Berita Edukasi, 11 Agustus 2013

1 ) Mendikbud Pamer Rapor Biru KPK
http://www.jpnn.com/read/2013/08/10/185517/Mendikbud-Pamer-Rapor-Biru-KPK-

Sabtu, 10 Agustus 2013 , 05:12:00
JAKARTA- Setelah sebelumnya menerima rapor merah dari Ombudsman Republik Indonesia, Kamis (8/7) kemarin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh pamer rapor biru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diperolehnya dari komisi pemberantasan korupsi (KPK). “Ada lima terbaik dan lima terjelek. Nah kita itu yang terbaik,” tuturnya, kemudian tersenyum, saat dijumpai pada acara open house di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta. Senyuman bangga tak bisa lepas dari raut wajahya saat menjelaskan. Bukan apa-apa, lembaga negara yang mahir menangani korupsi ini justru bersebrangan dengan Ombudsman. KPK justru memberikan rapor Biru kepada Kemendikbud. Nuh menerangkan, ada beberapa nama selain Kemendikbud yang mendapatkan rapor biru dari KPK. Yakni, Badan Tenaga Nuklir Nasioanal, Kementerian Kesehatan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan PT. Jamsostek. Lanjut Nuh, warna biru menunjukkan predikat terbaik dan kuning merupakan penunjuk untuk yang terjelek. Hasil tersebut merupakan hasil penilaian terbaru KPK untuk seluruh kementerian lembaga di Indoneisa. “Untuk lima lembaga terbawah, yakni Kementerian Kehutanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, PT Pelindo II, Kementerian Energi dan Sumber Daya, dan Kementerian Pertanian, ” ujarnya sambil menunjuk buku hasil penilaian KPK tersebut.

…dst

2 ) Jalur Mandiri Beri 78 Jatah Bidikmisi
http://www.jpnn.com/read/2013/08/10/185580/Jalur-Mandiri-Beri-78-Jatah-Bidikmisi-

Sabtu, 10 Agustus 2013 , 16:16:00
SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tidak ingin menyia-nyiakan 78 kursi sisa kuota jalur mandiri. Kuota tersebut akan diberikan hanya kepada calon mahasiswa baru (camaba) yang punya nilai tes tinggi. Tapi, sisa kuota terpaksa dibiarkan kosong kalau memang tidak ada siswa yang memenuhi syarat. Kesempatan itu dibuka Unesa saat pendaftaran jalur mandiri secara online pada 13-27 Juli. “Jadi, mereka sudah daftar di bidikmisi Dikti, terus dapat PIN. PIN itulah yang digunakan buat daftar bidikmisi di jalur mandiri di Unesa,” jelas Kepala Humas Unesa Suyatno. Jadi, saat jalur mandiri lalu, ada dua alur pendaftaran. Pertama, alur tes yang diikuti mahasiswa pendaftar bidikmisi. Kedua, alur tes dan uang kuliah awal (UKA). Mereka adalah camaba yang tidak daftar bidikmisi. “Yang bidikmisi tidak disodori UKA saat wawancara,” katanya.Namun, ada dua syarat tertentu buat mereka. Pertama, camaba tersebut harus meraih nilai tes yang baik. Yaitu, harus mampu melampaui nilai minimal yang telah ditentukan. Kedua, camaba harus benar-benar dari keluarga tidak mampu.

…dst

3 ) Pengumuman Molor, Sulit Masuk PT Negeri
Hasil UNPK Paket C Gelombang Kedua
http://www.jpnn.com/read/2013/08/08/185410/Pengumuman-Molor,-Sulit-Masuk-PT-Negeri-

Kamis, 08 Agustus 2013 , 18:47:00
SURABAYA – Belasan ribu peserta ujian nasional paket kesetaraan (UNPK) gelombang kedua harus bersabar menunggu hasil ujian. Pasalnya, pengumuman ujian yang ditunggu-tunggu ternyata molor dari jadwal yang telah ditetapkan. Seharusnya, hasil ujian pada 1 Juli itu sudah diumumkan pada 1 Agustus. Akibatnya, para siswa mengalami kesulitan untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN). “Peserta UNPK paket C susulan ini terancam tidak bisa masuk PTN karena kesempatan mendaftarnya sudah ditutup,” ucap Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dispendik Surabaya Daka Wahyudi kemarin. Menurut Daka, semestinya hasil ujian itu sudah diumumkan sebulan pasca digelarnya ujian. “Namun, sebagai pelaksana, kami tidak bisa berbuat apa-apa,” ungkapnya. Daka menambahkan, bila hasil ujian itu diumumkan akhir Juli, siswa yang lulus sebenarnya masih punya kesempatan untuk mendaftar ke PTN. Sebab, masih ada PTN yang membuka jalur mandiri. Selain itu, mereka bisa mendaftar ke perguruan tinggi swasta (PTS). Kasi Pendidikan Kesetaraan (PK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Jawa Timur Eka Ananda menyatakan bahwa panitia pusat masih menunggu data dari provinsi lain. Kabarnya, memang masih ada provinsi yang belum menyerahkan data ke pusat. Hal inilah yang membuat hasil ujian kejar paket gelombang kedua belum diumumkan.

…dst

4 ) ITS Salurkan Sisa Bidikmisi ke Program D-3
http://www.jpnn.com/read/2013/08/08/185399/ITS-Salurkan-Sisa-Bidikmisi-ke-Program-D-3-

Kamis, 08 Agustus 2013 , 15:46:00
SURABAYA – Kuota program bidikmisi di Institut Teknologi Surabaya (ITS) masih sisa 245 kursi. ITS kini tengah bersiap mengalokasikan kuota yang kosong itu untuk program D-3. “Calon mahasiswa baru D-3 sudah ditawari program itu pas mendaftar lewat internet (Juni, Red) lalu,” ujar Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) ITS Ismaini Zain. Tahun ini ITS mendapat jatah 800 kursi program bidikmisi. Tapi, hingga seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM-PTN) dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM-PTN) selesai, jumlah yang terisi hanya 555 kursi.Ismaini menyampaikan, calon mahasiswa baru (camaba) program D-3 yang ingin memanfaatkan sisa kuota program bidikmisi harus melakukan verifikasi data pada 13-16 Agustus mendatang. Syarat untuk mengajukan bidikmisi D-3 tersebut sama seperti program S-1. Misalnya, penghasilan keluarga jika dibagi dengan jumlah anggota keluarga tidak lebih dari Rp 750 ribu per kepala. “Saat daftar ulang, mereka juga harus membawa surat keterangan miskin, rekening listrik, air, serta pajak bumi dan bangunan (PBB) sebagai data pendukung,” tambah Ismaini.

…dst

5 ) Seleksi Masuk PTN Jalur Mandiri Favorit
Sumbangan Paling Rendah Rp 20 Juta
http://www.jpnn.com/read/2013/08/03/184819/Sumbangan-Paling-Rendah-Rp-20-Juta-#

Sabtu, 03 Agustus 2013 , 10:50:00
SURABAYA – Proses masuk perguruan tinggi negeri (PTN) jalur mandiri memasuki tahap-tahap akhir. Ada yang menunggu pengumuman, ada pula yang tinggal melaksanakan daftar ulang. Ada yang perlu mendapat perhatian dari pendaftaran jalur mandiri. Yakni, besarnya sumbangan pengembangan institusi (SPI). Dari tiga PTN di bawah Kemendikbud yang ada di Surabaya, nilai SPI terendah Rp 20 juta. Bahkan, untuk Fakultas Kedokteran Unair, SPI dipatok minimal Rp 70 juta. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang telah menyelesaikan pengumuman akan melaksanakan daftar ulang pada 13-16 Agustus. Tapi, mulai kemarin (2/8) mahasiswa dapat melakukan pembayaran SPI. “Jumlah besarannya ada di www.smits.ac.id,” ujar Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) ITS Ismaini Zain. Ismaini menambahkan, jumlah SPI yang terpampang di website sudah pasti. “Ya, yang di-publish itu biayanya, gak ada penambahan. Sama gak bisa dicicil,” tambahnya. Untuk melakukan daftar ulang, para calon mahasiswa baru (camaba) hanya tinggal membawa bukti pembayaran SPI dari bank dan beberapa berkas tambahan. Misalnya, bukti telah diterima di ITS, fotokopi ijazah, dan fotokopi kartu keluarga.

…dst

6 ) ISI Sisihkan BOPTN Untuk Penelian
http://edukasi.kompas.com/read/2013/08/07/1734138/ISI.Sisihkan.BOPTN.Untuk.Penelian

Rabu, 7 Agustus 2013
DENPASAR, KOMPAS.com – Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar segera menyisihkan 30 persen bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) yang diterima dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membiayai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.”Demikian pula 20 persen penerimaan negara bukan pajak (PNBP) juga diarahkan untuk menyukseskan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi itu,” kata Rektor ISI Denpasar Dr I Gede Arya Sugiartha, SSKar, M.Hum di Denpasar, Rabu (7/8/2013). Ia mengatakan, terobosan yang dilakukan itu sebagai upaya penguatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh sebab itu setiap dosen lembaga pendidikan tinggi seni itu wajib memiliki “blog pribadi” yang berisikan tentang bahan mengajar, hasil penelitian, artikel, karya seni, dan laporan pengabdian masyarakat selama setahun.

…dst

7 ) Dokter tak Cuci Tangan akan Disanksi
http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/08/06/913/173373/Dokter-tak-Cuci-Tangan-akan-Disanksi

Selasa, 06 2013 | 12:20 WIB
Metrotvnews.com: Cuci tangan mendapat perhatian serius di Skotlandia. Bahkan dokter yang tak mencuci tangannya saat memeriksa pasien akan mendapat sanksi. Juru bicara Kementerian Kesehatan Jackson Carlaw mengatakan data Layanan Kesehatan Nasional (NHS) menyebutkan 1 dari 10 dokter tak memenuhi standar kesehatan tangan. NHS menyebut itu sebagai masalah ketidakdisiplinan prosedur. Pada Mei 2013, audit kesehatan tangan NHS menunjukkan 96 persen mematuhi aturan tersebut. Lantaran itu, Pemerintah Skotlandia mengatakan tak ada tempat untuk dokter yang tak mematuhinya. “Kami harus mempertimbangkan kemungkinan sanksi terhadap ketidakdisplinan yang dilakukan dokter dan siapa saja yang gagal memenuhi standar kesehatan,” kata Carlaw.

…dst

8 ) Undip Raih Prestasi Diktendik Nasional
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/07/233419/Undip-Raih-Prestasi-Diktendik-Nasional

07 Agustus 2013
SEMARANG – Dosen dan karyawan Undip berhasil meraih prestasi membanggakan di ajang Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Nasional (Diktendik) 2013 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Hotel Menara Peninsula Jakarta, baru baru ini. Dr Hadiyanto MSc meraih juara III dosen berprestasi dan Tri Widowati SE juara II Tenaga Pengelola Keuangan Berprestasi. Hadiyanto adalah dosen Teknik Kimia sekaligus Sekretaris UPT Laboratorium Terpadu dan Tri sebagai staf administrasi di bagian akuntansi kantor pusat Undip. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD menyambut gembira prestasi yang diperoleh dosen dan karyawannya itu.

…dst

9 ) Unnes Genjot Penguatan Prodi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/07/233421/Unnes-Genjot-Penguatan-Prodi

12 Agustus 2013
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggenjot penguatan program studi (prodi) sebagai landasan untuk melakukan akselerasi. Universitas Konservasi itu menargetkan semua prodi dapat berakreditasi B pada tahun ini. Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan, penguatan prodi merupakan landasan menuju akreditasi. “Ibarat kita akan berlari cepat maka syarat pertama adalah fisik yang kuat. Kalau tidak kuat maka tidak bisa berlari. Untuk berdiri saja harus punya kekuatan, apalagi untuk berlari,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa (6/8). Dia mengemukakan, belum lama ini Unnes dikunjungi oleh institusi IT, dan pihak tersebut menyatakan IT Unnes bagus, penjamin mutunya hebat, tapi prodi yang berakreditasi C masih banyak. “Itulah mengapa hal ini harus didongkrak dari akreditasi C minimal menjadi B,” tuturnya. Karena itu, tahun ini diharapkan semua prodi di Unnes minimal akreditasi B. Universitas akan memfasilitasi dosen dan jurusan agar memiliki akselerasi dan layanan prima untuk mencapai tujuan membesarkan lembaga ini.

…dst

10 ) 538 Kursi Mahasiswa Baru UNS Dibiarkan Kosong
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/07/233420/538-Kursi-Mahasiswa-Baru-UNS-Dibiarkan-Kosong

12 Agustus 2013
SOLO – Sebanyak 538 kursi mahasiswa baru yang disediakan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tidak terisi. Sebab, dari 1.867 calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) Universitas Sebelas Maret (UNS) tercatat hanya 1.329 yang melakukan registrasi online. “Hanya 1.329 calon mahasiswa baru yang sudah mendaftar dan melakukan pembayaran.Di antaranya 769 calon mahasiswa dari jenjang S-1 dan 560 dari program Diploma,” kata Ketua Panitia Lokal (Panlok) 44 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno MSc PhD. Dia mengatakan, setelah calon mahasiswa melakukan registrasi online pada 29-31, kemudian mereka juga masih harus melakukan registrasi on desk. Sementara itu, salah satu rangkaian yang harus dilalui mereka ketika registrasi on desk adalah tes kesehatan. Pertimbangan Sutarno mengemukakan, tes kesehatan wajib diikuti oleh semua calon mahasiswa baru.

…dst

11 ) Tiga Teknologi Dirgantara jadi Ikon Harteknas 2013
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/11/173503595/Tiga-Teknologi-Dirgantara-jadi-Ikon-Harteknas-2013

Minggu, 11 Agustus 2013 | 07:06 WIB
TEMPO.CO, Jakarta-Tiga teknologi dirgantara terbaru buatan Indonesia bakal menjadi ikon peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-18. Peringatan itu akan diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai 29 Agustus – 1 September mendatang. Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Satelit LAPAN-A2 serta Roket RX-550 bikinan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan memimpin pameran teknologi karya anak negeri itu. Selain pameran hasil rekayasa teknologi dari berbagai bidang, Kementrian Riset dan Teknologi (Kemristek) RI juga akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional Kemristek 2013, workshop, kompetisi roket air, fun bike, dan kegiatan lainnya. Menurut rilis pers yang dikeluarkan oleh Kemristek, Sabtu, 10 Agustus 2013, puncak peringatan Harteknas ke-18 yang bertema “Inovasi untuk Kemajuan Bangsa” itu akan dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Acara puncak akan berlangsung pada Kamis, 29 Agustus 2013.

…dst

12 ) Kemdikbud Akan Lakukan Sensus
Ukur Keberhasilan Kurikulum Baru
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/07/233424/Kemdikbud-Akan-Lakukan-Sensus

07 Agustus 2013
JAKARTA- Untuk mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana melakukan sensus pada akhir Agustus ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan, sensus tersebut dilakukan dengan tujuan memperoleh data akurat terkait dengan dampak implementasi kurikulum baru. “Tidak boleh menganggap kalau kurikulum baru ini berjalan dengan baik atau kurikulum baru ini berjalan kurang baik. Semua harus ada datanya. Maka dengan sensus itu nanti kita akan dapatkan data tentang pelaksanaan Kurikulum 2013,” ujar Nuh. Nuh mengaku telah mengundang seluruh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) yang ada untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan kurikulum di lapangan. Sebab, LPMP mewakili pemerintah di tingkat daerah yang bertugas melakukan pengawasn terkait dengan implementasi kurikulum.

…dst

13 ) Nih, Lima Beasiswa S-2 Biologi di Thailand
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/02/368/846794/nih-lima-beasiswa-s-2-biologi-di-thailand

Minggu, 11 Agustus 2013 12:12 wib
JAKARTA – Chulabhorn Graduate Institute (CGI) bekerjasama dengan ASEAN Foundation (AF) membuka program beasiswa bagi para pelajar dari negara ASEAN. Program beasiswa ini bisa diikuti untuk jenjang pendidikan magister (S-2). Tahun ini, lima beasiswa akan diberikan selama dua tahun, dengan mempertimbangkan prestasi akademik penerima beasiswa (scholars). Beasiswa tersebut akan diberikan dalam bidang Ilmu Biologi Terapan seperti Kesehatan Lingkungan dan Biokimia.Selain merupakan warga negara ASEAN, pelamar harus lah memiliki IPK minimal tiga. Pelamar diutamakan dari bidang studi Biologi, Kimia, Biologi Molekular, Ilmu Lingkungan dan Ilmu Medis seperti Keperawatan dan Farmasi. Syarat lainnya, pelamar harus memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Pelamar yang memiliki pengalaman kerja di laboratorium akan mendapat pertimbangan khusus.

…dst

14 ) UNY Manfaatkan Sisik Ikan Sebagai Absorden Kromium
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/08/10/mrago9-uny-manfaatkan-sisik-ikan-sebagai-absorden-kromium

Sabtu, 10 Agustus 2013, 07:14 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Tim mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memanfaatkan limbah sisik ikan untuk adsorben atau penyerap ion logam kromium yang terdapat dalam limbah cair industri pelapisan logam. “Sisik ikan mengandung zat kitin dan kitosan yang dapat dijadikan sebagai adsorben ion logam berat seperti kromium (Cr). Ion logam Cr dapat mencemari lingkungan,” kata Koordinator Tim Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY Nuke Ajeng Prabawati di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, kitin dan kitosan merupakan adsorben yang dapat menyerap logam berat. Kitin dan kitosan dapat ditemukan pada limbah pengolahan hasil laut seperti cangkang udang, kepiting, dan sisik ikan. “Rencana awal kami menggunakan sisik ikan bandeng, tetapi karena kesulitan mencarinya karena lembut dan kecil-kecil, kami menggantinya dengan sisik ikan kakap yang lebih besar dan lebih mudah dicari,” katanya.

…dst

15 ) Mahasiswa IPB Awetkan Daging Sapi dengan Buah Lindur
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/09/372/848435/mahasiswa-ipb-awetkan-daging-sapi-dengan-buah-lindur

Jum’at, 09 Agustus 2013 14:32 wib
JAKARTA – Daging sapi segar yang dibiarkan pada suhu ruangan akan mudah membusuk. Biasanya, untuk memperpanjang kesegaran daging, maka orang memasukkannya ke freezer. Sayangnya, cara ini justru dapat mengurangi kandungan gizi daging. Padahal, ada lho cara baru untuk menjaga kesegaran dan keawetan daging sapi yang aman bagi kesehatan. Caranya dengan memanfaatkan buah lindur untuk membungkus daging sapi yang diolah dalam bentuk edible film (lapisan pembungkus). Teknologi edible film buah lindur untuk mempertahankan warna dan menjaga daya awet daging sapi tersebut merupakan hasil karya lima mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka adalah Siluh Putu Sri Dia Utari, Riyan Adi Priyanto, Mawaddah Renhoran, TB M Gia Ginanjar, dan Annisa Shylina.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *