Berita Edukasi, 03 Agustus 2013

1 ) Kemdikbud Berikan Beasiswa Hingga S3 Peraih Medali Emas Olimpiade Internasional
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1610

08/02/2013
Tangerang — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan apresiasi berupa beasiswa hingga jenjang S3 kepada peraih medali emas di ajang olimpiade internasional. “Selain itu ada juga beasiswa hingga S2 untuk peraih perak dan S1 untuk peraih perunggu,” kata Direktur Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Menengah, Harris Iskandar ketika menjemput kedatangan Tim Olimpiade Matematika Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang Banten, Rabu (31/7/2013) malam. Harris menambahkan beasiswa tersebut berlaku di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Mantan Sekretaris Ditjen Pendidikan Tinggi tersebut mencontohkan peraih medali emas olimpiade biologi internasional Rhogerry Deshycka yang telah diterima di Departemen Biologi, Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat, akan dibiayai dengan beasiswa Kemdikbud.

…dst

2 ) Serbu Program Beasiswa di Tanoto Foundation Yuk
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/01/373/846189/serbu-program-beasiswa-di-tanoto-foundation-yuk

Jum’at, 02 Agustus 2013 07:16 wib
JAKARTA – Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi namun terkendala biaya? Mencari program beasiswa sepertinya menjadi cara mudah untuk mewujudkannya. Bila kalian sedang mencari-cari, coba saja tilik beasiswa dari Tanoto Foundation. Tanoto Foundation memperkenalkan perkembangan program-program Tanoto Foundation di 2013 dan rencana program-program Tanoto Foundation yang akan datang. Program-program tersebut bergerak di bidang pendidikan, yaitu beasiswa Tanoto Foundation yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi yang memiliki kendala perekonomian untuk dapat mengenyam pendidikan berkualitas. Ada lima jenis beasiswa yang diselenggarakan dari Tanoto Foundation, yaitu National Champion, Regional Champion, beasiswa Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK), beasiswa Sekolah menengah, dan beasiswa Sayap Garuda.Head of Tanoto Foundation Sihol P. Aritonang menjelaskan, salah satu dari lima beasiswa Tanoto Foundation, yaitu National Champion Scholarship yang diberikan kepada mahasiswa di tujuh perguruan tinggi.

…dst

3 ) Seleksi Masuk PTN Jalur Mandiri Favorit
Sumbangan Paling Rendah Rp 20 Juta
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=184819

Sabtu, 03 Agustus 2013 , 10:50:00
SURABAYA – Proses masuk perguruan tinggi negeri (PTN) jalur mandiri memasuki tahap-tahap akhir. Ada yang menunggu pengumuman, ada pula yang tinggal melaksanakan daftar ulang. Ada yang perlu mendapat perhatian dari pendaftaran jalur mandiri. Yakni, besarnya sumbangan pengembangan institusi (SPI). Dari tiga PTN di bawah Kemendikbud yang ada di Surabaya, nilai SPI terendah Rp 20 juta. Bahkan, untuk Fakultas Kedokteran Unair, SPI dipatok minimal Rp 70 juta. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang telah menyelesaikan pengumuman akan melaksanakan daftar ulang pada 13-16 Agustus. Tapi, mulai kemarin (2/8) mahasiswa dapat melakukan pembayaran SPI. “Jumlah besarannya ada di www.smits.ac.id,” ujar Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) ITS Ismaini Zain. Ismaini menambahkan, jumlah SPI yang terpampang di website sudah pasti. “Ya, yang di-publish itu biayanya, gak ada penambahan. Sama gak bisa dicicil,” tambahnya.Untuk melakukan daftar ulang, para calon mahasiswa baru (camaba) hanya tinggal membawa bukti pembayaran SPI dari bank dan beberapa berkas tambahan. Misalnya, bukti telah diterima di ITS, fotokopi ijazah, dan fotokopi kartu keluarga. Ada fakta menarik pada jalur program kemitraan dan mandiri (PKM) ITS tahun ini. Yakni, munculnya beberapa program studi (prodi) yang sebelumnya dianggap biasa-biasa saja menjadi prodi favorit.

Baca juga  Berita Edukasi, 13 Agustus 2013

…dst

4 ) Universitas Brawijaya Santuni 1.500 Anak Yatim
http://edukasi.kompas.com/read/2013/08/03/0118077/Universitas.Brawijaya.Santuni.1.500.Anak.Yatim

Sabtu, 3 Agustus 2013
MALANG, KOMPAS.com — Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, menyantuni dan berbuka bersama dengan 1.500 anak yatim dari berbagai panti asuhan di sejumlah daerah di Jatim. Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Yogi Sugito mengatakan, dari tahun ke tahun, anggaran untuk santunan bagi anak yatim ini terus ditingkatkan, bahkan nominal yang diberikan pada mereka juga ditambah.”Tahun lalu kami menyantuni anak yatim sebanyak 1.000 dari 50 panti asuhan, tahun ini bertambah menjadi 1.500 anak dari 70 panti asuhan dari sejumlah daerah di Jatim, seperti Jombang, Pasuruan, Kota dan Kabupaten Malang, Kota Batu, Blitar, Kediri, dan Tulungagung,” ujar Yogi Sugito, Jumat (2/8/2013). Ia mengatakan, setiap panti asuhan menerima bantuan sebesar Rp 3,4 juta dan Rp 150.000 untuk setiap anak yatim dari panti asuhan bersangkutan. Total anggaran yang dikeluarkan untuk santunan tersebut mencapai Rp 480 juta.

…dst

5 ) Unsyiah Gratiskan SPP Mahasiswa Korban Gempa Gayo
http://edukasi.kompas.com/read/2013/08/03/0040338/Unsyiah.Gratiskan.SPP.Mahasiswa.Korban.Gempa.Gayo

Sabtu, 3 Agustus 2013
BANDA ACEH, KOMPAS.com — Pihak rektorat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh akan menggratiskan biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) untuk mahasiswa korban gempa dataran tinggi Gayo. “Penggratisan uang SPP selama satu semester untuk mahasiswa korban gempa Gayo merupakan salah satu bentuk perhatian Unsyiah untuk membantu mahasiswa dan keluarga yang tertimpa musibah bencana alam,” kata Kepala Humas Unsyiah Darussalam Banda Aceh, Ilham Maulana, di Banda Aceh, Jumat (2/8/2013).Dijelaskannya, untuk pemberian SPP gratis tersebut, pihaknya saat ini sedang mendata mahasiswa korban bencana gempa Gayo yang telah mengajukan penggratisan SPP semester ganjil. Hingga saat ini, ada sekitar 51 mahasiswa dari Aceh Tengah dan Bener Meriah melapor ke Biro Kemahasiswaan untuk diproses sebagai salah satu penerima program gratis SPP akibat bencana.

…dst

6 ) Dikti Dukung Kerja Sama Unika-Mahidol Thailand
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/03/233015/Dikti-Dukung-Kerja-Sama-Unika-Mahidol-Thailand

3 Agustus 2013
SEMARANG – Terkait dengan ASEAN Community yang akan berjalan pada 2015, Unika Soegijapranata terdorong untuk menciptakan berbagai peluang yang bisa diambil mahasiswa agar lebih memahami kondisi dan permasalahan sesama negara di wilayah ASEAN. Menurut Kepala Kantor Internasional Unika Soegijapranata Dr Ridwan Sanjaya, salah satunya berupa kegiatan Asian Students Encounter Camp (ASEC) yang merupakan inisiatif bersama antara Unika Soegijapranata dengan dua universitas di Filipina, yaitu Miriam College dan De La Salle University (DLSUD) Dasmarinas.”Melalui kegiatan pertama yang dilakukan April 2013 di daerah Tapak dan Borobudur, mahasiswa dari tiga universitas dapat memperkaya wawasan atas berbagai masalah krusial di salah satu negara ASEAN, belajar dari komunitas lokal, dan berdiskusi untuk mencari solusi dalam mengatasi masalah dengan menggunakan metode service learning,” katanya dalam rilis yang dikirim ke Suara Merdeka, kemarin.

Baca juga  Berita Edukasi, 29 Agustus 2013

…dst

7 ) Kampus Baru IKJ Akhirnya Dibangun
http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000001443676

3 Agustus 2013
JAKARTA, KOMPAS — Terkatung-katung puluhan tahun, pembangunan kampus baru Institut Kesenian Jakarta direalisasikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Perguruan tinggi yang didirikan tahun 1976 di kompleks Taman Ismail Marzuki itu menampung 3.000 mahasiswa seni.Dua gedung fakultas, yaitu fakultas seni rupa dan musik, dirobohkan total karena tak layak. Selain itu, kedua fakultas itu akan diintegrasikan dengan gedung fakultas seni pertunjukan. “Rencana pembangunan ini sudah lama. Sejak lima tahun lalu kami beberapa kali dipanggil Gubernur DKI untuk melihat maket baru gedung IKJ beserta paparan rencana pembangunan,” kata Dekan Fakultas Seni Pertunjukan Maria Dharmaningsih, Jumat (2/8). Pembangunan direalisasi Gubernur Joko Widodo setelah meninjau IKJ. Maria yang mendampingi kunjungan Gubernur mengatakan, Pemprov DKI menyediakan dana Rp 400 miliar untuk membangun gedung baru IKJ. Mengutip Joko Widodo, Maria berujar, rencana pembangunan sudah lama ada dalam anggaran DKI, tetapi belum dikucurkan. “Selama 40 tahun IKJ belum pernah direnovasi besar,” katanya. Renovasi besar di IKJ lebih dulu dilakukan Djarum Foundation. Renovasi dilakukan di gedung tiga lantai fakultas seni pertunjukan. “Gedung dan ruangan untuk workshop penari pada International Dance Festival 2012 lalu tak layak untuk kegiatan internasional,” kata Nungki Kusumastuti, dosen tari IKJ. IKJ yang dibidani mantan gubernur Ali Sadikin memiliki tiga fakultas, yaitu fakultas film dan televisi, fakultas seni rupa, dan fakultas seni pertunjukan. Gedung film dan televisi serta gedung musik dirobohkan. (IND)

***

8 ) Bambang Rudyanto, Duta Indonesia di “Negeri Sakura”
http://edukasi.kompas.com/read/2013/08/02/1327387/Bambang.Rudyanto.Duta.Indonesia.di.Negeri.Sakura.

Jumat, 2 Agustus 2013
KOMPAS.com – Lebih dari separuh hidup Bambang Rudyanto (46) dihabiskan di Jepang. Lelaki kelahiran Probolinggo, Jawa Timur, ini menjadi profesor dan dosen di salah satu kampus di “Negeri Sakura”. Namun, pikiran dan hatinya tak lepas dari Indonesia. Pagi itu hujan menandai pancaroba menjelang musim panas. Bambang melajukan mobilnya di jalan basah. Biasanya ia naik kereta ke kampusnya di Wako University, Machida-shi, pinggiran Tokyo. Pagi itu ia bermobil karena mampir ke Sekolah Dasar Okagami, Kawasaki-shi, untuk memperkenalkan Indonesia. Setahun sekali, beberapa dosen menjadi sukarelawan mengajar di sekolah tersebut. Ia bergegas menuju ke ruang kelas V. Dengan bahasa Jepang yang fasih, ia memperkenalkan beberapa kosakata Indonesia. Ia juga menunjukkan cara membuat mainan pesawat terbang dari kertas lipat. Setelah itu, Bambang mengajari mereka memasak nasi goreng.

….dst

9 ) Enam peneliti rempah meraih Roosseno award
http://www.antaranews.com/berita/388721/enam-peneliti-rempah-meraih-roosseno-award

Baca juga  Berita Edukasi, 04 Desember 2013

Jumat, 2 Agustus 2013 07:43 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sebanyak enam peneliti dari berbagai universitas dan lembaga di Tanah Air menerima Roosseno Award 2013, di Jakarta, Kamis. Penerima Roosseno Award 2013 adalah Abdi Redha (Politeknik Negeri Pontianak), Herlina Rante (Universitas Hasanuddin), Endah Puspitasari (Universitas Jember), Otih Rostiana (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat), Muhamad Sahlan (Universitas Indonesia), dan Hanny Wijaya (Institut Pertanian Bogor). “Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pemberian penghargaan diberikan kepada peneliti di bidang rempah,” ujar Direktur Utama Biro Oktroi Roosseno, Dr Toeti Heraty Noerhadi Roosseno. Dia menambahkan, Biro Oktroi Rooseno tetap mempertahankan tujuannya untuk memberikan dukungan nyata pada peneliti Indonesia yang serius di bidang penelitian yang ditekuni untuk berkarya. Bantuan penelitian yang diberikan pada 2013 kepada para peneliti yang menekuni rempah-rempah Indonesia khususnya untuk komoditas pala, lada, kayu manis, gambir, dan pemanfaatan rempah lain.

…dst

10 ) Pemerintah Bangun Sekolah Olahraga
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/03/233017/Pemerintah-Bangun-Sekolah-Olahraga

3 Agustus 2013
BANTEN – Pemerintah melihat potensi keolahragaan pada generasi muda yang dapat dikembangkan dengan pembinaan dan pendidikan yang tepat. Atas dasar itulah, pemerintah berencana membangun sekolah keberbakatan olahraga di masing-masing provinsi. “Saat ini sekolah keberbakatan olahraga baru ada di tiga provinsi, yakni Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan. Padahal, masih banyak putera-puteri daerah yang memiliki bakat dan prestasi di bidang olahraga dan perlu mendapat pembinaan lebih lanjut,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas) Kemdikbud, Hamid Muhammad, di Permata Insani Islamic School, Tangerang, Banten, baru-baru ini.Dia mengemukakan, pembangunan sekolah keberbakatan tersebut akan dimulai tahun ini dan dilakukan secara bertahap. Kelas-kelas olahraga dalam sekolah tersebut lebih ditekankan kepada bidang yang memiliki potensi besar bagi Indonesia untuk ke depan, seperti bulu tangkis, sepak bola, bela diri, dan atletik.

…dst

11 ) Insentif Rp 300 Juta Jika Lulusan Matematika Jadi Guru
http://www.pikiran-rakyat.com/node/245212

Jumat, 02/08/2013 – 05:54
LONDON, (PRLM).- Lulusan jurusan matematika ditawari dana 20.000 pounds atau sekitar Rp 300 juta bila bersedia menjadi guru di berbagai lembaga pendidikan lanjutan di Inggris. Dana ini disediakan oleh Kementerian Bisnis, Keterampilan, dan Inovasi dan akan mulai tersedia September 2013 mendatang. Skema ini diluncurkan untuk meningkatkan kemampuan matematika kalangan muda di Inggris yang masuk ke pasar kerja. “Banyak perusahaan yang mengatakan sulit menemukan anak-anak muda dengan kemampuan bahasa dan matematika yang bagus,” kata Vince Cable, menteri yang membidangi bisnis, keterampilan, dan inovasi. “Kemampuan matematika dan bahasa tidak hanya diperlukan ketika seseorang masuk universitas. Kemampuan ini juga penting bagi mereka yang ingin magang atau ingin bekerja,” kata Cable.Pejabat di kementerian ini, Matthew Hancock, menambahkan insentif uang ini diharapkan akan mendorong lulusan matematika terbaik terjun di berbagai lembaga pendidikan dan meningkatkan standar kemampuan matematika para peserta didik.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *