Berita Edukasi, 14 Agustus 2013

1 ) Presiden: Banggalah Menjadi Anggota Pramuka
http://www.setkab.go.id/berita-9828-presiden-banggalah-menjadi-anggota-pramuka.html

Rabu, 14 Agustus 2013 – 17:20 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak kepada segenap anggota Pramuka di seluruh tanah air, agar dengan penuh semangat mengikuti semua kegiatan dan aktivitas kepramukaan. “Banggalah menjadi anggota Pramuka. Banggalah menjadi tunas-tunas muda, generasi emas Indonesia. Melalui Gerakan Pramuka, adik-adik dapat memupuk mental kepribadian yang kuat, ulet, pantang menyerah, dan berdisiplin. Kepribadian yang akan menjadikan bangsa kita sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju,” kata Presiden SBY saat memberikan sambutan pada Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-52, di Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8) sore. Kepala Negara yang didampingi Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono memintaanggota Pramuka harus rukun dan baik sama teman, memiliki toleransi dan rasa persaudaraan yang tinggi dengan siapapun meskipun berbeda agama, etnis, suku, daerah dan perbedaan lainnya. “Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, kita harus bisa hidup damai dalam kemajemukan itu,” tegas Kepala Negara.

…dst

2 ) Kemdikbud Mengucapkan Selamat Hari Pramuka Ke-52 2013
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1620

08/14/2013 (All day)
Jakarta–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengucapkan selamat Hari Pramuka Ke-52 2013. Puncak peringatan Hari Pramuka tahun ini akan dilaksanakan di Lapangan Gajah Mada Kompleks Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2013) sore. Tema peringatan Hari Pramuka adalah “Wujudkan Bangsa yang Berkarakter dan Bermartabat melalui Gerakan Pramuka”. Upacara peringatan akan dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Pada kesempatan ini Presiden akan menyematkan Lencana Gerakan Pramuka dalam rangka HUT Pramuka Ke 52 kepada 27 orang yang berjasa mengembangkan Gerakan Pramuka di Indonesia. Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibukota Jakarta, tapi juga di tempat yang penting di Indonesia. Di Jakarta sekitar 10.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar, yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta.

…dst

3 ) 4.000 Seniman Dari 33 Provinsi Akan Ramaikan Pawai Kebudayaan Nusantara
http://www.setkab.go.id/berita-9813-4000-seniman-dari-33-provinsi-akan-ramaikan-pawai-kebudayaan-nusantara.html

Rabu, 14 Agustus 2013 – 07:23 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Setelah absen selama tiga tahun karena kebetulan pada tahun-tahun lalu, bulan Agustus bertepatan dengan Ramadhan, ppemerintah kembali menggelar Pawai Budaya Nusantara yang merupakan rangkaian kegiatan bidang seni dan budaya dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-68 tahun 2013. Sebanyak 4.000 seniman dari 33 provinsi terdiri dari pemusik, penyanyi, dan penari akan meramaikan Pawai Budaya Nusantaraa ini. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu meyakini Pawai Budaya Nusantara tahun ini akan berlangsung spektakuler. Ada 33 provinsi dan sejumlah BUMN yang akan menampilkan keunikan, tradisi, dan kreativitasnya masing-masing.
“Ini adalah sebuah perhelatan akbar seni pertunjukan. Bisa dibayangkan akan ada lebih dari 4.000 seniman yang ikut andil disitu mulai dari pemusik, penyanyi, penari, dan masih banyak lagi,” kata Mari Elka Pangestu kepada wartawan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (13/8). Menurut Mari, Pawai Budaya Nusantara yang berlangsung setiap 18 Agustus diharapkan mampu menjadi puncak dari berbagai kegiatan pawai dan karnaval di berbagai daerah. “Dari segi konten kita sangat kaya, tinggal memperbaiki organisasi penyelenggaraan, meningkatkan mutu seni pertunjukan kontemporer melalui karnaval, dan publikasi agar karnaval di daerah menjadi agenda tahunan yang rutin,” jelas Mari Pangestu.

…dst

4 ) Situs ITS Terpopuler se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/14/373/849625/situs-its-terpopuler-se-indonesia

Rabu, 14 Agustus 2013 18:37 wib
JAKARTA – Webometrics kembali meluncurkan daftar situs terpopuler baik dari skala nasional maupun global. Pada pemeringkatan Juli 2013, situs milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjadi situs terpopuler se-Indonesia. Peningkatan posisi ini merupakan raihan prestasi yang sangat membanggakan mengingat pada pemeringkatan Januari 2013, posisi ITS berada di nomor delapan. Setelah ITS, situs Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menempati peringkat dua yang naik empat peringkat dari posisi sebelumnya. Di peringkat tiga, terdapat situs milik Institut Pertanian Bogor (IPB). Kampus di bawah asuhan Herry Suhardiyanto itu juga naik empat peringkat dari posisi sebelumnya yang berada di nomor tujuh. Demikian, seperti dikutip dari Webometrics, Rabu (14/8/2013). Kemudian, di nomor empat, terdapat pendatang baru, yakni Universitas Negeri Yogyakarta. Pada pemeringkatan Januari 2013, kampus asal Kota Gudeg itu bahkan tidak masuk dalam jajaran 10 besar.Tidak hanya posisi keempat, jajaran 5-10 besar pun dihuni oleh para pendatang baru. Di peringkat lima dan enam terdapat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Malang.

…dst

5 ) Rebut Satu Beasiswa S-2 Bisnis di UNSW!
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/13/368/849059/rebut-satu-beasiswa-s-2-bisnis-di-unsw

Rabu, 14 Agustus 2013 11:16 wib
JAKARTA – University of New South Wales (UNSW), Australia, membuka kesempatan beasiswa dalam bidang bisnis. Beasiswa S-2 ini akan diberikan bagi pelajar internasional yang menuntut ilmu di Australian School of Business. Satu beasiswa senilai USD26.680 akan diberikan selama masa studi melalui Hary and Liliana Tanoesoedibjo Scholarship in Business. Program beasiswa ini dibuka untuk mendukung para pelajar internasional dalam menekuni bisnis sebagai bidang kajian magisternya. Demikian dilansir laman UNSW, Rabu (14/8/2013).Pelamar haruslah sudah diterima sebagai mahasiswa S-2 (Masters atau AGSM MBA) di Australian School of Business, UNSW tahun ajaran 2014. Selain itu, beasiswa akan terus diberikan jika scholars mampu mempertahankan prestasi akademiknya. Scholars juga dilarang menerima beasiswa dari instansi lain.Seleksi dilakukan dengan melihat rekam jejak akademik pelamar. Penilaian juga diberikan terhadap alasan pelamar mengambil bisnis sebagai bidang studinya. Tertarik? Aplikasi beasiswa ini ditutup pada 30 November 2013. Simak laman UNSW https://scholarships.online.unsw.edu.au/scholarship/sc_al_search_detail.display_scholarship_details?p_schedule_id=1753&p_scholarship_specific_id=851 untuk informasi lebih lengkap. (rfa)

…dst

6 ) Presiden Tanda Tangani Keppres Pemberhentian Sementara Rudi Rubiandini
http://www.setkab.go.id/berita-9830-presiden-tanda-tangani-keppres-pemberhentian-sementara-rudi-rubiandini.html

Rabu, 14 Agustus 2013 – 17:56 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Terkait dengan penetapan resmi Rudi Rubiandini, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sebagai tersangka penyuapan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagaimana disampaikan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dalam konperensi pers di Gedung KPK, Rabu (14/8) siang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)siang ini telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 93 Tahun 2013 tentang pemberhentian sementara Rudi Rubiandini sebagai Kepala SKK Migas. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik dalam konperensi pers di Jakarta, Rabu (14/8) menyebutkan, untuk selanjutnya, Presiden menunjuk Wakil Kepala SKK Migas Johanes Widjonarko untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Kepala SKK Migas. Penunjukan Widjonarko ini, kata Jero Wacik, sesuai aturan, kalau Kepala SKK Migas berhalangan tetap, maka Wakil Kepala yang akan menjalankan tugas sampai diangkat pejabat yang definitif. “Dengan penerbitan Keppres ini, maka industri migas tetap berjalan dan tidak ada kevakuman,” jelas Jero Wacik. Menurut Menteri ESDM, industri migas ini strategis dengan memberikan penerimaan Rp1 triliun per hari. Oleh karena itu, SKK Migas tidak boleh berhenti sehari pun. “Jadi, harus cepat,” katanya.

…dst

7 ) Sejak Jadi Wamen ESDM, Rudi Off Jadi Gubes
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/14/373/849450/sejak-jadi-wamen-esdm-rudi-off-jadi-gubes

Rabu, 14 Agustus 2013 15:35 wib
JAKARTA – Penangkapan Ketua Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Rudi Rubiandini oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mencoreng dunia pendidikan. Apalagi Rudi juga menjabat sebagai Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) Bidang Teknik Minyak dan Gas Bumi. Lantas, bagaimana dengan jabatan guru besar tersebut? Menurut Rektor ITB Akhmaloka, semenjak menjabat di pemerintahan, secara otomatis jabatan guru besar yang disandangnya tidak aktif.”Semenjak jadi wakil menteri (wamen) ESDM, yang bersangkutan (Rudi Rubiandini) kami bebaskan tugasnya di ITB. Kalau dibebastugaskan, berarti saat ini yang bersangkutan tidak mengajar dan bukan guru besar di ITB,” papar Akhmaloka melalui pesan singkatnya kepada Okezone, Rabu (14/8/2013). Dia menyatakan, jabatan guru besar tersebut akan kembali aktif jika Rudi sudah tidak menjabat di pemerintahan. “Kalau nanti dikembalikan (ke ITB), baru akan on lagi guru besarnya,” urainya. Meski saat ini masih dalam tahap pemeriksaan oleh KPK, Akhmaloka mengaku tidak ingin berspekulasi atas hasil pemeriksaan tersebut. Sebab, lanjutnya, saat ini segenap civitas academica ITB masih merasa terpukul atas kejadian tersebut. “Saya tidak mengerti masalahnya. Tapi, bagaimanapun juga Beliau dosen ITB dan kami belum ingin berandai-andai dulu. Ini semua warga ITB masih shock dan prihatin,” tutur Akhmaloka.(mrg)

***

8 ) Lulusan Sebelum 2011 Masih Bisa Masuk Unsoed!
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/14/373/849414/lulusan-sebelum-2011-masih-bisa-masuk-unsoed

Rabu, 14 Agustus 2013 15:20 wib
JAKARTA – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) masih menerima mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2013/2014. Sebanyak 280 kursi dapat diperebutkan melalui Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Pararel 2013. Pendaftaran jalur SPMB Paralel tetap dilakukan secara online melalui laman http://spmb.unsoed.ac.id. Pendaftaran dibuka sejak 1 Agustus dan berakhir pada 16 Agustus mendatang. Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Unsoed Krisnhoe Maya Woelandari mengatakan, SPMB Pararel memberi kesempatan pada siswa yang telah lulus sebelum 2011 untuk ikut menuntut ilmu di Unsoed. “Perkuliahan tetap dilakukan tiap Senin hingga Jumat namun dilakukan sore hari. Program studi (prodi) dalam perkuliahan pararel ini adalah Prodi Ilmu Hukum, Prodi Ilmu Administrasi Negara, Prodi Agroteknologi, dan Prodi Agribisnis,” tutur Krisnhoe, seperti dilansir oleh Okezone, Rabu (14/8/2013).

…dst

9 ) Baru 40% Prodi UNS Terkreditasi A
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/14/373/849549/baru-40-prodi-uns-terkreditasi-a

Rabu, 14 Agustus 2013 19:05 wib
SOLO – Hingga saat ini, dari 138 program studi (prodi) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, ternyata baru 40 persen yang sudah terakreditasi A. Lainnya masih terakreditasi B dan C.”Tetapi 2013 ini terjadi peningkatan bila dibanding 2012 yang hanya 38 persen. Sedangkan 2014, kami menargetkan 48 persen,” kata Rektor UNS Solo, Prof Dr. Ravik Karsidi, MS saat bertemu Okezone, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2013).Oleh karena itu, kata Ravik, untuk mendorong prodi yang ada meningkatkan akreditasi, UNS pun mengucurkan insentif percepatan akreditasi sebesar Rp15 juta kepada masing-masing prodi. Insentif ini diberikan terutama kepada prodi yang masih terakreditasi C.Saat ini, secara keseluruhan UNS memiliki 138 prodi dengan jenjang Diploma, S-1, S-2, S-3, Spesialis, hingga Profesi. Masing-masing jenjang Diploma terdapat 22 prodi, terdiri dari empat prodi akreditasi A, 17 prodi akreditasi B, dan satu prodi akreditasi C.

…dst

10 ) Umbi Porang, Alat IPB Dongkrak Ekonomi Desa Hegarmanah
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/14/373/849417/umbi-porang-alat-ipb-dongkrak-ekonomi-desa-hegarmanah

Rabu, 14 Agustus 2013 17:14 wib
JAKARTA – Umbi porang ternyata dapat menjadi tanaman yang cocok untuk dibudidayakan di Desa Hegarmanah, Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW), Jawa Barat. Potensi ini berhasil ditemukan oleh lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat. Tim yang terdiri dari lima mahasiswa dari Fakultas Kehutanan itu terinspirasi menggali potensi daerah tersebut melihat banyaknya pemuda-pemuda desa Hegarmanah yang belum memiliki pekerjaan. Maka, untuk membuka lapangan kerja, mereka menawarkan program budidaya umbi porang.Ketua Tim Juanda mengungkap, Desa Hegarmanah berbatasan langsung dengan HPGW dengan mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani. Kebutuhan masyarakat terhadap lahan pertanian, lanjutnya, telah memicu adanya penyerobotan lahan hutan milik HPGW.

…dst

11 ) Ben Bangga Akan Menyanyi di Istana Negara
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/14/373/849552/ben-bangga-akan-menyanyi-di-istana-negara

Rabu, 14 Agustus 2013 20:31 wib
PADANG – Bakat menyanyi mengantarkan Benediktus Manik kepada momen berharga dalam hidupnya. Mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta (UBH) itu akan bergabung dengan 132 anggota paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) lainnya dalam menyambut detik-detik proklamasi dan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68 pada 17 Agustus 2013 mendatang di Istana Negara, Jakarta. Menurut Benedikus, suatu kebanggaan baginya bisa mewakili Sumatera Barat untuk ikut menyumbangkan suaranya dan berpartisipasi dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia.”Saya sangat bersyukur bisa datang ke Jakarta untuk mewakili daerah setelah melalui audisi yang cukup ketat. Setidaknya terlibat menjadi anggota paduan suara GBN ini bisa meningkatkan rasa nasionalitas di antara tiap daerah dan dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air melalui seni,” ujar Ben, Rabu (14/8/2013).

…dst

12 ) Mengapa Fakultas Pertanian Minim Peminat?
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/14/373/849434/mengapa-fakultas-pertanian-minim-peminat

Rabu, 14 Agustus 2013 18:09 wib
JAKARTA – Minat generasi muda menekuni sektor pertanian di Surakarta masih rendah. Hal itu terlihat dari minimnya lulusan SMA/SMK yang mendaftarkan diri di program studi (Prodi) pada Fakultas Pertanian (FP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri).Padahal, saat ini kebutuhan dunia usaha di bidang pertanian terhadap lulusan FP sangat tinggi. Kira-kira, apa ya yang membuat para lulusan SMA/SMK ini enggan memilih prodi pertanian? Dekan Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Ir. Siswadi, MP, mengakui, animo lulusan SMA/SMK masuk ke FP memang tidak tinggi. Penyebabnya, kata Siswadi, karena stigma yang keliru dari masyarakat.”Selama ini mahasiswa pertanian diidentikkan dengan celana komprang, caping dan lumpur,” ujar Siswadi, seperti disitat dari laman Unisri, Rabu (14/8/2013).
Padahal, Siswadi melanjutkan, peluang kerja di bidang pertanian sangat terbuka luas dan menjanjikan. Dia menjelaskan, pihaknya sering menerima permintaan dari dunia industri pertanian dan perkebunan untuk mengirimkan alumni Unsri.

…dst

13 0 Siapkan WCU, Tim Unnes Ikuti Masterclass di Hongkong
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2013/08/14/168269/Siapkan-WCU-Tim-Unnes-Ikuti-Masterclass-di-Hongkong

14 Agustus 2013
SEMARANG, suaramerdeka.com – Diperlukan kerangka dan strategi implementasi agar Universitas Negeri Semarang (Unnes) dapat mewujudkan visinya menjadi World Class University (WCU). Untuk meningkatkan kapasitas manajemen, tim Unnes akan mengikut Masterclass Constructing World Class University, 21 – 24 Agustus 2013 di Hongkong.Tim terdiri atas Rektor, Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), dan Dekan FMIPA, FBS, dan FE, serta Kepala International Office.Masterclass menghadirkan oleh Dr Jamil Salmi, mantan koordinator Pendidikan Tinggi World Bank dan Profesor Emeritus di Universitas Diego Portales.Profesor di Universitas Brunei Darussalam ini akan membedah sejumlah persoalan manajerial perguruan tinggi agar terkelola menjadi universitas berkelas internasional. Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengungkapkan, masterclass dirancang untuk melakukan eksplorasi mengenai grand design yang diperlukan untuk membangun universitas berkelas internasional.

…dst

14 ) PSM Unpad Raih Dua Trofi Juara Kompetisi di Spanyol
http://www.pikiran-rakyat.com/node/246616

Rabu, 14/08/2013 – 16:31
BANDUNG,(PRLM).- Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad berhasil meraih nilai tertinggi dalam kategori Polifonia “Costa Blanca – Alicante Provincial Council”. Prestasi tersebut diraih pada kompetisi “International Contest of Habanera and Polyphony of Torrevieja” di Provinsi Torrevieja, Spanyol pada 22 – 28 Juli 2013 lalu. Gelar juara itu diraih dengan menyanyikan lagu tradisional masyarakat Bugis “Ma Rencong-Rencong” dan lagu tradisional Filipina “Pok pok Alimpako”. Dalam siaran pers yang diterima “PRLM” pada Rabu (14/8/2013),dalam kompetisi paduan suara internasional tersebut konduktor PSM Unpad Arvin Zeinullah pun dianugerahi penghargaan khusus sebagai The Best Director “José Hódar Tallavera”.PSM Unpad menerima 2 trofi kemenangan yang diberikan langsung oleh Gubernur Provinsi Torrevieja, Luisa Pastor Lilo.Kompetisi tersebut merupakan festival paduan suara tertua kedua yang digelar sejak 1954. Kompetisi ini diikuti para kelompok paduan suara terpilih dari berbagai benua. Tahun ini lima belas kompetitor dari berbagai negara seperti Venezuela, Ukraina, Spanyol, Slovenia, Kolombia, Korea Selatan, dan berbagai negara lainnya turut serta. Setiap paduan suara terpilih akan tampil dalam dua kategori, yaitu Habbaneras dan Polifonia, dengan membawakan lima buah lagu.Untuk kategori Habaneras, peserta membawakan lagu wajib dan dua lagu berbahasa Spanyol. (A-208/A_88)

***

15 ) Mahasiswa UGM Kembangkan Potensi Kuliner Desa Paseban
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/13/mrha4h-mahasiswa-ugm-kembangkan-potensi-kuliner-desa-paseban

Selasa, 13 Agustus 2013, 23:36 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menggali dan mengembangkan potensi wisata kuliner Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.”Pengembangan potensi wisata kuliner Desa Paseban akan memberikan pasokan bagi perekonomian masyarakat. Sebagai salah satu desa yang mengarah ke desa wisata, Paseban perlu memberikan perhatian ke arah itu,” kata Koordinator Mahasiswa Unit, Phisca Aditya Rosyady di Yogyakarta, Selasa.Menurut dia, objek wisata Desa Paseban memiliki potensi yang besar, sehingga harus diimbangi dengan barang-barang khusus sebagai pilihan untuk oleh-oleh para pengunjung objek wisata tersebut, termasuk makanan.”Oleh karena itu, KKN PPM UGM melalui inisiasi dari tim klaster agro dibantu dari klaster lain mengadakan sosialisasi potensi wisata kuliner dan demonstrasi masak. Kegiatan itu diikuti Tim Penggerak PKK Desa dan anggota PKK dari perwakilan RW se-Desa Paseban,” katanya.Ia mengatakan kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi sosialisasi dan demonstrasi masak. Sosialisasi potensi wisata kuliner disampaikan Fandinata Amrizal tentang urgensi wisata kuliner dalam sebuah desa wisata.

…dst

16 ) Bangsa Indonesia menjadi orang asing di negerinya sendiri
http://nasional.sindonews.com/read/2013/08/12/15/770694/bangsa-indonesia-menjadi-orang-asing-di-negerinya-sendiri

Selasa, 13 Agustus 2013 − 03:02 WIB
Sindonews.com – Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Hasyim Muzadi, mengkritik sikap Pemerintah Indonesia yang hanya menyia-nyiakan kekayaan alam Indonesia.Menurut Hasyim, hal tersebut bertentangan dengan syariat yang diajarkan oleh para Nabi. “Bangsa kita menjadi orang asing di negeri sendiri, sedangkan orang asing begitu enaknya menikmati sumber kekayaan alam yang ada seperti perikanan dan pertambangan,” kata Hasyim dalam acara Silaturahmi Syawalan Dosen dan Karyawan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Senin (12/8/2013).Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikam, Malang, Jawa Timur ini mengingatkan, harta yang diperoleh bukan volumenya yang menjadi sasaran utama. “Melainkan dari mana asalnya serta digunakan untuk apa. Sedangkan jika tidak bisa mengkondisikannya, tahta bisa menjadi sumber malapetaka,” pungkasnya. Sebelumnya, Hasyim mengatakan, kurangnya budaya membaca menjadi alasan utama lambannya kemajuan pendidikan di Indonesia. “Padahal, syarat kemajuan suatu bangsa terletak pada masyarakatnya yang gemar menimba ilmu,” ucapnya. “Indonesia yang mayoritas penduduknya Islam sangat sedikit sekali yang gemar membaca. Padahal dalam Alquran, terdapat ayat yang memberikan perintah untuk membaca,” tandasnya.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *