menengah Universal Genjot Mutu SDM
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/17/373/850887/mendikbud-pendidikan-menengah-universal-genjot-mutu-sdm

Sabtu, 17 Agustus 2013 10:00 wib
JAKARTA – Saat ini, banyak negara mengalami pergeseran pertumbuhan ekonomi. Dari pertumbuhan ekonomi berbasis sumber daya alam (SDA) ke basis kualitas sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, inovatif dan mampu berpikir orde tinggi.Hal tersebut, kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, turut mempengaruhi dunia pendidikan Tanah Air. Di antaranya terlihat dari penerapan program Pendidikan Menengah Universal (PMU).”Pendidikan Menengah Universal yang mulai tahun pelajaran 2013/2014 ini diberlakukan meliputi perluasan akses ke jenjang pendidikan tinggi dan beberapa kebijakan afirmasi seperti beasiswa Bidikmisi. Ini semua dimaksudkan untuk memperkuat kualitas SDM yang lebih berkeadilan,” ujar Nuh dalam sambutan memimpin upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, di Halaman Kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8/2013).

…dst

35 ) SBY Dukung Program Pendidikan Menengah Universal Kemendikbud
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850593/sby-dukung-program-pendidikan-menengah-universal-kemendikbud

Jum’at, 16 Agustus 2013 16:09 wib
JAKARTA – Program Pendidikan Menengah Universal (PMU) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendapat dukungan penuh dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia menilai, program tersebut dapat memperluas akses pendidikan di Indonesia. “Untuk itu, mulai tahun pelajaran 2013/2014 wajib belajar sembilan tahun (jenjang pendidikan dasar), ditingkatkan ke jenjang pendidikan menengah, melalui program Pendidikan Menengah Universal (PMU),” ujar SBY dalam pidatonya di Gedung DPR-RI, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2013). Dengan adanya program tersebut, kata SBY, bonus demografi yang dialami Indonesia dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sehingga, pada 2020, jumlah anak Indonesia yang berpendidikan menengah bisa menembus angka 97 persen. “Hal ini dimaksudkan, agar anak-anak Indonesia pada usia 16-18 tahun pada 2020 minimal 97 persen berpendidikan menengah. Apabila tanpa program PMU, angka tersebut baru dicapai pada 2040,” ungkapnya.

…dst

36 ) Penelitian Albumin Ikan Gabus untuk Pengobatan
http://print.kompas.com/

Jumat, 16 Agustus 2013
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember bekerja sama dengan RS Paru Jember meneliti ikan gabus (Channa striata). Ikan gabus yang memiliki albumin (protein dalam darah) tinggi cocok untuk membantu proses penyembuhan sejumlah penyakit. Salah satunya penyakit tuberkulosis. Kerja sama penelitian itu, kata Rektor Universitas Jember M Hasan, di Jember, Jawa Timur, Kamis (14/8), diharapkan berlanjut dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. “Jika kelak ditemukan pemanfaatan dan aplikasi dari albumin, pasti akan ada penelitian lanjutan,” katanya. Direktur RS Paru Jember dr Arya Sidemen menegaskan, diperlukan ide segar dari berbagai disiplin ilmu seperti kimia dan farmasi, selain ilmu kedokteran, untuk meneliti lebih jauh pemanfaatan albumin ikan gabus. (SIR)

***

37 ) Asyik, Berprestasi di Unhas Bisa ke Australia
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850734/asyik-berprestasi-di-unhas-bisa-ke-australia

Sabtu, 17 Agustus 2013 10:17 wib
JAKARTA – Para mahasiswa berprestasi di Universitas Hasanuddin (Unhas) akan mendapat kesempatan kepada mahasiswa dari semua program studi (Prodi) untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa (Student Exchange) dengan Mahasiswa Perguruan Tinggi di University of Technology, Sydney, Australia. “Adapun persyaratannya, yaitu mahasiswa angkatan 2010 dan 2011 yang telah bebas Drop Out (DO), minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,00 dengan melampirkan transkrip nilai, menguasai bahasa inggris baik lisan maupun tulisan dengan melampirkan sertifikat atau surat keterangan jika ada, kemudian mahasiswa aktif dan berprestasi dalam bidang ekstrakurikuler (Ekskul) diuraikan dalam daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV),” demikian dilansir laman Unhas, Sabtu (17/8/2013). Bagi mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi, akan diberangkatkan pada minggu kedua September 2013 dan kembali pada minggu kedua Oktober 2013 atau selama satu bulan.Perihal biaya yang terkait dengan pertukaran mahasiswa ini berupa biaya tiket pesawat Makassar-Australia (PP) dan akomodasi ditanggung dari alokasi dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Bidang Kemahasiswaan Unhas 2013.

…dst

38 ) Unnes Pincut Hati Pelajar Negeri Gajah Putih
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850746/unnes-pincut-hati-pelajar-negeri-gajah-putih

Sabtu, 17 Agustus 2013 09:19 wib
JAKARTA – Ternyata, Universitas Negeri Semarang (Unnes) mampu menarik hati ribuan calon mahasiswa asing. Hal ini terbukti dari tingginya antusiasme para pelajar yang berasal dari sekolah menengah di penjuru Thailand saat berkunjung ke stan Unnes dalam Prince of Songkhla Education (PSU) Fair 2013 di Prince of Songkhla Convention Center, Thailand. Bukan hanya Unnes, kegiatan dalam rangka visi Internationalisasi ini diikuti juga oleh ratusan Universitas di Asia Tenggara. “Mereka membuka stan guna menjaring calon mahasiswa Internasional khususnya dari Thailand Selatan,” ungkap Ketua International Office Unnes Hendi Pratama, seperti disitat dari laman Unnes, Sabtu (17/8/2013). Songkhla adalah provinsi tempat terselenggaranya pameran internasional yang letaknya berbatasan langsung dengan Malaysia dan memiliki banyak penduduk muslim berbahasa Melayu. “Demografi yang unik tersebut menjadikan Songkhla dan provinsi sekitarnya di Thailand Selatan menjadi pangsa pasar yang ideal untuk Unnes,” jelasnya.

…dst

39 ) Wow, Mahasiswa Unpad dengan IPK <2,00 Bisa Drop Out
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850741/wow-mahasiswa-unpad-dengan-ipk

Sabtu, 17 Agustus 2013 08:10 wib
JAKARTA – Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di bawah 2,00 harus waspada. Pasalnya, pihak kampus menerapkan peraturan ketat berupa blokir oleh Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) sehingga mereka tidak bisa melakukan herregistrasi. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Engkus Kuswarno menjelaskan, mahasiswa yang memiliki IPK di bawah 2,00 tidak bisa melakukan herregistrasi dan terancam drop out (DO). Namun mereka terlebih dahulu telah diberi surat peringatan. Hanya saja, sebelumnya masih banyak mahasiswa dengan IPK di bawah 2,00 yang lolos verifikasi dan bisa melakukan herregistrasi. Padahal aturan tersebut sudah tertera dalam Pedoman Akademik Unpad. “Dulu, mekanismenya dua bulan sebelum masa herregistrasi, data mahasiswa yang layak untuk herregistrasi diserahkan ke fakultas untuk kemudian dilakukan verifikasi ulang. Karena mekanismenya yang manual, maka terkadang ada fakultas yang terlambat memberikan data,” kata Engkus, seperti dilansir oleh Okezone, Sabtu (17/8/2013). Mekanisme tersebut kemudian diubah. Melalui SIAT, sistem akan langsung memblokir data mahasiswa dengan IPK di bawah 2,00. Selanjutnya, mahasiswa tersebut kemudian mengajukan permohonan ke fakultas untuk bisa melakukan herregistrasi.

…dst

40 ) PTAIN Banyak Diminati Mahasiswa Luar Negeri
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/16/mrmuqq-ptain-banyak-diminati-mahasiswa-luar-negeri

Jumat, 16 Agustus 2013, 23:49 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Sejumlah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) di seluruh Indonesia, banyak kebanjiran mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Ini membuktikan kualitas sekolah tinggi agama Islam mulai meningkatkan kualitasnya, sehingga diminati oleh mahasiswa bukan hanya dari Indonesia, namun juga dari negara-negara lain. Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama, Dede Rosyada, mengakui adanya peningkatan jumlah mahasiswa asing yang ingin belajar di perguruan tinggi Islam di Indonesia. Paling banyak adalah mahasiswa yang berasal dari Asia Tenggara, seperti contohnya Thailand. Selain itu banyak pula mahasiswa-mahasiswa dari negara-negara Timur Tengah. Menurut dia, kualitas perguruan tinggi islam Indonesia kini sudah meningkat jauh dibandingkan beberapa tahun lalu, sehingga bisa menarik minat orang-orang dari luar negeri untuk belajar disini. “Terutama SDM-nya, dosennya,” katanya, Jumat (16/8).Dosen PTAIN, menurutnya kini telah banyak meningkatkan kualitasnya. “Mereka telah kompeten, bisa mengajar dalam berbagai bahasa juga,” ujarnya. Selain itu, ia juga mendorong agar para dosen PTAIN banyak melakukan riset dan menulis buku dalam berbagai bahasa, agar semakin dikenal oleh orang luar Indonesia.

…dst

41 ) Wah, Biaya Kuliah di Australia Termahal di Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850724/wah-biaya-kuliah-di-australia-termahal-di-dunia

Jum’at, 16 Agustus 2013 18:42 wib
JAKARTA – Bila memutuskan kuliah di luar negeri, maka tidak hanya biaya pendidikan yang menjadi pertimbangan utama, namun juga harus memikirkan bagaimana biaya hidup selama kuliah di sana.Biaya hidup mulai dari tempat tinggal, makan, dan kebutuhan lain di luar kuliah menjadi perhatian penting selain biaya untuk kuliah itu sendiri. Dilansir The Guardian, Jumat (16/8/2013), Australia berada di posisi teratas untuk biaya tujuan studi termahal di dunia. Paling tidak seorang mahasiswa asing harus merogoh kocek lebih dari 42.300 dolar Australia (setara Rp402,31 juta per AUD) setiap tahunnya hanya untuk biaya kuliah. Belum lagi tingginya pajak dan mahalnya biaya hidup di Australia, membuat Negeri Kangguru ini menjadi negara dengan tujuan studi termahal. “Kami akan menganalisa biaya-biaya hidup mahasiswa asing di sini, mulai dari biaya perjalanan, akomodasi, visa, asuransi, dan biaya makan. Lalu kami akan memberikan keringanan dan subsidi untuk biaya-biaya tersebut,” papar Presiden Dewan Mahasiswa Internasional Australia, Thomson Ch’ng. Di bawah Australia, ada Amerika Serikat dengan rata-rata biaya 39.200 dolar Austrlia (USD35.700 atau Rp370,03 juta) setahun. Diikuti Inggris dengan 33.300 dolar Australia (Rp345 juta).

…dst

42 ) Bosowa Ambil Alih Manajemen Universitas 45 Makassar
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/17/373/850942/bosowa-ambil-alih-manajemen-universitas-45-makassar

Sabtu, 17 Agustus 2013 13:07 wib
MAKASSAR – Pengelolaan manajerial Universitas 45 Makassar secara resmi beralih dari Yayasan Andi Sose ke tangan Yayasan Aksa Mahmud. Pengambilalihan tersebut ditandai dengan acara serah terima antara Andi Sose sebagai pendiri Universitas 45 Makassar dengan Aksa Mahmud di Makassar, Sabtu (17/8/2013).Diketahui, Universitas 45 Makassar didirikan pada 9 Desember 1985 dan resmi menerima mahasiswa baru pada Tahun Akademik 1986/1987. Kampus perguruan tinggi swasta tersebut terletak di bilangan Jalan Urip Sumoharjo, Makassar. Sejak periode 1998-2000 Universitas 45 Makassar telah berstatus Terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Depdiknas untuk semua fakultas-jurusan. Saat ini dalam kurun waktu 21 tahun penyelenggaraan pendidikan (1985-2007) tercatat membina 30 program studi yang ada pada 10 Fakultas, Program Diploma (D1/D3), dan Program Pasca Sarjana (S2).”Saya bilang sama Pak Aksa, kalau ada yang tanya, jawab saja, ‘Ini pengalihan.’ Tidak usah susah-susah menjawabnya,” ucap Andi Sose, yang dikenal salah satu tokoh pejuang 45 asal Sulawesi Selatan.

…dst

43 ) UNY segera gelar pelatihan guru
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/14/15/771248/uny-segera-gelar-pelatihan-guru

Rabu, 14 Agustus 2013 − 23:44 WIB
Sindonews.com – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK), akan mulai menggelar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) pada 19 Agustus 2013. Dalam PLPG tahun ini, ada 7.280 guru yang berjuang mendapatkan sertifikasi.”Jumlah tersebut belum pasti karena masih bisa bertambah,” kata Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Tenaga Kependidikan dan Nonkependidikan (P4TKN) UNY Edi Purwanta, di Yogyakarta, Rabu (14/8/2013). “Hal ini dikarenakan, pelaksanaan PLPG sekarang berdasarkan program studi (prodi). Guru yang bersangkutan hanya bisa mengikuti PLPG di Perguruan Tinggi (PT) penyelenggara yang memiliki prodi sesuai mata pelajaran,” imbuhnya. Edi menuturkan, UNY menerima para guru dari 50 mata pelajaran (mapel) untuk diuji sebelum pemberian sertifikasi. Mereka berasal dari 98 kabupaten atau kota seluruh Indonesia. Namun, dikarenakan banyak mapel yang serumpun, dilakukanlah penggrupan mapel, utamanya mapel kejuruan menjadi 34 mapel. Peserta terbanyak pada PLPG 2013 berada pada prodi Pendidikan Guru SD (PGSD) yakni 2.481 orang, disusul prodi PGPAUD atau TK yakni 2.363 guru. Beberapa prodi yang hanya memiliki satu orang peserta pun ada seperti desain produksi kriya kulit, elektronika pesawat udara dan pedalangan.

…dst

44 ) Menko Kesra: Pemerintah Akan Sediakan Dua Guru Pramuka Di Setiap Sekolah
http://www.menkokesra.go.id/content/menko-kesra-pemerintah-akan-sediakan-dua-guru-pramuka-di-setiap-sekolah

Jakarta, 16 Agustus – Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) HR. Agung Laksono mengatakan, pemerintah akan menyediakan setidaknya dua orang guru di setiap sekolah yang ditujukan untuk mengajar dan melatih Pramuka. Dia mengatakan, dua guru tersebut akan diambil dari masing-masing sekolah. Kemudian mereka akan mendapatkan pelatihan dari Kwartir Nasional atau Kwartir Daerah Pramuka, yang berkoordinasi dengan TNI dan Kepolisian Republik Indonesia. “Pelatihan akan dilakukan secara berjenjang dan melalui daerah masing-masing,” kata Menko Kesra saat ditemui usai melaksanakan Halal Bihalal Kemenko Kesra bersama LPP RRI, Kamis (15/8/2013) siang di Auditorim RRI, Jl. Medan Merdeka Barat 4-5, Jakarta. Kemudian, pemerintah akan menyediakan dua orang guru khusus Pramuka untuk menunjang Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah pada kurikulum baru ini. “Untuk itu, diharapkan anak-anak tidak hanya berpenampilan seperti Pramuka, tetapi bersikap juga seperti Pramuka,” harapnya.

…dst

45 ) Bonus Demografi Momentum 100 Tahun RI Merdeka
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/16/373/850616/bonus-demografi-momentum-100-tahun-ri-merdeka

Jum’at, 16 Agustus 2013 16:37 wib
JAKARTA – Pemerintah akan memanfaatkan bonus demografi dan momentum 100 tahun Indonesia merdeka. Guna memuluskan niat tersebut,maka mutu, akses dan pemerataan pelayanan pendidikan akan ditingkatkan. Demikian dikatakan Presiden SBY saat membacakan pidato keterangan pemerintah atas RUU tentang RAPBN Tahun Anggaran 2014 beserta Nota Keuangannya, pada rapat paripurna DPR, di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2013). Dengan demikian, alokasi anggaran pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama yang tertuang dalam RAPBN 2014 akan diarahkan kepada tiga fokus tersebut. “Tujuannya, untuk mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia,” ujar Presiden SBY. Selain itu, mulai tahun pelajaran 2013/2014 wajib belajar 9 tahun (jenjang pendidikan dasar), ditingkatkan ke jenjang pendidikan menengah, melalui program Pendidikan Menengah Universal (PMU). Hal ini dimaksudkan, agar anak-anak Indonesia pada usia 16-18 tahun pada tahun 2020 nanti minimal 97 persen berpendidikan menengah. Apabila tanpa program PMU, angka tersebut baru dicapai pada tahun 2040.
(rhs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *