Berita Edukasi, 01 Agustus 2013

1 ) Tim Olimpiade Matematika Internasional Persembahkan Emas Pertama
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/31/3/172330/-Tim-Olimpiade-Matematika-Internasional-Persembahkan-Emas-Pertama-

Rabu, 31 Juli 2013 | 18:48 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah 25 tahun keiikutsertaan Indonesia dalam ajang Olimpiade Matematika Internasional, akhirnya tim Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas pertama.Tim Olimpiade Matematika Indonesia terdiri enam peserta meraih satu medali emas, satu perak, dan empat perunggu di ajang International Mathematical Olympiad (IMO) ke – 54 yang diselenggarakan di Santa Marta, Kolumbia, pada tanggal 18 – 27 Juli 2013. Satu medali emas untuk Indonesia dipersembahkan Stephen Sanjaya siswa SMAK 1 BPK Penabur Jakarta yang berada di rangking 10 dari 528 peserta. Satu medali perak diraih Fransisca Susan siswi SMAK 1 BPK Penabur Jakarta dan empat perunggu masing – masing diraih Bivan Alzacky Harmanto siswa SMA Labschool Jakarta, Gede Bagus Bayu Pentium siswa SMA Semesta Semarang, Reza Wahyu Kumara siswa SMAN Sragen BBS), dan Kevin Christian Wibisono siswa SMAK IPEKA Puri Indah Jakarta.

…dst

2 ) Stephen Sanjaya ingin Menjadi Guru Besar dan Mengabdi untuk Indonesia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1609

08/01/2013
Malam itu Rabu (31/7/2013) pukul 21.30 WIB, Tim Olimpiade Matematika Indonesia yang baru saja berlaga di ajang bergengsi International Mathematical Olympiad (IMO) di Santa Marta Kolombia tiba di tanah air. Stephen Sanjaya langsung menjadi pusat perhatian karena mampu mempersembahkan medali emas di ajang IMO 2013, medali yang sudah ditunggu selama 25 tahun keikutsertaan Indonesia di ajang tahunan tersebut. Stephen Sanjaya mengatakan sangat bersyukur dan bangga bisa mempersembahkan medali yang bergengsi tersebut kepada bangsa Indonesia. “Bersyukur dan bangga bisa meraih emas, karena saingan sangat berat, terutama tim China, dan memang China yang menjadi juara umum,” ujar siswa berkulit cerah tersebut. Stephen yang malam itu dijemput ayah dan adik laki-laki satu-satunya, mengatakan kerja keras dirinya, teman-teman, dan para pembimbingnya berbuah manis. Persiapannya sekitar empat bulan di bawah bimbingan tim pembina yang antara lain terdiri dari Budi Surodjo (UGM), Yudi Satria (UI) dan Alhaji Akbar Bachtiar (UI). Motivasi untuk meraih emas pertama Indonesia memacu Stephen untuk giat belajar demi hasil yang terbaik. Bahkan seleksi untuk menjadi wakil Indonesia di IMO 2013 ini menurut Stephen sampai empat tahap.

…dst

3 ) UGM-RS Sardjito-Eka Hospital Perkuat Kerjasama
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/31/2239432/UGM-RS.Sardjito-Eka.Hospital.Perkuat.Kerjasama

Rabu, 31 Juli 2013 | 22:39 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada, Rumah Sakit Dr Sardjito, dan Eka Hospital memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan lanjutan bagi dokter spesialis serta dukungan dan asistensi dalam berbagai bentuk terutama pengembangan rumah sakit bertaraf internasional. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Pratikno, Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit (RS) Dr Sardjito, Sutanto Maduseno, dan Presiden Direktur Eka Hospital, Randy Mulyadi di Yogyakarta, Rabu.
Pratikno mengatakan, UGM bangga dengan kerja sama yang telah lama dirintis tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan kerja sama dengan UGM.

…dst

4 ) RS Internasional, Kedokteran UGM kerjasama dengan RSUP
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/31/15/767629/rs-internasional-kedokteran-ugm-kerjasama-dengan-rsup

Rabu, 31 Juli 2013 − 16:41 WIB
Sindonews.com – Untuk menunjang berdirinya Rumah Sakit bertaraf Internasional, RSUP Dr Sardjito melakukan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM). Menurut Rektor UGM Prof Dr Pratikno MSocSc mengatakan, selain dengan Fakultas Kedokteran, kerjasama juga bisa dilakukan dengan rektorat UGM. “MoU memang baru sekarang, tetapi sebenarnya kerja sama nyata dan bermanfaat telah lama dijalin,” kata Pratikno, Rabu (31/7/2013).Kerjasama yang dibuat dilakukan untuk memperkuat dan merealisasikan kesepakatan tentang pendidikan lanjutan bagi para dokter spesialis, serta dukungan dan asistensi dalam berbagai bentuk. Khususnya terkait pengembangan rumah sakit bertaraf internasional.

…dst

5 ) Unair buka lagi jalur mandiri
http://www.antaranews.com/berita/388458/unair-buka-lagi-jalur-mandiri

Rabu, 31 Juli 2013 19:00 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Universitas Airlangga Surabaya membuka lagi pendaftaran mahasiswa baru lewat jalur mandiri untuk mengisi 508 kursi yang masih tersisa dalam pendaftaran lewat jalur mandiri sebelumnya. “Ada 34 program studi di Unair dengan rata-rata ada 10-20 kursi kosong, kecuali 25 mahasiswa asing yang semuanya mendaftar ulang,” kata Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair Dr MG Bagus Ani Putra di Surabaya, Rabu. Ia menjelaskan pihaknya biasa membuka jalur mandiri maksimal dua gelombang, tapi tahun ini diupayakan satu gelombang, namun ternyata masih ada sisa 508 kursi kosong, karena itu pihaknya membuka pendaftaran lagi. “Itu tidak menyalahi peraturan, karena Peraturan Rektor Unair tentang Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru Unair menentukan maksimal penerimaan mahasiswa baru dengan jalur mandiri adalah dua kali. Kalau universitas lain justru ada yang sembilan kali,” katanya. Dalam keterangan resmi menjelang Santunan 2.000 Anak Yatim dan Buka Puasa Bersama Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) beserta Kelompok Kiai Kanjeng di gedung Airlangga Conference Centre (ACC), ia mengatakan pendaftaran jalur mandiri gelombang kedua pada 1-3 Agustus.

…dst

6 ) UII Kirim Mahasiswa ke Korea Selatan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/07/31/mqsgpq-uii-kirim-mahasiswa-ke-korea-selatan

Rabu, 31 Juli 2013, 14:28 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengirim seorang mahasiswa ke Solbridge International School of Business Woosong University Korea Selatan. Mahasiswi Akuttansi FE UII, Putri Ariesanti akan belajar selama satu semester dalam program Fall 2013. Rabu (31/7), Putri dilepas Wakil Rektor III, Bachnas yang didampingi Dekan FE UII Hadri Kusuma dan Primanita, Ketua ERP Competence Center Accounting Program UII di Kampus UII Yogyakarta. Dijelaskan Hadri Kusuma, Putri akan belajar cross cultural understanding, bahasa Korea, dan bisnis. “Putri diharapkan bisa beradaptasi dalam lingkungan multiculture, karena mahasiswa yang belajar di Solbridge 80 persen dari berbagai negara,” kata Hadri.

…dst

7 ) Indonesia terlibat program penelitian agama di 9 negara
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/30/15/767279/indonesia-terlibat-program-penelitian-agama-di-9-negara

Selasa, 30 Juli 2013 − 23:59 WIB
Sindonews.com – Indonesian Consortium for Religious Studies (ICRS) terlibat dalam penelitian agama di sembilan negara Asia Tenggara dan Amerika Serikat. Program dengan tema besar Agama, Kebijakan Publik dan Transformasi Sosial di Asia Tenggara tersebut akan berlangsung hingga 2016 mendatang. “Penelitian ini penting sekali dan strategis bukan saja bagi Asia Tenggara atau Indonesia, tetapi juga Amerika Serikat. Terhitung mulai 1 Juli 2013 hingga akhir 2016, program ini merupakan sebuah riset kolaboratif antara negara-negara di Asia Tenggara dan AS,” kata Peneliti Utama dalam program ini Dicky Sofjan di Yogyakarta, Selasa (30/7/2013). Program penelitian kolaboratif tersebut melibatkan negara Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Myanmar, Kamboja dan AS yang mendapat dukungan dari The Henry Luce Foundation yang berbasis di New York.

…dst

8 ) PSB IPB targetkan Puskesmas gunakan tanaman obat
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/30/15/767087/psb-ipb-targetkan-puskesmas-gunakan-tanaman-obat

Selasa, 30 Juli 2013 − 14:42 WIB
Sindonews.com – Ketua Gabungan Pengusaha Jamu (GP Jamu) Charles Saerang mengatakan harus ada mekanisme yang jelas dari hulu ke hilir dalam pengembangan industri jamu. Selain pengembangan, para peneliti harus diajak turut serta agar dapat mengetahui apa yang dibutuhkan pasar. Langkah selanjutnya adalah melakukan pendataan terhadap tanaman obat yang ada di Indonesia. “Selama ini penelitian yang dilakukan lembaga pemerintah, universitas dan badan lainnya terkesan tumpang tindih dan tidak terkoordinir satu sama lain,” ujarnya di Kantor Kemenristek, Jakarta, Selasa (30/7/2013).Sementara itu, ditemui ditempat yang sama Kepala Pusat Studi Biofarmaka Institut Pertanian Bogor (PSB IPB) Latifah Darusman mengatakan saat ini pihaknya memfokuskan diri pada penggunaan jamu di Puskesmas dan Rumah Sakit (RS). Saat ini, belum terlalu banyak jumlah Puskesmas dan RS yang menerapkan penggunaan tanaman obat.

…dst

9 ) Kembangkan industri jamu, Kemenristek gandeng pengusaha & IPB
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/30/15/767066/kembangkan-industri-jamu-kemenristek-gandeng-pengusaha-ipb

Selasa, 30 Juli 2013 − 14:12 WIB
Sindonews.com – Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) melakukan kerjasama dengan Gabungan Pengusaha Jamu (GP Jamu) dan Pusat Studi Biofarmaka Institut Pertanian Bogor (PSB IPB) untuk mengembangkan komersialisasi jamu.Hal ini bertujuan agar sinergisasi meliputi bidang pendidikan dan permagangan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) bisa diakukan secara maksimal. Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta mengatakan, penyediaan bahan baku terstandar untuk pemenuhan kebutuhan industri dan pengembangan produk jamu melalui penelitian dasar dan terapan agar bisa diterapkan di industri.”Kemenristek diakuinya selama ini memberikan bantuan dalam bentuk dana penelitian, menyiapkan sekolah dan membantu meningkatkan kapasitas kelembagaan,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenristek, Jakarta, Selasa (30/7/2013).Kerjasama ini, lanjut dia, difokuskan untuk menyiapkan industri dalam mengolah bahan mentah yang merupakan produksi dalam negeri. Selama ini Indonesia kerap mengekspor bahan mentah dan kemudian membeli kembali dalam bentuk barang jadi untuk diolah, termasuk untuk produksi jamu.

…dst

10 ) UIN Maliki Malang Terapkan Biaya Kuliah Murah
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/115146/uin-maliki-malang-terapkan-biaya-kuliah-murah

01 Agst 2013 08:38:30
Malang (Antara Jatim) – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, mulai tahun ini menerapkan biaya kuliah cukup murah, bahkan ada ribuan mahasiswa yang tidak mengeluarkan uang sepeser pun hingga meraih gelar sarjana (S1). Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Prof Dr Mudjia Raharjo di Malang, Kamis, mengemukakan untuk bisa lulus dan meraih gelar sarjana (S1) hanya membutuhkan dana sebesar Rp3,2 juta hingga sekitar Rp10 juta. “Sekarang ini semua lapisan masyarakat bisa menempuh pendidikan tinggi, dengan catatan lolos seleksi secara akademik maupun jalur lain, seperti hafal Al Quran seperti yang kami terapkan dalam beberapa tahun terakhir ini,” tegasnya.Mudjia mengakui dengan diberlakukannya uang kuliah tunggal (UKT) pada tahun akademik 2013, biaya kuliah di UIN Maliki semakin terjangkau. Bahkan, biaya yang sudah ditetapkan itupun masih tergolong mahal kedua setelah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

…dst

11 ) UIN Malang Gratiskan Kuliah Penghafal Al-Quran
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/115076/uin-malang-gratiskan-kuliah-penghafal-al-quran

31 Jul 2013 08:34:30
Malang (Antara Jatim) – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, menggratiskan biaya kuliah bagi para penghafal Al- Quran, minimal lima juz. Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Prof Dr Mudjia Raharjo di Malang, Rabu, mengatakan mahasiswa penghafal Al Quran yang sudah menikmati kuliah gratis ini jumlahnya sekitar 2.000 orang.”Jumlah mahasiswa yang bebas biaya kuliah sebanyak 2.000 ini adalah 10 persen dari jumlah mahasiswa secara keseluruhan. Kita memberikan penghargaan bagi mereka yang mempunyai kemampuan lebih sebagai penghafal Al- Quran,” tegasnya.Selain para penghafal Al Quran, katanya, UIN Maliki juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu sekitar 5 persen dari jumlah seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa baru. Beasiswa tersebut di luar beasiswa Bidikmisi.

…dst

12 ) Investigasi Itjen Soal Penyimpangan Dana Pendidikan UPI Belum Selesai
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/07/30/mqqz21-investigasi-itjen-soal-penyimpangan-dana-pendidikan-upi-belum-selesai

Selasa, 30 Juli 2013, 18:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gerakan Penyelamatan UPI memberikan tanggapan atas hak jawab UPI pada pekan lalu.Menurut Koordinator Gerakan Penyelamatan UPI, Didin Saripudin, sesuai dengan prosedur tetap audit investigasi Itjen Kemendikbud, belum ada kesimpulan apa pun mengenai pemeriksaan kasus penyelewengan dana UPI. “Itjen Kemendikbud Haryono Umar secara langsung menjelaskan kepada kami pada Kamis, 26 Juli 2013 di kantor Itjen Kemdibud Jalan Sudirman Jakarta, belum ada kesimpulan apa pun mengenai pemeriksaan kasus tersebut,” kata dia dalam rilisnya, Selasa (30/7). Pada saat konferensi pers Humas UPI berlangsung, ungkap dia, Tim Audit bahkan masih bekerja di lapangan. Sesudah pengumpulan data di lapangan, akan dilakukan gelar perkara, dan pemeriksaan lanjutan. Baru kemudian kesimpulan dan rekomendasi akan diberikan kepada Mendikbud.

…dst

13 ) Lewat twitter, SBY tetapkan hari buruh jadi libur nasional
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/30/15/766970/lewat-twitter-sby-tetapkan-hari-buruh-jadi-libur-nasional

Selasa, 30 Juli 2013 − 11:18 WIB
Sindonews.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menetapkan hari buruh internasional pada tanggal 1 Mei menjadi libur nasional. Pengumuman itu disampaikan kepala negara melalui akun twitternya di @SBYudhoyono. “Hari ini, saya tetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional dan dituangkan dalam peraturan presiden,” tulis SBY, Senin (29/7/2013). Sejak memiliki akun twitter, Presiden SBY memang kerap menuliskan perkembangan pemerintahan yang dijalankannya. Tak sedikit pula, intruksi dan himbauan kepada pejabat negara disampaikannya melalui akun jejaring sosial tersebut. Sementara itu, isu dan permintaan agar tanggal 1 Mei dijadikan sebagai libur nasional bukan hal yang baru lantaran selalui diwacanakan setiap peringatan hari buruh itu.

…dst

14 ) Sulit tekan anggaran, pemda tutup penerimaan CPNS
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/29/15/766675/sulit-tekan-anggaran-pemda-tutup-penerimaan-cpns

Senin, 29 Juli 2013 − 15:16 WIB
Sindonews.com – Tahun ini, pemerintah membuka peluang 60.000 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibuka sekitar 295 kementerian/lembaga di pusat hingga kabupaten/kota di Indonesia. Tahun ini tak sedikit pengajuan formasi CPNS dari pemerintah daerah (pemda) yang ditolak karena anggaran daerah yang belum berpihak pada publik. Staf Khusus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azis Subekti menyebutkan, setidaknya sekitar 50 persen pemda di Indonesia belum dapat menekan anggaran belanja gaji pegawainya. “Pelamar umum untuk CPNS 2013 ada 60.000 formasi, masing-masing pusat 20.000 formasi dan daerah 40.000 formasi. Peluang ini terdiri dari 68 kementerian/lembaga pusat, 30 lembaga di provinsi, dan 197 lembaga kabupaten/kota,” ungkap dia saat ditemui di Cirebon, JAwa Barat, Senin (29/7/2013). Selain formasi pelamar umum (CPNS), tahun ini juga dibuka peluang formasi Kategori 1 (K-1) dan Kategori 2 (K-2). Sayang, untuk K-1 atau tenaga honorer belum dapat dipastikan.

…dst

15 ) Rekrutmen CPNS September, Guru, Jaksa dan Sipir Diprioritaskan
http://www.setkab.go.id/berita-9731-rekrutmen-cpns-september-guru-jaksa-dan-sipir-diprioritaskan.html

Oleh : DESK INFORMASI SETKAB
Kamis, 01 Agustus 2013 – 09:33 WIB
Pemerintah sebagaimana diberitakan sebelumnya pada September mendatang akan mulai merekrut 60.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum. Ke-60.000 CPNS itu rencananya didistribukan untuk instansi pemerintah pusat (20.000) dan instansi pemerintah daerah (40.000). Apa saja jabatan yang dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS jalur umum tahun 2013 itu, menurut Deputi Bidang SDM Kemenpan-RB Setiawan Wangsaatmaja sebagaimana dikutip dari situs Kementerian PAN-RB, yang menjadi prioritas untuk diisi tahun ini, untuk Instansi Pusat adalah guru, yakni Guru Kelas dan Guru Produktif yaitu Guru yang memberi ketrampilan hidup/life skill untuk siswa.

…dst

16 ) Ilmuwan China Bikin Gigi dari Air Kencing
http://www.jpnn.com/read/2013/07/30/184240/Ilmuwan-China-Bikin-Gigi-dari-Air-Kencing-

Selasa, 30 Juli 2013 , 16:52:00
BEIJING – Bukan sulap, bukan sihir. Percaya atau tidak, air seni atau urin ternyata dapat menumbuhkan gigi manusia. Hal ini didapat dari hasil penemuan ilmuwan yang dipublikasikan dalam Cell Regeneration Journal baru-baru ini. Para ilmuwan menunjukkan bahwa urin dapat digunakan sebagai sumber sel induk yang pada gilirannya dapat berkembang menjadi struktur gigi baru. Temuan ilmuwan Tiongkok ini diharapkan dapat dikembangkan menjadi cara untuk menggantikan gigi yang copot. Namun, para peneliti sel induk lainnya mengingatkan hal itu menghadapi banyak tantangan. Pasalnya, menggunakan sumber yang tidak lazim. Laman BBC menyebutkan, tim peneliti di seluruh dunia kini sedang mencari cara agar dapat menumbuhkan gigi baru untuk menggantikan gigi yang hilang karena faktor usia dan kesehatan gigi yang buruk. Kelompok ilmuwan Guangzhou Institutes of Biomedicine and Health, menggunakan urin sebagai titik awal. Sel yang biasanya dikeluarkan dari tubuh, seperti yang berasal dari lapisan cairan tubuh, dipanen di laboratorium. Sel-sel yang terkumpul selanjutnya dikondisikan sedemikian rupa sehingga menjadi sel induk.

…dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *